Turki adalah salah satu negara yang dikagumi masyarakat Indonesia. Mungkin karena ada ikatan dari sisi agama dan kepercayaan, pun masyarakat kita banyak yang mengimpikan Presiden Erdogan membuat Turki semakin istimewa. Yang belum lama ini happening adalah adanya kisah Layangan Putus di mana mbak Kinan punya impian ke Cappadocia, Turki.

"It's my dream mas, not her!" katanya.

Meskipun tahun 2021 lalu Turki cukup menggoda dengan membebaskan Visa masuk untuk Warga Negara Indonesia (WNI), tapi saya belum ada rencana ke sana (walaupun pengen sih, haha... Cuannya belum ngumpul ^^).


Untungnya baru-baru ini adik saya berkunjung ke Turki dan sudah kembali ke rumah. Ada beberapa oleh-oleh yang dibelikan adik saya. Berhubung saya pencinta makanan, maka kali ini saya akan menuliskan rekomendasi oleh-oleh makanan yang wajib dicicipi jika kita bepergian ke Turki. Apa saja?


Turkish Delight

Ini adalah makanan kesukaan Pangeran Edmund. Hmm... Siapa dia? Itu lho, adiknya King Peter di The Chronicles of Narnia, hehehe... Pas adegan Edmund makan Turkish Deligh dengan lahap, auto kebayang rasa kenyal manisnya, hmm.... Nah, menurut wikipedia, Turki atau lokum adalah keluarga manisan berdasarkan gel pati dan gula. Varietas premium sebagian besar terdiri dari kurma cincang, pistachio, hazelnut atau walnut yang diikat dengan gel; varietas tradisional sering dibumbui dengan air mawar, getah damar wangi, jeruk bergamot, atau lemon. Sensasi makan Turkish Delight mirip dengan Moachi, hanya saja terkesan lebih premium karena dari luar negeri. Packagingnya pun cantik dan terlihat mahal. Favorit saya adalah Turkish Delight dengan kandngan pome atau buah delima. Warnanya cantik dan memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

Foto: tourketurki.com


Baklava

Dilansir dari laman wikipedia, Baklava berarti sejenis makanan ringan di kawasan Turki dan daerah-daerah tempat mantan kekuasaan Kesultanan Utsmaniyah. Makanan ini terdiri dari kacang walnut atau pistache yang dicincang dan diberi pemanis (gula atau madu) dan dibungkus adonan roti tipis. Baklava sendiri sudah sangat lama didokumentasikan. Salah satu bukti tertua ialah resep baklava di dalam sebuah buku resep dari abad ke-14 yang ditemukan di Tiongkok. Dalam buku resep ini baklava disebut güllach. Tekstur rotinya menurut saya semacam croisant yang berlapis-lapis. Kalau dalam kondisi segar, rotinya renyah. Tapi jika menempuh perjalanan panjang, baklava menjadi lembab sehingga tidak renyah lagi. Manisnya pun turun ke dasar roti. Brrrr... manis banget! Cocok ditemani teh atau kopi pahit.



Coklat

Cokelat atau Coklat (bahasa Inggris: Chocolate) adalah sebutan untuk hasil olahan makanan atau minuman dari biji kakao (Theobroma cacao). Cokelat pertama kali dikonsumsi oleh penduduk Mesoamerika kuno sebagai minuman, walaupun dipercaya bahwa dahulu cokelat hanya bisa dikonsumsi oleh para bangsawan.

Cokelat umumnya diberikan sebagai hadiah atau bingkisan pada hari ulang tahun dan hari raya. Dengan bentuk, corak, dan rasa yang unik, cokelat sering digunakan sebagai ungkapan terima kasih, simpati, atau perhatian bahkan sebagai pernyataan cinta. Cokelat juga telah menjadi salah satu rasa yang paling populer di dunia. Selain dikonsumsi paling umum dalam bentuk cokelat batangan, cokelat juga menjadi bahan minuman hangat dan dingin.

