Kita bisa produktif berkarya

Hidup sehat, juga bahagia

Teknologi membuat semua lebih mudah


Emang paling enak dengerin lagunya Fiersa Besari sambil ngopi dan santai. Nglemesin badan yang kaku karena semalaman begadang di depan laptop. Kadang ada rasa lelah yang dirasakan karena duduk terlalu lama di depan layar monitor. Tapi kalau invoice cair, rasa lelahnya lenyap entah ke mana, hehehe…


Pandemi selama hampir 2 tahun memberikan dampak di segala aspek. Perkembangan digital menjadi begitu pesat dan tak terbendung. Walau belum banyak, saya juga merasakan dampak positif dari perubahan ini. Dan saya yakin teman-teman juga merasakan hal yang sama. Banyak sistem yang berubah. Apa yang dulu hanya bisa dilakukan secara offline, kini juga bisa dilakukan secara online. Contoh paling mudah adalah bekerja. Dulu kita wajib ke kantor sepanjang hari, sekarang, kita bisa bekerja dari mana saja selama di lokasi kita ada jaringan internet.


Bicara dampak pandemi, seniman menjadi salah satu yang terhantam begitu keras. Pameran seni ataupun pasar seni sepi karena mobilitas yang terbatas. Saya termasuk yang menyayangkan hal itu, hingga pada suatu waktu saya menemukan berita yang membuka mata saya.


Hiruk Pikuk Pasar Seni Masa Depan 

Pada tanggal 14 Desember lalu Syahrini meluncurkan koleksi NFT bertajuk My Metaverse Tour yang langsung sold out dalam hitungan jam. Koleksi NFT tersebut dihargai dengan mata uang kripto, Binance, seharga 20BUSD atau setara dengan Rp286.000.

NFT Syahrini yang langsung ludes selang beberapa jam peluncuran
Sumber: Instagram @princesssyahrini

Jauh sebelum Syahrini, seorang anak Bernama Benjamin Ahmed asal Inggris berhasil menjadi miliarder muda karena menjual koleksi NFT-nya yang ia beri nama Weird Whales. Bahkan, Benjamin Ahmed, dibantu oleh ayahnya, akan mematenkan Weird Whales lho...

Benjamin Ahmed, berusia 12 tahun dan sukses di dunia NFT
Sumber: www.popmama.com

“Duh mbak, dari tadi ngomongin NFT. Apa itu NFT?” kata netijen budiman. Baik, akan saya jelaskan untuk memberikan gambaran.


Pengertian NFT

NFT merupakan (Non Fungible Token), sebuah token unik dalam ekosistem blockchain yang dapat digunakan untuk memverifikasi aset-aset digital seperti gambar, foto, video, musik, 3D desain, dll.

Karya NFT (ilustrasi) pertama yang saya unggah di platform Hic Et Nunc

Tahu kan kalau tas dan sepatu mewah salah satu indikator keasliannya adalah memiliki sertifikat? Bahkan, makin langka produk, makin tinggi harganya. Begitu pula dengan NFT yang memiliki  data unik yang bekerja layaknya sidik jari pemiliknya. Dalam karya NFT bahkan ada data pencipta, transaksi, dan history kepemilikannya. Bisa dibilang, sangat melindungi hak cipta seniman NFT. 

Makin eksklusif suatu aset, maka nilai komersialnya akan meningkat.
Sumber: Kelas NFT @syammasfitria

Sama seperti barang branded, NFT yang jumlahnya terbatas akan memiliki nilai keunikan dan bisa berharga tinggi. Transaksi di dunia NFT menggunakan mata uang kripto, yang paling banyak digunakan adalah Ethereum dan Tezos.


Sama seperti barang konvensional, NFT juga dijual di pasar yang disebut dengan marketplace. Beberapa marketplace paling populer adalah Foundation, OpenSea, Rarible, dan Hic Et Nunc. Dengan hadirnya pasar seni digital ini, kita tak lagi perlu memasarkan karya seni kita di pameran atau lokasi tradisional lainnya. Kita bisa tetap menjual karya di mana pun kita berada.


Apa Saja Yang Bisa Dijual NFT?

