Ada profesi yang punah, namun di masa depan akan muncul profesi baru yang tak pernah terpikirkan sebelumnya.

Di masa kini saja kita sudah banyak menemui pekerjaan baru, contohnya saja di bidang ilustrasi ada NFT Artist, sorang seniman yang berfokus pada produk non fungible token (NFT) yang diperdagangkan di metaverse. Contoh lainnya ada crypto miner atau penambang mata uang kripto. Kedua profesi ini keuntungannya tidak main-main dan jadi prospek luar biasa ke depannnya. Selain keduanya, masih banyak profesi lain yang mungkin akan menjadi profesi anak kita.


Baca artikel: Memanfaatkan Peluang di Dunia NFT Bersama ASUS


Meningkatnya kepadatan penduduk turut meningkatkan persaingan masa depan. Oleh karena itu, sebagai orang tua kita wajib untuk membimbing dan mengarahkan anak menjadi pribadi yang adaptif dan kreatif agar mampu "bertarung" dalam persaingan ketat masa depan.


Menyiapkan Bekal Masa Depan Untuk Anak

Apa sih bekal utama untuk masa depan anak?

Salah satunya adalah kemampuan untuk berpikir kritis.

Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan untuk berpikir dengan rasional dan tertata yang bertujuan untuk memahami hubungan antara ide dan/atau fakta. Pemikiran kritis merupakan sesuatu yang bisa membantu kita dalam menentukan apa yang kita percayai. Meski nampak sederhana, kemampuan inilah yang dapat mengoptimalkan potensi anak kita.

Talkshow dengan materi Nalar Kritis Untuk Bekal Masa Depan Anak

Minggu lalu (25/6) saya berkesempatan untuk ikut serta dalam sebuah Talk Show tentang Nalar Kritis Untuk Masa Depan Anak. Salah satu narasumber dalam acara tersebut adalah Bunda Galuh Murya Widawati, praktisi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di kota Surakarta. Sejalan dengan yang kami rasakan, beliau mengungkapkan tentang betapa pentingnya peran orang tua dalam merangsang nalar kritis yang akan menjadi bekal penting untuk masa depan anak. Kuncinya sederhana dan siapa pun dapat melakukannya. Apakah itu? Membaca.

Namun, PR besar bagi kita karena literasi membaca masyarakat masih rendah. Berdasarkan data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada 2019, indeks aktivitas literasi membaca nasional hanya berada pada angka 37,32% atau berada di level rendah. Masih jauh dari angka literasi tinggi yang mematok angka di atas 60 persen. Angka ini didapatkan dari berbagai faktor, seperti kecakapan membaca, akses, alternatif, dan kebudayaan daerah.

Untuk meningkatkannya, maka kita harus menggalakkan literasi membaca sejak usia dini. Kesadaran masyarakat untuk meningkatkan kualitas cukup baik hingga (setidaknya di generasi mamah muda seperti saya), masyarakat sudah mulai rajin membeli dan membacakan buku untuk anaknya.


Baca artikel: Laptop ASUS Untuk Story Teller


Untuk mendukung hal ini Kemendikbudristek berinovasi dengan menghadirkan Gerakan Literasi Nasional (GLN), yaitu sebuah lokakarya bagi penulis buku anak potensial dari dalam negeri sehingga bisa menjadi bagian dari upaya solutif untuk menyediakan sebanyak mungkin buku bacaan yang berkualitas bagi anak-anak di seluruh Indonesia. 

Panduan perjenjangan buku anak


Potensi Penulis Buku Anak

GLN secara rutin digelar sejak tahun 2019 hingga saat ini. GLN yang diadakan Kemendikbudristek tahun 2019 menghasilkan 170 buku. Sedangkan tahun GLN tahun 2020 menghasilkan 30 buku, GLN tahun 2021 kembali meningkat menjadi 75 buku, dan GLN 2022 menghasilkan 50 buku anak. Proses rekrutmen dilakukan secara terbuka yaitu melalui kompetisi yang digelar secara nasional. Tak pelak ini merupakan kesempatan bagi penulis potensial bangsa Indonesia. Dengan adanya rekrutmen terbuka seperti ini, kita akan mampu mendapatkan tulisan berkualitas yang mampu mendongkrak kualitas literasi bangsa Indonesia.

