Sudah satu tahun lebih satu bulan artikel ini bertahan sebagai draft dan belum saya publikasikan. Dari saya tergila-gila dengan jalan ceritanya, hingga saya merasa biasa saja, tulisan ini awaet bersarang. Namun, memang tak bisa dipungkiri bahwa webtoon yang diambil dari webnovel ini menarik untuk dinikmati.

Sayangnya, webtoon The Second Married tertinggal jauh jika dibanding dengan webnovel-nya. Sehingga, saya sendiri lebih memilih untuk membaca webnovelnya, ehm, walau juga sudah berhenti di episode 177 sih, hihihi...

 

Saat ini episode di webnovel sudah mencapai 262 episode plus 6 episode extra, sedangkan di webtoon Indonesia baru 84 episode (sudah termasuk preview). Di webtoon pun alurnya lebih lambat karena satu episode novel biasanya akan direalisasikan lebih dari satu episode webtoon. Lumayan ketinggalan jauh banget sih, tapi tetap menyenangkan untuk di baca kok.

 

Gambaran Awal Remarried Empress

Setelah membaca 3 episode pertama, saya langsung jatuh cinta dengan webtoon The Second Marriage. Saya selalu menyukai karakter heroine yang cerdas dan tangguh. Akibat perasaan tak terbendung untuk mencari kelanjutan ceritanya maka saya mulai menggali informasi. Jika ingin mendapatkan informasi, di mana kita harus mencari? Di kolom komentar webtoon, hehehe... Di sana banyak spoiler dan saya suka spoiler, jadi tak masalah. Selain itu, di kolom komentar banyak komentar yang informatif, nah, dari situ saya tahu kalau webtoon ini diangkat dari webnovel Korea berjudul Remarried Empress. Ternyata baik di wordexcerp maupun webtoon, ceritanya sudah tertinggal cukup banyak. Saya coba mampir ke laman webnovel naver semua ditulis dalam bahasa Korea, huhu... Jadi pengen banget belajar bahasa Korea agar tidak perlu menunggu translator menerjemahkan.



Di sini saya akan bercerita tentang bagian-bagian tertentu yang menarik ya. Karena chapter di Naver sudah berjalan jauh dan masalah yang muncul juga sangat kompleks. Oleh karena itu akan ada banyak bagian yang tidak saya ceritakan dengan detail namun saya usahakan tetap menarik.


Profil Webtoon

Judul: The Second Marriage

Adaptasi: Webnovel Remarried Empress

Penulis: Alphatart

Karakter Utama: Navier, Heinry, Soviech, Rashta


"Remarried Empress - The Second Marriage"


Navier dan Soviech sejak kecil sudah dijodohkan. Mereka berdua adalah  pasangan calon Kaisar dan Permaisuri. Navier berasal dari keluarga Troby, keluarga yang sudah turun menurun menghasilkan Permaisuri dan Ratu. Soviech adalah seorang Kaisar ketururan ketiga dari Eastern Empire. Saat mecapai usia yang cukup mereka pun menikah. Walaupun pernikahan mereka sudah berjalan cukup lama namun mereka belum dikaruniai keturunan. Soviech dan Navier memimpin kerjaannya dengan baik. Navier adalah Permaisuri yang sempurna. Namun, kedamaian yang dirasakan berubah...

Rashta versi Webtoon, tetap banyak haters, hehe

Pada suatu hari orang-orang di dalam istana dikejutkan oleh kabar bahwa Soviech membawa pulang seorang wanita selepas berburu. Wanita itu cantik dan rupawan. Nampaknya sang Kaisar sudah terpikat padanya. Berita itu dengan ceptanya menyebar ke seluruh istana. Menurut desas-desus, penampilan wanita itu sangat kotor dan nampaknya wanita itu adalah seorang budak yang lari dari majikannya. Pada awalnya Navier berpikir bahwa Soviech mengambil wanita itu karena welas asih, namun betapa terkejutnya dia karena tak lama setelahnya Soviech mengangkat Rashta, nama wanita itu, sebagai selir resminya.



Dalam budaya kerajaan, biasanya Permaisuri memberikan hadiah bagi wanita yang baru diangkat sebagai selir, dengan catatan, wanita tersebut keturunan bangsawan dan sudah disetujui oleh permaisuri. Namun karena kasus Rashta berbeda, Navier enggan memberikan hadiah, hingga akhirnya sang Kaisar memberikan hadiah untuk Rashta atas nama Permaisuri Navier. Mengetahui hal  tersebut, Navier geram, hal itu sama saja dengan mempermaukan Navier. Navier melakukan protes kepada Soviech, namun ia tak mengindahkannya. Soviech terlalu dibutakan oleh cintanya pada Rashta. Bahkan, jika ada hal kecil yang terjadi dan berdampak buruk pada Rashta, Soviech akan menyalahkan Navier tanpa memperdulikan pembelaan Navier.

