Ambill setiap kesempatan yang datang, sekecil apapun tak boleh disia-siakan – Era Wijaya, 2021

 

Quotes di atas merupakan quotes yang saya ambil dari buku antologi kedua saya, yaitu buku RESOLUSI 2021. Dalam prakata buku kami, mbak Dyah Rooslina selaku penanggung jawab mengungkapkan bahwa resolusi adalah suatu harapan dan cita-cita yang ingin dicapai di tahun baru. Secara umum, tujuan resolusi yang kerap muncul adalah untuk menjadi pribadi yang lebih baik dari tahun sebelumnya.


Menjelang perayaan tahun baru, orang kerap berbondong-bondong untuk mengungkapkan resolusinya di media sosial. The Harris Poll, CIT Bank, menyebutkan bahwa setidaknya ada 43% orang Amerika yang membuat resolusi tahun baru. Namun, berkebalikan dengan momen membuatnya, berdasarkan survei YouGov,  ternyata hanya 7% saja yang mengaku menjalankan resolusinya. Walau terpisah benua, tetapi hasil survei tersebut bisa cukup menjadi acuan, karena faktanya merealisasikan resolusi tak semudah membalikkan telapak tangan.


Seringkali resolusi dibuat secara impulsif. Menjelang tahun baru, pada momen yang hangat, secara impulsif kita kerap membuat rencana-rencana besar, layaknya anak kecil yang ditanya tentang apa cita-citanya, serta merta ia menjawab profesi yang diinginkan saat itu tanpa berpikir panjang. Resolusi kerap tidak dibuat dengan refleksi mendalam. Hanya menjawab dengan apa yang dirasa baik saat itu hingga akhirnya menguap ditelan waktu.


Memang  ada benarnya jika membuat komitmen di waktu yang simbolik seperti awal tahun akan membuat kita akan lebih teguh mempertahankannya, sehingga kita akan lebih terdorong untuk melakukan rencana-rencana tersebut. Memulai di awal tahun bisa memberikan dorongan secara psikologis. Agar kita dapat melangkah dan merealisasikan resolusi tahun baru, kita perlu menentukan tujuan besar dalam hidup, memahami langkahnya, dan fokus sehingga resolusi dapat terlaksana.

 

Kenali diri, lakukan aksi! – Era Wijaya, 2021

 

Dengan menuliskan Resolusi 2021 ke dalam buku dan dibaca oleh khalayak, maka kita akan lebih terpacu untuk fokus dalam merealisasikan resolusi

Salah satu cara agar kita konsisten adalah menuliskan resolusi yang ingin dicapai. Nggak tanggung-tanggung, saya dan teman-teman menuliskannya ke dalam sebuah buku Resolusi 2021. Pada awalnya saya sempat ragu untuk menuliskan resolusi saya. Namun setelah saya merenungkan tahun 2020, bukan tahun yang mudah memang, namun dari sana saya dapat menentukan tujuan untuk menentukan Resolusi 2021.


Pada sebuah kelas pelatihan di tahun 2018, saya mempelajari tentang kuadran aktivitas. Aktivitas ini mengacu kepada kemampuan kita dan kegiatan yang dilakukan sehari-hari. Penjabarannya sebagai berikut:

Kuadran Satu: Kegiatan yang disukai dan bisa dilakukan

Kuadran Dua: Kegiatan yang disukai tapi tidak bisa dilakukan

Kuadran Tiga: Kegiatan yang tidak disukai tapi bisa dilakukan

Kuadran Empat: Kegiatan yang tidak disukai dan tidak bisa dilakukan

 

Agar kita bisa menemukan aktivitas yang tepat, maka kita harus paham tentang perbedaan bakat dan kekuatan. Bakat merupakan pola pikiran, perasaan, dan perilaku yang berulang-ulang, alami, dan dapat membuat kita produktif. Sedangkan kekuatan adalah suatu kegiatan yang disukai (enjoy), mudah dikuasai (easy), hasilnya bagus (excellent), dan bermanfaat (earn).

