Sejak masa mahasiswa, saya selalu rutin untuk melakukan servis sepeda motor, entah itu versi bebek biasa yang masih manual, hingga motor matic. Dibilang bingung ya iya, soalnya saya nggak paham mesin. Tapi saat itu yang menjadi acuan saya adalah buku pegangan servis dari dealer.


Seiring dengan berjalannya waktu, buku servis tersebut pun habis. Di sisi lain, kita tetap harus melakukan servis motor secara rutin demi kesehatan motor kita. Kan nggak mungkin ya, kita diamkan saja. Meski sudah tua pun, motor perlu rutin di servis agar kondisinya tetap prima.


8 Poin Penting Yang Wajib Diketahui Saat Servis Motor

1. Oli Mesin

Oli mesin berguna untuk melumasi mesin sehingga kita harus memilih produk yang tepat untuk mengawetkan mesin motor kita. Misalnya saja, oli motor matic, motor bebek, dan motor sport berbeda sehingga kita harus memilih yang sesuai. Rata-rata oli mesin diganti sekitar satu bulan sekali atau setelah motor menempuh jarak 2.000-2.500km.

Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli.

Saat servis motor dan ganti oli, biasanya kita akan dikenakan biaya oli dan biaya jasa ganti oli. 


2. Oli Gardan

Berbeda dengan oli mesin, oli gardan berfungsi untuk gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT). Motor matic wajib banget memperhatikan penggantian oli gardan. Rumus ganti oli gardan adalah 2x ganti oli mesin.

3. Busi

Pernah mengalami motor sulit dinyalakan? Bisa jadi penyebabnya adalah busi yang tidak berfungsi dengan baik. Busi sendiri berfungsi untuk mengubah aliran listrik koil jadi percikan api yang kemudian membuat mesin motor menyala.

4. Kampas Rem

Nah, kampas rem adalah salah satu bagian terpenting untuk keamanan dan keselamatan pengguna motor. Kampas rem berfungsi dalam sistem pengereman motor. Jika kampas rem sudah tipis, maka motor akan kesulitan mengerem, dan ini berbahaya lho... Jika sudah begitu, kampas rem harus segera diganti.

5. Filter Udara

Filter udara berfungsi untuk menyaring udara sehingga tidak akan ada kotoran yang masuk dalam mesin pembakaran mesin. Kalau sampai ada kotoran masuk, kerja mesin bisa terganggu dan menyebabkan sistem injeksi dan karburator tersumbat. Jika kondisi filter motor masih baik maka cukup dibersihkan, tapi jika sudah rusak maka filter udara perlu diganti.

6. Aki atau Accu

Aki merupakan komponen utama pada motor. Fungsi aki adalah menyimpan daya dalam sistem kelistrikan motor. Aki jugalah yang membuat lampu dan klakson motor menyala. Tegangan pada aki harus terjaga, idealnya pada 12,3-12,6 Volt dalam kondisi mesin mati dan 13,7 - 14,2 Volt saat mesin menyala.

7. Ban

Ada baiknya kita memeriksa motor terlebih dahulu sebelum menyalakan dan menjalankannya. Untuk memastikan kondisi ban tidak kempes. Ketika dilakukan servis motor, mekanik akan memeriksa tekanan ban dan melihat kondisi ban apakah sudah gundul atau masih baik.

8. Tune Up Motor Rutin

Tune up motor berfokus pada tekanan ban, pemeriksaan lampu, pemeriksaan karburator (saringan udara), pemeriksaan tegangan rantai, rem, dan klakson. Adakalanya tune up disertai dengan ganti oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian sparepart. Namun tenang saja, mekanik akan menginformasikannya terlebih dahulu kepadamu. Kalau kamu setuju, baru mekanik melakukan perbaikan.



Memilih Bengkel Motor Terbaik

Jika sudah memahami poin penting servis motor, maka kini saatnya kita memilih bengkel motor terbaik untuk servis motor. Planet Ban merupakan salah satu bengkel yang rekomen untuk servis motor. Apalagi buat mahasiswa yang udah disibukkan dengan beragai tugas kuliah. Tinggal melipir ke Planet Ban untuk servis motor dan semua beres.


Planet ban dikenal dengan servis rasa baru, yaitu sistem servis terpadu yang mampu meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara cepat dan tentu biaya yang hemat. Cocok banget kan, sama kantong mahasiswa, hehehe...

Servis rasa baru berfokus pada bagian-bagian pada motor yang tersembunyi, jarang diservis, jarang diperiksa, apalagi disetel.

Apa saja manfaat servis di Planet Ban?