Contohnya saat ada pesta yang diadakan di istana dengan mengundang hampir seluruh bangsawan di Eastern Empire. Saat itu muncul Viscount Rosthechu yang ternyata merupakan majikan Rashta saat ia menjadi budak. Saat melihat Rashta tentu secara spontan Viscount Rosthechu mengenali dan banyak yang mendengarnya sehingga menjadi bahan pembicaraan seluruh bangsawan bahwa selir sang kaisar adalah seorang budak pelarian. Hal itu membuat Soviech marah besar. Soviech mengira Navier mengundang Viscount Rocthechu dengan sengaja. Padahal, Navier mengundang karena ketidaksengajaan semata.

Sejak mengetahui bahwa Rastha menjadi selir Kaisar, Viscount Rosthechu kerap mengunjungi Rashta untuk memeras kekayaan. Ya, Viscount itu mengancam akan membeberkan fakta bahwa Rashta adalah seorang budak. Belum lagi bahwa ada kenyataan tersembunyi bahwa wanita muda itu telah memiliki anak hasil hubungan gelapnya dengan putra Viscount, yaitu Allen.


Ketika Eastern Empire mengadakan pesta besar, banyak tamu berdatangan dari segala penjuru negeri. Salah satu tamu yang hadir adalah Pangeran Henry yang mewakili Western Empire dan Grand Duke Kapman yang mewakili Rift, negeri di benua Wol. 


Perbedaan ilustrasi Webtoon dan webnovel

Singkat cerita, Pangeran Heinry yang jatuh cinta pada Permaisuri Navier merasa tidak nyaman dengan sikap Soviech. Ibarat kata, sang kaisar telah menyia-nyiakan sebongkah berlian berkualitas tinggi hanya karena sebuah batu tak berharga. Grand Duke Kapman yang merupakan ahli di bidang sihir sampai memberikan ramuan cinta sebagai hadiah ulang tahun sang Permaisuri agar beliau menggunakannya pada Kaisar sehingga sang Kaisar bisa kembali kepada Permaisuri.

Yang menggelikan, justru Grand Duke sendiri yang meminum ramuan itu sehingga rasa cinta pada Permaisuri dalam dirinya tumbuh bergelora. Sudah berbagai cara dicoba untuk menghilangkan efek ramuan itu dan elalu gagal. Bahkan, karena sikap aneh Grand Duke Kapman justru menyulut kecurigaan sang Kaisar.

Yang cukup menggelikan, Rashta ini kan sudah menjadi selir kesayangan Kaisar, dihujani dengan cinta dan perhatian. Tapi, sepertinya perhatian Kaisar Soviech tidak cukup untuknya sehingga mencari-cari perhatian dari lelaki lain terutama Pangeran Heinry dan Grand Duke Kapman. Untungnya kedua pria itu tidak tertipu oleh sikap Rashta yang di permukaan nampak polos.

Rashta ini termasuk nekat lho, kan Pangeran Heinry sering mengirimkan surat melalui burung berbulu emas yang diberi nama Queen kepada Permaisuri Navier, tapi...dia berani ngaku-ngaku di hadapan banyak orang kalau dia orang yang sering surat-suratan dengan Pangeran Heinry. Bikin makin ilfil kan...


Saat Pangeran Heinry akan pulang ke Western Empire dan berpamitan dengan Navier, mereka bertemu dengan Soviech dan terjadi sedikit perseteruan akibat Pangeran Heinry tak rela Soviech merendahkan Navier. Untung emosi Heinry bisa diredam, yang tidak terkontrol justru Grand Duke Kapman yang masih dalam pengaruh ramuan cintanya. Jujur saja puas sih melihat adegan Grand Duke Kapman memukul Soviech, hehehe.... Tapi karena kejadian itu kerjasama dengan Rift dibatalkan dan Grand Duke Kapman harus segera meninggalkan instan secepatnya.

Sebelum pulang Grand Duke Kapman pamit ke ruangan Navier, di sana dia mengajak Navier pergi ke Rift karena tak tahan melihat sikap kasar Soviech pada Navier. Tentu saja Navier menolak. Adegannya bikin sedih deh.. Lihat Grand Duke Kapman menangis sambil memeluk Navier bikin hati luluh.

Grand Duke Kapman yang secara terbuka ingin mengajak Navier pergi ke negaranya.


