Kapan terakhir kamu piknik naik bus bersama teman-teman?


Kalau aku, terakhir piknik naik bus sekitar 7 tahun yang lalu, saat ada acara kantor. Ternyata sudah lama ya. Beberapa kali piknik saya dan rekan memutuskan menggunakan kendaraan berupa Elf dan Prona yang merupakan minibus. Sensasinya beda banget dengan menggunakan bus.


Nah, 2 minggu lalu saya mendapatkan informasi dari rekan yang mengatakan bahwa sekarang kota Solo punya bus wisata yang bisa di sewa dan memiliki tujuan wisata yang keren. Wisata bukan sembarang wisata karena ini merupakan wisata edukasi. Tak perlu menunggu lama, saya dan rekan berdiskusi hingga akhirnya kami membuat event jalan-jalan bersama komunitas Playdate Soloraya. Pasti seru banget jalan-jalan bersama anak-anak naik bus wisata Solo.


Rute Bus Wisata Kota Solo

Bus Wisata Kota Solo ini tidak hanya fokus pada area di dalam kota saja, tapi bersinergi dengan kabupaten lainnya. Tiga kabupaten yang saat ini sudah resmi bekerja sama adalah Sukoharjo, Boyolali, dan Klaten.


Rute Bus Wisata di Sukoharjo

  • Sentra produksi alkohol Sembung, Bekonang
  • Sentra produksi karak dan kerupuk, Bekonang
  • Sentra produksi gamelan Wirun, Bekonang
  • Sentra produksi kain pantai, Bekonang
  • Embung Pengantin


Rute Bus Wisata di Boyolali

  • Kebun Raya Indrakilo, Boyolali
  • Makam Yosodipuro Pengging (Kopi Lepen), Boyolali
  • Sentra industri keju Boyolali


Rute Bus Wisata di Klaten

  • Sentra produksi mi soun Daleman, Klaten
  • Sentra pembibitan perikanan Janti, Klaten
  • Umbul Pelem

Infromasi trip wisata edukasi bus wisata di solo dan sekitarnya.



Tujuan Wisata Yang Dipilih Playdate Soloraya

Dari ketiga rute bus wisata yang ditawarkan, jujur semuanya menarik. Sampai rasanya bingung untuk memilihnya. Namun akhirnya saya dan rekan memutuskan untuk mengambil rute bus wisata edukasi menuju Klaten. Jadi, kami akan mengunjungi sentra pembibitan ikan, pembuatan mi soun, dan Umbul Pelem.


We're so excited with this adventure. Senang sekali akhirnya setelah sekian lama bisa main ke Klaten!



Syukuran Perjalanan Perdana Bus Wisata Kota Solo

Kami memilih jadwal keberangkatan pada tanggal 16 Mei 2022. Dan siapa sangka ternyata komunitas Playdate Soloraya adalah yang klien pertama melakukan perjalanan wisata menggunakan bus wisata kota Solo.

Kami berangkat dari kantor Dinas Perhubungan Kota Surakarta yang ada di Jl. Menteri Supeno No.33 Manahan, Solo. Keberangkatan dilakukan pukul 08.00 WIB. Kok pagi banget kenapa? Agar anak-anak bisa menyaksikan dan memberi makan ikan. Jadi jadwal memberi makan ikan tuh pagi-pagi, maksimal diberi makan pukul 09.30 WIB, jadi harus pagi untuk mendapatkan momen.

Proses pemotongan tumpeng diwakili salan satu anak dan ketua tim wisata dari Komunitas Playdate Soloraya.


Nah, sebelum berangkat, ada prosesi pembukaan dan doa bersama yang dihadiri oleh kepala Dinas Perhubungan (Dishub) kota Surakarta. Prosesi potong tumpeng untuk selebrasi dan doa bersama agar perjalanan kami diberi kelancaran, kemudahan, sehingga dapat berangkat dan pulang dengan selamat sentosa.


Perjalanan wisata ini diikuti oleh 32 orang yang terdiri dari 16 ibu dan 16 anak. Bus wisata ini sangat nyaman lho, kursinya di setting 1-2, dengan ukuran yang luas, sandaran yang bisa diatur kemiringannya serta ada bantalan kaki sehingga kita bisa selonjoran meregangkan kaki yang lelah.