Banyak sekali yang bisa di jual sebagai NFT. Unlimited!

Sumber: Kelas NFT @syammasfitria

Masih ingat kan pada tanggal 28 Oktober Mark Zuckenberg merilis Metaverse yang digadang-gadang sebagai masa depan peradaban? Nah, Metaverse-nya Mark ini masuk dalam Virtual Worlds dalam NFT. Seperti kata pak Jokowi saat ditemui ketika sedang bermain pingpong virtual menggunakan Oculus, “Dalam 10, 15 tahun lagi akan muncul seperti kita main pingpong ini, setiap orang nanti bisa beli lahan virtual, bisa bangun bisnis virtualnya sendiri, dan juga akan ada mal virtual, game virtual, kantor virtual, wisata virtual, dan kita jangan sampai ketinggalan di bidang ini."


Senada dengan pak Jokowi, pak Ridwan Kamil pun mengajak seniman terjun ke dunia NFT. Bahkan, beliau siap membantu memasarkan produk-produk NFT tersebut. Jadi, seniman bisa mendapat dua dukungan sekaligus, ada support di pasar konvensional dan di pasar NFT.

Jadi, yuk, kita manfaatkan momentum ini.


Manfaat NFT

NFT merupakan angin segar bagi seniman dan kreator digital. Di sini merupakan ruang tanpa batas untuk dapat mengembangkan karya secara maksimal.

⁃ Mendapat market dan komunitas secara Internasional

⁃ Mendapatkan royalti penjualan selamanya

Karya kita terenskripsi dengan smart contract

⁃ Bisa menambahkan utility pada NFT

- Futuristic Technology

- Strong Community

Komunitas NFT dikenal sebagai komunitas yang kuat.


Memanfaatkan Peluang di Dunia NFT Bersama ASUS VivoBook 15 OLED K513

Kalau mau masuk ke dunia NFT, tentunya kita harus memiliki karya seni. Kita bisa memilih apakah akan memasarkan karya ilustrasi, motion 3D, fotografi, collectible, atau music audio. Dan untuk menghasilkannya tentu kita memerlukan perangkat bukan?


Nah, ternyata untuk membuat karya tidaklah sesulit yang dibayangkan. Kita bisa menggunakan laptop yang kita gunakan untuk sehari-hari, contohnya ASUS VivoBook 15 OLED K513. Kok bisa?


ASUS VivoBook 15 OLED K513 Dilengkapi Windows 10 dan Office Home & Student 2019 Seumur Hidup

Sistem operasi terbaru besutan Microsoft tersebut sangat cocok untuk menunjang produktivitas penggunanya berkat serangkaian fitur yang ada di dalamnya, khususnya kompatibilitas dengan berbagai aplikasi khusus para content creator. Karena kita akan menjadi kreator NFT (jalur ilustrasi), maka jelas Windows 10 pada ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 dapat digunakan bersama pen tablet untuk menggambar. 

Perlengkapan yang bisa digunakan untuk membuat NFT

Di dalam ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 juga terdapat dukungan Office Home & Student 2019 yang tetap di butuhkan NFT artist, misalnya untuk membuat jurnal, konsep, rencana kerja, maupun pembukuan. Karena software di dalam ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 ini 100% asli, maka kita bisa mendapatkan pembaruan setiap saat sehingga keamanan kita di dunia maya bisa tetap terjaga.


Menjadi kreator NFT berarti harus siap menghadapi ancaman scammer yang mengincar aset NFT dan aset kripto kita. Dengan adanya perlindungan software asli  yang up to date, setidaknya kita bisa lebih tenang. Software keamanan yang mumpuni ditambah kehati-hatian, insya Allah akan mengurangi resiko terjebak scammer.


Manfaatkan Aplikasi Bawaan, Paint 3D

Tak perlu berpikir rumit saat membuat ilustrasi. Di dunia NFT, semua karya bisa dijual selama karya itu ada peminatnya, bahkan sebuah karya sederhana coretan gambar anak-anak pun bisa laku di sana. Contohnya seorang anak Indonesia berusia 6 tahun yang menggelar lapak di dunia NFT. Di antara koleksi NFT-nya, setidaknya sudah ada 2 buah karya yang terjual. Masing-masing senilai 0.01 ETH atau Rp528.000.