 

Dari hasil refleksi diri, saya dapat memetakan kuadran aktivitas saya sebagai berikut:



Walau di kuadran satu ada banyak hal yang bisa saya lakukan, namun saya harus menentukan prioritas agar bisa fokus berkarya dan menjadi makin produktif. Hal ini membuat saya mengerucutkan pilihan pada tiga aktivitas utama:

 

Freelance Illustrator (and graphic designer sometimes)

Dunia menggambar adalah pemantik kebahagiaan sejak usia saya belia. Hanya saja, karena saya bekerja di bidang yang tidak sesuai dengan bakat, maka makin lama aktivitas menggambar saya lupakan. Baru di pertengahan tahun 2020 saya menyadari kembali kesenangan saya pada menggambar. Di dunia yang serba digital kita makin dimudahkan dengan berbagai aplikasi desain digital. Agar semakin mumpuni dalam bergelut di bidang ilustrasi, tentunya saya harus banyak berlatih dan mendalami aplikasi desain yang saya gunakan. Targetnya sih setidaknya dalam sehari menghasilkan satu karya.

 


Sejak saya mengenal art theraphy, saya semakin ingin mendalaminya dengan menggunakan media digital. Salah satu alasannya sih agar tidak mengkonsumsi terlalu banyak kertas. Target saya, saya bisa mendesain ilustrasi buku di tahun 2021 ini. Semoga diberikan jalan. Aamiin..

 

Blogger & Penulis

www.sapamama.com adalah awal mula saya terjun di dunia tulis menulis. Awalnya saya menulis sebatas tentang parenting, namun berkembang menjadi lifestyle blogger dengan pertimbangan lebih banyak hal yang bisa di gali dan dikisahkan. Dua tahun menulis di blog, saya mulai berani melangkah ke dunia tulis menulis dengan bekerjasama dalam beberapa buku antologi baik fiksi maupun non fiksi. Bekerjasama dengan penulis lain ternyata menyenangkan. Namun demikian, saya memiliki tujuan untuk menerbitkan buku anak di awal tahun 2022 sebagai kado ulang tahun suami dan anak saya.

 


Youtuber & Story Teller

Sejak 2018  saya ingin membuat podcast untuk mendongeng. Saat itu keberanian saya belum muncul, bahkan setelah mengikuti kelas dongeng, podcast, dan public speaking. Di awal 2021 saya bertekad melakukan perubahan. Saya memulai langkah awal dengan menghubungi beberapa penerbit untuk membacakan buku anak yang mereka terbitkan. Alhamdulillah, PT. Kanisius, sebuah penerbit dari Yogyakarta menyambut baik niat saya dan memberikan dukungan sehingga saya bisa melahirkan kanal YouTube SAPAMAMA BERCERITA.

 


Ketiga kemampuan diatas saya poles dengan mengikuti kelas pelatihan online. Saya mengikuti kelas dari dalam dan luar negeri. Jadi, selain WFH (Working From Home), saya juga SFH (School From Home) untuk meningkatkan kualitas diri.

 

Selain ketiga aktivitas, terkadang saya juga diminta untuk menjadi narasumber dalam kelas seni dan parenting

Silahkan membaca artikel: Memilih Media Belajar Online Terbaik dan Pengalaman Pertama Youtube Live. Apa Saja Persiapan Yang Dibutuhkan?


Personal branding adalah hal penting bagi kami yang terjun di dunia profesional. Dengan berbekal pada ketiga kemampuan di atas, saya ingin memperkuat branding sebagai lifestyle blogger kreatif yang aktif di dunia ilustrasi dan story telling.


Kendala yang kerap dihadapi dalam menggapai mimpi

 

Just action and do what you wanna do. As long as it makes you happy, just do it! – Sri Rahayu Fajarwati, 2021

 

Saat kita mulai melangkah untuk mengembangkan diri dan menjadi produktif, tentu ada saja problematika dan kendala yang dihadapi. Tapi, ketika menjalani apa yang kita sukai, walau kita berbenturan dengan kendala, kita akan tetap teguh dan bisa menghadapi kendala tersebut dan menemukan solusi. Selama berproses dengan profesi ganda sebagai illustrator, blogger, youtuber, dan voice over tallent, saya juga kerap menemukan kendala non teknis dan teknis.

