Kerap mengikuti lomba blog yang membahas tentang laptop ternyata menciptakan citra tersendiri. Saya baru sadar dengan citra sebagai orang yang ngerti laptop beberapa pekan lalu. Saat itu salah seorang sahabat saya meminta rekomendasi laptop yang cocok untuk anaknya yang memasuki sekolah dasar. Saya pun mulai berpikir. Jujur saya di antara semua merek laptop, yang paling saya kenal adalah merek ASUS karena sering menulis artikel tentang merek ini, hehe... Sungguh dampak positif mengikuti lomba blog ya...

Saat sedang menimbang-nimbang merek laptop, saya teringat akan laptop ASUS VIVOBOOK 15 A509 yang saya dapatkan dari kompetisi ASUS melalui artikel Rekomendasi Laptop Untuk Story Teller ASUS VIVOBOOK 15 A519. Maka mencoba untuk memahami, apa sih kebutuhan anak SD dan PAUD saat sekolah daring? Lalu saya pun mencoba menguliti fitur-fitur yang ada di dalam laptop ASUS VIVOBOOK 15 A509. Sebelum melangkah lebih jauh, kita coba untuk mengenal laptop yang akan kita review kali ini.

 

Apa itu ASUS VIVOBOOK 15 A509?

ASUS VIVOBOOK 15 A509 adalah laptop entry level yang dapat digunakan untuk bekerja atau hiburan. Laptop ini bisa dibilang bertenaga dan bisa memberikan pengalaman visual yang menyenangkan. Menggunakan laptop ASUS VIVOBOOK 15 A509, kita dapat bekerja dengan cepat, bisa menyimpan banyak data, nyaman dibawa-bawa, punya sistem keamanan baik, dan pastinya memiliki harga yang terjangkau. Ada dua pilihan warna, yaitu Transparent Silver dan Slate Grey.

 

Baca juga:

Realisasikan Resolusi 2021 Bersama ASUS ZenBook Flip S (UX371)

Tetap Berdaya Walau Di Rumah Saja, Working From Home With ASUS VivoBook 14 A416


Apa saja yang diperoleh jika membeli ASUS VIVOBOOK 15 A509

Jika teman-teman membeli laptop ASUS VIVOBOOK 15 A509 teman-teman akan mendapatkan 1 unit laptop, 1 buah tas punggung, 1 charger, 1 buah HDD protector, dan 2 buku panduan. Pembelian melalui toko online juga bisa banget lho, milik saya dikirimkan melalui jasa kurur dengan menggunakan packing kayu sehingga laptop tetap terlindungi. Di dalamnya pun ada perlindungan bubble wrap yang ngga tanggung-tanggung. Dijamin aman selama kita membeli di toko terpercaya.




ASUS VIVOBOOK 15 A509 Bekerja Cepat dan Efisien

Speed does matter. Setuju? Kecepatan selalu diperlukan dalam setiap perangkat, bahkan jika perangkat itu dibutuhkan oleh anak-anak. Ga kebayang anak hilang mood atau bete jika harus menunggu loading laptop yang lama. Dengan menggunakan ASUS VIVOBOOK 15 A509 mimpi buruk itu tidak akan terjadi. ASUS VIVOBOOK 15 A509 didukung oleh prosesor hingga Intel® Celeron® dengan RAM 4GB yang dapat diupgrade. Hal ini sudah terlihat saat kita menyalakan laptop, hanya menunggu sekian detik laptop siap untuk digunakan. Di dalam ASUS VIVOBOOK 15 A509 disematkan sistem operasi windows yang akan membantu anak-anak mengerjakan tugas sekolah melalui microsoft office, microsoft excel, atau membuat presentasi di microsoft power point. Windows asli tentu memiliki performa yang cepat, efisien, dan tentunya aman.

 

Setelah unboxing, laptop dapat segera diinstal dan digunakan.


