Jika dalam kesempatan sebelumnya saya pernah membuat postingan tentang rekomendasi SD dan info biaya masu SD tahun 2023/2024, maka kali ini saya akan membagikan informasi tentang biaya PAUD alias Pendidikan Anak Usia Dini alias KB/TK.

Sudah siap khan?

Sama seperti artikel sebelumnya, daftar sekolah yang masuk dalam artikel ini adalah sekolah swasta, jadi untuk biayanya tentu lumayan ya, jika dibandingkan dengan sekolah negeri yang gratis.

Baca juga: Info Biaya SD di Solo Raya 2023

Nah, jika ingin menyekolahkan putra-putri ke sekolah swasta tentu kita harus mempersiapkan beberapa hal, terutama kesiapan finansial. Beberapa pilihan persiapan pendidikan anak yang bisa kita ambil antara lain:

  • Tabungan Konvensional, di sini adalah jenis yang paling sederhana. Kita hanya perlu konsisten menyisihkan sebagian pendapat kita untuk dimasukkan ke rekening tabungan. 
  • Tabungan Pendidikan, biasanya jenis tabungan ini memiliki jangka waktu tertentu untuk pencairannya, misal dalam jangka minimal 1 tahun hingga 20 tahun. Kita hanya perlu memilih sesuai kebutuhan, misalnya saat anak bayi, yang dibutuhkan adalah biaya TK, maka kita bisa memilih jangka waktu 4 atau 5 tahun. Kenapa 4 tahun, biasanya sekolah favorit ada sistem inden ahkan 1 tahun sebelum tahun ajaran. Bunga tabungan pendidikan biasanya lebih tinggi dibanding tabungan biasa, bahkan beberapa bank memberikan special gift juga lhoh...
  • Asuransi Pendidikan, meski sama-sama berlabel pendidikan tetapi asuransi pendidikan menawarna return yang lebih tinggi dibanding tabungan pendidikan.
  • Investasi Emas, dari tahun ke tahun logam mulia mengalami kenaikan dan lebih kuat menghadapi inflasi jika dibandingkan tabungan biasa. Tentu investasi emas bisa jadi salah satu opsi untuk investasi jangka panjang yang dapat membantu pendidikan anak.

Selain 4 jenis pilihan di atas, masih ada investasi reksadana, deposito, saham, properti, dll. Dengan banyaknya pilihan itu, kita bisa memilih yang paling kita pahami dan kita yakini. 

Baca juga: Contoh Produk Investasi untuk Biaya Pendidikan Anak

Nah, berikut ini adalah rangkuman info biaya PAUD di Solo Raya 2023

1. Al Dercy Islamic School

Informasi biaya uang gedung, SPP Al Dercy Islamic School ada di flyer berikut ini:



2. Lazuardi Kamila Solo

Informasi biaya uang gedung, SPP KB/TK Lazuardi Kamila ada di flyer berikut ini:



3. Muhammadiyah Kotta Barat

Informasi biaya uang gedung, SPP KB/TK Muhammadiyah Kotta Barat ada di flyer berikut ini:



4. Alam Muhammadiyah Surya Mentari

Informasi biaya uang gedung, SPP KB/TK Alam Muhammadiyah Surya Mentari ada di flyer berikut ini:



5. Marsudirini Solo

Informasi biaya uang gedung, SPP KB/TK Marsudirini Solo ada di flyer berikut ini:



6. Singapore Piaget Academy (SPA) Solo Baru

Informasi biaya uang gedung, SPP KB/TK SPA Solo Baru ada di flyer berikut ini:



7. Al Huda Mojolaban

Informasi biaya uang gedung, SPP KB/TK Al Huda Mojolaban ada di flyer berikut ini:




Semoga informasi biaya masuk PAUD (KB?TK) ini bisa menjadi referensi bagi mama papa sekalian ya...



Salam Hangat,

sapamama


0 Komentar