Setelah kepergian dua pria yang memperhatikan Navier, datanglah pria baru yang super perhatian pada Navier, yaitu Koshar kakak Navier. Koshar sepantaran dengan Soviech namun tak terlalu cocok satu sama lain. Karena tak terima adiknya disia-siakan, akhirnya Khosar melakukan suatu tindakan ekstrim yang menyebabkan dirinya diusir Eastern Empire. Tak perlu khawatir, pada akhirnya Koshar diterima dengan tangan terbuka di Western Empire kok. Pangeran Heinry tuh memang paling printer membaca situasi. Calon kakak ipar ditangan, negara makin aman. Eh, kok bisa? Bisa dong... Karena Khosar terkenal dengan kekuatannya dan kemampuan perangnya yang mumpuni.


Sejak Rashta dikabarkan hamil kondisi di Eastern Empire makin menegangkan. Soviech bahkan memaksa Navier untuk mau mengadopsi anak yang dikandung Rashta agar bisa menjadi penerus tahta Western Empire. Navier menegaskan hal itu tidak akan terjadi sehingga ia menolak mentah-mentah ide itu. Wanita mana yang mau merawat anak dari wanita yang menghancurkan pernikahannya?


Tak lama setelah Pangeran Heinry tiba di Western Empire, sang Raja, kakak Pangeran Heinry meninggal dunia. Karena tidak memiliki anak, maka tahta jatuh ke tangan Pangeran Heinry sehingga tak perlu menunggu lama untuk menobatkannya sebagai raja baru. Fyi, jadi tingkatan dalam kerajaan, urutannya adalah Kaisar/Emperor, di bawahnya ada Raja/King, Grand Duke, Duke, Pangeran/Prince, Marquess, Count/Earl, Viscount, dan terakhir Baron.


Setelah kembali ke Western Empire otomatis Heinry sangat sibuk mengurus prosesi pemakaman kakaknya sekaligus kenaikan tahta, namun ia tetap menyempatkan untuk berkirim surat dengan Navier dengan dibantu sepupu yang juga sahabatnya, si biru McKenna. Navier tentunya senang dengan surat dari Heinry karena menjadi semacam oase untuk hatinya yang kering dan terluka.


Duke Ergy, senjata mematikan Heinry

Btw, Heinry adalah definisi muda, kaya raya, tampan, dan clever, cerdas tapi licik. Kenapa bisa begitu? Untuk merebut Navier dari tangan Soviech, dia menanamkan racun di dekat Rashta, bahkan tanpa ia sadari. Tepatnya melalui sahabatnya, yaitu Duke Ergy. Diam-diam Ergy menjadi tokoh penting yang memberikan inspirasi Rashta untuk melakukan tindakan-tindakan yang pada akhirnya akan menghancurkan kebahagiaan dan kekuasaan yang telah ia raih.


Kembali ke cerita ya... Setelah tersiar kabar kehamilan Rashta, di istana makin santer isu bahwa Navier mandul. Soviech meyakini bukan tanpa sebab, hal itu terjadi saat mereka masih anak-anak. Soviech yang perhatian pada Navier mencuri cookies di kamar ibunya untuk diberikan pada Navier. Soviech dan Navier kecil memakan cookies itu dengan senang. Namun ternyata dalam cookies itu terdapat obat untuk membuat selir favorit ayah Soviech mandul.


Tak cukup dengan tekanan isu, Rashta teru hadir dan memperburuk hubungan Soviech dan Navier, hingga saat Rashta mengetahui bahwa anaknya tidak bisa menjadi pangeran dan menjadi penerus, dengan sedikit dorongan Ergy, kini ia meminta posisi sebagai permaisuri. Inta memang ga ada logika, dengan pikiran yang sama, yaitu ingin menjadikan anak dalam kandungan Rashta sebagai penerusnya, Soviech pun membulatkan tekat untuk mengangkat Rashta menjadi permaisuri dan menceraikan Navier.

Navier yang putus asa menerima tawaran Heinry


Betapa hancur Navier. Ia yang sejak kecil dididik, dibesarkan sebagai permaisuri, dan sudah menjalani hidupnya sebagai permaisuri yang baik harus terlempar dari kedudukannya. Di saat itulah ia bertemu dengan Heinry dan setuju untuk menjadi ratu di Western Empire. Serius ya, epic banget adegan itu. Emosi Navier yang penuh keputusasaan dan bergejolak tersampaikan dengan apik. Heinry tentu bahagia mendengar keputusan Navier. Saat sidang prosesi perceraian, Navier dapat berdiri tegak menerima pengajuan perceraian Soviech dengan syarat ia diperkenankan untuk menikah kembali. Dengan Pangeran Heinry.

