Dengan kondisi pandemi yang berangsur menjadi endemi, kegiatan masyarakat berangsur pulih. Meskipun tetap menggunakan masker saat beraktivitas, namun kita sudah bisa berkumpul dengan sahabat, kolega, keluarga, dalam berbagai acara.


Contohnya Hari Raya Idulfitri 2022 ini. Mereka yang menunda pulang ke kampung halaman selama 2x lebaran akhirnya bisa mudik. Senang rasanya bisa kembali berkumpul bersama keluarga.


Hal ini juga dirasakan oleh keluarga Playdate Soloraya. Sejak anak-anak sudah mulai sekolah tatap muka, sedikit demi sedikit komunitas ibu dan anak ini mulai beraktivitas secara offline. Nah, bulan Mei lalu, selain mengadakan kegiatan Jalan-jalan ke Klaten dengan mengendarai bus wisata pemkot Surakarta, Playdate Soloraya juga mengadakan kegiatan indoor yang bertajuk CERIA BERSAMA Playdate Soloraya.


Baca juga: Eksperimen Untuk Anak Usia Dini di Rumah Atsiri


Yuk, kita intip beberapa fakta keren dan keseruan apa saja yang ada dalam kegiatan tersebut.

1. Ceria Bersama Playdate Soloraya adalah event indoor besar pertama di tahun 2022


Selama tahun 2022 Playdate Soloraya selalu membatasi jumlah peserta untuk tidak lebih dari 40 keluarga dalam tiap acara yang digelar. Itu pun dengan catatan bahwa kegiatan harus digelar di ruang terbuka. Contohnya kegiatan Outbound Anniversary di Amanah dan kunjungan ke Rumah Atsiri Tawangmangu.

Playdate Soloraya memang berkomitmen untuk mengikuti aturan yang diberlakukan oleh pemerintah. Hingga akhirnya pemerintah memberi lampu hijau terhadap segala bentuk kegiatan tatap muka untuk anak-anak, sehingga dibuatlah acara indoor pertama Playdate Soloraya setelah 2 tahun lamanya tertunda. Dalam acara Ceria Bersama Playdate Soloraya ada total 52 keluarga berkumpul dan bersenang-senang bersama.

Terlihat keceriaan dan semangat dari moms and kiddos yang akhirnya bisa kembali beraktivitas dalam keseruan acara Playdate Soloraya.


2. Berbagai games seru digelar dalam acara Ceria Bersama Playdate Soloraya


Ceria Bersama Playdate Soloraya ini memang didesain sebagai acara santai dan fun. Semua peserta dipandu untuk menari dengan diiringi alunan musik OST Playdate Soloraya. Iya, Playdate Soloraya mungkin satu-satunya komunitas ibu dan anak di kota Solo yang memiliki jingle dan lagunya sendiri. Keren ya.


Baca juga: Rekomendasi buku untuk mama muda



Games untuk anak ada, untuk ibu dan anak pun ada. MC memandu seluruh peserta dengan kuis ringan dan mengarahkan pada games seru. Tak ada yang lebih menyenangkan dari melihat wajah ceria dan mendengar gelak tawa peserta Ceria Bersama Playdate Soloraya.


3. Cooking Class bersama Chef Solo Paragon Hotel and Residences


Lelah bermain, kini anak-anak diajak untuk menghias cupcakes yang sudah disiapkan chef Wardoyo, chef di Solo Paragon Hotel and Residences. Chef Wardoyo menjelaskan dan memandu anak-anak menghias cupcakenya. Cupcake rasa stroberi ini makin cantik dengan hiasan whipcream dan topping yang warna-warni. Anak-anak juga suka dengan rasanya. Yumm...


4. Perkenalan pendiri Playdate Soloraya dan rekrutmen volunteer moms


Yang istimewa dari acara Ceria Bersama Playdate Soloraya ini adalah Playdate Soloraya membuka peluang bagi moms member untuk bergabung menjadi tim panitia.

Kedua founder Playdate Soloraya, mom Eno dan mom Era menyukai sistem yang praktis, efektif dan efisien sehingga mayoritas kegiatan Playdate Soloraya dihandle hanya oleh founder saja. Namun kali ini, dalam acara Ceria Bersama Playdate Soloraya, founcers menggaet dua volunteer moms untuk diajak bekerjasama dalam menyukseskan acara Ceria Bersama Playdate Soloraya. Melalui seleksi yang cukup ketat, akhirnya terpilihlah mom Ana dan mom Rara yang sudah berpengalaman dalam mengatur kegiatan dan event ibu dan anak. Alhamdulillah acara berjalan lancar dan sukses.


