Tak ada yang lebih menyenangkan dibanding dengan passion yang menjadi mata pencaharian.

Dari hobi jadi sumber rejeki adalah ungkapan paling tepat yang bisa menggambarkan rekan saya, mba Chandra Malini atau biasa disapa Alin. 

Rejeki Datang dari Cinta Bumi

Mba Alin adalah seorang wirausahawan yang pernah tinggal di Timika, Papua. Namun, kini beliau tinggal di Karanganyar, dekat kota Surakarta. Sejak berada di Timika beliau sudah menjadi penggiat hidup minim sampah. Selain mengompos sampah rumah tangga beliau juga mendaur ulang sampah kertas. Hmm... Akan dibuat apa ya...

Selain gantungan kunci, kita juga bisa membuat gelang, vandel, magnet kulkas, dll menggunakan teknik papier mache. (dok.@kertasbyalin) 

Nah, kertas-kertas yang sudah tak terpakai itu ternyata mampu dibuat menjadi karya seni yang disebut dengan papier mache. Papier Mache di ambil dari Bahasa Perancis yang artinya "kertas yang di kunyah/dilumat", cara membacanya adalah "paper mashay". Jadi, di sini bubur kertas (pulp) dicampur dengan bahan perekat seperti lem, kanji, atau kain dan kemudian dibentuk sedemikian rupa sehingga memiliki hasil akhir yang estetis.

Ketika memasuki masa pandemi mba Alin mengembangkan usaha miliknya. Alih-alih papier mache, mba Alin memproduksi kertas daur ulang yang diberi merk Kertas by Alin. Kenapa memilih jenis usaha ini? Selain ramah lingkungan, ternyata bisnis daur ulang kertas cukup menguntungkan. Bahkan beliau bisa mempekerjakan 3 karyawan dari usaha yang digelutinya ini.


Baca juga: Laptop ASUS Untuk Mompreneur


Orang-orang biasanya menggunakan kertas daur ulang untuk menulis indah, misalnya untuk customize wedding invitation atau menulis janji pernikahan. Selain itu ternyata kertas daur ulang juga nyaman digunakan untuk membuat ilustrasi. Mba Alin juga hobi ilustrasi, jadi beliau juga kerap membuat desain manual, kemudian di scan dan di cetak di kertas daur ulangnya.


Keindahan seni kaligrafi dan ilustrasi meningkatkan nilai ekonomi kertas daur ulang buatan mbak Alin. (dok.@kertasbyalin)



Teknologi untuk Seniman Daur Ulang Kertas

Pembuatan kertas daur ulang memerlukan proses manual. Serba handmade dan memerlukan kesabaran. Salah satu yang membuat produk mba Alin makin laris adalah kemampuan marketing beliau dan konsistensi upload konten di media sosial sehingga mampu menyentuh konsumen dari dalam dan luar negeri. Untuk membuat konten, biasanya ibu 3 anak ini menggunakan perangkat laptop dan software untuk editing.

Proses produksi Kertas by Alin

Selain seorang wirausaha, mba Alin juga merupakan ibu praktisi homescooling atau sekolah rumah. Jadi, ada jadwal khusus yang dialokasikan untuk mendampingi putrinya belajar. Sistem belajar banyak mengambil dari laman online dalam dan luar negeri. Pastinya laptop adalah gawai utama dari aktivitas belajar ini.

Dengan berbagai kesibukan yang harus dijalani setiap hari, maka jelas mba Alin membutuhkan support gawai mumpuni untuk produktivitasnya.

Coba kita bedah dulu kebutuhan mba Alin:

- Laptop yang tangguh dengan kinerja cepat.

- Bekerja dengan pulp atau bubur kertas memungkinkan kontaminasi di permukaan laptop, hmm... gimana ya?

- Menggambar ilustrasi sederhana untuk customize design.

- Mendampingi anak belajar online.

Nah, saya punya rekomendasi laptop untuk mba Alin yang merupakan seniman sekaligus seorang wirausaha.


Kenalan dengan ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) 4G 


Kali ini saya akan bicara tentang keunggulan laptop bisnis yang memang cocok untuk pengusaha sekaligus seorang seniman.


ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) Fleksibel dan Tangguh

Laptop tangguh ini memiliki ketahanan yang bisa diandalkan. ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) memiliki sertifikasi uji ketahanan berstandar militer AS (MIL-STD 810H). Laptop ini punya durabilitas tinggi dan sudah melewati berbagai pengujian ekstrem seperti uji operasional pada suhu dan kelembapan ekstrem hingga uji ketahanan struktur bodi laptop dari hantaman dan guncangan.


Ketika kita melihat struktur dalam ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) maka akan tampak bahwa laptop ini memiliki struktur yang kokoh untuk penggunaan sehari-hari.


ASUS juga menyematkan fitur anti-spill keyboard di laptop ExpertBook B3 Flip (B3402). Fitur ini bisa melindungi laptop dari tumpahan cairan sampai 300 cc pada bagian keyboard-nya. Kalau pakai laptop ini mba Alin tak perlu khawatir lagi dengan kejadian ketumpahan air, hehehe...


Baca juga: Rekomendasi Laptop ASUS Untuk Penulis Buku Anak


Fleksibilitas yang yang ditawarkan oleh ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) adalah desain convertible dengan engsel khusus yang membuat layarnya bisa dibuka sampai 360 derajat! Kalau kita buka penuh, maka laptop ini berubah menjadi seperti mode tablet. Menariknya, mode tablet bisa digunakan untuk keperluan belajar, membuat catatan, bahkan untuk membuat sketsa ilustrasi.


Jika ingin membuat sketsa atau catatan, kita bisa menggunakan stylus ASUS yang tersimpan di  ruang khusus pada badan laptop. Saat disimpan, stylus akan melakukan pengisian daya secara otomatis sehingga selalu siap digunakan setiap saat. Berkat teknologi khusus, stylus di ExpertBook B3 Flip bisa diisi dengan cepat. Bayangkan, hanya membutuhkan waktu 15 detik untuk penggunaan selama 45 menit! Mantab euy!


Produktif dengan ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402)

Laptop Bisnis ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) sudah diperkuat oleh prosesor Intel® Core™ generasi ke-11 terbaru dan juga Intel® Iris® Xᵉ graphics. Ditambah juga dengan memori DDR4 dengan kapasitas sampai 16GB yang masih bisa ditingkatkan, dan penyimpanan berupa PCIe SSD 3.0 berkapasitas sampai 1TB. Kombinasi komponen ini membuat ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) tampil dengan performa yang gesit saat digunakan untuk mengolah dokumen, membuka berbagai aplikasi, dan multitasking.


Saat mendampingi belajar online, terkadang kita terganggu dengan suara-suara bising di lingkungan. Untungnya ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) sudah dibekali dengan teknologi Two-Way AI Noise-Cancellation. Teknologi ini membuat suara bising dan mengganggu dari pengguna dan lawan bicaranya bisa dihilangkan secara real-time. Teknologi berbasis kecerdasan buatan (AI) ini mampu membuat ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) memberi kita pengalaman melakukan video conference dengan tenang meski di tempat yang ramai.



Untuk mempermudah proses belajar atau konferensi online, ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) menyertakan webcam standar bersama dengan kamera beresolusi tinggi 13 MP yang terletak tepat di atas keyboard, posisi ideal yang memungkinkan kita mengambil foto dan video dalam mode tablet dan tenda.

Laptop ini menghadirkan teknologi khusus yang mampu membuat hasil tangkapan kamera pengguna ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) bisa jauh lebih baik. Dengan menggunakan teknologi 3D Noise-Reduction (3DNR), hasil tangkapan kamera di ExpertBook B3 Flip dapat lebih jelas dan minim efek noise bahkan dalam kondisi minim cahaya.



ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) dilengkapi dengan port I/O. Ini termasuk Thunderbolt™ 4 mutakhir, generasi berikutnya dari konektivitas kabel universal, yang mendukung antarmuka USB4, kecepatan transfer data 40 Gbps, output tampilan 4K, dan pengisian cepat. USB Type-A dan output HDMI juga disertakan, serta Kensington lock slack, Audio Combo Jack dan kartu microSD dan nano SIM Combo.


