Kapan pertama kali teman-teman mendapatkan haid atau menstruasi?

Pasti beragam ya. Saat itu, rata-rata anak perempuan di sekitar saya mendapatkan haid pertama saat duduk di kelas 6 SD atau ketika memasuki SMP. Ada yang mendapatkan haid pertama usia 11, 12, 13, bahkan beberapa teman saya baru mendapatkan haid pertamanya usia 15 tahun.

 

Ketika duduk di bangku kelas 2 SMP, saya membaca sebuah komik Jepang berjudul The Aqua Age. Komik itu bercerita tentang seorang gadis kecil bernama Yuko Kawai yang mulai tumbuh dan bertransisi dari anak-anak menjadi seorang remaja. Masa pubertas kerap membingungkan. Apalagi dengan perubahan kondisi fisik, mulai dari payudara yang mulai tumbuh dan tentu saja menstruasi pertama, gerbang menuju kedewasaan dan kesiapan reproduksi.

 


Di episode awal, diperlihatkan kehebohan anak-anak perempuan yang mendengar kabar bahwa ada  salah satu anak yang sudah mengalami menstruasi. 


Pada saat itu, saya agak iri karena di sekolah tersebut dilengkapi ruang audiovisual untuk menjelaskan perihal reproduksi pada anak-anak kelas 6 SD ini. Soalnya, ketika saya kelas 6 SD, tidak ada pelajaran khusus yang membahas menstruasi, jadi informasinya masih simpang siur.

 

Untungnya saat masuk SMP saya mendapatkan informasi dari mama saya, yah, walaupun belum banyak sih. Setidaknya, saya sudah cukup siap menghadapi hari-hari baru sebagai seorang remaja yang sudah mengalami pubertas.

 

Sekarang semua serba maju dan terbuka, bahkan menstruasi pun sampai dibuatkan hari peringatan khusus lho. Iya, serius... World Menstrual Hygiene Day jatuh pada tanggal 28 Mei tiap tahunnya. Salah satu tujuan adanya hari istimewa ini adalah untuk menghapus stigma tabu terhadap menstruasi dan mengedukasi pentingnya menjaga kebersihan saat menstruasi.

 

Oleh karena itu, Betadine Indonesia menggelar webinar “Sehat dan Bersih Saat Menstruasi” dengan menghadirkan 3 narasumber luar biasa, yaitu Prof. Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, SpOG(K), MPH (POGI & FK UI/RSCM), Anna SurtiAriani, S.Psi., M.Si., Psikolog, dan dr. Dwi Oktavia, TLH, M.Epid (Dinkes Prov. DKI Jakarta).

 

Nah, saya akan membagikan informasi menarik yang saya peroleh dari webinar tersebut. Monggo....

 

Sebelum melangkah lebih jauh, yuk, kita pahami dulu....


Apa Itu Menstruasi?

Menstruasi adalah suatu kondisi yang sangat wajar terjadi pada perempuan. Jadi, kita tidak perlu malu atau takut jika mengalami menstruasi. Penjelasannya ada dibawah ini:





Karena ada perubahan kondisi tubuh, maka tak heran jika menstruasi kerap disertai dengan perubahan mood, sakit atau kram perut, bahkan anemia. Oleh karena itu, kita bisa mencari makanan atau minuman yang membuat kita nyaman dan tetap berenergi.

 

Menjaga Kebersihan Saat Menstruasi

Yang penting untuk diperhatikan ketika menstruasi adalah Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM). Mengeluarkan darah dari dalam tubuh tentunya membuat kita lebih berisiko untuk terpapar bakteri jahat. Jadi, wajib hukumnya menjaga kebersihan area intim. Apa saja yang bisa kita lakukan?




 

Dengan rutin menjaga kebersihan selama menstruasi, maka kita akan terhindar dari penyakitan, seperti gatal-gatal, jamur, keputihan, bahkan kanker serviks.