  • Planet Ban menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi. Komponen tersebut mampu meningkatkan kerja motor dan melindungi mesin. Hal ini membuat mesin jadi lebih awet dan jarang rusak. Motor jarang=hemat.
  • Planet Ban  memadukan penggunaan sparepart asli, sehingga motor lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan enteng. Waz wuz dan sat set!
  • Ganti oli dilakukan pada jarak tempuh 5000km saja (antara 4-6 bulan sekali), ngga perlu sering-sering ke bengkel deh... Kalau begini, lagi-lagi makin hemat!
  • Planet Ban mendorong semangat go green! Karene motor servis rutin dan terawat dengan baik, maka emisi dan polusi dari motor berkurang. Secara otomatis kita juga ikut memelihara dan menjaga kelestarian  lingkungan hidup.


Bedanya Servis Motor di Planet Ban dengan di Tempat lain

Ada kalanya kita masih menemukan kendala atau bahkan masalah motor bertambah setelah melakukan servis motor. Namun tenang, hal ini tidak akan ditemukan saat kita melakukan servis motor di Planet Ban. Di Planet Ban, seluruh bagian dan part mesin motor dibersihkan hingga seperti motor baru. Komponen seperti kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, dan throttle body dibersihkan secara maksimal.


Servis di Planet Ban membuat preforma motor makin meningkat, rasanya seperti mengendarai motor baru. Bikin hati tenang karena emisi karbon bisa turun hingga lebih dari 70%. Kantong pun aman, karena biaya servis di Planet Ban sangat terjangkau, cocok untuk kantong mahasiswa. Bayangkan saja, servis motor injeksi cukup Rp20.000,- servis CVT dan rantainya Rp19.500,- bahkan service throttle body juga cuma Rp20.000,- Lhah, murah banget kan... Makin yakin kalau Planet Ban memang bengkel yang tepat untuk servis motor kesayangan.


Gimana, siap touring bareng teman-teman?


Salam Hangat,

sapamama

70 Komentar

  1. Aku tuh senang banget kalau menemukan bengkel service kendaraan seperti Planet Ban yang setiap melakukan pemeriksaan, segala sesuatunya kondisi kendaraan dicek. Jadi tidak perlu bolak-balik karena ada masalah dengan kendaraan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar bun, jadi gak harus ke bengkel terus kan. Jadi kalo semisal ada yang rusak sudah antisipasi dan bisa juga diperbaiki kan yah

      Hapus
  2. Naik motor ngga pernah servis? Aiiih... mencerminkan pola hidup kita yang juga jarang men-servis diri sendiri! Alih-alih upgrade, eh malah downgrade!

    Yuk ah, harus laksanakan 6 poin servis motor ini!

    BalasHapus
  3. Service motor rasa baru? Aih pasti pengen dong mbak, apalagi biaya service di Planet ban juga terhitung murah, nggak cuma cocok buat kantong mahasiswa, cocok juga buat kantong emak-emak

    BalasHapus
  4. Wah, hoki juga ya kalo servis di planet ban, harga servisnya juga ggak mahal, jadi bisa berhemat di bagian jasanya

    BalasHapus
  5. hahaha iya ih aku setuju sama komentarnya mba tanti, jangan sampai skip servis motor ya supaya performa motor maksimal

    BalasHapus
  6. Tapi emang bener sih, motor kalau rutin diservis memang enak terus jadinya. Soalnya kerasa banget deh, sebelum dan sesudah diservis.

    Tapi ya gitu, perempuan memang suka cuek sih ya, padahal semuamua list ini perlu dicek rutin supaya meminimalisir kerusakan yang gak kita ketahui nantinya.

    BalasHapus
  7. berkualitas banget planet ban ini ya mbaaa

    aku jg mau rekomen k teman2ku.
    supaya kendaraan jd kece dan mantaabbbb

    BalasHapus
  8. Aku kadang lupa kalau soal servis motor, jadi suami yang sering ingetin buat servis. Sayangnya di Banjarnegara belum ada planet ban nih, semoga segera ada yaa

    BalasHapus
  9. Servis motor di Planet Ban terjangkau banget ya, Mbak.. Apalagi layanannya servis motor rasa baru, wah, makin mantap. Kalau motornya enteng, anter jemput anak langsung ngeng... :D

    BalasHapus
  10. asli nih kalau punya motor memang kudu rajin service kalau nggak ya ditanggung pengendara, lebih nyaman kalau sering service enak dinaikin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti bikin nyaman buat pengendaranya dan juga sekitar jalan yang dilaluinya.
      Oleh karena memang perlu dijadwalkan buat servis

      Hapus
  11. Kaum hawa nihh yang kadang mager banget servis motor. Padahal penting banget lho servis motor tuhh. Apalagi kampas rem buat keselamatan dan keamanan. Jangan sampe tipis deh. Untung deket rumah ada Planet Ban jadi bisa rutin servis motor deh.