 

Kendala Non Teknis

Sudah rahasia umum bahwa banyak dari kita yang memiliki pemikiran ingin mendapatkan barang yang  murah, cepat diproduksi, dan hasilnya bagus. Hukum yang sama berlaku di bidang ilustrasi dan desain grafis. Inginnya mendapatkan desain dengan yang bagus dengan cepat serta harga murah.

 

Sedikit cerita ya, pertengahan tahun 2020 saya sempat open commission dengan rate card yang jelas. Dengan rate tersebut saya bisa jamin bahwa desain dan iustrasi yang saya hasilkan unik dan tidak pasaran. Namun mungkin memang belum berjodoh, sehingga dari 10 orang yang tanya-tanya,  ada 2 saja yang deal artinya sudah bagus. Itupun dengan unlimited revisi, duh.


Realita dunia desain di masyarakat kita, "Mau desain yang murah, cepat, dan bagus ya kakak...."


Dari kejadian itu, saya belum berani lagi untuk open commission. Justru saya memberikan jasa desain gratis pada teman-teman yang membutuhkan jasa desain dan ilustrasi. Setiap bulan saya menyediakan kuota untuk mereka yang benar-benar membutuhkan jasa desain. Hitung-hitung untuk mengasah skill dan kemampuan saya.

 

Namun, earning happiness is not enough. Suatu aktivitas yang kita pilih untuk dapat dikatakan sebagai kekuatan harus menghasilkan cuan. Ada tagihan bulanan yang harus kita penuhi, kawan… Oleh karena itu, alih-alih mempertahankan kelas dalam negeri yang justru terkendala untuk dijangkau, saya berencana untuk mengembangkan sayap ke pasar luar negeri yang dikenal lebih loyal dan menghargai suatu karya desain ilustrasi. Kendalanya pun merangkak menuju kendala teknis.

 

Kendala Teknis

Produk yang saya hasilkan adalah tulisan, ilustrasi, dan video. Saya menggunakan dua perangkat untuk menghasilkan ketiga jenis karya tersebut karena keterbatasan memory perangkat. Mungkin karena usia perangkat yang hampir menyentuh angka 10 tahun, maka kecepatan kerja dan daya tampungnya sudah tidak bisa memenuhi kebutuhan saya lagi. Selain proses kerja yang memakan waktu lama, perpindahan data yang terjadi harus menggunakan email karena kedua perangkat ini tidak bisa terkoneksi menggunakan USB.

 

Jujur saja, karena hal ini, sesuatu yang sederhana bisa jadi ribet banget! Mau tak mau ini mempengaruhi performa dan kecepatan kerja saya. File yang seharusnya bisa langsung dikirim kepada klien harus mampir untuk dimatangkan di perangkat utama. Saya juga harus berpacu dengan waktu, boros waktu dan lebih boros kuota data internet. Ruginya jadi dobel.

 

Menulis dan membuat desain sama-sama memerlukan inspirasi. Oleh karena itu, seringkali saya mencari inspirasi di luar rumah. Namun, karena baterai perangkat saya sudah jebol, maka saya harus selalu terkoneksi dengan colokan listrik di manapun saya berada. Pernah pada suatu waktu ketika, saya didapuk menjadi pembicara dalam acara YouTube Live dengan perantara Streamyard, saya harus berbondong-bondong mencari tempat untuk Live. Ada tempat dengan sinyalnya kuat tapi tanpa colokan, begitu nemu colokan, ternyata sinyalnya lemah. Beruntung di rumah ada kabel roll panjang yang bisa digunakan sehingga pada akhirnya kelas dapat berjalan lancar tanpa hambatan.