NFT karya anak usia 6 tahun yang terjual di pasar NFT
Sumber: Instagram @benji_magicdoodles

Melihat ini saya jadi terpacu untuk mengajak anak saya bersama-sama terjun ke dunia NFT. Kita tak akan tahu hasilnya sebelum mencoba kan? Jadi, manfaatkanlah aplikasi bawaan di dalam laptop ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 ini untuk menghasilkan karya dan memasuki pasar NFT.


ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 Kaya Warna dan Akurat

Warna sangat berperan penting dalam karya seorang NFT artist. Jangan sampai, karena kualitas perangkat kita buruk, warna yang ada di layer perangkat kita berbeda dengan yang diterima klien. Bisa-bisa klien kecewa dan kapok membeli karya kita.

Tren layar OLED di laptop sudah mulai diramaikan oleh berbagai brand, dan ASUS OLED mampu mereproduksi 100% warna pada color space DCI-P3 atau setara dengan 133% warna pada color space sRGB. Kemampuan tersebut membuat ASUS OLED dapat menampilkan visual dengan warna yang lebih kaya dan detail yang lebih baik. 


Terkadang kita perlu menurunkan kecerahan laptop saat bekerja, dan bagi beberapa perangkat hal itu mengurangi kualitas warna. Nah, pada ASUS OLED, kita tetap dapat mendapati kualitas gambar yang nyata karena menggunakan 3D color gamut sebagai referensi. 3D color gamut menambahkan faktor iluminasi untuk mengukur color volume secara keseluruhan dan ASUS OLED memiliki color volume 60% lebih besar dibanding LCD biasa.


ASUS OLED hadir dengan rasio kontras hingga 1.000.000:1 sehingga Anda dapat menikmati setiap detail warna dengan sangat jelas. ASUS OLED juga telah mengantongi sertifikasi DisplayHDR 500 True Black dari VESA. Jadi, detail sekecil apa pun akan terlihat meski obyek bernuansa gelap.


Akurasi warna ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 tak perlu diragukan lagi. Teknologi layer OLED ASUS sudah dikalibrasi sejak awal sehingga setiap laptop yang menggunakan ASUS OLED dapat menghasilkan warna yang sangat akurat. ASUS OLED juga memiliki standar kalibrasi warna yang tinggi dan telah mendapatkan sertifikasi PANTONE Validated Display.

Sudah divalidasi oleh Pantone

Berarti akurat untuk editing dan nonton

Hari-hari jadi tak monoton

- Fiersa Besari, 2021-

Pantone sendiri merupakan institusi spesialis pengaturan warna yang ada di Carlstadt, New Jersey, Amerika Serikat. Perusahaan yang mengawali kariernya sebagai perusahaan percetakan komersial pada tahun 1950-an tersebut menjadi pelopor penciptaan tren warna industri kreatif dunia.

Contoh color trend terbaru: PANTONE 17-3938 Very Peri yang menjadi simbol zeitgeist (pemikiran global)
dan transisi yang dilalui saat ini.


ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 Menjaga Kesehatan Mata Kreator 

Berada lama di depan laptop membuat mata kita terpapar cahaya biru yang membahayakan mata.  Untuk penggunaan jangka panjang, paparan cahaya biru ini bisa merusak mata. Jika kita, bahkan anak kita banyak menggunakan laptop untuk berkarya, maka kita harus memilih laptop yang dapat membantu menjaga kesehatan mata. Mata adalah aset yang sangat berharga, betul?


ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 menggunakan layar OLED yang memiliki fitur Eye Care sehingga dapat mengurangi tingkat paparan radiasi sinar biru pada layar hingga 70%. Dengan demikian, laptop yang menggunakan teknologi layar ASUS OLED akan lebih nyaman digunakan dan dapat lebih menjaga kesehatan mata penggunanya, khususnya pada anak-anak. Fitur Eye Care di ASUS OLED juga dapat membantu menjaga kesehatan mata 68,10% masyarakat Indonesia pada survey Detik Network bekerjasama dengan ASUS yang menggunakan laptop hingga 10 jam dalam sehari.