    BalasHapus
  12. Bengkel terbaik yang menggunakan tenaga berpengalaman serta teknologi terbaik membuat pengalaman service motor di Planet Ban menyenangkan. Cepat dan harganya sungguhan terjangkau. Cabangnya pun kini semakin banyak dijumpai di kota-kota besar di seluruh Indonesia.

    BalasHapus
  13. Bener ini sama kudu tahu harganya yang benar hehehe soalnya mahasiswa apalagi wanita rentaaaaan dibencadain harganya. kalau ke tempat resmi gini hati tenang

    BalasHapus
  14. Servis motor memang jadi beban tersendiri bagi mahasiswa, karena ada pertarungan antara biaya hidup vs biaya merawat motor. Itulah mengapa motor mahasiswa banyak yang kalo belum mogok, belum diservis.. hehehe..

    BalasHapus
  15. Daripada memercayakan service di tempat yang gak tahu, emang lebih baik yang pasti-pasti aja seperti Planet Ban sih.

    BalasHapus
  16. aku termasuk tim yang mengupayakan service rutin pada motor. Kalau ganti oli biasanya kalau angka spedo menunjuk 2000km. Namun, belum nyoba nih service di ban motor, hhhe. Next, bisa kesana kalau ganti ban

    BalasHapus
  17. Duh, dah lama sekali ga touring2 bareng temen kantor nih. terakhir touring dari jogja ke semarang doang pas week end. kangen euy. btw, saya jg dah g rutin servis motor, paling 3-4 bulan sekali

    BalasHapus
  18. aku suka dimarahi bapak kalau motor lama enggak diservis, hehehehe. tapi ya emang sih, habis servis rasanya beda banget, enak buat ngebut

    BalasHapus
  19. servis motor ini, paling sering bgt disepelekan oleh para pengguna motor, dan ketika udah melakukan pengecekan di bengkel, pasti efek keterlambatan servis motor tersebut merembet ke elemen2 motor lainnya.. itu udah lumrah terjadi bgt..

    BalasHapus
  20. Setelah ini mau coba servis di Planet Ban deh kayaknya. Teliti banget. Mana affordable ya harganya, mbak.
    Aku tipikal yang rewel soal perawatan motor. Karena kerasa banget nggak enak tarikan dan bawannya kalau nggak rutin diservis tuh. Pilih bengkel juga yang beneran rekomendasi biar mantap dsn yakin.

    BalasHapus
  21. Service motor penting apalagi jika keseharian menggunakan kendaraan tersebut. Cuma memang seringkali ketika service, suka diusilin sama montirnya untuk ganti ini itu. Kedepan bakalan coba ke planet ban deh siapa tau lebih baik pelayanannya.

    BalasHapus
  22. Harga jasa servis motor di Planet Ban terjangkau sekali ini...sudah gitu berasa baru , pasti makin enteng dipakai motornya setelah service ya

    BalasHapus
  23. Seneng banget sama rekomendasi bengkel motor terbaik yang bisa ditangani dengan ahlinya plus menggunakan peralatan canggih. Jadi hemat waktu dan hemat biaya.

    BalasHapus
  24. Motor kudu rutin kalau mau tetap bekerja optimal. Cuma masalahnya ongkos yang tidak mendukung, apalagi seukuran mahasiswa. Planet Ban bisa jadi solusi buat yang punya dana minim. Keren.

    BalasHapus
  25. Belum pernah nyoba servis motor di Planet Ban, padahal ada di dekat rumah... Kasih tau suami ah, ada tempat servis motor yang recomended...

    BalasHapus
  26. Planet Ban memang profesional dan memuaskan servis nya. Lebih baik memilih tempat servis yang bagus sekalian asalkan terpercaya.

    BalasHapus
  27. Nice tips. Biasanya kita mah mau naik motornya doang tapi ogah mikirin dan ngerjain perawatan motor. Kalau bener-bener nggak paham mending serahin ke Planet Ban aja dah

    BalasHapus
  28. Uda semangat buat servisnya alias tahu jadwalnya, kudu didukung dengan tempat servis yang mudah dijangkau seperti ini nih

    BalasHapus
  29. Iya nih kebetulan anakku yang kuliah di luar kota bawa motor sendiri, tiap bulan ayahnya selalu mengingatkan untuk diservis, kebetulan langganan anakku servis motor di Planet Ban yang lokasinya ngak terlalu jauh dari kampusnya.