 

Kembangkan Kreativitas Hingga Puncak Bersama ASUS ZenBook Flip S (UX371)

 

Jika saya bertanya pada suami dan teman-teman tentang laptop apa yang direkomendasikan, maka mereka akan merekomendasikan ASUS. Yah, nggak heran juga sih, di bulan Januari 2021 saja 16 produk ASUS & ROG berhasil menggondol penghargaan CES 2021 Innovation Awards. Empat diantaranya adalah produk ASUS ZenBook. Nah, saya pribadi memilih salah satu produk ASUS ZenBook Flip S (UX371) yang baru saja dirilis di awal tahun 2021.

 

Sebagai orang yang bekerja di bidang industri kreatif, tentu penampilan kita harus diperhatikan. Tak hanya penampilan fisik kita, gawai yang kita gunakan juga menjadi satu kesatuan yang harus dipertimbangkan. ASUS ZenBook Flip S UX371 yang merupakan laptop convertible paling premium dari ASUS memiliki tampilan mewah, ringkas, dan ringan sehingga sangat cocok untuk melengkapi personal brand saya sebagai lifestyle blogger yang aktif dan kreatif.

  

ASUS ZenBook Flip S (UXW371) untuk sentuhan prima personal branding

 

Sebagai orang yang bekerja di bidang industri kreatif, tentu penampilan kita harus diperhatikan. Tak hanya penampilan fisik semata, gawai yang kita gunakan juga menjadi satu kesatuan yang harus dipertimbangkan. ASUS ZenBook Flip S UX371 yang merupakan laptop convertible paling premium dari ASUS memiliki tampilan mewah, ringkas, dan ringan sehingga sangat cocok untuk melengkapi personal brand saya sebagai lifestyle blogger yang aktif dan kreatif.

 



ASUS ZenBook Flip S (UX371) memiliki layar convertible yang bisa diputar 360 derajat sehingga dapat digunakan layaknya tablet. Dengan bentang layar sebesar 13.3”, saya bisa leluasa membuat ilustrasi layaknya melukis di atas kanvas.


ASUS ZenBook Flip S (UX371) sangat elegan, dengan tepian diamond-cut berwarna Merah Tembaga yang secara sempurna melengkapi finishing Jade Black yang prestisius. Hiasan dengan finishing brushed-aluminum di sepanjang tepian keyboard menambahkan sentuhan akhir yang halus, jelas berkelas.

 

Dengan berat sebesar 1,2 kg dan ketebalan 13,9 mm, ASUS ZenBook Flip S (UX371) menjadi laptop premium yang ringan, tipis, dan mudah di bawa ke mana pun kita pergi. Tentunya hal ini akan membuat saya bisa tetap aktif dan produktif walaupun sedang bepergian.


Desain cantik nan elegan dengan ornamen Zen yang menenangkan namun berstandar Military Grade Durability membuat kita merasa nyaman dan aman bekerja layaknya bekerjasama dengan Supergirl

Menyematkan Zen tentu bukan tanpa makna. Ornamen Zen disematkan di permukaan laptop ASUS ZenBook Flip S (UX371)dengan bentuk circular dan berpusat di tulisan ASUS, desain ini disematkan untuk memberikan efek menenangkan.


Kerja secepat kilat dengan ASUS ZenBook Flip S (UX371)

Komputer masa kini memiliki tampilan berbeda karena mereka memang berbeda. Dengan solid-state drive (SSD) dan teknologi terkini, Anda mendapatkan kecepatan, keamanan, ketahanan, dan desain yang cantik. Kami telah melakukan jajak pendapat, dan hasilnya, orang-orang lebih senang saat bepergian dengan PC modern.

PC modern juga dilengkapi dengan pena digital yang memiliki banyak manfaat. Sentuhan khas tercipta saat Anda membuat sketsa atau coretan pada dokumen dengan pena digital. Penelitian juga menemukan adanya peningkatan kinerja hingga 38% pada pelajar ketika mereka menggunakan pena digital untuk mengerjakan soal-soal sains. Tidak semua ide berupa kalimat, kini saatnya untuk tuangkan inspirasi segera dalam sketsa atau coretan pena digital di PC modern.