Fitur-Fitur Lain Pada ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 



Selain memiliki fitur yang mendukung kreativitas kreator dari segi visual, ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 juga memiliki sejumlah fitur yang bisa menunjang kinerja kreator. Apa saja?

Berikut ini saya jelaskan spesifikasi dan fitur ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513.



Laptop modern ASUS OLED sudah diperkuat oleh prosesor Intel Core generasi ke-11 terbaru (Tiger Lake) yang menghadirkan keseimbangan performa dan responsivitas dalam platform berdaya rendah yang dibuat berdasarkan teknologi proses 10nm generasi. Windows 10 original bisa diperbarui ke Windows 11 ketika OS tersebut telah tersedia. Kameranya juga sudah keren banget lhoh untuk mendukung aktivitas online kita, siapa tahu wawancara online sama klien luar negeri khan...

Saat kita harus bekerja di malam hari atau pencahayaan yang redup, tak perlu khawatir kesulitan mengetik karena keyboard dilengkapi backlit chiclet. ASUS terang, terang terus...

Urusan layar tentu bisa jadi andalan. ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 memiliki layar 15,6 inci dengan screen to body ratio hingga 85%. Proses editing akan nyaman karena layar yang luas. Suka nonton pakai laptop? Pakai ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 dijamin nyaman.

Saat kita perlu bekerja di luar rumah, ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 ini sangat nyaman dibawa-bawa karena ringan, beratnya hanya 1,8kg saja. Bahkan cukup ringan di tangan anak-anak. Baterainya juga mantap dan tahan lama.


Jika kita ingin menjadi kreator NFT, pasti bikin banyak karya digital, space yang luas diperlukan banget dalam sebuah laptop. Beruntung ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 punya kapasitas 256GB SSD, bakal cepet banget untuk kerja dan lapang untuk menyimpan data. Kalau ruangan masih kurang, kita bisa pakai tambahan HDD.

Memory ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 yang bisa di upgrade hingga 8GB ini cukup besar untuk pekerjaan sehari-hari. Anti lemot-lemot club deh...

Kalau kalian pengen bikin karya audio atau menikmati audio, microphone dan speaker Harman/Kardon yang ditanam dalam ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 juga sudah bisa mendukung kebutuhan itu.



Konektivitas ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 juga lengkap banget, sesuai kebutuhan kita.


Yang namanya laptop untuk seorang kreator itu seperti separuh jiwanya. Banyak ide dan pekerjaan penting yang ada di dalam laptop kita. Dengan menggunakan ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 kita bisa melindungi data dan kekayaan intelektual kita karena bisa terhindar dari ancaman di dalam dan di luar laptop. OS original sudah jadi salah satu tameng kuat bagi data, dan dengan perlindungan fingerprint touch atau Windows Face Recognition, hanya kita yang bisa mengakses laptop ASUS kesayangan kita.



Link To MyASUS adalah tool praktis yang merupakan bagian dari aplikasi MyASUS. Tool ini mengintegrasikan PC ASUS dengan perangkat seluler kita, meningkatkan produktivitas, dan memungkinkan multitasking yang lebih mudah.


The last but not least, ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 memiliki 3 pilihan warna. Tinggal pilih saja sesuai selera.


Teknologi membuat semua jadi lebih mudah.

Tinggal kita yang mau belajar dan terus berkarya.

Jalani dengan hati yang senang, 

Ayo kita gunakan ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513,

Agar kita bisa berkarya dengan tenang.

- Era Wijaya, 2021 -


Kalau teman-teman masih penasaran dengan ASUS OLED, silakan mampir ke website ASUS ya, semua dikupas tuntas di sana.

Nah, gimana? Jadi makin semangat untuk berkarya di dunia NFT? Makin tertarik dengan ASUS OLED? Share opini kalian di kolom komen ya...