 

 

Beberapa Fakta Tentang Menstruasi

Ada beberapa fakta yang menarik terkait menstruasi pada anak perempuan. Ternyata, walaupun mereka sudah mengalami menstruasi, masih banyak yang tidak memahami bahwa menstruasi adalah tanpa kesiapan reproduksi, artinya, secara fisik anak perempuan yang sudah menstruasi bisa hamil. Jika tidak diedukasi, hal ini tentu berisiko terjadi kehamilan anak. Masih banyak juga yang belum paham apa langkah yang harus diambil saat menstruasi, begitupun dengan bagaimana cara menjaga kebersihan saat menstruasi.

 



 

Pada dasarnya pemerintah sudah mengatur perihal kesehatan reproduksi dalam Peraturan Pemerintah No. 61 Tahun 2014 dan memberikan program-program untuk mendukung kesehatan reproduksi remaja seperti UKS, Posyandu Remaja, program penyuluhan, dan vaksinasi HPV untuk anak perempuan.




 

Karena merasa tabu, tak sedikit yang enggan mencari informasi terkait menstruasi, padahal ini adalah suatu pengetahuan dasar yang sangat penting bagi keberlangsungan hidup kita.

 

Tips Jitu Bicara Menstruasi Dengan Anak

Dengan kondisi yang ada, maka penting bagi kita untuk membantu anak-anak tersebut lebih memahami tentang menstruasi. Yang menarik, terungkap fakta bahwa ternyata anak kita lebih suka mendapatkan informasi dari kita dibanding dari orang lain ataupun media lho... Jadi, dengan membuka pintu komunikasi dan diskusi tentang menstruasi bisa menjadi langkah untuk semakin mempererat hubungan ibu dan anak.




 

Tujuh poin di atas mudah untuk diaplikasikan kok temans. Bekalnya satu, kita harus bisa menguasai dengan baik informasi terkait menstruasi dan sebagainya sehingga apa yang kita sampaikan dapat dipertanggungjawabkan.


Dengan bicara tentang menstruasi secara terbuka, maka:

1. Kesehatan reproduksi anak akan lebih baik.

2. Anak cenderung menunda hubungan seksual pertamanya.

3. Mengurangi risiko masalah kesehatan mental terkait seksualitas.

4. Relasi ibu dan anak remaja menjadi lebih dekat.


Hal ini tak hanya berlaku bagi anak perempuan, namun juga berpengaruh terhadap anak lelaki lho... Anak lelaki yang mendapatkan edukasi tentang menstruasi akan lebih tangga, berempati, dan bisa menghargai perempuan. Hal ini juga dapat menghindarkan anak kita dari sikap bullying ketika ada temannya yang “bocor” saat menstruasi.


Kurangnya edukasi tentang menstruasi bisa memicu perilaku 


Rekomendasi Produk Untuk Menjaga Kebersihan Saat Menstruasi

Membersihkan area intim kita memerlukan langkah tersendiri. Kita tidak bisa sembarangan membersihkan, salah-salah pH alami akan kehilangan keseimbangan atau bisa memicu masalah kesehatan seperti jamur, gatal,  iritasi atau keputihan oada area kewanitaan. Kita awali dulu dengan cara membersihkan. Sebaiknya membersihkan area intim dari arah vagina menuju arah anus. Hal ini untuk mencegah bakteri atau kotoran dari anus masuk ke ada vagina.

Jika membutuhkan cairan pembersih, kita bisa menggunakan produk dari Betadine Feminine Wash, yaitu sabun sanitasi area intim yang sudah dipercaya sejak puluhan tahun.



Betadine memiliki rangkaian lengkap untuk menjaga kesehatan dan kebersihan area kewanitaan.
1. Daily Protection
Digunakan untuk perawatan harian. Mengandung pH balanced, prebiotics, bebas parabean, hypoallergenic, gynaecologically tested.

2. Read Days
Produk yang didesain khusus saat kita menstruasi, memberikan perlindungan ekstra sehingga area intim bebas kuman. Read days mengandung antiseptik PVPI 10% dan mengatasi gejala infeksi kewanitaan (keputihan, iritasi ringan, bau tak sedap, dan gatal).