 

Salah satu kendala teknis yang saya rasakan dalam berkarya adalah isu kecepatan. Dengan menggunakan ASUS ZenBook Flip S (UX371) hal itu bisa diatasi dengan sangat mudah. ASUS ZenBook Flip S (UX371) dikemas dengan komponen berperforma luar biasa, termasuk prosesor Intel Core i7 Generasi ke-11 terbaru, grafis Intel Iris Xe, dan RAM berkecepatan tinggi hingga 16 GB.

 


Apalagi ASUS ZenBook Flip S (UX371) juga dibekali dengan penyimpanan SSD PCIe 3.0 x4 secepat kilat. Ini artinya, ZenBook Flip S melakukan booting hanya dalam beberapa detik, dan aplikasi dimuat hampir secara instan. ASUS ZenBook Flip S (UX371) jelas bisa membantu mempercepat alur kerja saya untuk produktivitas yang luar biasa. Cihuy…!

 


Dengan bekerja menggunakan ASUS ZenBook Flip S (UX371) tak akan lagi ada kendala baterai. Kenapa?

Dengan adanya dukungan USB-C Easy Charge, ini berarti ZenBook Flip S (UX371) dapat digunakan dengan berbagai pengisi daya USB-C standar. Kita dapat menikmati pengisian daya ultra cepat dengan pengisi daya bersertifikat PD (Pengiriman Daya). ASUS ZenBook Flip S (UX371) dilengkapi adaptor pengisian daya cepat 65 watt, hal ini memungkinkan pengisian saat bepergian dengan pengisi daya maskapai, pengisi daya portabel, atau power bank! Nyaman dan mudah dimanapun kita berada walaupun di tengah perjalanan menggunakan kendaraan umum. ASUS ZenBook Flip S (UX371) bisa bekerja seama hampir 10 jam tanpa jeda jika kita menjalankan aplikasi kantoran, pada kasus saya biasanya untuk menulis. Hmm…menggiurkan!

 


 

Jika perangkat digunakan untuk mengerjakan banyak aplikasi sekaligus, kendala yang dihadapi selain proses kerja yang lama adalah perangkat menjadi panas. Saya sering deg-degan saat hal itu terjadi. Mau dimatikan kok nanggung, mau tetap dinyalakan tapi sangat panas. Serba salah!

 


Hal itu tidak akan terjadi jika saya menggunakan ASUS ZenBook Flip S (UX371) yang memiliki suhu operasional rendah dan stabil pada kisaran 65 derajat celcius dalam kondisi full load sehingga tetap nyaman digunakan bahkan saat digunakan dengan mode tablet.

 

Layar dan Stylus berkualitas ASUS ZenBook Flip S (UX371)

Layar dan stylus adalah suatu kesatuan yang tak terpisahkan bagi para desainer, dan ASUS ZenBook Flip S (UX371) jelas menjadi produk yang bisa memuaskan para desainer dan pekerja industri kreatif lainnya. ASUS ZenBook Flip S (UX371) hadir dengan layar sentuh berukuran 13.3 inci yang ditopang resolusi 4K/UHD (3840x2160 px) dengan refresh rate 60 Hz yang mampu menyajikan gambar yang jernih, cerah, dan sempurna.

 


ASUS ZenBook Flip S (UX371) juga menggunakan menggunakan panel OLED (Organic Lighting-Emiting Diode) yang mampu menghasilkan warna yang kaya dan akurat pada tingkat kecerahan rendah sehingga kita bisa nyaman bekerja tanpa memaksimalkan tingkat kecerahan. Hal ini memungkinkan ASUS ZenBook Flip S (UX371) memiliki color coverage 100% pada color range DCI-P3 (133% sRGB) dan juga telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated sehingga warna yang dihasilkan lebih nyata.

 

Apakah kalian pernah menggambar dengan smartphone menggunakan jari?

Saya pernah. Saat itu saya sedang mengerjakan commission. Saking lamanya durasi menggambar, jari-jari saya kaku dan menjadi sulit digerakkan. Sejak saat itu, saya memutuskan bahwa stylus merupakan item wajib saat berkarya.