Salam Hangat,

sapamama



Sumber:

Materi ASUS https://bit.ly/ASUSOLED-ID

www.asus.com

Materi kelas NFT @syammasfitria

www.economy.okezone.com

www.regional.kompas.com

www.pantone.com


34 Komentar

  1. belakangan ini temen-temenku sering ngomongin nft. ternyata ini tho kak. nggak nyangka kalau gambar pakai paint bisa dijual. aku jadi pengen coba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, ayo dicoba. Pakai laptop asus aja bisa berkarya tanpa batas.

      Hapus
  2. woahh.. ternyata beda jauh ya hasil visual yang dihasilkan oleh LCD dan OLED. bener-bener mendukung seorang creator untuk membuat seni dengan VivoBook Asus k513 ini dan bisa dimanfaatkan dan diandalkan untuk membuat karya NFT yang sedang naik daun sekarang ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak. Mantul banget ya... Warnanya tajam dan akurat. Di dunia ilustrasi warna tuh penting banget soalnya. Pernah aku tunjukkan karyaku ke klien jadinya beda warna di gawainya. Fix standar kalibrasi tuh wajib.

      Hapus
  3. Peluang bagus banget ya NFT ini..makin paten deh karya2 digital..apalagi didukung perangkat yang juga mumpuni untuk menciptakan karya original..Makin mantep deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, pokoknya jangan berhenti berkara dengan alasan gawai. kalau mau cari cara, pasti ada celahnya

      Hapus
  4. Fitur2 di ASUS Vivobook ini sungguh bikin ku terkiwir-kiwirr.... mupeng banget! Apalagi, bisa dipake untuk makin semangat berburu peluang di jaman kekinian ya.
    Setelah NFT, kira-kira selanjutnya bakal ada kehebohan apa lagi yaaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kita wait and see dulu nih mba, sambil nyoba nyemplung, siapa tahu jalan rejekinya di situ, hehe

      Hapus
  5. Aku masih kudet nih tentang NFT. Jadi masih mencoba memahami apa sih NFT itu. Btw, ttg ASUS OLED menurutku best ya krn menjaga kesehatan mata penggunanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe.. semangat belajar hal baru ya mba... iya nih, asus oled memang oke, makanya aku rekomendasikan melalui tulisan ini

      Hapus
  6. Pakai ASUS kita makin rajin berkarya ya... Produktif NFT antara hobi dan bisnis jadi bisa makin berkolaborasi ya...

    BalasHapus
  7. Brand Asus memang deh kalau punya produk selalu kekinian :) Asus Vivobook terbaru ini, selain speknya wow buanget dengan berbagai fitur andalannya. Oh iya, fitur eye care pada laptop Asus Oled ini bagus banget ya, concern pada kesehatan mata kita menggunakan laptop sehari2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih, apalagi buat anak-anak ya, untuk mencegah mata rusak. mata adalah aset berharga

      Hapus
  8. Keren, ya. Bisa dibilang saat mobilitas sedang terbatas karena pandemi pun bukan berarti gak bisa berkarya. Malah jadi ada peluang-peluang baru seperti di NFT ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mba, pokoknya harus cari cara gimana untuk tetap berkarya

      Hapus
  9. Membaca info seputar NFT di artikel ini beneran mencerahkanku...Thank You:)
    Oia, semoga anaknya semangat terus berlatih NFT Colllection biar seperti Benjamin Ahmed nanti
    Btw, ASUS OLED bisa jadi piranti untuk berburu NFT, dan yang utama bakal lebih menyehatkan mata, itu yang kusuka

    BalasHapus
    Balasan
    1. aaamiin...aamiiin... iya mba, asus oled untuk saat ini memang pilihan terbaik untuk kita dan anak-anak

      Hapus
  10. Masyaallah peluang sebenernya selalu ada ha mbak azal kita rajin2 aja nyarinya. Aku ga kebayang ni senelumnya lukisan gini aja bisa jd duit. Pokoknya kuncinya harus kreatif aja ya apalago didukung laptop sekeve asus. Hiks mupeng maksimal deh

    BalasHapus
  11. Wah aku baru tahu tentang NFT ini
    Mencerahkan sekali mbak
    Memang ya, fitur fitur laptop ASUS OLED ini sangat dibutuhkan ya

    BalasHapus
  12. owalah, pengertian dan cara kerja NFT tuh gini ya.. Baru ngeh.
    Kemarin tuh liat iklan-iklan NFT sliweran di Twitter sama Instagram, baru ngeh ini.