3. Infection
Saat mengalami infeksi, maka kita harus konsultasi kepada tenaga kesehatan. Biasanya tenaga kesehatan akan merekomendasikan produk Betadine Infection yang mengandung antiseptik PVPI 10%.

4. On The Go
Saat kita bepergian dan memerlukan alat sanitasi, produk Betadine On The Go bisa menjadi pilihan terbaik karena selain praktis juga mengandung pH balanced, prebiotics, hypoallergenic, gynaecologically tested, bahkan flushable dan degradable. No More gulita feeling pada lingkungan ya..

Produk-produk Betadine bisa diperoleh di marketplace seperti Shopee dan Tokopedia

Keseruan webinar "Sehat dan Beraih Saat Menstruasi" bersama Betadine



Demikian yang bisa saya bagikan dari webinar “Sehat dan Bersih Saat Menstruasi” bersama Betadine. Semoga artikel ini bermanfaat ya, teman-teman punya pengalaman seru seputar menstruasi?



Produk Betadine apa yang sudah teman-teman coba?




Salam Hangat,
sapamama






 

 

 

 

 

 

 

 

85 Komentar

  1. Enaknya sekarang akses informasi sudah makin banyk dan gak semua mikir ini tabu. Hal penting gini kan kudu banget dipelajari sama anak2 yg menuju remaja ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mam, yang penting ortu bisa memilah sumber informasi sehingga tetap valid

      Hapus
  2. bisa jadi bekal aku kalo punya anak perempuan nanti buat menjelaskan tentang menstruasi dan kebersihannya

    BalasHapus
  3. thank you so much for all the tips mbaa.. bermanfaat banget buat aku yang punya anak gadis dan soon akan mengalami menstruasi full

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah.... Insya Allah masa transisinya bisa berjalan lancar ya... Apalagi didampingi ibu yang selalu semangat belajar

      Hapus
  4. Woow! Webinar yg keren dan manfaat buat calon ibu dan ibu2 muda ya. Betadine On The Go? patut dicari nih utk para cucu2 dan cicit perempuan bunda. Bunda menstruasi usia 13 th dan manepos usia 48 tanpa adanya sakit dan kelainan2 rasa yg dialami. Semua lancar jaya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masya Allah.. Alhamdulillah ya bunda. Betadine On The Go lasti cocok untuk remaja yang aktif.

      Hapus
  5. Alhamdhulilah sekarang banyak cara yg bisa bantu kita menjrlaskan seputar menstruasi ya mbak. Bahkan ada games pulak. Jd jangan sampai kita sebagai ibu masih malu apalagi tabu menjelaskan perkara sepenting ini. Daripada mereka tanya orang lain atau dpt info ga bener kan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju sekali mam. Anak tentu lebih senang jika kita bisa mendampingi di masa yang penting ini

      Hapus
  6. aku senang bisa ikutan webinar ini
    dari webinar ini, aku nggak hanya tahu informasi seputar menstruasi saja
    tapi juga tahu bagaimana cara memberikan informasi seputar menstruasi kepada anakku nantinya

    BalasHapus
  7. wah aku juga baca komik aqua age itu dulu tapi lupa kapan bacanya. bener nih memang seharusnya anak-anak kita mendapat informasi yang lengkap ya seputar menstruasi sebelum mereka dapat mens biar nggak bingung nantinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya kita sejaman ya mam, hihi... Semangat mengedukasi anak2 ya...