Sidang perceraian Soviech dan navier


Puas banget lihat ekspresi Soviech dan Rashta. Namun kisah mereka tak berakhir di sini. Sedikit demi sedikit Soviech yang sudah bersikap kasar dan tak adil terhadap Navier akan menerima karmanya. Begitu pula Rashta yang makin hari makin bersikap tak jelas dan melakukan hal-hal yang kejam seperti menyiksa dan membunuh pelayan, bahkan nekat menculik dan menjual Livetti, anak Viscount Rostechu menjadi budak. Soviech sendiri sudah mengetahui kejahatan-kejahatan itu namun diam saja. Ia sengaja mengumpulkan bukti untuk kelak dapat menyingkirkan Rashta dari tahta jika anaknya sudah dinobatkan sebagai penerus tahta.


Sebetulnya sedih juga sih, melihat hubungan Soviech dan Navier yang porak poranda. Sebetulnya, mereka berdua saling mencintai, namun karena buruknya komunikasi dan kesalahpahaman, akhirnya semua jadi berantakan. Saya sendiri tidak memandang Heinry sebagai pria yang baik karena dia bertindak sebagai dalang dibalik rusaknya hubungan Soviech dan Navier. Dia bahkan memiliki sisi kejam ketika menghukum kakak iparnya (janda mendiang raja), yang diam-diam mencintai Heinry karena sudah bersikap buruk pada Navier ketika Navier diboyong ke Western Empire.

Pernikahan Heinry Navier yang mengguncang Soviech


Spoiler banyak ditulis di kolom komentar webtoon The Second Marriage, namun biarkan saya menuliskan lagi agar memuaskan rasa ingin tahu teman-teman. Yang nggak suka spoiler boleh skip ya...

Jadi, Queen si burung emas adalah sosok lain Heinry, dia merupakan keturunan ras sihir yang bisa berubah wujud menjadi burung, begitu juga McKenna. Western Empire ternyata memiliki kekuatan sihir yang cukup kuat, bahkan furnitur yang terdapat di dalam istana, contohnya ranjang raja memiliki kekuatan sihir, sehingga Navier yang awalnya mandul dapat kembali fertil dan bisa memiliki anak berkat sihirnya. Bahkan, tak lama setelah menikah Navier juga memiliki kemampuan sihir, yaitu kekuatan es. Sangat cocok dengan image Navier, hehe..


Ilustrasi digambar episode terakhir webnovel Remarried Empress 

Heinry dan Navier memiliki anak kembar yang juga bisa merebah wujud menjadi burung seperti Heinry. Gemes banget kalau melihat ilustrasi di webnovelnya. Kalau kalian penasaran dan ingin membaca langsung, islahkan mampir ke webnovel Naver Remarried Empress ya. Berhubung web Korea dengan huruf Hangul, kita bisa manfaatkan Google Translate untuk me terjemahkan halaman. Memang nggak sempurna, tapi lumayan bisa mengobati rasa penasaran. Kalau mau baca versi webtoon, islahkan instal aplikasi Webtoon ya, ada di playstore kok. Kita bisa log In menggunakan Line, Twitter, atau Email.


Selamat membaca.



Salam Hangat,

sapamama


 

10 Komentar

  1. Aku tim pencari spoiler nih. Udah dapet spoilernya sampe abis juga masih suka ngikutin webtoon'y. Wkwk. Btw, udah tamat apa belum mbak webnovel'y?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah habis di el 262 tapi masih ada cerita lain kok. Tetap menarik untuk diikuti

      Hapus
  2. Jadi untuk Navier kisah ini happy ending ya mba, mendapatkan suami dan juga anak setelah menderita dlm pernikahan sebelumnya..

    BalasHapus
  3. belum pernah coba baca webtoon mbak, rata rata cerita webtoon selalu romantis kah mbak?
    adik aku yang seneng webtoon nih, kayaknya perlu banyak nanya webtoon yang bagus yang apa

    BalasHapus
  4. Howalah orang enggres ya poligami hehe :P Ternyata ada selir2 jg, kirain kerajaan2 di Asia aja yg konsepnya gtu
    Aku belum pernah baca komik webtoon, tapi suamiku suka. Biasanya lbh baca yg anime2 jejepangan gtu :D

    BalasHapus
  5. Ini yang sempat ramai di bahas niih....
    Webtoon Second Marriage, ternyata seseru ini yaa... Jumlah eps nya juga oke buat diikuti.

    BalasHapus
  6. Dapat list baru webtoon nih, kayaknya asik. Udah lama nih ga mantengin webtoon. Jadi kepikiran baca lagi deh

    BalasHapus
  7. udah lama ga baca webtoon, jadi tertarik karena cerita ini luar biasa bikin penasaran :D

    BalasHapus
  8. Webtoon sekarang banyak banget yaaa, semakin mantab cerita-cerita yang disajikan.

    Udah lama ga update Webtoon.
    Meluncur aaaah

    BalasHapus