Tahun depan anak saya mulai memasuki sekolah dasar. Selama ini sih anak saya sekolahnya di rumah. Entah apa itu layak disebut homeschooling atau ngga, yang pasti di rumah dia mendapatkan pendidikan dan bisa memiliki kemampuan berpikir kritis dan persiapan untuk mampu memasuki kehidupan sekolah dasar.

Jujur saja tahun ini saya masih galau dan bingung. Akankah tahun depan anak saya masuk sekolah formal atau tetap menempuh pendidikan di rumah.

Sisi positif pendidikan di rumah, anak bisa mendapatkan pendidikan secara custom yang disesuaikan dengan kebutuhan, minat bakat anak dan tentunya fleksibel kare bisa dilakukan di mana saja. Namun untuk maksimal, tetap dibutuhkan biaya yang tidak sedikit dan yang pasti effort yang luar biasa bagi orangtua sebagai fasilitator yang sepanjang waktu selalu bersama anak.

Sisi positif sekolah formal, anak bisa mendapatkan pedidikan yang sudah dipaketkan, ada kurikulum, ada juga kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler sesuai minat anak. Namun, pendidikannya tentu tidak fleksibel, bahkan cenderung memiliki jam belajar panjang dari pagi hingga sore. Belum lagi metode yang sudah dalam satu paket belum tentu sesuai dengan kebutuhan anak. Kedepannya anak bisa saja bosan dan potensi anak tidak tergali secara maksimal.

Untuk versi terbaik baik sekolah dirumah atau di sekolah sama-sama membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, saya mengajak ibu-ibu di Playdate Soloraya untuk bersama-sama mengumpulkan informasi biaya sekolah anak (SD) di kota solo dan sekitarnya untuk tahun ajaran 2022/2023 sebagai salah satu aspek dasar memilih sekolah dan persiapan finansial.


Nah, berikut ini adah info biaya SD di Solo Raya yang berhasil dihimpun ibu-ibu Playdate Soloraya:

1. SD Al Azhar Syifa Budi Solo

Jl. Haryo Panular No.64, Panularan, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Telp. (0271) 725306

Biaya pendaftaran:

- Alumni TK ASBS: Rp300.000;

- Umum: Rp350.000;

Uang pangkal: Rp9.000.000;

Sumbangan pengembangan: Rp4.500.000;

Uang kegiatan 1 tahun: Rp1.420.000;

Uang buku 1 tahun: Rp1.500.000;

SPP Juli 2022: Rp625.000;

Uang Seragam:

- Putra: Rp750.000;

- Putri: Rp890.000;

TOTAL:

- Putra: Rp17.795.000;

- Putri: Rp17.935.000;


2. SD Muhammadiyah Program Khusus Kotta Barat 

Jl. Doktor Moewardi No.24, Purwosari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Telp. (0271) 712158

Total biaya masuk: Rp11.500.000-12.500.000;

Sudah termasuk SPP bulan Juli 2022, buku, seragam, dan kegiatan ananda.

SPP normal: Rp1.500.000;

SPP masa pandemi: Rp850.000;

SPP (termasuk catering makan siang, snack, dan kegiatan/ekskul)


3. SD Lazuardi Kamila GIS

Jl. Monumen 45 No.11, Setabelan, Banjarsari, Surakarta

(0271) 635694

iaya masuk: Rp12.450.000;

SPP reguler: Rp700.000;

- Biaya tersebut untuk pendaftaran gelombang 1 (hingga 31 Desember 2021) dan belum termasuk biaya buku.

- Gratis drawing pad dan seragam untuk pendaftaran gelombang 1


4. SD Ta'mirul Islam

Jl. Dr. Wahidin No.36, Bumi, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Telp. (0271) 724020

Ada 3 kelas pilihan: Reguler, Tahfidz, dan Digital Sains

Biaya pengembangan: Rp6.000.000;

Seragam & buku:

- Putra: Rp1.750.000

- Putri: Rp2.000.000;

Biaya program/bulan: Rp50.000;

Biaya lab (kelas digital sains): Rp500.000;

Biaya snack: Rp60.000;

SPP bulanan:

- Reguler: Rp400.000;

- Tahfidz: Rp500.000;

