Playdate Soloraya adalah sebuah komunitas keluarga yang berdiri pada 11 Januari 2019. Pada awalnya Playdate Soloraya berperan sebagai sarana pendidikan alternatif bagi keluarga dengan anak balita yang belum masuk ke dunia pendidikan formal. Dalam perkembangannya, Playdate Soloraya memberikan berbagai pilihan aktivitas yang disesuaikan dengan kebutuhan keluarga. Kami berkomitmen untuk membuat kegiatan yang diselenggarakan dapat bermanfaat dan menjadi kenangan manis bagi anak-anak dan keluarga.

Hingga saat ini Playdate Soloraya telah memiliki hampir 250 member yang tersebar di wilayah Solo Raya.


Misi Playdate Soloraya


Bonding Orang Tua dan Anak

Kegiatan Playdate Soloraya selalu melibatkan peran orang tua dan anak. Sehingga di sini mereka memperoleh kesempatan untuk memperkuat ikatan yang berkualitas di tengah berbagai kesibukan.

Kolaborasi

Playdate Soloraya tak hanya berkolaborasi dengan berbagai stakeholder baik di bidang pemerintahan atau swasta, namun kami juga mengajak anggota kami untuk ikut berperan dalam kegiatan Playdate Soloraya.

Toleransi

Playdate Soloraya menyadari bahwa toleransi harus dipupuk sejak dini. Tak hanya berkaitan dengan suku, ras, atau agama, namun toleransi dapat memiliki artian yang lebih, seperti pentingnya toleransi dalam perbedaan opini, karakter, usia, dan kami berharap mampu menciptakan lingkungan yang inklusif bagi anak-anak di Solo Raya.


Garis Besar Kegiatan Playdate Soloraya

Kids Playdate

Acara yang kerap disebut dengan kegiatan tematik ini diperuntukkan untuk anak usia 2-12 tahun. Kegiatan dipisah berdasar usia dan tumuh kembang, misalnya kegiatan untuk usia 2-4 tahun, 5-8 tahun, 9-12 tahun. Kids Playdate memiliki berbagai tema yang berbeda, misalnya saja tema olahraga, musik, melukis, transportasi, dan sebagainya. 

Baby Playdate

Acara ini diperuntukkan bagi anak usia 6 bulan-24 bulan. Bertujuan untuk mengasah tumbuh kembang bayi dan sebagai sarana sosialisasi antar orang tua.

Book Club

Buku merupakan garda terdepan dalam membuka wawasan dan pengetahuan. Playdate Soloraya ingin anak-anak mencintai buku sejak dini sehingga kami merancang klub buku ini sebagai ajang berbagi info buku anak yang menarik melalui sharing, story telling dan bookish play. Namun fokus utama Playdate Soloraya adalah buku-buku dengan tema toleransi dan keberagaman. 

Mommy Date

Dirancang sebagai ajang me time untuk ibu. Di sini biasanya diadakan kelas dengan didampingi pakar, contohnya saja kelas Inner Child bersama psikolog, kelas Public Speaking, ataupun untuk sarana pola hidup sehat seperti olah tubuh dalam kelas Belly Dancing.

Parent Class

Kelas ini ditujukan bagi orang tua, ibu dan ayah. Karena kami percaya bahwa keluarga dapat berfungsi dengan maksimal ketika ibu dan ayah memiliki visi dan misi yang sama untuk pertumbuhan anak. Contohnya kelas Manajemen MPASI (Makanan Pendamping ASI) bersama dokter anak, kelas Character Mapping, dll.

Charity

Hidup adalah tentang berbagai. Tak hanya berbagi ide dan kebahagiaan, kami juga mengajarkan anak untuk berkontribusi pada masyarakat sejak usia dini dengan program charity atau kegiatan amal. Kegiatan yang sudah dilakukan antara lain dengan kunjungan ke salah satu Panti Asuhan di Boyolali, penjualan kotak main Playdate Soloraya untuk amal korban terdampak Covid-19 (nakes, keluarga korban PHK, masyarakat rusun, dan lansia), untuk binatang di Jurug Zoo, program khusus untuk pengusaha lokal, serta program Adopsi Hutan.



Ruang Ekspresi Playdate Soloraya


Setelah melewati berbagai proses, akhirnya Playdate Soloraya memiliki wadah tersendiri, yaitu Ruang Ekspresi Playdate Soloraya. Ruangan ini didirikan dengan harapan bahwa siapa pun, terutama member Playdate Soloraya dapat mengekspresikan dirinya sendiri dalam bentuk kegiatan positif. Ruangan ini juga diharapkan mampu menjadi sumber ide dan keceriaan bagi orang tua dan anak-anak.