Baca juga: Info biaya SD di kota Solo


5. Playdate Soloraya merupakan komunitas ibu dan anak pertama di kota Solo yang terdaftar HaKI


Di tahun 2019 ada acara Bekraf yang diselenggarakan di Benteng Vastenburg Solo. Mom Eno dan mom Era mendaftarkan Playdate Soloraya sebagai merek dagang dalam kesempatan tersebut agar terlindungi secara hukum. Setelah penantian panjang, pada pertengahan tahun 2021 akhirnya sertifikat merek Playdate Soloraya sudah resmi disandang. Lega rasanya karena hak atas kekayaan intelektual Playdate Soloraya terlindungi secara hukum.

Dengan ini, semoga Playdate Soloraya semakin dipercaya, dapat berkembang lebih baik lagi dan dapat bekerja dengan lembaga pemerintahan/swasta dalam mencerdaskan keluarga Indonesia. Aamiin...



Baca juga: Info biaya PAUD di kota Solo



Salam Hangat,

sapamama

14 Komentar

  1. asyik bangeet nih kak yang kumpuuul..dan for sure tempat playdatenya juga keren dan seru bangeet ya.

    BalasHapus
  2. Waah seru banget ya acara bersama playdate Solo Raya. Anak anak pasti suka banget karena sudah lama gak ada kegiatan rame-rame yaa.

    Aku baru tau komunitas juga bisa didaftarkan HAKI.

    BalasHapus
  3. Acaranya seru banget Mom, apalagi waktu ke museum Atsiri pasti anak-anak suka ya. Aku jadi kangen pengen ke museum Atsiri bawa anak-anak.

    BalasHapus
  4. Senang sekali ya akhirnya anak-anak bisa berkegiatan bersama teman-temannya. Orangtua pun ikutan happy bisa saling ngumpul beraktivitas. Yang paling penting anak-anak bisa ceria kembali setelah pandemi di rumah saja..

    BalasHapus
  5. Acara Playdate Soloraya keren amat, mbak :) Di sini anak2 dan mamah2nya yang kece berkumpul bersama ya. Cantik2 semua dan gemesin hihihi. Itu foto di cover ada anak yang lagi mewek wkwkwkw. Kepengen nyobain cupcake stroberinya deh hihihi. Rame juga ya total 52 keluarga, gamesnya seru.

    BalasHapus
  6. Wah keren ... selamat Playdate Solo Raya, sudah punya sertifikat paten untuk merek dagang. Kegiatannya seru ya, senang sekali sudah bisa bikin kegiatan indoor. Semoga keadaan makin membaik ke depannya.

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah sudah terdaftar semoga bermanfaat ya makkk...

    Seneng banget yaa bisa berkumpul bermain bersama sama kembali setelah 2 th serasa dikungkung

    BalasHapus
  8. Ya ampun dari fotonya yang fullcolor kebaca banget happynya, Mak, aku kangen playdate begini. Moga di Jakarta segera ada even seperti ini

    BalasHapus
  9. Seneng ya akhirnya anak-anak bisa keluar dan kumpul untuk playdate bersama teman-teman seSolo Raya. Anak-anak pasti juga udah bosen tuh 2 tahun di rumah mulu, pengen juga main bareng teman-temannya ya

    BalasHapus
  10. Emak dan anak kangen acara kayak gini,pasti seru deh, game 2 itu bikin akrab dan saling inspirasi satu sama lain. Mantap ide nya

    BalasHapus
  11. Alhamdulillah sekarang sudah bisa berktemu banyak orang ya dan banyak aktivitas di luar rumah. Seru banget playdate keluarganya, jadi bisa slaing melepas rindu juga ya. Syukurlah walaupun acaranya besar tapi masih ada batasan ya.

    BalasHapus
  12. Anak-anak pas masih semi-HS dulu rajin banget berburu acara playdate di Bandung. Dan paling happy kalau obrolannya bisa satu visi gitu yaa..

    Aku kagum sama kak Era.
    Selain konsen banget sama tumbang anak-anak juga tinggi sekali. Hhehee, liat foto kak Era sebagai founder Playdate Solo Raya.

    BalasHapus
  13. Wah senangnya anak-anak sudah bisa kumpul teman dan main bareng gini. Ibu-ibunya pasti juga ikut happy, ya. Sukses terus Playdate Soloraya.

    BalasHapus
  14. Keren mbak, playdate Soloraya sudah terdaftar di HAKI, btw aku juga ikut merasakan kegembiraan juga karena di Jakarta juga sudah boleh mengadakan event offline

    BalasHapus