- Digital sains: Rp500.000;


5. MI Ta'mirul Islam

Bumi, Kec. Laweyan, Kota Surakarta

Telp. (0271) 8000760

Pendaftaran: Rp300.000;

Biaya pengembangan: Rp6.000.000;

Seragam:

- Putra: Rp1.000.000

- Putri: Rp1.250.000;

SPP minimal: Rp500.000;

Biaya snack/bulan: Rp72.000;

Infaq : Sukarela


6. SDICT Al Abidin (Coding)

Jl. Bone Barat Utama, Banyuanyar, Kec. Banjarsari, Surakarta, Telp. 0857-3554-9969, 0857-9996-3085

BPI I:*

- Gelombang khusus 1: Rp6.500.000;

- Gelombang khusus 1: Rp7.000.000;

- Reguler: Rp12.000.000;

SPP: Rp800.000;

Seragam: Rp850.000;

Paket pembelajaran digital:** Rp800.000;

Wakaf pendidikan: Rp500.000/1.000.000/1.500.000/>1.500.000;

*) Setelah BPI 1 ada 3 tahap pembayaran BPI masing-masing Rp2.000.000; dibayarkan pada Juli 2023,2024, & 2025.

**)LMS, instalasi, e-book, cicilan komputer


7. Charis Institute

Jl. Monginsidi No.28, Gilingan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta

Telp. (0271) 7028530

Biaya masuk

- Gelombang 1: Rp1.600.000;

- Gelombang 2: Rp1.800.000;

- Gelombang 3: Rp2.300.000;

Sudah termasuk uang gedung, biaya daftar ulang, seragam, dan buku tulis.

Biaya SPP bulanan akan didiskusikan bersama pihak sekolah.


Baca juga : Info Biaya PAUD di kota Solo dan Solo Raya


8. Sekolah Alam Surya Mentari (SD)

Gg. Mangga III, Jajar, Kec. Laweyan, Kota Surakarta

Total biaya masuk: Rp12.500.000;

Untuk info lengkap diminta untuk menghubungi sekolah


9. SDIT Insan Mulia

Jl. Duku VII, RT.04/RW.06, Jajar, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Telp. (0271) 732373

Pendaftaran: Rp250.000;

Biaya pengembangan: Rp6.600.000;

Seragam:

- Putra: Rp550.000

- Putri: Rp650.000;

SPP minimal: Rp450.000;

Uang kegiatan/semester: Rp600.000;

NOTE:

Saat ini pendaftaran sudah ditutup karena kuota full


10. SD Muhammadiyah Plus Malangjiwan Colomadu

Ngerangan Gawanan Barat, Kec. Colomadu, Karanganyar, Telp. (0271) 7652590

Biaya pendaftaran:

- Inden: Rp125.000;

- Non inden: Rp250.000;

Dana pengembangan pendidikan:

- Pilihan I: Rp2.750.000;

- Pilihan II: Rp3.000.000;

- Pilihan III: Rp3.250.000;

Wakaf tunai pembangunan sekolah:

- Pilihan I: Rp1.500.000;

- Pilihan II: Rp1.600.000;

- Pilihan III: Rp1.700.000;

Perlengkapan (seragam,tas,alat tulis

1 tahun) : Rp2.750.000;

Infaq pendidikan/bulan:

Rp437.000;

Katering (snack & makan siang):*

Rp283.000;


11. SD Muhammadiyah Palur

Program Khusus

Jl. Raya Palur No.243, Kedung Aron, Palur, Kec. Mojolaban, Telp. (0271) 825937

- B: Rp5.000.000;

Biaya rutin bulanan:

- SPP: Rp250.000;

- Kegiatan: Rp75.000;

- Makan: Rp110.000;

- UIM: Rp10.000;

- POM: Rp5.000;

aket seragam:

- Putra: Rp900.000;

- Putri: Rp1.000.000;

Paket alat sekolah:

- Paket buku: Rp800.000;

- Tas & alat tulis: Rp200.000;

Total A:

- Putra: Rp6.850.000;

- Putri: Rp6.950.000;

Total B:

- Putra: Rp7.350.000;

- Putri: Rp7.450.000;