Selain hasil akhir dalam bentuk buku digital, buku-buku GLN akan dicetak dan dikirim ke berbagai daerah di Indonesia terutama di daerah 3T (terdepan, terpencil, tertinggal) untuk membantu memenuhi kebutuhan buku anak-anak Indonesia.

Pertemuan penulis Bahan Bacaan Literasi Baca-Tulis 2022

Di level daerah juga dilakukan kompetisi serupa untuk menggali bakat penulis buku anak berkualitas. Yang menarik, selain bermuatan konten lokal buku yang dihasilkan juga menggunakan bahasa bahasa lokal dengan logat daerah masing-masing. Jadi buku dwi bahasa yang sangat menarik kan?

Selama pandemi, dilaporkan bahwa penjualan buku anjlok. Namun, ternyata penjualan buku anak cukup menggairahkan. Bahkan banyak penerbit melakukan inovasi salah satunya dengan mengadakan kelas menulis untuk orang tua dan anak. Banyak dari kelas tersebut yang menghasilkan output buku anak. Banyak penulis buku anak baru yang dihasilkan dari sini. Tak sedikit dari mereka yang makin produktif menulis buku anak karena memang menyenangkan dan memiliki keuntungan yang menggiurkan.

Mba Oky E. Noor, seorang penulis buku anak senior menuturkan, tak perlu khawatir dengan persaingan antar penulis buku anak, karena penulis tersebut pasti akan mampu menjemput rezeki masing-masing dan justru kita harus berbahagia dengan banyaknya penulis buku anak baru, ini merupakan kabar baik bagi dunia literasi membaca kita. Kita ada di jalur yang sama untuk memajukan literasi bangsa Indonesia.


Baca artikel: Rekomendasi Laptop ASUS Untuk Anak SD


Agar Penulis Buku Anak Produktif

Bisa dikatakan bahwa saya merupakan salah satu penulis buku anak produk masa pandemi. Alhamdulillah, pandemi memberikan berkah tersendiri. Setelah masuk ke dunia ilustrasi buku anak, saya tertarik untuk menulis buku anak. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas diri sebagai penulis buku anak, saya mengikuti berbagai kelas baik yang digelar oleh penerbit atau oleh komunitas. Salah satu kelas favorit saya adalah kelas yang dimentori oleh mba Dian Kristiani, penulis buku anak kawakan. Tak hanya membantu saya memasuki dunia penerbit mayor, melalui kelas-kelas beliau, alhamdulillah saya mampu menembus GLN 2022. Masya Allah.

Kelas ilustrator menulis bersama Dian Kristiani


Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjadi penulis buku anak yang produktif, yaitu:

1. Konsisten

Menulis buku anak berbeda dengan menulis buku untuk dewasa. Namun, kunci utamanya sama, yaitu konsistensi dan pantang menyerah. Meski awalnya ada penolakan penerbit dan kegagalan kompetisi, tak boleh membuat kita berhenti untuk menulis buku anak. Jadikan ini momentum tersebut untuk memacu diri dan meningkatkan kompetensi.


2. Ide yang Unik

Unik tak melulu rumit. Gali ide dari hal sederhana atau hal yang menarik di sekitar kita. Saat seorang penulis buku anak sudah memahami teknik dan teori penulisan yang baik, bahkan hal kecil pun bisa menjadi tulisan yang menarik. Contohnya salah satu tulisan saya terinspirasi dari anak dan tingkah lucu kucing peliharaan kami.

Contoh ilustrasi yang dikirim ke penerbit mayor

3. Ilustrasi yang Menarik

Berdasarkan hasil forum grup discussion (FGD) buku anak bersama hampir 100 orang anak dari berbagai usia, diketahui bahwa salah satu aspek yang membuah anak tertarik memilih buku anak  adalah buku anak memiliki ilustrasi menarik dan berwarna-warni. Jadi penting bagi penulis dan penerbit untuk menggandeng ilustrator berbakat dan berkualitas agar buku makin disukai anak-anak.


