Kenapa kita suka horor?

Bisa jadi karena efek adrenalin yang terpacu setiap kali kita menikmati konten horor membuat kita ketagihan ingin menikmati kisah horor lagi dan lagi. Ada banyak media dalam menikmati kisah horor, mulai dari film, buku, podcast, maupun komik. Di era komik digital ini kita dapat mengakses kisah horor dengan lebih mudah.

 

Salah satu platform komik digital yang digemari di Indonesia adalah Webtoon. Ada banyak karya webtoonist lokal yang kualitasnya tak perlu diragukan lagi. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi Webtoon horor lokal yang wajib untuk dibaca.

 

Creep karya Ino Septian


 

Ilustrasi salah satu episode creep
Sumber: Webtoon

“Kisah horor yang akan merayapi mimpi-mimpimu”

Demikianlah sinopsis singkat untuk menggambarkan Creep. Creep merupakan  salah satu webtoon paling sukses di Webtoon Indonesia. Di awal kita disajikan dengan kisah horor singkat yang langsung berakhir per episode. Namun ada satu kisah utama yang harus dirangkai di sepanjang cerita. Sang penulis menggunakan alur maju mundur sehingga pembaca harus jeli dan merangkai satu persatu puzzle yang ada di dalamnya. Kisah utama di sini adalah tentang Mala yang duduk di bangku SMP dan menemukan kucing terlantar dan merawatnya. Kucing yang diberi nama Merah itu berperilaku ganjil karena kerap mencelakai bahkan membunuh orang-orang yang mengganggu Mala. Akhirnya Mala terpaksa membunuh Merah dengan memberikan racun. Belasan tahun berlalu dan Merah datang menuntut balas pada Mala.

 

Creep In karya Ino Septian

 

Salah satu episode tentang susuk
Sumber: Webtoon

Sukses dengan Creep, di tahun 2020 Ino Septian kembali hadir di jagad Webtoon dengan Creep In. Kini tokoh utamanya adalah Arya, seorang pria yang memiliki kemampuan supranatural dan sering membantu orang-orang yang menemukan masalah yang berhubungan dengan hantu. Tokoh utama wanita adalah Niam, putri Mala dari webtoon Creep. Kita akan menggali masa lalu Arya yang ternyata memiliki hubungan dengan seorang hantu noni Belanda nan kuat bernama Arum. Di sini Nilam berusaha untuk menutup kemampuannya melihat hantu karena kerap memperoleh teror. Ketika merasa mulai menemukan titik terang, Niam tidak tahu ada sesuatu yang gelap sedang mengincar tubuh dan jiwanya.


10pm karya Arvino


Webtoon horor ini merupakan komik horor yang kental dengan nuansa budaya. Soalnya, hantu dan setan yang ada di dalamnya tuh hantu-hantu nusantara. Tokoh utama di komik ini adalah Arvino, seorang penyiar radio gaib yang diketahui menyerap energi dari ketakutan orang-orang yang mendengarkan siarannya. Namun, sesungguhnya ada sosok iblis kuat dibalik siaran radio itu, yaitu Ludira. Di tengah perjalanan akan muncul tokoh utama perempuan, yaitu. Iska yang memiliki kekuatan luar biasa. Ia didampingi oleh kakaknya, Bang Candra, dan makhluk astral kuat Bramasta. Masuk ke Season 2, mereka dihadapkan dengan sebuah aplikasi aneh bernama 10pm yang bisa menunjukkan lokasi keberadaan makhluk astral. Seperti apa petualangan mereka nanti, baca di webtoon setiap malam Jum’at ya... Buat kamu yang ngga suka komik digital, sebentar lagi akan dirilis komik fisiknya lho...


Baca juga:

Kenalan, Yuk! Arvidan, Webtoonist Komik Horor 10 PM Line Webtoon Indonesia (Part 1)

Kenalan, Yuk! Arvidan, Webtoonist Komik Horor 10 PM Line Webtoon Indonesia (Part 2)


 

Sarimin karya nagaterbang


Webtoon dengan banyak kisah pesugihan
Sumber: Webtoon

Webtoon Sarimin berawal dari webtoon kompilasi yang berjudul Hari Berarti. Sarimin sendiri merupakan kisah tentang siluman pesugihan. Sarimin adalah siluman kera yang tinggal di sebuah pohon keramat. Di sana dia ditemani dengan seekor monyet dan seekor tuyul bernama Minnie. Bisa dibilang walaupun horor tapi kita tidak akan dibuat takut saat membaca webtoon ini. Kenapa? Karena ada banyak adegan lucu. Apalagi hubungan Sarimin dan Minnie yang menggemaskan. Akan ada berbagai siluman pesugihan yang ditampilkan di webtoon ini mulai dari siluman ular putih yang merupakan mantan kekasih Sarimin, siluman bulus yang jadi saingan Saraimin, dan siluman Harimau yang jadi sahabat Sarimin. Jakadara dapat berkunjung ke akun instagram @sariminaja dan @nagaterbanggg untuk lebih mengenalnya.