    BalasHapus
  30. Udah paling the best emang servis motor di Planet Ban, motor jd terasa baru dan enaj tarikannya

    BalasHapus
  31. Motor itu seperti kita manusia. Agar berfungsi dengan baik, komponen-komponennya juga harus dalam kondisi baik. Nah salah satu caranya agar komponen awet, termasuk motor, adalah merawat atau service secara berkala ya. jangan sampai lewat kalau gak mau kena masalah

    BalasHapus
  32. Saya juga termasuk orang yang ngedukung banget suami buat service motor tepat waktu, masalahnya cuma motor satu-satunya haha.. jadi harus dirawat dengan baekk.. Tapi belum pernah nyervis ke planet ban nih, kapan kapan coba ah..

    BalasHapus
  33. Oh iyaya, dengan perawatan yang rutin dan penggunaan oli serta bahan bakar yang tepat, maka emisi karbon kendaraan pun bisa baik, pembakaran sempurna dan gak menghasilkan karbon dalam jumlah yang tinggi.

    BalasHapus
  34. Kita sebagi emak-emak kudu tahu juga nih soal otomotif, jangan sampai motor yang tiap hari kita pakai tiba-tiba mogok karena enggak kita rawat. Padahal ya, tempat service motor banyak yang bagus, salah satunya Planet Ban.

    Servicenya lengkap, harga terjangkau dan teknisinya andal semua.

    BalasHapus
  35. Aku dulu kalau soal service ya ngandelin orang rumah. Sekarang udah agak mendingan karena ngerti kaya ganti oli atau ban. Dulu mah jangan ditanya gimana, hahaha

    BalasHapus
  36. Karena kalau rajin service motor, sudah pasti jadi lebih enak juga saat digunakan ya mak. Benar nih, apalagi mahasiswa ya banyak yang menggunakan motor.

    BalasHapus
  37. Wah tips yang sangat berguna sekali untuk kaum wanita, yang suka ga aware sama kesehatan motor, bahaya banget kalau tidak diperhatikan dengan baik, jangan lupa di cek kondisi nya setiap bulan ya mak.

    BalasHapus
  38. mending rutin servis motor daripada lupa lupa pas servis biayanya jadi selangit karena banyak banget penyakitnya ya

    BalasHapus
  39. Planet Ban memang rekomended untuk tempat service motor. Dulu Planet Ban itu hanya untuk ganti ban, tapi sekarang bisa untuk service ya...

    BalasHapus
  40. Pemilihan bengkel untuk servis motor ini paling penting. Soalnya anakku punya pengalaman buruk terkait dengan bengkel yg pegawainya asal-asalan kerjain motornya, yg ada bukannya motornya diservis bagus malah makin buruk saja keadaannya. Nah, kalau ada bengkel seperti Planet Ban ini, baguslah buat yg mau servis motornya.

    BalasHapus
  41. Motor harus dirawat jika ingin mesinnya tetap awet
    Servis motor rutin tiap bulan itu penting

    BalasHapus
  42. Sepeda motor matic perawatannya wajib rutin, kalai tidak bisa mogok di tengah jalan bikin kumengiss...

    Planet ban salah satu tempat service motor matic terbaik.

    BalasHapus
  43. Kalau motor jarang di service pasti bakalan cepat rusak. Oleh karena itu,, aku rutin service motor biar mesin motor awet.

    BalasHapus
  44. Planet motor keren nih programnya. Kasih sesuai dengan kebutuhan masyaralat makanya bengkeonya hampir tiap sudut pas ada

    BalasHapus
  45. Apalagi aku mbak, udah mah belum lancar naik motornya dan jelas nggak paham sama spare parts nya hahaha. Tapi bisa aku rekomendasikan buat orang-orang rumah buat servis motor di Planet Ban yang udah terpercaya.

    BalasHapus
  46. Belum pernah sih service ke planet ban. Lebih ke tukang service pinggir jalan... atau ke service resmi berdasarkan merk motornya.

    BalasHapus
  47. Nah, itu dia. Hubby harus diingat mulu nih kalau mau servis, kadang kesel. Eh, malah curhat

    BalasHapus
  48. Motor memang harus rutin di service agar bisa bekerja secara optimal. Apalagi kalau mau perjalanan jarak jauh, tentu saja service menjadi hal yang paling utama. Thanks kak sudah sharing!

