Apa yang pertama kali terbersit dalam angan teman-teman saat mendengar kata Belly Dance?


Kemungkinann besar langsung terpikir akan suatu gerakan tarian yang menggoda dan erotis. Tapi, setelah sekian lama saya mengikuti kelas belly dance, saya punya pendapat yang berbeda. Belly dance adalah suatu tarian yang eksotis dan memperkuat tubuh.


Kok bisa?

Eksotis karena belly dance memiliki sejarah panjang ribuan tahun. Tarian yang berasal dari Mesir ini kerap disebut Raqs sharqi yang bermakna tarian oriental di negara asalnya.


Gerakan belly dance mengalun layaknya air mengalir, tapi ada hentakan-hentakan stakato sehingga tarian menjadi enerjik dan bersemangat.

Belly dance juga memperkuat tubuh karena memang memiliki manfaat kesehatan, diantaranya:

Memperkuat core dan kekuatan tubuh

Hal ini baru saya sadari saat saya mulai mengikuti kelas belly dance. Otot paha dan perut dihajar habis-habisan karena gerakan yang diajarkan bertumpu pada kedua bagian itu. Kirain bakal meliuk-liuk aja kan... Ternyata ngak. Core harus kuat untuk bisa menghadirkan gerakan belly dance yang powerfull.

Meningkatkan massa otot

Dengan core yang kuat dan gerakan yang intens, maka otot di bagian paha dan perut berangsur menguat. Selain kedua bagian itu, banyak gerakan gemulai belly dance menggunakan lengan. Hal ini berimbas pada otot lengan yang juga semakin kuat.


Media Relaksasi

Tarian, hentakan, dan alunan musik yang berpadu mengalir menciptakan gerakan dinamis dan menyenangkan. Hal ini menjadikan belly dance sebagai media rekreasi sekaligus relaksasi.

Meningkatkan rasa percaya diri

Terkait rasa percaya diri ini, sebetulnya berlaku untuk semua jenis olahraga yang kita pilih. Karena ketika kita menjaga pola hidup sehat dengan berolah raga dan makan makanan yang bergizi, secara otomatis massa otot akan menggantikan massa lemak. Badan jadi lebih berbentuk ramping, padat, dan berisi. Perubahan fisik ini tentu membawa dampak psikologis yaitu meningkatknya rasa kepercayaan diri.


Ini Dia Rekomendasi Kelas Belly Dance di Solo

RPM Body Fitness Manahan


Studio ini beralamat di Jl. R. M. Said No.254, Manahan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta. Studio ini buka di hari Senin-Sabtu mulai pukul 07.00-22.000 WIB.

Jadwal kelas belly dance di RPM Body Fitness adalah setiap hari Kamis pukul 07.30 WIB. Hari libur nasional biasanya libur ya...

Untuk biaya kelas per datang 35k. Jika ingin rajin olahraga, bisa mendaftarkan diri sebagai member sehingga bisa bebas akses semua kelas pagi-sore dan bebas akses alat gym. Biaya member kisaran 275k/bulan. Kalau ada promo biasa lebih murah.

Kelas belly dance di RPM Body Fitness dilatih oleh instruktur Amy.


In Out Fitness


Beralamat di Jl. Garuda Mas No.2, Gonilan, Kec. Kartasura. Tepatnya ada di depan gerbang kampus 4 Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

Kalau di Gmaps sih jadwal buka setiap hari Senin-Minggu pukul 07.00-22.00  WIB dan di hari libur nasional tutup.

Biaya kelas belly dance In Out Fitness 25k per datang. Untuk membership saya belum dapat infonya.

Kelas belly dance di In Out Fitness dilatih oleh instruktur Amy.


Studio Senam Ludo


Studio ini beralamat di Jl. Yos Sudarso No.149, Gajahan, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta. Berbeda dengan dua kelas lainnya, kelas belly dance di Ludo ini berbasis komunitas, jadi tidak diselenggarakan oleh studio. Jenis belly dance yang disajikan juga berbeda, di RPM Body Fitness dan In Out Fitness tipe belly dancenya menggunakan berbagai teknik belly dance yang bisa mengoptimalkan otot tubuh sehingga membakar banyak kalori. Belly dance di Studio Senam Ludo lebih ke arah koreografi dance modern, jadi belly dancenya tipis-tipis aja. Nggak banyak

Untuk biayanya, kalau tidak salah ingat, di awal 2023 berkisar 120rb/2 minggu. Jadwalnya satu minggu 2x. Tidak bisa per kelas, harus satu paket.

Kelas belly dance di In Out Fitness dilatih oleh instruktur Yayu.


Kalau ditanya suka yang mana, saya lebih suka kelas belly dance versi fitness karena lebih maksimal untuk membentuk tubuh dan membakar kalori. Kalau yang belly dance koreo modern, hasilnya ngga kelihatan dan bikin pusing karena harus menghafalkan gerakan, hahaha...

Namun, untuk lebih yakin teman-teman bisa mencobanya sendiri ya...


Salam Hangat,

sapamama



0 Komentar