      Hapus
  8. Aku juga belajar dari webinar kemarin mbak utk siap2 kasi tahu ttg menstriasi kepada anak2ku.
    Sekarang mereka jg udah kenal sih dikit2 kalau ibuknya gaksholat berarti lg mens hehe
    Edukai kyk gini penting soalnya keinget dulu ada teman SD pertama kali mens eh kami semua panik, dia jg panik kirain sakit huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soalnya berdarah ya... Tapi memang sakit sih kalau pas awal2

      Hapus
  9. Zaman sekarang uda bagus banget yaa...terutama untuk edukasi MKM (Manajemen Kebersihan Menstruasi). Di sini, kita sebagai orangtua jadi paham dan aware terhadap edukasi point-point apa saja yang harus anak-anak tau dari A-Z mengenai menstruasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dapat pengalaman menstruasi yang pertama aku dulu gak didampingi ibuku. Rasanya maluuu banget.
      Alhamdulillah ada edukasi begini, aku jadi teringat pengalaman yang dulu, jangan sampai terulang kembali ke anakku.

      Semoga para remaja sekarang dekat dan mendapatkan informasi yang benar dari orangtua.

      Hapus
    2. Thank you for sharing ya mam... Senang ya kalau ortu kita supportif dan terbuka

      Hapus
  10. Wahh masukan bagus buat aku yg punya anak cewek nih, kayanya aku juga harus banyak tau ttg bagaimana mengajari anak di mens pertama

    BalasHapus
  11. Saya pun kelas 6 SD Mba. Anak saya kayanya bakal sama juga dengan emaknya, klo dilihat dari postur tubuh. Entah bener ga ya. Komiknya bikin saya terinspirasi utk menyiapkan dia nanti jelas masa puber. Ah terimakasih sekali Mba, walau masih 5 tahunan lagi menghadapinya tapi setidaknya udah punya gambaran

    BalasHapus
  12. Thank you for all the tips Mbaa...memang menjaga kebersihan saat mens itu bener bener penting banget, apalagi mengenalkan kebersihan organ intim pada remaja. Supaya tetap bersih dan sehat yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cocok... Lesehatan reproduksi adalah aset

      Hapus
  13. jadi ingat pertama kali menstruasi sampe nangis dan laget karena sebelumnya memnga belum pernah ngobrol soal ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, biar anak kita ngga nangis kebingungan harus kita edukasi ya mam

      Hapus
  14. Saya pakai produk Betadine untuk perawatan organ kewanitaan ini...Kalau dulu mungkin tabu ngomongin menstruasi ya. Kini syukurnya ada edukasi seperti ini jadi semua makin peduli pentingnya memberi informasi yang benar pada anak perempuan tentang menstruasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepakat. Apalagi manfaatnya luar biasa ya

      Hapus
  15. Senang banget deh ada webinarnya betadine ini. Jadi bisa belajar banyak tentang parenting.

    BalasHapus
  16. Agar bisa membicarakan perihal menstruasi dengan tepat pada anak, perlu adanya tips - 7 tips di atas, sih ya (mengingat pengalaman dengan anak2).

    BalasHapus
  17. Lengkap ya serangkaian produknya Betadine. Sekarang ini untuk mengakses informasi menjadi lebih mudah, makanya sebagai seorang ibu perlu mengupgrade diri karena ibu itu sumber informasi untuk mengajarkan banyak hal termasuk kebersihan dan kesehatan saat menstruasi

    BalasHapus
  18. Beruntung banget saya juga ikut webinarnya kemarin. Buat persiapan diskusi sama anak soal menstruasi karena udah hampir waktunya juga.

    BalasHapus
  19. jadi inget deh momen menstruasi pertama kali, itu saat kelas 6 SD dan kondisi lagi ujian akhir kalo gak salah deh

    BalasHapus
  20. Senangnya bisa ikutan webinar ini juga, jadi tahu banyak tentang manajemen kebersihan menstruasi sebagai bekal buat mengedukasi anak perempuanku nih, apalagi sangat berkaitan dengan kesehatan reproduksi.