ASUS VIVOBOOK 15 A509 memiliki desain ideal untuk sekolah online

Layaknya memilih jodoh, memilih laptop juga harus ada kriterianya. Secara fisik, ASUS VIVOBOOK 15 A509 memiliki desain yang sederhana dan modern. Siapa pun akan merasa percaya diri bekerja dengan laptop modern ini. Untuk menjalani kelas online, biasanya anak menggunakan aplikasi zoom atau google meet. ASUS VIVOBOOK 15 A509 dibekali dengan desain layar yang luas sebesar 15.6 inci yang dilengkapi dengan lapisan anti silau, serta memiliki NanoEdge display yang menawarkan sudut pandang hingga 178° sehingga anak akan nyaman walau mengikuti kelas online dan mata pun tidak mudah lelah.


Keybooard yang disematkan pada ASUS VIVOBOOK 15 A509 ini memiliki teknologi BackLit, artinya keyboard dapat menyala sehingga kita bisa nyaman mengetik walau di tempat yang minim cahaya.


ASUS VIVOBOOK 15 A509 memiliki kualitas suara yang memukau

Jelas kualitas suara sangat diperlukan oleh anak yang menjalani sekolah online. Jelas ASUS VIVOBOOK 15 A509 memiliki fitur pendukung untuk kebutuhan itu. Di dalam ASUS VIVOBOOK 15 A509 tertanam ASUS SonicMaster,  yaitu kombinasi antara hardware, software, dan setting audio yang dapat memberikan pengalaman terbaik dari sisi kualitas suara. ASUS VIVOBOOK 15 A509 pemrosesan dan penyetelan sinyal tambahan membantu menyempurnakan detail menit, menyaring kebisingan, dan meningkatkan kejernihan audio sehingga Anda mendapatkan suara yang benar-benar imersif.

 

ASUS VIVOBOOK 15 A509 bisa menyimpan banyak data

Walau kelihatan sepele, tapi untuk bisa mendukung potensi terbaik anak maka perangkat yang digunakan anak SD wajib memiliki ruang yang luas. ASUS VIVOBOOK 15 A509 memiliki ruang penyimpanan berupa SSD yang memiliki kapasitas hingga 256GB. Dengan begitu anak bisa menyimpan banyak data riset entah itu berupa foto atau video sehingga anak bisa menghasilkan karya yang luar biasa. Jika SSD dirasa kurang, maka kita bisa menambahkan HDD sebagai ruang penyimpanan tambahan di laptop ASUS VIVOBOOK 15 A509.

 

ASUS VIVOBOOK 15 A509 yang portable

Saat anak sekolah online, ada kalanya anak menginginkan suasana berbeda. Misalnya saja biasanya sekolah di dalam ruangan, lalu anak ingin suasana baru di taman rumah kita. Untungnya ASUS VIVOBOOK 15 A509 bisa mendukung hal itu. Beratnya yang hanya 1.8 kg tentu ringan bagi anak-anak dan membuat laptop ini bisa di bawa ke mana saja sesuai kebutuhan. Baterai ASUS VIVOBOOK 15 A509 juga tergolong tahan lama karena memiliki masa pakai 3x masa pakai baterai lithium-ion standar. Dengan teknologi pengisian cepat ASUS, baterai yang rendah dapat diisi hingga 60 persen hanya dalam 49 menit. Cepet banget kan....



Konektivitas ASUS VIVOBOOK 15 A509

Jika anak kita sudah mulai sekolah luring, maka laptop ASUS VIVOBOOK 15 A509 juga bisa memenuhi kebutuhannya. Contohnya saja saat anak kita mendapatkan tugas untuk presentasi di sekolah, semua dijamin mudah karena ASUS VivoBook 15 A509 dilengkapi dengan port USB-C™ 3.1 yang dapat dibalik, menampilkan desain apa pun yang membuat menghubungkan perangkat jadi tanpa drama. Ini juga memberikan kecepatan transfer data hingga 10x lebih cepat4 dari koneksi USB 2.0 yang lebih lama! Ada port USB 3.1 dan USB 2.0, output HDMI, dan pembaca kartu micro SD sehingga kita bisa dengan mudah menghubungkan semua periferal, layar, dan proyektor dengan leluasa.

