Bulan April adalah bulannya perempuan. Energi Hari Kartini menyebar sejak awal hingga akhir bulan. Belum lagi euphoria Hari Perempuan Sedunia pada bulan Maret masih ikut melekat hingga hari ini. Karena April merupakan bulan yang istimewa, pada setiap akhir pekan selama empat minggu berturut-turut, saya akan menulis tokoh perempuan inspiratif.

 

Siapa saja ya? Baiklah…

 

Apakah teman mama sudah kenal dengna program GenRe? Program GenRe adalah program yang mengedepankan pembentukan karakter dikalangan generasi muda. Program ini merupakan wadah untuk mengembangkan karakter bangsa karena mengajarkan remaja untuk menjauhi pernikahan dini, seks pra nikah dan Napza (narkotika, psikotropika, dan zat adiktif  guna menjadi remaja tangguh dan dapat berkontribusi dalam pembangunan serta berguna bagi nusa dan bangsa.

 

Materi dalam program GenRe meliputi reproduksi remaja, life skill, penyiapan kehidupan berkeluarga, serta kependudukan dan pembangunan keluarga. Program ini dilaksanakan melalui pengembangan Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja dengan mendekatkan diri dari, oleh, dan untuk remaja sesuai dengan kecenderungan remaja yang lebih menyukai bercerita tentang masalahnya dengan teman sebaya. Untuk lebih dekat dengan remaja maka dibutuhkan duta GenRe.


Kali ini saya akan mengajak teman mama untuk mngenal lebih dekat kak Kurnia Alifi yang merupakan Runner Up Duta Genre 2020 Kota Surakarta.

Sumber foto: Akun instagram @kurniaalifi


1. Halo kak... Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk kami. Boleh dong kak, kenalan dulu. Saat ini apa saja kesibukan kakak?

Nama saya Alifi Kurnia Dzulhijjah biasa dipanggil Alifi, saat ini saya sedang menepuh pendidikan S1 PPKn di UNS, dan sedang melaksanakan magang kependidikan 3 di SMAN Gondangrejo, Karanganyar. selain itu saya juga mengikuti beberapa organisasi seperti Forum Duta GenRe UNS, PIK-R Cakra UNS serta Forum Duta Genre Kota Surakarta.

 

2. Apa yang mendorong kakak mengikuti kompetisi Duta GenRe hingga akhirnya mampu mencapai posisi Runner Up Duta GenRe 2020?

Sebagai remaja yang hidup diluar kota kelahiran, saya sedikit mengamati beberapa fenomena yang terjadi pada beberapa remaja saat ini seperti banyaknya pernikahan pada usia anak yang sedang menjadi salah satu permasalahan besar khususnya di Kota Surakarta. berangkat dari permasalahan tersebut, saya berniat untuk mengajak teman-teman remaja agar lebih bisa memanfaatkan waktu remajanya untuk berproses dan mencari pengalaman sebanyak-banyaknya, agar mampu menjadi remaja yang menyiapkan masa depan lebih matang.

 

3. Adakah hal yang paling berkesan selama kakak melaksanakan tugas-tugas sebagai duta GenRe?

Kegiatan yang paling berkesan selama menjadi duta GenRe adalah ketika kita mampu terjun secara langsung kepada remaja untuk saling berbagi, bercerita dan bertukar pikiran tentang 8 substansi GenRe yang salah satunya adalah life skill, dimana remaja bisa mengembangkan potensi dirinya sehingga mampu membentuk remaja yang berkualitas.


Aktivitas PIK-R di Kelurahan Joyotakan

Sumber foto: Akun instagram @kurniaalifi


4. Saat ini kan sedang masa pandemi yang menyebabkan terbatasnya aktivitas kita. Apa yang kakak lakukan untuk tetap produktif di masa pandemi?

Yang saya lakukan untuk tetap produktif dimasa pandemi adalah mengadakan acara secara daring seperti yang telah saya lakukan dalam masa pandemi ini yakni konten mini talkshow dimana kita bekerja sama dengan beberapa pembicara hebat yang berkolaborasi dengan duta GenRe UNS dan PIK-R Cakra UNS. Selain itu saya juga mengikuti beberapa acara virtual lainnya seperti rapat komunitas daerah dan pertemuan forum GenRe jawa tengah.

 

5. Apa harapan yang ingin kakak capai dan bagaimana kakak memandang diri kakak 10 tahun yang akan datang?

Harapan yang ingin saya capai adalah menjadi pribadi yang mampu mengajak orang lain untuk terus berproses meningkatkan soft skill dan hardskill yang dimiliki. dengan adanya advokasi yang telah saya miliki, saya berharap dapat menjadi role model bagi remaja khususnya kota Surakarta untuk menjadi remaja yang berkualitas. pandangan diri saya sendiri dalam 10 tahun kedepan, saya ingin menjadi sosok perempuan yang mandiri, memiliki kompetensi yang dapat bermanfaat bagi orang lain serta menjadi partner hidup yang baik bagi pasangan saya nanti.