    BalasHapus
  21. Artikelnya lengkap banget nih, Pengetahuan tentang menstruasi bukan hal tabu ya penting bagi anak untuk mengenal tubuhnya dan bisa lebih fokus jaga kebersihan saat menstruasi

    BalasHapus
  22. Harus banget jaga area miss v pas menstruasi tetep bersih . Jangan asal pilih sabunnya juga, bisa-bisa gatal dan iritasi. Soalnya dulu aku gitu. Aku kira Betadine cuma punya produk buat luka, ternyata ada jg khusus buat kebersihan miss v.q

    BalasHapus
  23. Terima kasih untuk 7 tips mengajak anak berbicara tentang menstruasinya... ini sangat penting bagi saya, lho, untuk halau rasa sungkan dan tak nyaman saat membicarakannya

    BalasHapus
  24. Saya udah nyobain yang daily itu mbak, 2 botol abis haha.. sama wipesnya, memang enak banget, nyaman dipake, menyesuaikan dengan ph area kewanitaan kita :)

    BalasHapus
  25. menjelaskan informasi seputar menstruasi ini sangat penting ya mbak
    baiknya dijelaskan sebelum anak mengalami masa pubertas ya, biar siap saat menghadapi haid pertamanya

    BalasHapus
  26. Nah ini klo punya anak Perempuan ,, jadi peer bangt menjaga kebersihan Miss V apalagi saat menstruasi mesti bangt ekstra dn pakai sabun khusus spt Betadine

    BalasHapus
  27. Memang untuk memberikan ilmu ttg organ tubuh wanita itu perlu ilmu, ga bisa sembarangan atau dengan mitos2. Sayangnya anakku lanang semua e, Mba

    BalasHapus
  28. Penting banget sih memang soal manajemen kebersihan menstruasi ini didiskusikan dengan anak perempuan. Semoga kita semua mampu menjelaskan dengan baik dan benar, ya

    BalasHapus
  29. Nggak boleh asal ya Mbak pakai produk untuk area kewanitaan. Bagus banget betadine punya produk lengkap buat kebersihan dan menjaga kesehatan area kewanitaan kita..

    BalasHapus
  30. Alhamdulillah, webinar ini memberiku pencerahan Mbak. Saatnya daku mengedukasi ananda untuk persoalan ini.

    BalasHapus
  31. Ibulah yang memang berperan penting dalam mengedukasikan tentang menstruasi kepada anak perempuannya jangan sampai bertanya kepada temannya atau lewat internet ya

    BalasHapus
  32. produk betadine sangat lengkap dan bisa membantu perempuan menjaga kebersihan organ intimnya.

    BalasHapus
  33. senangnya ada hari menstruasi ya :) jadi semakin aware sama kesehatan dan kebersihan organ intim kita :)

    BalasHapus
  34. Informasi yang sangat bermanfaat untuk bekal jadi seorang ibu. Betapa pentingnya peran ibu dalam memberikan edukasi untuk anak-anaknya.

    BalasHapus
  35. Kok aku udah kebayang ya gimana jelasin mens ke anak2 perempuanku. Bismillah moga informatif dan komunikatif

    BalasHapus
  36. Ternyataaaaa anak laki-laki pun perlu diedukasi mengenai menstruasi. Hihihi saya baru tahu itu. Beruntung bisa ikut acara webinar ini, banyak sekali pengetahuan yang disadari belum saya ketahui. Siap-siap sampaikan, nih.

    BalasHapus
  37. Kalau di sekolah tempat ngajar dulu, untungnya murid-murid saya sudah dapat pelajaran tentang haid di mapel Fiqih. Cuma terkait manajemen kebersihannya ini nih banyak yang belum paham banget.

    BalasHapus
  38. Ibu memang punya peranan penting ya mba dalam memberikan edukasi tentang menstruasi

    BalasHapus
  39. dengan webinar ini sangat membantu aku untuk melakukan edukasi seputar menstruasi ke anak anakku nanti

    BalasHapus
  40. Banyak banget ilmu dan pelajaran dari webinar ini, bikin makin semangat untuk rutin menerapkan prinsip MKM dan menyemangati para emak emak untuk mengedukasi anak perempuannya

    BalasHapus
  41. Saya penasaran dengan produk betadine jadinya kak
    Pengen banget cobain produknya. Terimakasih informasinya kak

    BalasHapus
  42. Jujur jadi dapat ilmu baru dan momen aha kok aku baru tahu ya. Zoominar yang keren membahas hal-hal yang terkesan tabu padahal perlu banget untuk dibahas. Thank you for sharing