    BalasHapus
  49. Perawatan motor, apalagi motor yang dijadikan kendaraan sehari-hari memang cukup penting. Telat sedikit saja, motor bisa bermasalah dan perbaikannya bisa jadi jauh lebih mahal. Ganti oli secara rutin di tempat seperti Planet Ban jadi salah satu poin utama yang perlu dilakukan.

    BalasHapus
  50. Penting banget pastinya untuk cek kendaraan motor secara rutin, apalagi pas mau pergi touring. Saya pribadi belum pernah sih kalau servis motor ke Planet Ban, tapi kalau untuk beli ban baru dan isi nitrogen, Planet Ban selalu jadi rujukan saya. :D

    BalasHapus
  51. Baiklah good info buatku yang males urusan bengkel motor nyerahkan sepenuhnya kepada pak suami haha. Tapi emang kalau sudah ngerasain mogok baru kerasa ya nyesel gak telaten rawat motor

    BalasHapus
  52. Selain bikin kendaraan awet, pemeriksaan secara rutin itu juga dilakukan untuk menjaga keselamatan kita sebagai pengendara ya...

    BalasHapus
  53. Wah jadi tahu gambaran servis kak, soalnya biasanya paksu yang bawa ke servis-an wkwk. Tapi tahun ini mulai aktif anter jemput anak pake motor, jadi harus kontrol sendiri juga kendarannya ;) di sini aku coba deh ke planet ban juga :)

    BalasHapus
  54. kendaraan yang awt itu malah memudahkan aktivitas para mahasiswa. bisa sekalian belajar juga untuk mulai merawat barang pribadi termasuk kendaraan

    BalasHapus
  55. harga servis motornya sangat terjangkau ya. selain harga, hasil servisnya juga bagus. saya pernah servis motor matic di planet ban, dan puas dengan hasilnya

    BalasHapus
  56. Asalkan servisnya di tempat terpercaya seperti Planet Ban, ternyata servis ban itu enggak perlu sering-sering ya, cukup 4-6 bulan sekali...

    BalasHapus
  57. Service motor secara rutin dan berkala akan membangu kita menjaga performa kendaraan. Sehingga kendaraan lebih awet digunakan.

    Saya puas service motor diPlanet Ban. Layanannya keren.

    BalasHapus
  58. Suka banget servis motor kesayangan di Planet Ban. Semua kondisi motor dicek dan ditanyakan kepada kita sebagai pemilik, kira-kira bagian mana yang masih kurang nyaman. Andalan pokoknya mah.

    BalasHapus
  59. Suka banget servis motor kesayangan di Planet Ban. Semua kondisi motor dicek dan ditanyakan kepada kita sebagai pemilik, kira-kira bagian mana yang masih kurang nyaman. Andalan pokoknya mah.

    BalasHapus
  60. Service di Planet Ban memang bagis. Layanan mereka komplit didukung teknisi yang andal jadi motor serasa baru lagi.

    BalasHapus
  61. Bagi saya yang mengandalkan sepeda motor sebagai pendukung mobilitas sehari-hari perawatan motor penting sekali, karena biaya yang dikeluarkan untuk perawatan lebih murah dibandingkan jika motornya rusak

    BalasHapus
  62. Wah lengkap ya planet ban service nya, cocok ni buat service motor kebetulan ada dkt rumah, mksh informasi nya

    BalasHapus
  63. Ceritanya tadi siang saya barusan ganti oli motorku setelah 4 bulan gak diganti. Sumpah, olinya mengerikan. tidak hanya itu, gara-gara gak merrawat motor, semalam motorku hampir terbakar. kabelnya koslet dan mengeluarkan asap. Itu semua baru saya tahu waktu ke bengkel untuk ganti oli tadi. Btw, terima kasih untuk artikel yang menarik ini. dari sini saya belajar bahwa penting bagi kita untuk melakukan servis secara rutin.

    BalasHapus
  64. Benar banget
    Servis motor itu penting. Kalau motor rajin di servis, maka peeformanya akan tetap baik ya

    BalasHapus
  65. Noted banget deh secara saya masih rada malas ngurus servis motor. Tapi ternyata memang sebaiknya rutin ya.

    BalasHapus
  66. Aku tim gak pernah telat service motor berjangka dan alhamdulillah motorku sampai sekarang aweeettt

    BalasHapus
  67. iya mbak, saya juga baru tahu motor harus rutin diservice yaa, saya kira cuma motor yang ada masalah aja yang kudu dicek hehe ternyata motor sehat pun harus diperiksa secara berkala yaa.

    BalasHapus
  68. Rajin servis biar motornya enak terus ya mbaa, emang ganti oli juga ngga kalah penting

    BalasHapus