Untuk pilihan bus wisata kota Solo ini ada 3 armada yang bisa kita pilih. Satu armada warna merah dan 2 armada warna biru. Karena kami menggunakan 2 bus, maka kami memilih warna yang sama, yaitu warna biru. Meski warnanya sama, livery kedua bus wisata ini berbeda, yang satu bergambar Pasar Gede Solo dan yang lainnya bergambar Pura Mangkunegaran. 



Untuk livery bus wisata warna merah bergambar tokoh Wayang Wong Pandawa Lima.



Wisata Edukasi Dengan Bus Wisata Kota Solo

Selama perjalanan menaiki bus wisata dan beraktivitas di lokasi wisata edukasi, anak-anak terlihat senang dan menikmati. Layanan yang diberikan tim Dinas Perhubungan kota Surakarta juga totalitas sekali. Sehingga peserta dapat menikmati wisata dengan senang dan nyaman.

Berfoto di sentra pembibitan ikan

Ketiga destinasi wisata di Klaten sukses memikat ibu dan anak-anak Playdate Soloraya. 

Kiri-kanan: Saat perjalanan anak menyanyi dengan riang. Anak-anak membawa pulang ikan dari sentra pembibitan ikan. Proses pembuatan mi soun. Proses pembuatan tepun sagu. Main air di Umbul Pelem


Foto bersama pemilik pabrik mi Soun

Tiket perjalanan menggunakan bus wisata ini dijual secara retail dan carter. Untuk tarif retail adalah Rp75.000;/orang. Sedangkan untuk carter bisa lebih murah. Untuk info pendaftaran atau booking bus wisata kota Solo teman-teman bisa menghubungi narahubung Dishub Solo di nomor WA 0813-92493153.


Jika ingin mengetahui info update tentang Dishub Surakarta teman-teman bisa mampir ke instagram @dishubsurakarta. Semoga 3 rute yang sudah dibidani oleh Dishub Surakarta bisa laris mans ya, karena jika rute ini sukses, tentu tak menutup kemungkinan untuk membuka rute wisata baru di area Sragen, Karanganyar, atau Wonogiri.


Nah, tertarik kan untuk wisata edukasi di wilayah Soloraya? Mau berkunjung ke destinasi wisata edukasi yang mana nih? Punya wishlist destinasi wisata edukasi Soloraya? Tulis di kolom komen ya...



Salam Hangat

sapamama

23 Komentar

  1. Wah saya sudah lama banget tidak melakukan tour rame-rame dengan bus. Kangen banget suasana tour seperti itu. Ini Pemda Surakarta bagus banget ya, insiatif pengadaan bus tour, terutama yang berwawasan edukasi seperti ini. Kalau saya tinggal di Solo pasti mau deh ikut tiap minggu dengan rute yang berbeda :)

    BalasHapus
  2. Aakkk, apakah ini pertanda daku kudu cusss ngetrip ke Solo?
    Kangennn banget ama kuliner2nya
    dan pastinya mau coba naik bus keceee ini dong

    BalasHapus
  3. anakku pasti suka banget nih naik bus wisata edukasi di Solo, karena seru dan sekalian belajar dapat banyak ilmu

    BalasHapus
  4. Asyik banget ada bus wisata edukasi di kota Solo, bisa eksplor Klaten, Sukoharjo dan Boyolali. Bisa perorangan juga ya mbak, nggak harus carter. Catet dulu ah infonya, semoga suatu saat bisa merasakan trip edukasi dengan bus wisata solo ini

    BalasHapus
  5. Aku juga udah lama gak naik bus buat wisata. Terakhir 3 tahun lalu kayanya. Sebenarnya seru aja sih naik bus gini. Wisata edukasi Soloraya boleh juga dikunjungi apalagi sama anak-anak

    BalasHapus
  6. Dennise Sihombing3 Juni 2022 19.06

    Itu bis keren banget ya tempat duduknya, nyaman dan sepertinya empuk deh apalagi dipakai perjalanan jauh. Dengan membayar 75 ribu termasuk murah ya, wisata edukasi yang menyenangkan

    BalasHapus
  7. Senangnya bisa seseruan berwisata bersama komunitas Playdate Soloraya. Menarik ini transportnya pakai bus wisata edukasi dari Dishub Solo. Untuk harga sewa 75 rb/orang termasuk murah itu. Apalagi kalau charter lebih hemat pasti...Keren ide bus wisata edukasinya. Bisa nih diikuti kota lainnya

    BalasHapus
  8. Solo ini layanan transportasinya oke ya. Baru kapan hari diceritain driver taksi online, bahwa layanan sepacam BST juga masih free. Sayang banget animo masyarakat untuk memanfaatkan masih kurang optimal. Jadi pengin nyoba juga deh.