 


ASUS ZenBook Flip S (UX371) dilengkapi dengan ASUS Pen yang bisa membantu saya menciptakan desain ilustrasi dan grafis dengan nyaman, akurat, dan maksimal. ASUS Pen stylus memiliki pressure level sebesar 4096 dengan 10-300 gr pen-tip force sehingga nyaman digunakan untuk menggambar dan berpadu sempurna dengan layar sentuh ASUS ZenBook Flip S (UX371).

Bahan ASUS Pen stylus terbuat dari alumunium tipis dan elegan. Jika dipadukan dengan Windows Link, maka kita bisa memproses segala sesuatu dengan cepat dan spontan. Contohnya saja mengedit tangkapan layar dan mengirimkannya melalui email.

ASUS Pen stylus tak hanya digunakan untuk menggambar saja, namun juga bisa digunakan untuk pemakaian biasa terutama ketika ASUS ZenBook Flip S (UX371) berada dalam mode tablet. Penggunaan ASUS Pen stylus bisa menghindari adanya sentuhan jari yang berminyak. Bahkan,  akan sangat membantu saat kita berada di daerah bersuhu dingin atau bersalju. Yah, siapa tahu nanti bisa pameran di Jepang atau Perancis, ye khan

 

Manfaat Kesehatan ASUS ZenBook Flip S (UX371)

Siapa sangka sebuah laptop bisa memberi manfaat kesehatan. Bagi pemilik mata minder (minus-silinder) seperti saya, memilih layar yang bisa menjaga kesehatan mata adalah wajib. Brightness ASUS ZenBook Flip S (UX371) mencapai 400 nits dengan Vesa HDR certified, TUV Rheinland Eye-Care Certified Display dan dijamin aman untuk mata. ASUS ZenBook Flip S (UX371) memiliki cahaya biru yang rendah sehingga aman untuk penggunaan jangka panjang. 


Bingkai Layar & Kamera Infra Merah Windows Hello

Bingkai kanan dan kiri ASUS ZenBook Flip S (UX371) cukup tipis, namun bingkai atas dan bawah agak sedikit tebal. Hal ini terjadi karena dibagian atas ada kamera 720p dengan infra merah, Kamera ini sudah mendukung fitur Windows Hello sehingga memungkinkan kita untuk login Windows tanpa mengetik password. Jadi lebih cepat dan aman.




Engsel Ergo-Lift Hinge

Layar ASUS ZenBook Flip S (UX371) dilengkapi dengan 360 derajat Ergo-Lift Hinge yang membuat laptop sedikit terangkat ketika layar di buka. Hal ini bisa meningkatkan kenyamanan saat kita mengetik di keyboard dan bisa menjadi sarana sirkulasi udara agar suhu laptop tetap terjaga.




Audio Yang Memanjakan Telinga

ASUS ZenBook Flip S (UX371) menggunakan dua buah speaker stereo Harman/Kardon Certified yang ditanam di bagian bawah kanan dan kiri laptop. Kedua speaker ini dilengkapi dengan aplikasi DTS Audio Processing untuk mengatur preset audio dan juga equalizer. Hasilnya tentu memukau dan berkelas, bahkan tidak kalah dengan kualitas suara pada laptop gaming.


Mudahnya Konektivitas

Di bagian sisi kiri ASUS ZenBook Flip S (UX371) terdapat 1 konektor HDMI, 2 konektor Thunderbolt 4 yang sudah mendukung USB4, display output, power delivery, dan GPU eksternal. Sedangkan di sisi kanannya terdapat USB 3.2 Gen 1 Type-A. Walau tidak membubuhkan 3.5mm audio jack, namun  ada konverter USB Type-C yang bisa digunakan untuk menyambungkan 3.5mm audio jack. Selain itu ada juga USB konverter ke ethernet, jadi, jika membutuhkan jaringan yang stabil, kita bisa menggunakan adaptor ini saja. Bye bye... lari-lari cari lokasi untuk live YouTube...