Baca artikel: Laptop Untuk Freelancer


4. Gawai yang Mumpuni

Saya pribadi mengakui bahwa sebagai penulis buku anak, saya memerlukan gawai yang mumpuni untuk bekerja. Meski ide sederhana, namun saya harus melakukan riset agar memperkuat cerita yang saya tulis. Selain wawancara, berselancar di dunia maya menjadi salah satu metode riset yang kerap saya gunakan. Menulis naskah buku anak juga nyaman jika dilakukan menggunakan laptop. Secara umum seorang penulis buku anak memerlukan laptop yang:

  • Cepat

Kecepatan kerja sebuah laptop akan membantu penulis buku anak untuk dapat bekerja dengan optimal. No lelet lelet club.

  • Ringan

Sehingga laptop portable, mudah di bawa ke mana saja.

  • Aman

Naskah dan ide cerita adalah harta karun yang harus dilindungi oleh seorang penulis, jadi, perlindungan data dalam sebuah laptop adalah faktor penting bagi seorang penulis buku anak.


Laptop ASUS ExpertBook B7 (B7402) 5G Untuk Penulis Buku Anak


Bagi seorang penulis buku anak, baik bekerja di bawah sebuah penerbit maupun sebagai pekerja lepas, laptop merupakan sebuah perangkat wajib yang harus dimiliki. Saat sudah memasuki dunia profesional, alat tempur ini wajib dipertimbangkan secara matang. ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) menjawab semua kebutuhan yang dibutuhkan oleh seorang penulis buku anak profesional.


ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) 5G Handal dan Gesit

Seri laptop ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) tak hanya cocok digunakan oleh para penulis buku anak, tetapi juga profesional di berbagai bidang.

Berbagai profesi yang mampu didukung oleh ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402)

Laptop Bisnis ASUS ExpertBook B7 Flip B7402 sudah diperkuat oleh prosesor Intel® Core™ generasi ke-11 terbaru dan juga Intel® Iris® Xᵉ graphics. Dengan adanya prosesor ini maka ASUS ExpertBook B7 Flip B7402 mampu bekerja lebih cepat dan responsif. Penggunaan perangkat RAM DDR4 berkapasitas hingga 15GB serta memori SSD PCIe® hingga 2 TB memastikan kinerja penyimpanan yang gesit, dan Intel WiFi 6 memberikan kecepatan kelas gigabit untuk transfer data besar yang lebih cepat agar penyimpanan data di awan semakin lancar. 

Perangkat keras mutakir dalam ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) 

Saat kita bekerja selama berjam-jam, masalah yang kerap ditemui adalah kondisi mesin laptop yang memanas. Kadang kekawatiran berlebih muncul hal ini terjadi. Untungnya ASUS ExpertBook B7 Flip B7402 sudah dilengkapi dengan Sistem Pendingin Hibrida Lanjutan (AHCS) baru. Sistem ini menambahkan pelat logam konduktif ke kipas, meningkatkan luas permukaan pendinginan sebesar 39% untuk peningkatan kinerja laptop secara keseluruhan hingga 55%. AHCS menghilangkan panas dengan cepat saat dibutuhkan, saat beroperasi hampir tanpa suara untuk tugas yang lebih ringan. Super smooth yo...

Inovasi sistem pendingin pada ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402)  


Baca juga: Laptop ASUS Untuk Pengusaha


Konektivitas ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) 5G

Salah satu yang membuat ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) istimewa adalah konektivitasnya. Kenapa? Jika laptop lain memiliki ketergantungan terhadap jaringan nirkabel untuk mampu memasuki dunia maya ataupun mengunggah data ke awan, maka ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) memiliki konektivitas 5G. ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) hadir dengan modem 5G terintegrasi, sehingga dapat langsung terhubung dengan jaringan seluler tanpa perangkat perantara. Sama seperti telepon seluler atau smartphone, cukup pasangkan kartu SIM aktif ke dalam ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) dan keduanya akan otomatis terhubung ke jaringan 5G.