    BalasHapus
  9. Wah, molly belom pernah jalan2 ke solo. Padahal pingin banget. Kapan2 mau traveling ke solo juga ahh lalu naik bus wisatanya deh..

    BalasHapus
  10. Seru banget pastinya tour rame-rame sambil naik bus mengunjungi berbagai destinasi wisata edukasi. Jempol deh untuk pemda surakarta yg sudah menghadirkan bus tour ini.

    BalasHapus
  11. Waaah kereen banget busnya, tahun kemarin saya dan keluarga cobain bus tingkat werkudoro solo maak.

    Seruu keliling turun di depan BI foto2 lanjut jalan lagi.

    BalasHapus
  12. Waah...aku mau flexing juga doonk..
    Pernah naik Bus Solo yang merah, yang ada gambar Anomannya ((bener kan ya, hihi..maaf gak hapal karakter per-wayangan))

    Dan dulu sebelum pandemi memang seru banget karena kami sekeluarga besar, anak cucu, cicit, semua ikuuuttt~

    Dan kini beres pandemi, salut banget sama Komunitas Playdate Solo Raya. Kangen jalan-jalan sekeluarga dan belajar banyak hal bersama keluarga lain begini.
    Kenangan banget..

    BalasHapus
  13. Udah lama gak naik bisa rombongan, seru kalau jalan-jalan bareng kaya gini. Insya Allah sih akhir bulan ini ada perpisahan dari sekolah anakku, jadi panitianya hrs ikut. Wah Solo udah punya bus wisata enak ya bisa jalan-jalan di kota sendiri. Ada rekomendasi tujuan wisata yag dikasih juga asyik

    BalasHapus
  14. Semuanya bus tingkat ya mbak? Kalau mau wisata ke 3 jalur tsb harus penuh kah bus nya? Maksudnya dari lembaga gitu atau bisa komunitas/ misal ibu2 playdate sama anak2 ya? Menarik banget soalnya rutenya

    BalasHapus
  15. Wah aku catat nih mbak
    Bulan depan mau jalan jalan ke Solo
    Jadi bisa nih, nyobain naik bus sambil mengunjungi tempat tempat wisata di Solo

    BalasHapus
  16. Belum pernah ke Solo. Huhuhu... Mau dong diajakin ke Solo naik bus yang baru diresmikan. Pasti asyik dan berkesan

    BalasHapus
  17. Waaah, interior bagian dalam busnya tampak nyaman sekali ya. Saya ingin sekali berjalan jalan di kota solo dan ikut wisata edukasi seperti ini. semoga dalam waktu dekat bisa diagendaakan. Apalagi sebentar lagi masa liburans ekolah

    BalasHapus
  18. Waah... menarik banget mba. ini misal kalau dari luar kota, misal dari Semarang, pengin ikutan wisata edukasi ini bisa nggak? Kalau bisa, bakalan kuinformasikan ke teman-teman sini nih, pasti pada mau, tujuannya menarik soalnya.

    BalasHapus
  19. Aku sudah lama banget enggak jalan-jakan naik bus, eh ini enggak usah Carter bisa ya Mak? Pengen ngajakin anak keliling Sukoharjo.
    Eh Mak, fokus ama Pronanya ini, Salatiga banget. Kalau Boyolali Kartasura kan Gredeg, heheh

    BalasHapus
  20. Eh bisa retail juga? Apa wisatanya setiap hari available atau weekend aja? Kepengen juga kalo mampir solo trus Naik bus wisata sama anak-anak. 75000 udah ke banyak tempat untuk belajar

    BalasHapus
  21. Wah pengen ngajak anak-anak nyobain jalur bis wisata ini. Anak-anak ku seneng banget diajak naik bis dan kereta. Cocok nih untuk anak-anak

    BalasHapus
  22. bus-nya cakep banget mbak lantainya pakai ornamen kayu gitu. di kotaku juga ada sih bus wisata tapi cuma buat keliling kota aja

    BalasHapus
  23. kalau mau traveling ke Solo jadi lebih mudah dengan adanya bus wisata begini apalagi ada rute yang bisa dipilih

    BalasHapus