Baca juga: Rekomendasi Laptop ASUS Untuk Arsitek


Fleksibilitas tak lepas dari pengaruh konektivitas laptop. ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) dilengkapi teknologi 4G LTE bawaan untuk konektivitas seluler yang aman dan cepat di mana pun kita berada. Hal ini memungkinkan ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) dibawa untuk belajar dan bekerja di mana saja. Laptop ini juga menawarkan teknologi WiFi 6 terbaru untuk menghadirkan kecepatan ultra cepat dan stabil untuk pembelajaran online dan pertemuan bisnis yang sangat lancar. Plus, teknologi ASUS WiFi Master9, Anda akan menikmati koneksi WiFi yang lebih cepat dan lebih andal pada jarak yang lebih jauh dari sebelumnya.


ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) Higienis dan Melindungi Mata

Sejak masa pandemi kita memiliki perhatian khusus terhadap kebersihan. ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) adalah laptop higienis dengan bodi yang dibekali lapisan anti bakteri khusus. Lapisan bernama ASUS Antibacterial Guard ini udah diakui secara internasional dan mendapatkan standar ISO 22169 yang terbukti mampu menahan laju pertumbuhan bakteri sampai lebih dari 99% dalam kurun waktu 24 jam. Lapisan ASUS Antibacterial Guard juga bisa bertahan dari alkohol, cairan pembersih, dan cairan hypochlorous acid yang membuatnya mudah untuk membersihkan laptop ini.


Selain higienis, ExpertBook B3 Flip juga dibekali layar yang bisa melindungi kesehatan mata penggunanya. Layar ExpertBook B3 Flip sudah dilengkapi fitur Eye Care yang mengantongi sertifikasi TUV Rheinland. Fitur ini bisa mengurangi pancaran radiasi sinar biru dari layar laptop secara signifikan, sehingga kesehatan mata penggunanya tetap terjaga.


Sistem Keamanan ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) 4G

ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) memiliki sistem keamanan yang kuat untuk menjaga kerahasiaan dan keamanan informasi pribadi. Fitur-fitur ini termasuk sensor sidik jari yang disematkan dan pelindung webcam fisik, serta TPM 2.0 yang memastikan bahwa tidak ada pengintip kehidupan pribadi kita di balik layar. Bahkan ada slot kunci Kensington yang terpasang, membuatnya mudah untuk melindungi ExpertBook B3 Flip ini.



ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) 4G Bagian dari ASUS Business

ASUS Business adalah solusi komprehensif untuk meningkatkan produktivitas bisnis. ASUS Business menawarkan perangkat komputasi terbaik dan terintegrasi melalui software khusus berstandar industri. Jajaran produk ASUS Business juga hadir dengan layanan premium dan dirancang khusus untuk membantu para pelaku bisnis dan instansi di Indonesia memaksimalkan potensinya.

ASUS Business menawarkan ragam opsi kustomasi spesifikasi serta hardware pada setiap perangkat sehingga pelaku bisnis dan instansi dapat memaksimalkan produktivitas tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan.


Baca juga: Laptop ASUS Untuk Pelajar dan Mahasiswa


Nah, ASUS Business menawarkan ragam pilihan untuk layanan purna jual. Pelaku bisnis dan instansi dapat memanfaatkan layanan ekstra seperti Warranty Extention hingga 5 tahun, Accidental Damage Protection (ADP) dengan garansi perlindungan hingga 100%, layanan Onsite Service, hingga VIP Support Line yang dapat memberikan dukungan teknis khusus.


Spesifikasi ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) 4G 

Main Spec.