Jaringan 5G kira-kira 46x lebih cepat daripada 4G LTE, jadi bahkan jika kita perlu mengunduh film berdurasi 2 jam pun hanya membutuhkan waktu beberapa detik, bukan beberapa menit. ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) mampu membantu kita untuk treaming video FHD yang lancar pada jarak hingga 300 meter atau lebih. Dan yang tak kalah penting nih, Laptop kualitas wahid ini mampu terhubung secara otomatis ke sinyal WiFi terbaik, termasuk hotspot yang dikenal, untuk pengalaman jelajah yang mulus.



Bicara tentang konektivitas, maka konektivitas I/O yang lebih banyak selalu lebih baik, sehingga ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) memberikan opsi yang komprehensif. Konektivitas seluler 5G diaktifkan oleh slot nano-SIM baru14, dan pembaca kartu pintar internal dapat digunakan sebagai pemeriksaan ID sekunder untuk keamanan yang ditingkatkan. Anda juga mendapatkan dua port Thunderbolt™ 4 USB-C®, yang mendukung kecepatan transfer data 40 Gbps, output tampilan 4K, dan pengisian cepat. ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) juga mendukung hingga tiga layar eksternal 4K.


Portabilitas Tinggi ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) 5G 

Yang paling saya sukai dari produk ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) adalah desainnya yang elegan dengan beratnya yang hanya 1,44kg membuat kita nyaman untuk bekerja dari mana pun, bahkan jika harus bekerja dari dalam kendaraan atau bahkan berpindah-pindah ruangan.


Karena memiliki engsel 360° ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) dan ASUS Pen10 yang dapat dipasang secara magnetis ke sisi layar laptop. Baik Anda lebih suka menulis atau mengetik, dalam mode tablet atau laptop, ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) memungkinkan kita bekerja sesuka hati sesuai kebutuhan, kapan pun dan di mana pun. Mode tenda, stand, dan tablet yang praktis memungkinkan kolaborasi instan, berbagi konten dengan mudah, atau presentasi yang efektif.

Mode tenda ini sangat cocok bagi seorang penulis buku anak yang merangkap sebagai ilustrator. Layar sentuh yang dibekali stylus ini siap menjadi kanvas untuk menuangkan ide ilustrasi buku anak.


Satu lagi kunci penting dari portabilitas, yaitu kekuatan baterai. Dengan masa pakai baterai ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) hingga 12 jam, maka dapat dipastikan kita mampu memiliki daya yang cukup untuk bekerja seharian meski tidak membawa charger laptop.


Baca juga: Laptop ASUS Untuk Kado Sahabat


Tampilan ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) 5G

Adanya layar yang luas mempermudah proses penulisan buku anak. Desain elegan ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) makin moncer dengan adanya layar yang lebih lebar dengan rasio 16:10. Riset penulisan buku dengan membaca artikel, melihat situs web, atau mengerjakan spreadsheet makin menyenangkan dengan adanya layar sentuh anti-silau dilapisi dengan kaca Corning® yang kokoh, dan ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) juga dilengkapi privasi layar ASUS Private View, sehingga mata dan informasi sensitif kita terlindungi. Perkara visual dituntaskan oleh QHD+ yang memiliki resolusi 2560x1600 pixel.

Melihat perbandingan antara rasio 16:9 dan 16:10

Layar yang lebar ini semakin membuat kita nyaman saat menulis dan melakukan pertemuan daring.


Sistem Audio ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) 5G

Masa pandemi tidak menyurutkan semangat belajar masyarakat dunia. Contohnya saja di komunitas buku anak. Baik penulis dan ilustrator kerap membuka kelas belajar maupun mengikuti kelas online untuk meningkatkan skill. Kondisi ini memuat kita membutuhkan laptop yang mampu menyediakan fitur audio yang mumpuni. ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) dibekali dengan sistem audio berkualitas tinggi sehingga konferensi secara online tak menjadi masalah. Mikrofon ganda terletak di bezel atas layar untuk pengambilan suara yang optimal, dan dua speaker bersertifikat Harman Kardon terletak di bagian bawah untuk audio berkualitas bioskop.