 

6. Terakhir, adakah pesan-pesan yang ingin kakak sampaikan kepada remaja Indonesia, khususnya yang ada di kota solo?

Pesan saya kepada remaja, khususnya di kota solo adalah dapat menjadi manusia yang memiliki keinginan untuk terus bertumbuh dan berkembang dalam hal meningkatkan kualitas diri, dimana hal tersebut mampu membawa sebuah persiapan kehidupan yang lebih layak. terlebih lagi, remaja merupakan aset bangsa yang akan menjadi pionir-pionir penggerak bangsa ini dalam menyongsong Indonesia Emas 2045. Salam GenRe.


Demikianlah perkenalan singkat kita dengan kak Alifi, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Untuk melihat aktivitas Duta GenRe Surakarta, teman mama bisa mengikuti akun instagram @genresurakarta. Bagi teman mama yang tidak tinggal di kota Solo, bisa coba gunakan menu pencarian di media sosial untuk menemukan akun resmi Duta GenRe di kota anda.

 

Salam Hangat,

sapamama



24 Komentar

  1. Cantik, pintar, muda, berbakat dan menginspirasi. Semoga bisa membawa manfaat baik bagi banyak orang ya duta2 seperti ini..

    BalasHapus
  2. wah ayune khas puteri solo
    sudah cantik, smart juga..
    semoga banyak generasi muda yg terinspirasi ya

    BalasHapus
  3. Masya Allah, Kak Alifi ini calon guru ya. Semoga kompetensinya semakin baik seiring dengan makin banyaknya pengalamannya menjadi Duta GenRe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin... Insya Allah akan menjadi bekal untuk mendampingi anak didik kelak ya mam...

      Hapus
  4. memang hars dicari orang2 yang kompeten untuk jadi duta

    BalasHapus
  5. Seneng banget kalau remaja sibuk denga kegiatan positif begini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cocok mam... Visi masa depan pun jadi makin luas dan positif

      Hapus
  6. Generasi muda seperti inilah yang di cari, cerdas dan jiwa sosialnya tinggi. Tidak cantik secara fisik tapi juga hatinya. Sukses terus buat Kak Alifi.

    BalasHapus
  7. Memperhatikan jurusan yang dia ambil, kemungkinan Alifi ini calon Bu guru. Ya, ananda Era? Semoga semuanya berjalan lancar. Salam untuk Kak Alifi

    BalasHapus
  8. Masyaallah Kak Alifi. Terus semangat menginspirasi anak muda. Semakin banyak anak muda yang produktif dan menginspirasi, semoga bangsa Indonesia juga semakin maju.

    BalasHapus
  9. Cantik outer dan inner beauty-nya memancar bgt ya Kak.
    Semoga bisa jadi sosok inspiring
    stay humble ya

    BalasHapus
  10. Anak-anak usia remaja memang perlu sosok panutan yang berprestasi dan senantiasa membawa pengaruh positif, supaya di usia yang labil, mereka tetap bersemangat meraih masa depan. Kalau sudah punya cita-cita, biasanya ngga akan terpikir untuk melakukan hal-hal yang membuat waktu terbuang sia-sia.

    BalasHapus
  11. Wiwin | pratiwanggini.net10 April 2021 05.45

    Sepertinya penting diadakan kegiatan seperti ini. Minimal ada sosok inspiratif yang bisa menjadi teladan bagi generasi muda lainnya.

    BalasHapus
  12. Gerakan yang sangat positif. Remaja kebanyakan belum menemukan orientasi dalam kehidupan. Butuh GenRe dan orang-orang yang energik dan punya cita-cita jelas seperti Alfie ini untuk memberi pandangan baru pada para remaja. Saya suka kalimat; ingin menjadi partner yang baik untuk pasangan hidup saya.

    BalasHapus
  13. Cantik ya duta genre-nya
    Saya baru tahu kalau ada duta seperti ini
    Ga update banget saya

    BalasHapus
  14. Bagus ada kegiatan bermanfaat yang membuat anak muda berkarya dan bersosialisasi, mempengaruhi orang lain untuk berbuat hal positif. Semoga terus berkarya, Alifi.

    BalasHapus
  15. Wih keren dan mulia banget ya tujuan duta genre ini mbak. Semoga semakin banyak mbak Alifi Alifi lainnya

    BalasHapus
  16. Cantik ya duta genre-nya. Bgs tuh bisa menjadi inspirasi bagi anak muda zaman now

    BalasHapus
  17. Semoga saja para generasi muda nih bisa memiliki pandangan yg sama dengan Ka Alifi yaa... meningkatkan skill itu penting banget.

    BalasHapus
  18. Saya malah baru tahu program GenRe ini. Keren dan menginspirasi ya. Bisa melahirkan duta-duta muda seperti Alifi ini

    BalasHapus
  19. Suka banget sama anak muda yang berperan aktif di kegiatan positif gini. Semoga kak Kurnia bisa melaksanakan tugasnya sebagai duta GenRe dengan baik.

    BalasHapus