    BalasHapus
  43. Kebetulan anakku perempuan semua, dari sini jadi tahu ternyata menstruasi pun ada manajemen kebersihan kesehatan menstruasinya juga.
    Biar anak lebih siap menghadapi menarke nantinya

    BalasHapus
  44. Semoga suatu saat aku punya anak perempuan dan aku uda tau pasal ini 😊

    BalasHapus
  45. Kalo jaman dulu di lingkungan ku, Anak-anak perempuan pertama kali menstruasi itu usia belasan atau pas SMP. Tapi sekarang ternyata usia SD pun udah banyak banget yang udah menstruasi. Artinya para ibu dan calon ibu udah harus bener-bener membekali diri dengan pengetahuan yang cukup tentang menstruasi ini ya mbak.

    BalasHapus
  46. Webinarnya kereeen, beruntung banget bisa ikutan meski nggak punya anak perempuan, tapi ini sangat berguna untuk bicara ttg proses alamiah manusia pada anak laki2 saya.

    BalasHapus
  47. penting sekali memberi edukasi pada anak perempuan kita tentang kebersihan menstruasi, terutama saat anak sudah masuk usia pubertas. Kebersihan menstruasi sangat penting untuk menjaga kesehatan area kewanitaan.

    BalasHapus
  48. Bagus juga ya mengedukasi lewat komik The Aqua Age.

    pastinya karena tokoh utamanya adalah juga gadis kecil Yuko Kawai jadi masuk ke benak anak anak.

    Boleh juga tuh usul sama Betadine buat komik untuk edukasi hahahaaa

    BalasHapus
  49. Ahaa, cerita komik itu mengingatkan aku pada masa remaja juga yang pertama tahu menstruasi dari buku2 bacaan, bukan dari orang tua, yang jaman dulu masih tabu banget buat didiskusikan.
    Salut sama sekarang, ibu dan anak bisa bersinergi dan saling diskusi soal MKM. Aku dulu SMP kelas2 M pertama kalo anakku pas kelas 1 SMP.

    BalasHapus
  50. Menyenangkan dan bermanfaat sekali webinar ini apalagi untuk calon ibu sepertiku

    BalasHapus
  51. Memberikan ilmu apalagi yg penting seperti ini bukan cuma kewajiban bagi ortunya saja, tp kita semua jg harus bisa menyampaikan dg benar apa yg kita terima kepada anak2 remaja, terutama informasi MKM buat mereka ya.

    BalasHapus
  52. Hallo kak sapamama, Webinar yang sarat dengan misi positiv semoga semakin banyak yang tercerahkan. Saya sendiri menjadi tercerahkan soal pembersih kewanitaan yang juga ada yang aman ini. Keren kak tulisannya ...

    BalasHapus
  53. Lengkap banget pembahasan nya, Ibu mmg sosok terdepan utk materi menstruasi ini ya mb, jadi penting banget Ibu membekali diri dengan informasi ini ya mb

    BalasHapus
  54. Lengkap banget produknya Betadine ini ya, bisa buat sehari-hari, saat menstruasi dan traveling juga. Memang MKM perlu dipraktikan setiap perempuan agar tetep bersih dan sehat selama menstruasi

    BalasHapus
  55. dari webinar ini serta liputan yang ada jadi semakin memahami pentingnya manajemen kesehatan menstruasi

    BalasHapus
  56. aku termasuk ibu yang memilih untuk mengedukasi secara dini ke anak2 perempuan soal menstruasi dan manajemen kebersihannya. dan terbantu banget klo ada event yg bisa kita datangi bareng sm anak2 utk dpt insight yg sama soal ini... ngebantu banget mempermudah ngobrolinnya ke anak2 tanpa merasa rikuh

    BalasHapus
  57. Menjelaskan haid ke anak-anak emang butuh waktu dan cara khusus ya.. Kadang ada pertanyaan yang bikin kita bingung sendiri menjawabnya..