Coklat bisa diperoleh di belahan bumi mana saja termasuk Turki. Nah, yang dibelikan adik saya ini adalah merk coklat yang didirikan oleh Anatolia Leonidas Georges Kestekides lahir di Nigdi, Turki. Merk ini sudah ada sejak lebih dari 100 tahun yang lalu. Ada 8 rasa dalam 1 kotak coklat Leonidas ini. Setiap gigitan sangat nikmat dan layak untuk dirayakan.



Kalau diminta untuk memilih salah satu dari ketiga oleh-oleh ini saya paling suka dengan Turkish Delight karena cocok dengan selera saya. Manis, kenyal, ada kacang-kacangan di dalamnya. Dan yang tidak terlalu saya sukai adalah Baklava karena terlalu manis di lidah saya. Bahaya untuk kesehatan kalau kebanyakan, hehehe... Kalau coklat sih favorit sepanjang masa, ngga ada yang ngga enak, mantab sekali. 


Nah, itulah rekomendasi 3 oleh-oleh makanan dari Turki. Kalian sudah pernah mencicipi yang mana saja nih? Atau malah adda yang punya rekomendasi tokonya? Tulis di kolom komen ya...



Salammmm Hangat,

sapamama


11 Komentar

  1. Di Turki ini khas banget ya buah delima, ada minumannya juga, ituun aku tau dari video di fb. Dari ketiga oleh oleh diatas paling khas dan sering banget lihat itu baklava

    BalasHapus
  2. kalo dari Turki yang aku suka oleh-oleh cokelatnya lho, enak banget mana isinya banyak varian

    BalasHapus
  3. Aku penasaran sama baklava ini deh soalnya banyak yg melayani jastipnya, kayanya enak banget ya mbak

    BalasHapus
  4. Turkish Delight itu sejenis manisan ya mak? Penasaran deh. Semoga suatu saat ada rezeki dapat oleh-oleh ini langsung dari Turki.

    BalasHapus
  5. Aku penasaran banget sama baklava Kak. Kayaknya cocok banget buat tea time di sore hari

    BalasHapus
  6. Hiksss Turki destinasi impian gustiyenifamtrip. Januari 2021 kami beli tiket buat oktober 2021 eeh pandemi pas tinggi akirnya rechedule ke Februari 2022 eeeh omicron tinggi rechedule lagi besok agustus semoga tidak ada kendala lagi yaa makk...

    Pengenn kulineran sama naik balon udara

    BalasHapus
  7. Baklava itu mirip martabak asin ya bener ga sih?

    Kalo coklat pernah aku dibawainn. Enakkk rasa coklat. Cuma kallau temen ke sana pasti bannyak ini macem2nya oleh2 bisa dibawa ke Indonesiia

    BalasHapus
  8. Rasanya aku pernah pesen Baklava karena penasaran.
    Temenku ada yang bisa bikin.
    Mungkin cita rasanya menyesuikan dengan lidah Sunda yaa... Tapi aku baru tau kalau ini makanan khas Turki.
    Sudah ngincip satu, lain kali ngincip makanan lain di Turki-nya langsung.
    hehehe~ ((AAMIIN))

    BalasHapus
  9. Waah, semuanya keliatan enak-enak. Apalagi lihat tampilan Turkish Delight yang merah merona, menggoda untuk diicipi

    BalasHapus
  10. Menggoda banget tuh coklatnya, bisa aneka rasa gitu yaa... Bener banget, coklat mah ga pernah ngebosenin, selalu jadi favorit banyak orang. Terima kasih mba untuk referensi oleh-oleh dari Turkinya.

    BalasHapus
  11. Belum pernah ke Turki dan belum pernah mencicipi oleh-oleh dari Turki, heuheu. Selama ini kalau dapat oleh2 coklat biasanya dr Arab aja. Penasaran sama Turkish Delight, merahnya menggoda banget.

    BalasHapus