Untuk konektivitas secara wireless, ASUS ZenBook Flip S (UX371) memiliki Intel Wi-Fi AX 201 yang sudah mendukung Wi-Fi 6 dan Multi User MMO. Ada juga Bluetooth v5 yang melengkapi laptop premium ini. Kalau kami sudah mulali event offline, berbekal laptop ini tak perlu bolak balik lagi.


Keyboard dan Numberpad

Menulis menggunakan keyboard ASUS ZenBook Flip S (UX371) akan mempermudah pekerjaan saya. Kenapa?

Karena laptop ini dibekali dengan Edge to Edge Keyboard yang membentang dari kiri ke kanan laptop. Berhubung bidangnya menjadi lebih luas, maka tentu akan meringankan pekerjaan menulis saya. Fitur backlit juga disematkan di keyboard ini, sehingga kita bisa tetap nyaman bekerja walau di ingkungan yang minim cahaya. Cocok banget untuk saya yang sering lembur dibawah cahaya lampu tidur.

 


ASUS ZenBook Flip S (UX371) dilengkapi touchpad NumberPad 2.0 sehingga kita bisa mengetik angka di bidang touchpad. Cara menampakkan virtual NumPad langkahnya cukup mudah, yaitu dengan menekan sisi kanan atas touchpad maka NumPad sudah menyala siap untuk digunakan.

 

My ASUS, Menyempurnakan ASUS ZenBook Flip S (UX371)

Laptop mutakhir ini dilengkapi dengan aplikasi My ASUS yang dapat digunakan untuk memeriksa status garansi dan nomor seri perangkat. My ASUS juga dilengkapi dengan sistem diagnosis potensi masalah yang mungkin terjadi di laptop, misalnya masalah pada Wi-Fi, baterai, RAM, dan lain-lain. Mode pengaturan charging baterai juga bisa diatur melalui aplikais My ASUS. Jadi pengisian daya bisa kita atur sesuai kebutuhan, mau diisi 60%, 80%, ataupun 100% pun bisa.

Tak berhenti sampai di situ, performa kipas juga bisa di atur menggunakan My ASUS lho… Mau mode performa, standar, whisper juga bisa. Jika kita ingin mengurangi intensitas cahaya biru, maka kita bisa mampir ke menu splendid yang digunakan untuk mengatur visual layar.



Salah satu kendala saat video conference baik WFH maupun SFH adalah bisingnya kendaraan bermotor yang bersliweran di depan rumah. Untungnya ada Microphone Clear Voice pada fitur Noise Cancelling pada microphone laptop ASUS ZenBook Flip S (UX371). Jadi, walaupun ada kendaraan lewat, bayi menangis, atau tetangga berantem, eh, semua itu tidak masalah karena hanya suara kita yang akan terdengar jelas.

Masih di aplikasi My ASUS, di sini tersedia fitur Taskfirst yang mampu memberikan prioritas bandwidth koneksi internet untuk aplikasi tertentu, jadi, misalnya saya sedang fokus YouTube Live, maka saya bisa menfokuskan jaringan internetnya ke aktivitas tersebut. Dijamin Makin lancar jaya.



Dengan penampilannya yang elegan dan berbagai fitur mutakhir untuk meningkatkan kinerja di industri kreatif, ASUS ZenBook Flip S (UX371) dibanderol dengan harga Rp 24.999.000. Well, we're not just buy a gadget, but it's our future. Worthed every penny!


Spefikasi Lengkap ASUS ZenBook Flip S (UX371)

Main Spec.