12. SD Muhammadiyah Al Kautsar Kartasura

Jl. Cendana Raya No.3, Dusun II, Gumpang, Kec. Kartasura, Sukoharjo, Telp. (0271) 7652590

Uang pendaftaran: Rp300.000;

Infaq minimal: Rp6.000.000;

SPP/bulan minimal: Rp500.000;

Seragam:

- Putra: Rp900.000;

- Putri: Rp1.000.000;

Uang makan/bulan: Rp110.000;

Uang buku 1 tahun: Rp950.000;

Ta'aruf siswa baru: Rp250.000;

Uang kegiatan 1 tahun: Rp1.900.000;


13. Sekolah Alam Aminah

Jl. Raya Baki, Gawok, Sukoharjo, Telp. 0856-4091-8948

Biaya pendaftaran: Rp100.000;

Uang pengembangan(pangkal): Rp2.000.000;

SPP & uang makan/bulan: Rp400.000;

Seragam:

- Putra: Rp500.000;

- Putri: Rp600.000;

Buku/semester: Rp550.000;

Total:

- Putra: Rp3.550.000;

- Putri: Rp3.650.000;


14. Sekolah Alam Bengawan Solo

Panjangan 01/1, Desa, Gondangsari, Juwiring, Kantilan, Bulakan, Klaten, Telp. 0895-0242-8222

Dana pengembangan: Rp3.000.000; (minimal)

SPP/bulan: Rp150.000;

Muang makan: Selama pandemi ditiadakan


Nah, itulah 14 informasi biaya Sekolah Dasar (SD) di Kota Solo dan Solo Raya pada tahun ajaran 2022/2023. Lumayan juga ya biayanya, hiks. Lumayan banget malah. Banyak sekali pilihannya kan, mau berbasis agama ada, mau berbasis sekolah alam juga ada. Tinggal kita pilih saja sesuai kebutuhan.

Semoga biaya sekolah di atas bisa menjadi gambaran dan dapat membantu teman-teman untuk mempersiapkan pendidikan si kecil tahun depan ya.


Salam Hangat,

sapamama


12 Komentar

  1. Banyak juga SD bagus di Solo ya Mbak Era. Nampaknya sekolah alam menarik, Mbak ... eh bagi saya sih hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat saya juga bagus kok mba. Sayang sekolah alam di atas jauh banget dari rumah saya. 😊

      Hapus
  2. wah terima kasih sharing infonya mba..bisa nih kuteruskan ke kelg kami di Solo..

    BalasHapus
  3. Aku sempat survey juga ke sekolah alam itu mbak. Lumayan asyik tuh, tapi karena Narend masuk SD bertepatan pandemi akhirnya diputuskan utk HS dulu deh. Nanti lihat2 lagi kalau keadaan membaik dan anaknya mau sekolah mgk masuk sekolah umum jg. Makasih infonya ya. Btw SPA nggak disertain nih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum aku masukin mba... Yang udah masuk sih biaya PAUD SPA-ya, ada di artikel di sebelah, hehehe

      Hapus
  4. Luar biasa Solo jg udah lumayan2 sekai biaya sekolahnya ya mbak? Ini tuh krn mungkin sekolah negeri msh blm memuaskan para ortu kyknya, jd beralihnya ke swasta dan bayar lbh mihil
    Ortu kudu siap2 nih nabung2 utk biaya pendidikan anak, semangaaat :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mba, sekarang yang jadi idola sekolah swasta.

      Hapus
  5. Infonya lengkap ya mbak, jadi pengen searching dan ngumpulin info sekolah di daerahku biar bisa jadi pertimbangan banyak orang tua..

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk mbna survey, insya Allah banyak yang terbantu

      Hapus
  6. Akutu naksir sama metode pembelajaran Sekolah Alam.
    Tapi ujung-ujungnya daftar di sekolah konven yang banyak ekskul islaminya. Semoga dengan anak-anak bersekolah yang sesuai dengan visi misi keluarga, semua ilmu bisa bermanfaat untuk masa depannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akupun begitu mba. Lebih natural gitu ya.. Di Bandung ada banyak lho sekolah alam dan mengambil kurikulum yang dekat dengan alam.

      Hapus