ExpertBook B3 Flip (B3402)

CPU

Intel® Core™ i5-1135G7 Processor 0.9-2.4 GHz (8M Cache, up to 4.2 GHz)

Intel® Core™ i7-1165G7 Processor 1.2-2.8 GHz (12M Cache, up to 4.7 GHz)

Operating System

Windows 11 Home - ASUS recommends Windows 11 Pro for business

Windows 11 Pro - ASUS recommends Windows 11 Pro for business

Windows 10 Home - ASUS recommends Windows 10 Pro for business

Windows 10 Pro - ASUS recommends Windows 10 Pro for business

Free Upgrade to Windows 11¹

Memory

16GB DDR4 on board , Memory Max Up to:48GB

Storage

512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD

1TB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 Performance SSD

Display

Touch screen, 14.0-inch, FHD (1920 x 1080) 16:9, Wide view, Glossy display, LED Backlit, 250nits, NTSC: 45%, Screen-to-body ratio:80

Graphics

Intel Iris Xᵉ Graphics (available for Intel® Core™ i5/i7/i9 with dual channel memory)

Input/Output

1x USB 2.0 Type-A

1x USB 3.2 Gen 1 Type-A

2x Thunderbolt™ 4 supports display / power delivery

1x HDMI 2.0a

1x 3.5mm Combo Audio Jack

Camera

720p HD camera

With privacy shutter

13.0M camera

Connectivity

Wi-Fi 6(802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth 5.2

Audio

Built-in speaker Built-in array microphone with Cortana support

Battery

50WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion

Dimension 

32.90 x 22.39 x 1.92 ~ 1.95 cm (12.95" x 8.81" x 0.76" ~ 0.77")

Weight

1.61 kg (3.55 lbs)

Colors

Black

Price

Starts from Rp17.542.000

Warranty

2 tahun garansi global


Penutup 

Manusia diberkahi dengan akal dan kreativitas. Maka, sudah selayaknya jika kita memanfaatkan berkah itu untuk turut menjaga bumi. Langkah yang mba Alin ambil untuk menjaga lingkungan dengan usaha daur ulang kertas ini nyatanya mampu berjalan beriringan, antara mata pencaharian dan tindak nyata untuk lingkungan.


Untuk dapat mengembangkan usaha dan mengasah kreativitas diperlukan perangkat yang mumpuni. Pilihan terbaik adalah memilih produk laptop bisnis ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402).


Tertarik untuk mencobanya? 



Salam Hangat,

sapamama




Sumber tulisan:

https://www.asus.com/Laptops/For-Work/ExpertBook/ExpertBook-B3-Flip-B3402-11th-Gen-Intel/

https://www.handikoo.com/2022/06/asus-expertbook-b3-flip-b3402-laptop.html

https://bit.ly/B3B7ArtikelRef 



7 Komentar

  1. Selalu suka dengan produksi Asus. Expertbook B3-nya convertible, buat pengusaha yang praktisi homeschoolong tentunya bakal sangat bermanfaat dan menjadikannya powerful.

    BalasHapus
  2. Langsung jatuh cinta pada pandangan pertama sama ASUS ini tentunya karena specnya dan modelnya yang kekinian, cocok juga buat wanita aktif macam aku ini ya kak

    BalasHapus
  3. Wah cakep banget laptopnya mbak, aku suka yang sistem keamanannya ok kyk gtu krn kaang kita kan kalau freelancer kerjaannya di luar.
    Temannya keren mbak, aktivitasnya banyak jd emang butuh laptop mumpuni dan awet yaa.

    BalasHapus
  4. Laptop yang ada teknologinya higienis ini unik banget sih ya..
    Membuat aman dan nyaman dengan pilihan prosesor intercore i7 dan i5 ASUS ExpertBook B3 Flip juara banget.

    BalasHapus
  5. Kok tjakep sih stylusnya ini, ada tempat penyimpanannya di badan laptop. Kirain mesti taruh di luar, di tempat terpisah lagi. Kalau gitu kan rawah keselip/kececer di manaaa gitu ya. Makin tjakep karena ternyata begitu disimpan, otomatis melakukan pengisian ulang.

    BalasHapus
  6. Kok tjakep sih stylusnya ini, ada tempat penyimpanannya di badan laptop. Kirain mesti taruh di luar, di tempat terpisah lagi. Kalau gitu kan rawah keselip/kececer di manaaa gitu ya. Makin tjakep karena ternyata begitu disimpan, otomatis melakukan pengisian ulang.

    BalasHapus
  7. Saya sangat butuh laptop yang bisa melindungi mata. Anak-anak juga. Kinerjanya juga harus priima karena anak mulai membuat film kartun animasi dengan laptop.

    BalasHapus