    BalasHapus
  13. Dapat insight baru nih soal dunia NFT.
    Mantul banget ya laptop ASUS OLED ini, warna hearty gold-nya bikin mupeng. Aku juga pengguna ASUS sudah setahun belakangan dan awet banget, laptop-laptopnya recommended. Good luck ya, Mbak.

    BalasHapus
  14. Kyknya pernah dengar nih NFT2 ini, apa sebelumnya dirimu yang pernah bahas ya hmmm lupa hehe
    Jd pengen memperkenalkan anakku jg ke dunia NFT apa ada syarat usia minimal ya?
    Asus OLED cakep banget ya, warnanya bisa akurat gtu dan fiturnya mendukung seniman kyknya nih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang pasti untuk create wallet harus pakai ID mba, jadi tentu sudah cukup umur ya. Kalau anak yang bikin karya berarti di bawah supervisi kita sebagai orangtuanya. Let's goooo

      Hapus
  15. Aku takjub banget pas liat penghasilan para NFT kreator ini di nas daily kemarin. Betul banget mba, ini peluang yg hrs kita manfaatkan di dunia digital. 10 tahun mendatang, dunia digital mungkin jd tempat meet up virtual seluruh dunia. Mata uang kripto jd pertukarannya. Jd mata pencaharian pun kudu kreatif

    BalasHapus
  16. Pernah denger istilah NFT di IG dan baru paham sekarang artinya apa. Ternyata masarin karya seni makin mudah ya berkat NFT. Layar OLED-nya laptop ASUS jernih dan kinclong banget, cocok nih buat desainer grafis dan pekerja kreatif lain.

    BalasHapus
  17. Pengetahuan saya tentang dunia NFT ini masih minim. Jadi agak tercerahkan setelah membaca di sini.
    Kalau didukung perangkat seperti NFT pastinya lebih semangat berkarya ya.

    BalasHapus
  18. Laptop idaman aku banget ini mba, cocok buat aku yang hobi ngedesain bisa berjam-jam yang pasti nggak bikin lelah mata

    BalasHapus
  19. Tulisan ini keren banget sih, bisa ngambil angle yang jarang dipikirin ama orang gitu. Btw aku udah sering dengar NFT. mbak. Tapi masih bingung caranya gimana. Adik iparku seniman gambar, kayaknya cocok buat dia memasarkan karya dengan cara gini.

    BalasHapus
  20. Baca-baca tulisan temen-temen tentang ASUS OLED bikin makin mupeng aja deh sama laptop ini. Kepengen bisa ganti laptop jadul dengan ini. Biar ngonten bisa tetep nyaman dan aman ya. Semoga jadi produktif deh. Nabung nabuuung! :D

    BalasHapus
  21. keren banget mbak, aku jadi tahu apa itu NFT. Jadi saat ini tuh jadi content creator gak terbatas menulis ya, tapi bikin disain disain gambar juga bisa menghasilkan pundi-pundi juga ya. Jadi emang pas nih, pakai asus oled, bakalan lebih semangat ngedisain

    BalasHapus
  22. Ada kaitannya kreatifitas dengan ASUS dan NFT ini menjadi karya yang luar biasa yaa..
    Dan ASUS memang TOP mendorong anak muda masa kini untuk berkarya.

    BalasHapus
  23. Pemilik karya seni digital makin terlindungi ya ketika bergabung di dunia NFT. Setiap orang harus menghargai hak cipta si pemilik karya meskipun berada di ranah digital.
    Nah, membuat karya menggunakan laptop dengan teknologi ASUS OLED ini makin mantap deh. Kualitas layarnya ga kaleng kaleeengg... mantap.

    BalasHapus
  24. waktu itu sempet baca berita yang NFT Syahrini memang katanya langsung ludes tapi aku ga mudeng NFT itu ya opo ternyata dijelasin detail sama mba hehehe..

    btw OLED ini mantul ya beda banget ya hasil warnanya

    BalasHapus