Saya pernah memiliki pengalaman saat melakukan kelas online, suara host penyelenggara tidak terdengar jelas karena suara tangisan anaknya dan jujur hal ini sangat mengganggu peserta. Hal ini tak akan terjadi jika menggunakan  ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) karena laptop mutakhir ini memiliki teknologi AI peredam bising dua arah atau two way AI noise cancellation

Dengan teknologi ini, maka suara bising saat kita berada di rumah, suara percakapan di kafe, dan bahkan deru mesin kantor tak akan mengganggu kegiatan online kita.




Sistem Keamanan Mutakhir ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) 5G 

ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) hadir dengan konstruksi bodi yang sangat tangguh. Mengantongi sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar militer AS (MIL STD-810H), keduanya dapat selalu diandalkan sepanjang waktu. 


Tidak hanya itu, ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) juga dibekali dengan fitur khusus untuk meningkatkan durabilitas penggunaannya seperti keyboard yang tahan terhadap tumpahan air, hingga port yang dibekali dengan rangka konstruksi khusus agar tidak mudah rusak.


Sistem keamanan ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) tak hanya dari fisiknya yang tangguh, namun sistem di dalamnya pun menjamin keamanan data kita.



Baca artikel: Laptop ASUS Untuk WFH


ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) 5G Bagian dari ASUS Business

ASUS Business adalah solusi komprehensif untuk meningkatkan produktivitas bisnis. ASUS Business menawarkan perangkat komputasi terbaik dan terintegrasi melalui software khusus berstandar industri. Jajaran produk ASUS Business juga hadir dengan layanan premium dan dirancang khusus untuk membantu para pelaku bisnis dan instansi di Indonesia memaksimalkan potensinya.

ASUS Business menawarkan ragam opsi kustomasi spesifikasi serta hardware pada setiap perangkat sehingga pelaku bisnis dan instansi dapat memaksimalkan produktivitas tanpa harus mengeluarkan biaya berlebih.

Nah, ASUS Business menawarkan ragam pilihan untuk layanan purna jual. Pelaku bisnis dan instansi dapat memanfaatkan layanan ekstra seperti Warranty Extention hingga 5 tahun, Accidental Damage Protection (ADP) dengan garansi perlindungan hingga 100%, layanan Onsite Service, hingga VIP Support Line yang dapat memberikan dukungan teknis khusus.

Fasilitas layanan purna jual ASUS ExpertBook B7 Flip B7402


Spesifikasi ASUS ExpertBook B7 (B7402) 5G


Main Spec.

ExpertBook B7 Flip (B7402)

CPU

Intel® Core™ i5-1155G7 Processor 2.5 GHz (8M Cache, up to 4.5 GHz, 4 cores)

Intel® Core™ i7-1195G7 Processor 2.9 GHz (12M Cache, up to 5.0 GHz, 4 cores)

Operating System

Windows 11 Home - ASUS recommends Windows 11 Pro for business

Windows 11 Pro - ASUS recommends Windows 11 Pro for business

Windows 10 Home - ASUS recommends Windows 10 Pro for business

Windows 10 Pro - ASUS recommends Windows 10 Pro for business

Free Upgrade to Windows 11¹

Memory

16GB DDR4 SO-DIMM, Memory Max Up to:64GB

Storage

512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD

1TB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 Performance SSD

Display

Touch screen, 14.0-inch, WUXGA (1920 x 1200) 16:10, Integrated privacy screen, Wide view, Anti-glare display, LED Backlit, 500nits, sRGB: 100%, Screen-to-body ratio:81 %

Graphics

Intel Iris Xᵉ Graphics (available for Intel® Core™ i5/i7/i9 with dual channel memory)

Input/Output

2x USB 3.2 Gen 2 Type-A

2x Thunderbolt™ 4 supports display / power delivery

1x mini Display Port

1x HDMI 2.0b

1x micro HDMI (RJ45 lan)