E-Member Card Playdate Soloraya

Playdate Soloraya selalu berusaha memberikan fasilitas dan dukungan terbaik untuk membernya. Oleh karena itu kami meluncurkan e-member card yang merupakan hasil kerja sama Playdate Soloraya dan beberapa merek ternama di kota Solo. Dengan memiliki e-member card ini para anggota mendapatkan banyak manfaat, di antaranya :

  • Diskon biaya masuk KB-TK Aldercy Rp500.000;
  • Diskon Street chicken 10% di semua cabang
  • Diskon Viyasmart 5% min.belanja 100.000 (offline store)
  • Diskon Be Mom 10% untuk Baby Massage
  • Diskon10% khusus salon mobil Hello Garage
  • Buy 1 Get 1 Minuman Hi Kopi Kebalen
  • Diskon 10% seluruh produk fashion ASTA Inc
  • Diskon 10% treatment di Larissa Gajah Mada (min.transaksi perawatan 135.000)


Penutup

Mendekati usianya yang ke-3, Playdate Soloraya berharap untuk terus bertumbuh makin kuat dan solid sehingga dapat konsisten memberikan yang terbaik bagi member dan dapat makin banyak berbagi manfaat pada masyarakat Solo Raya.


12 Komentar

  1. Wah komunitas yang sangat membantu masyarakat, ini ya Mbak? Nggak cuma buat anak-anak tapi juga buat orang tuanya juga bisa menambah pengetahuan dari book club. Wah keren banget pokoknya.

    BalasHapus
  2. Waah menarik sekali ... untuk para mommy ada kegiatannya juga. Kelas inner child dan public speaking bermanfaat banget ^_^

    BalasHapus
  3. Senang dengan aktivitas playdate apalagi diinisiasi oleh Playdate Solo Raya. Dan bekerjasama membuat event seru sehingga anak-anak bisa belajar bersama teman-teman. Home schooling adalah belajar dengan bahagia..

    BalasHapus
  4. Wah senangnya bisa ikutan acara Playdate Solo Raya ini ya mbak
    Buat anak anak homeschooling pasti seru bisa belajar dan bermain bersama seperti ini

    BalasHapus
  5. happy milad Playdate Soloraya, semoga di usi 3 tahunnya ini semakin sukses dan berkembang ya. Ikut seneng deh, dengan banyak program menariknya termasuk salah satunya dengan mengenalkan buku pada anak anak selain ada parenting dan charity pastinya yang bermanfaat.

    BalasHapus
  6. Sepakat banget, toleransi jika ditanamkan sejak dini insya alloh manfaatnya akan terasa bangett kelak. Senang ada komunitas seperti ini, sebagai sarana sharing juga antar orang tua ya, Mak.

    BalasHapus
  7. Wah udah mau 3 tahun ya Playdate Solo Raya. Ini kalau aku masih di Solo kayaknya pengen gabung, deh. Hihi. Bagus-bagus aktivitasnya.. semoga semakin bermanfaat buat member dan masyarakat sekitar yaa :)

    BalasHapus
  8. Tambah seneng jadinya ada tempat kayak plydate soloraya bisa fun anak2 main sambil belajar disini apalag bareng temen seusianya

    BalasHapus
  9. Pasti seru banget ini bisa ikutan playdate soloraya, andai disini juga ada, bisa ikutan nih.

    BalasHapus
  10. Lihat fasilitas e-member cardnya langsung mupeng beli kopi 1 gratis 1, enak banget nungguin anak playdate, ibunya sambil ngopi time. Pas banget ini playdatenya rekomen, anak hepi ibu hepi hehe..

    BalasHapus
  11. Kegiatan di Playdate Soloraya positif banget, ya. Dan bisa untuk anak-anak sampai usia 12 tahun, jadi yang playdate bukan cuma anak-anak balita saja. Benefit dari E-member card pun beragam dan menarik. Suka banget, deh.

    BalasHapus
  12. Banyak juga ya membernya sampai 250 Mba. Kalo ngumpul semua udah kek sekolahan. Masya Allah. Seneng punya playdate club gini bisa tukar informasi tumbang anak dan jadi ajang sosialisasi anak yg belum sekolah ataupun homeschooling

    BalasHapus