Sayangnya sudah setahun ini Sarimin hiatus alias tidak update karena kondisi komikus. Kita doakan semoga komikusnya sehat dan dimudahkan segala urusan agar segera update ya....


Nah, kalian sudah baca webtoon di atas? Mana favorit kalian?



Salam Hangat,

Sapamama



24 Komentar

  1. Kalo nonton webtoon horror kadang yang seru itu dilengkapi sama audio yang bikin merinding. Bener2 berasaa horrornya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, iya... Yg 10 pm dan Kemala belum saya tulis di sini, tapi sudah ada 2 artikel khusus yg membahas 10pm. Next akan saya tulis tentang Kemala.

      Hapus
  2. Yang Sarimin kok kayanya horor tapi lucu ya hehe
    Aku tapi tetap kalo yang namanya horor ga berani baca ataupun nonton.. Ga kuat mental 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sarimin ini memang lucu kok. Satu2nya webtoon horor yang berani dibaca malam-malam, hehe

      Hapus
  3. Creep ini dilihat dari gambarnya aja serem banget. Sekarang udah jarang sih baca2 webtoon yang horor. Habis kepikiran. Pernah waktu itu baca yang gloomy sunday. Beneran, jadi ngeri aku mbak wkwkkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gloomy sunday aku ngga ngikutin lagi, terlalu disturbing untukku, huhu

      Hapus
  4. Sudah lama denger webtoon n kadang pengen baca2 gitu. Tapi memang mnurutku ceritanya dewasa ya. Ga anak2 ya. Jd harus paham.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau slice of life sih cenderung semua umur bisa. Kalau untuk 18+ pasti ada warningnya kok. Jadi sebagai pembaca memang kita harus jujur dengan diri sendiri.

      Hapus
  5. Belum pernah euy ke webtoon..haha kudet banget yak..kayaknya seru2 ya..Sarimin nih yang kebayang lucunya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung kebayang Sarimin pergi ke pasar ya, hihihi

      Hapus
  6. Aku jujur takut sih cerita horor tapi kalau bentuknya webtoon kayaknya bakal seru buat disimak mau kasi tau anakku jga sebagai penggemar webtoon harus baca cerita creep ini seru bngt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau udah remaja oke kok baca Creep, kalau masih SD kayaknya jangan

      Hapus
  7. Kak Eraa..
    Aku suka sama review webtoonya.
    Sebenernya tips memilih membaca webtoon ini apa yaa..? Random aja gitu?

    Hehhee...suka buka-buka dan berakhir dengan tidak membaca satupun.
    Hiiks~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you kaka suhu... Awalnya sih cari yang sesuai genre favorit, nanti lama2 nemu yang frekuensinya cocok

      Hapus
  8. sebagai penggemar cerita horor aku wajib juga nih menikmati webtoon karena belum pernah nyoba nonton cerita horor di webtoon, jadi penasaran banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau webtoon memang bukan untuk ditonton kan, tapi lebih ke di baca, hehe

      Hapus
  9. Belum pernah baca nih jadi penasaran, tapi aku takut cerita horor. Banyak yang suka ya cerita horor?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Horor adalah salah satu genre favorit multi platform kak

      Hapus
  10. Pas banget nih lagi nyari webtoon baru untuk list bacaankuu hahaha makasih kak rekomendasinya

    BalasHapus
  11. Daku jarang baca di webtoon, Bu.

    Paling sepintas waktu itu pernah lihat ada yang baca di kereta, pas bagian horor. Bikin tatut juga haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau takut langsung ganti genre komedi mam, hehe

      Hapus
  12. Itu sarimin humor ngeri kali ya. Duh jadi pen donlod

    BalasHapus
    Balasan
    1. Horor humor yang bikin beda dan makin seru, heheh

      Hapus