Tak terasa sudah di pertengahan bulan Januari 2023. Buat mama yang mau memasukkan anaknya ke jenjang Sekolah Dasar (SD) pasti sudah sibuk mencari sekolah yang cocok untuk putra-putrinya.


Panduan Memilih Sekolah Untuk Anak

Ada beberapa pertimbangan dalam menentukan sekolah yang sesuai untuk anak dan keluarga. Diantaranya adalah:

1. Faktor jarak sekolah dengan rumah

Jarak ideal rumah ke sekolah adalah di kisaran 30-60 menit perjalanan.

2. Sekolah yang menumbuhkan 

Pilih sekolah yang mampu menyiapkan anak dalam menghadapi tantangan zaman.

3. Kebutuhan anak

Pemenuhan kebutuhan anak oleh sekolah akan membuat anak merasa nyaman dan aman dalam proses belajar.

4. Kesesuaian harapan orangtua

Ketika harapan orangtua dengan sekolah sama, maka proses belajar anak akan lebih efektif.

5. Persyaratan dan biaya

Pastikan kita mampu untuk membiayai anak untuk bersekolah di tempat tersebut. Jangan memaksakan diri jika kondisi kita terbatas.



Rekomendasi dan Info Biaya SD di Solo Raya


Info Biaya Sekolah SD Lazuardi Kamila (sekolah inklusi di Solo)



Info Biaya Sekolah SD Al Azhar Syifa Budi



Info Biaya Sekolah SD Muhammadiyah Program Khusus Kotta Barat Solo



Info Biaya Sekolah SDICT Al Abidin (sekolah coding)



Info Biaya Sekolah SD Homeschooling Kak Seto 



Info Biaya Sekolah SD Alam Bengawan Solo



Info Biaya Sekolah SD MIM PK Kartasura



Nah, gimana nih? Sudah bisa mendapatkan gambaran biaya sekolah di kota Solo dan sekitarnya?


Kira-kira sudah ada rencana untuk daftar ke sekolah ya mana?

Manapun boleh ya, asalkan orang tua dan sekolah bisa bersinergi dalam mendidik dan meningkatkan kualitas pribadi putra putri tercinta.


Generasi Maju 2045. Semangat....



Salam Hangat,

sapamama





20 Komentar

  1. wah sangat bermanfaat, terimakasih atas informasinya ya kak :D

    BalasHapus
  2. pendaftaran SD sudah mulai dibuka. info ini pasti sangat bermanfaat bagi para warga solo yang sedang berburu SD berkualitas.

    BalasHapus
  3. Lengkap ini mak Era, informasi yang seperti ini sangat dibutuhkan sekali oleh para orang tua yang akan memasukan anaknya ke jenjang SD ya.

    BalasHapus
  4. masya Allah semoga terus dimampukan ya untuk bisa menyekolahkan anak-anak kita dengan pendidikan yang berkah dan membuat karakter anak juga baik bagi agama dan negara. Liat pricelist nya jadi kebayang berapa yang harus mulai disiapkan hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bismillah semoga 2023 dan seterusnya rejeki makin ngalir ya mak...

      Hapus
  5. Setuju untuk faktor jarak..maka aku pilih sekolah anak dari TK-SMP hanya sekitar 1-2 km dari rumah.Pas SMA baru 5 km an.
    Btw, SPP di beberapa sekolah di Solo setara Jakarta bahkan lebih mahal nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentu harus dilihat dari segi fasilitas dan kurikulum yg ditawarkan ya mba... Di Jakarta dg fasilitas setara yg lebih muahal juga banyak, hehehe...

      Hapus
  6. Beragam banget biayanya. Bermanfaat banget ini untuk yang nyari sekolah di Solo raya. Orangtua jadi bisa ngeliat juga berdasarkan pertimbangan mereka nantinya.

    Kalo buatku, berdasarkan pengalaman sendiri, jarak 30 menit itu udah yang terjatuh. Rasanya akan kasian kalau anak lebih lama dari itu di perjalanan deh.

    BalasHapus
  7. Nah penting ini, pertimbangkan juga kemampuan orang tua untuk memenuhi pembiayaan di sekolah anak. Jangan sampai karena omongan tetangga/teman/saudara, lalu memaksakan anak masuk sekolah A, padahal kemampuan anak dan finansial orang tua lebih pas jika di sekolah B

    BalasHapus
  8. Gini tuh ada indent gak sih, masuknya bulan Juni tapi udah antri dari tahun lalu, hihihi.. selain fasilitas, harus cek juga track record sekolahan apa ada berita negatif tentang sekolahan trsebut

    BalasHapus
  9. Jarak dari rumah ke sekolah penting, mba. Apalagi buat anak anak. Aku akhirnya pindahin anakku ke sekolah yang lebih dekat ke rumah mba

    BalasHapus
  10. Keren riset dulu sekolah dan harga hal ini membantu orangtua dalam mempersiapkan dana pendidikan

    BalasHapus
  11. wow banyaaak rekomendasi SD di Solo lengkap dengan biayanya yah. Helpful nih buat para orang tua yang sedang cari SD.
    Ga ada SD terfavorit untuk semua. Adanya SD yang cocok untuk masing-masing anak. Mau fokus pendidikan ke mana, di Solo banyak pilihan.

    BalasHapus
  12. Biaya teeutama SPP nya kurang lebih sama dgn SD swasta yg bagus fi semarang mbak. Thn ni anakku yg kecil masuk SD jd aku banyak cari info juga seputar skolah. Paling suka klo pas ada open hkuse gtu jd anak bisa lihat dan punya pengalaman sendiri jd kita bisa ada gambaran bocahnya happya ga skolah di aitu

    BalasHapus
  13. Lengkap maak dan ini dibutuhkan para orang tua yaa untuk persiapan dana anak masuk sekolah.

    BalasHapus
  14. informasi yang bermanfaat dan lengkap untuk semua buibu yang anaknya hendak masuk SD di sekitar Solo Raya

    BalasHapus
  15. Wah info berguna buat parents SoloRaya yang sedang cari SD buat anak2nya. Jarak 30 - 60 menit ke sekolah itu sudah lumayan jauh sih sebenernya. Sekolah anak-anakku 15 km dr rumah dan bisa ditempuh 30-60 menit dr rumah. Itu ak uda merasa jauuuuh. Pengin pindah kontrakan yang lebih deket ke sekolah ... Semoga dapat deh hehehe

    BalasHapus