1x 3.5mm Combo Audio Jack

SIM card slot

Smart card reader

Camera

720p HD camera with IR function to support Windows Hello

With privacy shutter

Connectivity

Wi-Fi 6(802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth 5.2

Audio

Audio by DTS Smart Amp Technology Built-in speaker Built-in array microphone harman/kardon (Premium) with Cortana support

Battery

63WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion

Dimension 

32.00 x 23.42 x 1.80 ~ 1.89 cm (12.60" x 9.22" x 0.71" ~ 0.74")

Weight

1.44 kg (3.17 lbs)

Colors

Black

Price

Starts from Rp33.164.000

Warranty

2 tahun garansi global


Kesimpulan

Perlu kerja keras untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) masyarakat Indonesia. Tidak ada cara yang instan untuk melakukannya. Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah mengajarkan anak untuk berpikir kritis sejak usia dini. Cara menyenangkan yang bisa kita coba adalah melalui membaca. Meningkatkan kualitas bacaan juga merupakan hal yang wajib, oleh karena itu ini adalah suatu perjuangan bagi penulis buku anak.

Untuk mampu terus produktif berkarya seorang penulis buku anak harus memiliki gawai yang dapat meningkatkan kinerjanya, yaitu ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402), laptop bisnis 5G pertama di Indonesia. Dengan memiliki perangkat yang gesit dan tangguh, maka penulis buku anak dapat menghasilkan karya bermutu lagi...lagi...dan lagi...


Tertarik memiliki ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402)? Fitur apa yang paling menarik untuk teman-teman?

Tulis di kolom komen ya...



Salam Hangat,

sapamama




Sumber bacaan:

https://www.handikoo.com/2022/06/asus-expertbook-b7-flip-b7402-laptop.html

https://www.asus.com/uk/Laptops/For-Work/ExpertBook/Expertbook-B7-Flip-B7402F-11th-Gen-Intel/

https://drive.google.com/drive/folders/1oOG-glhyeQ2HF-oxaBueN77KPsOj4S7l

https://gaya.tempo.co/read/1328514/tingkatkan-literasi-buah-hati-kebutuhan-buku-cerita-anak-naik

https://lipipress.lipi.go.id/detailpost/pentingnya-membaca-sejak-usia-dini

https://www.gramedia.com/best-seller/berpikir-kritis/

https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/06/kemendikbudristek-dan-inovasi-berkolaborasi-dorong-peningkatan-kemampuan-literasi-anak-di-indonesia







17 Komentar

  1. MasyaAllah, akhirnya kekejar juga, mbaak?
    Semangatnya gaspol. Kece banget...
    Eniwe, aku juga pengen nih cariin laptop yang oke buat gambar buat anakku.
    Dia udah dapet materi paint, sratch, dan sejenisnya.
    Di rumah jadi seneng banget corat-coret gambar dan bikin game-games sederhana. Kudu disupport dengan laptop yang mumpuni nih, haha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba... Akhirnya... Pokonya harus semangat berjuang dan mencoba. ASUS sudah memberikan kesempatan, tinggal kita yg mau menjalankan.

      Wah, mas akta keren... Ayo minta dibeliin laptop ASUS aja mas...

      Hapus
  2. Waaah, keren ammmmaat ini laptop Asus Expertbook B7 flip 5G bisa bikin semangat dan mendukung penulis anak maupun profesi lainnya. Speknya oke, fitur2 banyak dan serba mudah dipakai kapan dan di mana saja. Militery grade pula ya jadi ga gampang kenapa2 nih insya allah aman. Kayaknya cocok nih buat calon laptop anakku yang ingin masuk kuliah jurusan DKV.

    BalasHapus
  3. Bener deh, penting banget menumbuhkan minat baca anak untuk stimulasi berpikir kritisnya. Eh ASUS B7 ini udah bisa terintegrasi pake kartu SIM dengan jaringan 5G? canggih bener! Jadi ngiler, ini mah udah ngga ketergantungan wifi yah.

    BalasHapus
  4. Salah satu yang aku suka dari laptop bisnis ExpertBook B7 Flip ini adalah konektivitas 5G nya. Ada slot SIM Card nya. Kita bisa terkoneksi dengan internet di mana pun, ga tergantung WiFi.