 

ASUS VIVOBOOK 15 A509 mendukung faktor keamanan

Walau pengguna laptop adalah anak-anak, tapi bagi saya faktor keamanan merupakan hal wajib. ASUS VIVOBOOK 15 A509 dapat memberikan keamanan dari segi software dan hardware. Keamanan dari segi software diperoleh dari Windows Hello yang ada di dalamnya. Selain kita bisa mengamankan laptop menggunakan password, kita bisa sistem keamanan laptop ASUS VIVOBOOK 15 A509 yang lebih praktis yaitu menggunakan sensor sidik jari bawaan di panel sentuh dan Windows Hello, sehingga kita tidak perlu mengetikkan kata sandi setiap saat.

HDD adalah hardware tambahan yang bisa kita sematkan pada laptop ASUS VIVOBOOK 15 A509. Agar HDD ini terlindungi, ASUS VIVOBOOK 15 A509 dilengkapi dengan HDD protector yang kuat menghadapi goncangan sehingga keamanan data tetap terjaga.



Harga ASUS VIVOBOOK 15 A509

Dilansir dari laman ASUS, diketahui bahwa harga ASUS VIVOBOOK 15 A509 adalah Rp5.199.000 dengan spesifikasi (Intel® Celeron® N4020/4G/256G PCIE+HOUSING/HD/Backlit Chiclet Keyboard/Office pre-installed). Sedangkan tipe lain bisa diperoleh dengan harga Rp5.399.000 dengan spesifikasi laptop (Intel® Celeron® 4305U/4G/256G PCIE+HOUSING/FHD/Office pre-installed).

Teman-teman bisa membeli laptop ASUS VIVOBOOK 15 A509 official store ASUS yang ada di marketplavce atau di toko elektronik online kepercayaan teman-teman.

 

Baca juga:

Rekomendasi Laptop Untuk Arsitek dan Pelaku Industri Kreatif: ASUS ProArt StudioBook Pro X W730

ASUS ExpertBook B9400, Laptop Baru Untuk Sahabatku


Nah, itulah fitur-fitur menarik yang dimiliki oleh ASUS VIVOBOOK 15 A509 sehingga sangat layak untuk menjadi laptop rekomendasi untuk anak SD. Adik-adik yang duduk di PAUD atau kakak-kakak yang masuk SMP juga bisa menggunakan laptop ini untuk sarana belajarnya.

 

Tertarik untuk mencobanya?

Atau mungkin teman-teman punya rekomendasi produk ASUS lainnya yang bisa memenuhi kebutuhan anak SD? Tulis di kolom komen ya...

 

 

Salam Hangat,

sapamama


36 Komentar

  1. Anak saya sudah minta laptop baru nih, laptop lama udah ngadat. Tiap hari sekolah online terus. Kayaknya laptop Asus memang harus masuk list nih..., Performanya emang gak diragukan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Laptop ASUS Vivobook 15 A509 ini bisa jadi solusinya mam...

      Hapus
  2. Dari dulu saya pengen banget punya laptop ASUS satuuu dulu, belum kesampaian ahhaha.. Asus VIVOBOOK 15 A509 kayaknya perlu di anggarkan nih, apalagi sekarang anak juga butuh banget laptop sendiri..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuss mam... DIjamin worthed. Itung-itung investasi. ASUS Vivobook 15 A509 ini buat anak cocok, buat kerja juga oke punya.

      Hapus
  3. Kecepatan laptop yang bikin haru emang menguji kesabaran banget, Mak. Aku pernah ngalamin nunggu nyala lama banget lebih dari setengah jam. Mau banting lappy ya sayang sih hihi...
    Fitur sidik jadi lappy terbaru Asus ini asik banget. Ada kalanya lupa. Kalau pake sidik jari lebih enak jadinya.
    Dengan harga Asus 5 jutaan gini aku bisa rekomendasiin buat ponakanku yang butuh lappy buat belajarnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Been there mam.. Suamiku sampai nggan matiin laptop, biasany akalau jarak pakai sebentar di sleep karena lama banget kalau nunggu laptop nge-load. Buat ponakan juga cocok lho ASUS Vivobook 15 A509 ini. Soalnya bisa support kebutuhan dan maksimalin talenta anak.