ASUS ZenBook Flip S (UX371)

CPU

Intel® Core™ i7-1165G7 Processor 2.8 GHz (12M Cache, up to 4.7 GHz)

Operating System

Windows 10 Home with Office Home & Student 2019 pre-installed

Memory

16GB LPDDR4X

Storage

1TB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD

Display

13.3" (16:9) OLED 4K UHD (3840 x 2160), 400 nits, 100% DCI-P3, 133% sRGB, NanoEdge Display, Touchscreen, PANTONE® Validated display, TÜV Rheinland eye-care certified display

Graphics

Intel® Iris® Xᵉ Graphics

Input/Output

1x HDMI 1.4, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 USB Type-C supports display and power delivery

Camera

HD camera with IR function to support Windows Hello

Connectivity

Intel Wi-Fi 6(Gig+)(802.11ax)+Bluetooth 5.0 (Dual band) 2*2

Audio

SonicMaster, Smart Amp Technology, Built-in array microphone, harman/kardon certified

Battery

67WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion

Dimension 

30.50 x 21.10 x 1.19 ~ 1.39 cm

Weight

1.20 kg

Colors

Jade Black

Price

Rp24.999.000

Warranty

2 tahun garansi global


Kesimpulan

Tahun 2021 ini saya akan fokus pada tiga bidang yang saya kuasai dan saya sukai, yaitu ilustrasi, menulis, dan story telling. Tujuan utama saya adalah dapat menjual hasil karya saya di pasar internasional, membuat buku anak di awal tahun 2022, dan tetap aktif membaca nyaring melalui kanal YouTube SAPAMAMA BERCERITA. Meskipun ada kendala non teknis dan kendala teknis, namun saya yakin bahwa saya akan memiliki ASUS ZenBook Flip S (UX371) di bulan April 2021 sehingga seluruh kendala dapat berubah menjadi kesempatan yang nyata.




Saya siap menjalani tahun 2021 dengan lebih kreatif, produktif, tangkas, dan fleksibel bersama ASUS ZenBook Flip S (UX371). Kalau kamu?


“Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS ZenBook Flip S (UX371) Blog Writing Competition bersama deddyhuang.com”.


Salam Hangat,

sapamama



Daftar Pustaka:

http://bit.ly/asset-ux371

https://www.asus.com/id/Laptops/For-Work/ZenBook/ZenBook-Flip-S-UX371-11th-Gen-Intel

http://channel.asus.com/ExternalFile.aspx?path=f0862116edfc485d8e6cefb0d214ad34

Kanal YouTube Jagat Review


14 Komentar

  1. Ulasannya detail sekali kak. Saya sudah bertahun-tahun memakai produk ASUS baik laptop maupun smartphone. Membaca ulasan ini membuat saya ingin upgrade laptop saya kak, hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, terima kasih ya sudah berkenan mampir di blog saya. Saya sangat senang jika tulisan saya bermanfaat.

      Hapus
  2. Wah, artikelnya untuk lomba tho kak? Semoga beruntung ya kak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih, hehe... Terima kasih atas doanya. Sukses selalu untuk Tara.

      Hapus
  3. Wah naksiir sama Zenbook Flip S inii. Mewah bangeet looknya. Aku suka bisa buat kerja dalam gelap, haha. Butuh banget gadget kaya gitu tu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoih mba... Laptop ASUS ZenBook Flip S UX371 ini juga bisa berperan sebagai tablet lho... Convertible tapi tipisss

      Hapus
  4. Sampai sekarang masih betah pakai laptop ASUS :D udah mau enam tahun hehehe dan ini idaman bangeeet dah ASUS Zenbook Flip S. Kerjaan makin lancar dah kalau nulis pakai ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Laptop Asus memang handal sih ya mam. ZenBook Flip S UX371 ini cocok banget untjk kita yg kerja di industri kreatif

      Hapus
  5. Tadinya aku pengen nulis resolusi gini jg.. Tp dipikir-pikir, ternyata aku ga punya resolusi.. Haduh payah bgt.. Kayaknya kudu mulai ngikutin tips mbak era nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Membantu untuk declutter pikiran agar tetap fokus mam, hehe...

      Hapus
  6. Jadi membayangkan betapa enaknya bekerja dengan menggunakan Asus Zenbook Flip S ini. Bisa support banyak aktivitas dunia digital dengan maksimal. Ramah pula buat mata.

    BalasHapus
  7. Terima kasih ya kak sudah ikut berpartisipasi dalam ASUS Blogging Competition bersama deddyhuang.com

    Good luck!

    BalasHapus