    BalasHapus
  5. Aku mupeng 5Gnya sih mba. Soalnya sinyal WiFi di tempat aku kerja sering ngeselin. Apalagi kalau mau bawa laptop ke kelas. Sudah deh, hilang sinyalnya. Huhuhu.

    BalasHapus
  6. Laptop keren yang bisa diandalkan untuk kerja ya Mbak ini. Buat kerjaan berat sangat mengakomodasi. Buat bisnis juga pas. Mau lah laptop begini. Buat keperluan seluruh keluarga. ☺

    BalasHapus
  7. Produk Asus memang keren-keren ya, jadi ngak sabar pingin punya laptop Asus Expertbook, flip-nya itu lho yang bikin mupeng soalnya bisa mobile, di bawa kemana-mana ngak masalah buat kerja terus bisa dipakai belajar anak juga di rumah. Kalau lagi senggang bisa kuat streaming drakor hehehe atau nonton film di VIU/Netflix/Disney-Holstar.

    BalasHapus
  8. Salah satu masalah yang umum dialami penulis buku adalah diolak penerbit ya mbak hehe. Gawai yang mumpungi harus dimiliki penulis, pastinya agar lancar menuangkan banyak ide yang kadang datangnya secara tiba tiba

    BalasHapus
  9. Buku mampu mengasah agar kita bisa berpikir kritis. Karena penulisnya melakukan hal yang sama di dalam buku yang mereka komunikasikan pada pembaca. Masalahnya ya itu tadi bahwa minat baca cukup rendah di masyarakat kita. Mudah-mudahan dengan adanya media seperti komputer atau laptop yang bisa digunakan untuk membaca, akan meningkatkan minat baca masyarakat kita

    BalasHapus
  10. Laptop dengan kecanggihan yang mumpuni siapapun pasti tertarik. Buat bekerja atau cuma hiburan di rumah. Asus selalu mengeluarkan tipe terbaru ya
    Bikin pengen semuanya hehehe

    BalasHapus
  11. Mbak jadi dirimu terjun jadi penulis buku anak tuh setelah sebelumnya jd ilustrator duluan ya? Aku kepoh pernah nulis/ cerita2 di blog gak awal mula jd ilustrator tu sejak kapan dan gmn prosesnya? xixixi
    Wah Asus expertbook b7 ini jadinya sangat mumpuni ya buat kerjaan ilustrator sekaligus penulis buku, manteb niiihh

    BalasHapus
  12. Setuju, dengan membaca pola pikir kritis anak jadi terasah..maka penulis buku anak yang produktif berkarya akan mengisi buku berkualitas tersedia. Tentu perangkat yang mendukung seperti ASUS Expertbook ini bisa jadi solusinya

    BalasHapus
  13. Ini laptop keren sih menurut aku, apalagi udah 5G dan ada slot sim card-nya.
    Btw,ini laptop cocok ama Mak Era yang bekerja sebagai ilustrator. Pasti deh bakalan makin lancar kerjaannya.

    BalasHapus
  14. Wah iya nih.. cocok banget untuk kak Era yang aktif menulis buku anak dan content kreator. Saking aktifnya kudu diimbangi dengan spek luar biasa dari ASUS ExpertBook B7 Flip yang sat set.
    Melihat speknya plus jaringan 5G, uda kebayang tanpa nge-lag sih yaa.

    BalasHapus
  15. Keren banget mbak bisa tembus di seleksi GLN. Memang kalau saya lihat dunia buku anak sekarang sangat menjanjikan, ya. Apalagi buku dengan ilustrasi. Saya sendiri sempat belajar menulis cerita anak dan ternyata sulit banget nyari ide yang uniknya

    BalasHapus
  16. Ih ilustrasinyaaaa cakeeep pisaaaan!

    selamat ya mbak udah berhasil tembus GLN, aku agak kurang semangat karena ya gitu deh, tahun lalu ga ada satu pun yang tembus, dan tahun ini kebetulan kena omicron dua kali !

    ASUS flip ini emang keren banget dan menunjang

    BalasHapus