      Hapus
  4. Duh lihat spesifikasinya keren banget, cocok juga nih buat mamanya kerja, apalagi udah tersemat SSD yang bikin loading super cepat terus keyboard ada backlight...mau banget harganya juga terjangkau kok untuk spesifikasi keren gini

    BalasHapus
  5. waaah aku juga pakai laptop andalan nih mba yang beisa mengakomodasi berbagai kebutuhan. That's exactly what we need yaa

    BalasHapus
  6. Asus menjadi brand primadona untuk dipilih sebagai partner kerja, sekolah dan berbagai aktifitas di era digital ini.

    Spec Asus kece badai, makanya anak kami juga rikues laptop Asus pas tahun lalu ktrima kuliah, gak mau merk lainnya.

    BalasHapus
  7. saat pendidikan jarak jauh seperti ini, laptop emang kebutuhan penting ya mbak
    pas banget klo anak anak dibelikan laptop asus ini, kualitasnya oke harganya pun terjangkau

    BalasHapus
  8. Cakep banget sih ASUS VIVOBOOK 15 A509 iniiiii. Duh pas banget ih laptopku juga udah lemot.. kayanya mesti nabung juga nih buat beli ASUS VIVOBOOK 15 A509 ini. Cakep beneeeer

    BalasHapus
  9. Untuk sekolah daring anak SD dan SMP memang membutuhkan laptop yang nggak lemot loadingnya ya. Karena anak seusia gini mood belajarnya bisa naik turun gara-gara kendala teknis. ASUS memang top deh..

    BalasHapus
  10. Asus vicvobook ini rekomended, ya. Ringan, kapasitasnya banyak dan batrenya tahan lama. Waktu nge-charge-nya juga cepet, sangat praktis, ya...

    BalasHapus
  11. Aku sampai menaikkan performa laptopku, demi agar gak melamban layaknya siput yang menguji kesabaran banget.
    Alhamdulillah,
    Nanti pelan-pelan ada rejeki, ganti laptop review kak Era, ASUS VIVOBOOK 15 A509.

    Mantep ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat kak Eraaa..
      Suka banget sama rekomendasi laptopnya. Ini yang dinanti niih.. Berasa lihat tulisan unboxing asus vivobook 15 A509.

      Hapus
  12. Laptop idamanku ini. Harganya juga terjangkau banget. ASUS sih emang merk laptop yang terpercaya. Cocok dengan kondisi belajar anak-anak saat ini juga.

    BalasHapus
  13. Seru dan serius saya baca artikel ini, sebab lagi nyari info juga buat si Athifah buat dia main coding, hehehe

    BalasHapus
  14. selamattt makkk menang dapat laptop
    aku pun seneng banget ama A509 ini lucu pas make ada lampunya pas malam hari cantik banget
    terus yang bikin seneng, ini laptop dah ada home office 2019 nya asyekkk ga perlu instal2 lagi ya mak
    selamat belajarrrr

    BalasHapus
  15. Duh, kok jadi mupeng ya Mbaaa
    Anakku ini bolak/i request minta dibeliin laptop.
    Bismillah, semogaaa ada rezeki berkah berlimpah utk kita semua yaaa, siapa tau mau meminang laptop kece ini.

    BalasHapus
  16. Wah, seneng banget baca review ini. Aku juga sedang terpikir untuk membeli laptop baru guna mendukung PJJ-nya anak-anak. Sulung tahun depan sudah SMP dan pastinya butuh perangkat yang lebih supaya bisa belajar maksimal. Buat siswa SMP, masih bisa support juga nggak, sih? Belum terbayang soalnya fitur apa aja yang kira-kira dibutuhkan di level ini.