    BalasHapus
  58. Kebetulan baca ini pas lagi dapet, jadi bisa langsung praktik. Ada beberapa hal yang baru saya tahu. Makasih tipsnya Mbak

    BalasHapus
  59. Berhubung anak saya dua2nya cowok, jadi nggak bakalan ada pengalaman mendampingi hari pertama anak mens deh :)
    Tapi pada duo cowok kecil di rumah, saya sudah beberapa tahap menjelaskan ttg mens sih. Awalnya karena pernah melihat pakaian bawah saya bernoda karena bocor, juga karena saya pernah nggak ikutan renang. jadi mereka tanya2 deh kenapa bunda bisa berdarah.
    Daaan..menjelaskan pada anak2 cowok yang itu juga tantangan tersendiri :)

    BalasHapus
  60. Kelas 3 smp mbaa waktu aku haid pertama kali hihi.. sekarang ada harinya yaa. Keren. Supaya nggak tabu lg, beneer deh klo haid itu rasanya malu padahal kan memang udah semestinya ya ngapain malu. Heheuuu. Aku jg kena mitos2 tapi nanya mama ku. Alhamdulillah tetap gunting kuku 😁

    BalasHapus
  61. Aku batu tahu akan World Menstrual Hygiene Day yang jatuh pada tanggal 28 Mei tiap tahunnya. Setuju banget mengingat kesdaran akan kesehatan dan kebersihan saat menstruasi ini masih belum terlalu dianggap penting oleh banyak kalangan. Padahal banyak manfaatnya jika dikenalkan sejak dini pada anak perempuan

    BalasHapus
  62. emang deg-degan rasanya kalo punya anak perempuan menjelang remaja yaaa, harus siap siap menjelaskan tentang mestruasi untuk pertama kalinyaaaa.. makasi tipsnya yaaa

    BalasHapus
  63. Aku yang punya anak cowok juga mengajak mereka memahami gimana perasaan perempuan yang sedang haid. Gampang sih ngajarinya karena sejak kecil udah ngerti ibunya libur shalat atau puasa gitu

    BalasHapus
  64. benar mbak, penting banget memberikan edukasi dini kepada anak perempuan ya agar mereka lebih siap ketika menghadapi menstruasi.

    BalasHapus
  65. Makasih sharingnya mbak... Jadi nostalgia zaman saya dapat menstruasi pertama juga.. Tapi belum coba produknya betadine nih...

    BalasHapus
  66. Baru tahu ada Hari Menstruasi Sedunia dan filosofi dari tanggal 28 Mei itu. Tulisan ini akan menjadi bekal buatku kalau nanti punya anak perempuan, bagaimana caranya menyampaikan edukasi tentang menstruasi. Terima kasih sharingnya Mbak, bermanfaat banget.

    BalasHapus
  67. Baru tau nih ada menstrual hygiene day. Tapi emang ini penting banget ya, terutama buat remaja puteri. Kudu lebih concern soal lebersihan terutama ketika haid

    BalasHapus
  68. Senengnya bisa ikutan webinar yang menambah ilmu soal kewanitaan. Ini pengetahuan penting banget ya buat remaja puteri yang baru awal awal haid supaya lebih bisa menjaga kebersihan area kewanitaannya

    BalasHapus
  69. Edukasi manajemen kebersihan menstruasi penting diberikan kepada anak sejak dini ya mbak. Dan cara menyampaikannya harus tepat, ada caranya. Supaya bisa dipahami, dan dilaksanakan dengan betul-betul sesuai anjuran. Aku biasa pakai cairan pembersih untuk membersihkan area kewanitaan. Nah Betadine punya rangkaian produk yang lengkap ya ternyata. Bisa jadi pilihan untuk penggunaan sehari-hari nih.

    BalasHapus
  70. Entah hormon atau gaya hidup, anak sekarang tuh cepet banget menstruasinya. Makanya emang bener deh klo udah harus mulai dikasih edukasi sedini mungkin.

    BalasHapus