    BalasHapus
  17. Barakallah ya Mbak selamat semoga aku pun punya asus. Spesifikasi nya bikin mupeng jadi semangat ngonten ya Mbak

    BalasHapus
  18. Ini sih laptop handal, jangankan anak saya saja mupeng pengen hehehe... Semoga ada rezekinya. Aamiin ...
    Apalagi sekarang anak belajar dituntut untuk melek internet, jadi gadget sejak kecil itu emang harus tersedia ya. Bukan buat gaya gayaan tapi emang buat keperluan dan kebutuhan

    BalasHapus
  19. Sy juga tertarik ganti leptop dalam dekat ini dan sepertinya saya akan pindah ke brand Asus krn banyak teman yg rekomen Asus kesaya

    BalasHapus
  20. Kalau anak saya yang sd pakainya hp mbak kalau daring, lebih praktis. Tapi kalau yang SMA pakai laptop dan laptopnya ASUS juga dong. Awalnya itu punya saya, sekarang dipakai si kakak buat daring. Dari awal nulis pertengahan tahun 2019 saya sudah pakai ASUS.

    BalasHapus
  21. Wah zaman sekarang anak paud dan sd pun udah butuh laptop ya. Baru inget anak-anak angkatan pandemi ya. Hiks..

    Asus ini cocok ya buat segala umur, mulai dari paud sampai yang sudah mamah-mamah nggak mengecewakan deh..

    BalasHapus
  22. Pernah punya ASUS yang speknya sejenis sama Vivobook 15 A509, udah cukup oke buat nemenin daring. Apalagi storagenya udah pakai SSD, loadingnya cepet jadinya.

    Btw, kita samaan mbak, gara-gara sering ikut lomba laptop, jadi sering ditanyain rekomendasi laptop, padahal aku soal spek tanya2 ke suami juga, hihi.

    BalasHapus
  23. Dari zaman kuliah, merk Asus paling banyak direkomendasikan bagus. Ternyata cocok juga untuk anak usia SD, ukuran layarnya lumayan lega ngeliatnya, ada fitur sidik jari juga

    Makasih reviewnya Mbak....

    BalasHapus
  24. Asus memperhatikan semua kalangan banget ya, sampe anak-anak SD yang selama pandemi ini proses belajarnya harus pake laptop pun terperhatikan. Fitur-fiturnya mudah digunakan nih

    BalasHapus
  25. Oke juga nih laptopnya, harga cukup terjangkau yaaa..
    Iya nih, anak-anak kalau pas sekolah daring gitu memang mendingan pake laptop. Kalau pake hp tuh duuuhh...kecil amat sih layarnya, harus mantengin beneran.

    BalasHapus
  26. Beberapa bulan lalu kami cari laptop, dan setelah membandingkan merek satu dengan yang lain, akhirnya pilih ASUS juga. Cuma ya, saya ini buta banget kalau soal spec-spec. Manut aja sama suami lah, wkwkwk... Manut sama budget juga, hihi...

    BalasHapus
  27. saat pandemi seperti ini, sekolah masih dilakukan secara pjj ya mbak
    sehingga punya laptop adalah kebutuhan utama
    baik untuk anak PAUD , SD, SMP, SMA hingga kuliah

    BalasHapus
  28. Duh jadi pengen, Mbak. Aku lagi galau mau upgrade laptop untuk aku sendiri atau beli laptop entry level untuk anak-anak sekolah. Baca ini jadi pengen beli laptop buat anak-anak aja ASUS Vivobook ini udah sesuai banget sama kebutuhan mereka.

    BalasHapus
  29. ASUS mmg laptop no.1, keren ya vivobook. mmg cocok buat anak sekolahan

    BalasHapus
  30. Worthed banget lah ya dengan harga segitu, bisa dapetkan laptop dengan performa yang bagus. Kegiatan PJJ anak juga bisa sangat terbantu.

    BalasHapus
  31. Wah blog mbak bisa nih dijadikan referensi kalau mau nyari laptop khususnya laptop ASUS

    BalasHapus
  32. Laptopnya bagus ya jadi kepengen punya laptop baru, asus resolusinya tinggi.

    BalasHapus