Gorengan sangat lekat dengan kehidupan masyarakat Indonesia. Hampir tidak ada yang tidak menyukai gorengan. Gorengan memiliki aroma dan cita rasa yang menggoda. Mungkin hal inilah yang menjadi salah satu alasan orang Indonesia menyukai gorengan. Aroma makanan yang digoreng akan memberikan persepsi bahwa gorengan merupakan makanan yang lezat, dan sehingga mudah diterima di otak kita. Apalagi kalua ada bunyi kriuk renyah yang membelai indra pendengaran kita. Lengkap sudah.

Indra penciuman dimanjakan aroma, indra penglihatan digoda oleh tampilan kuning keemasan, indra pendengaran digelitik oleh sensasi renyahnya, dan indra perasa mencicip lezat tiap gigitannya #tsah.

Di Indonesia sendiri, gorengan kerap disajikan dengan berbagai varian, baik orang dewasa maupun anak-anak menyukainya. Yang menjadi primadona masyarakat kita diantaranya ada:

  • Bakwan
  • Mendoan/tempe goreng tepung
  • Pisang goreng
  • Ayam goreng tepung


Tips Tetap Sehat Meski Makan Gorengan

Terlalu banyak mengkonsumsi gorengan tentu tidak baik bagi kesehatan, namun ada beberapa tips yang bisa diterapkan agar kita bisa tetap sehat meski menikmati gorengan, apa saja?

1. Membuat Gorengan Sendiri

Saat kita membuat gorengan sendiri, kita isa mengatur kualitas bahan dan cara pengolahannya. Nah, ini penting sekali ya, karena kualitas bahan menentukan kualitas makanan yang akan disajikan untuk keluarga. Memang agak rempong, tapi kalau kita memasak dengan happy dan penuh cinta, hasilnya ngga akan bohong. Anak dan suami pasti makin sayang dan betah di rumah.

2. Gunakan Minyak Berkualitas

Salah satu yang bis akita kontrol saat memasak di rumah adalah minyak. Pastikan menggunakan minyak baru dan memiliki tingkat titik didih yang tinggi sehingga bisa digunakan untuk menggoreng. Untuk deep frying kita bisa menggunakan cooking coconut oil atau canola oil. Sedangkan untuk shallow friying kita bisa menggunakan olive oil atau sesame oil.

3. Gunakan Banyak Sayur

Misalnya saat membuat bakwan, alih-alih kita menggunakan banyak tepung, kita bisa meningkatkan komposisi sayur dalam bakwan sehingga gorengan kita lebih sehat. Kita juga bisa memberi lalapan pada santapan gorengan kita, contohnya saat makan ayam goreng tepung. Pasti akan lebih sehat dan lezat ketika melengkapi ayam goreng kita dengan sayur yang segar.

Bakwan Caisim Kobe
Sumber: Instagram @dapurkobe

4. Batasi Porsi

Gorengan cukup dimakan sesekali, jangan setiap hari dan dalam jumlah besar. Dengan mengatur porsi gorengan, kita bisa mencegah resiko kolesterol, obesitas, diabetes, bahkan penyakit jantung.

5. Menggunakan Tepung Bumbu Kobe Yang Berkualitas

Sensasi kriuk renyah gorengan biasanya diperoleh dari tepung bumbu yang digunakan. Nah, kita bisa menggunakan tepung bumbu Kobe sebagai pilihan dalam memasak gorengan. Pastinya bahan tepung Kobe berkualitas dan sudah terdaftar BPOM ya...


Kenapa Memilih Tepung Bumbu Kobe?

Kobe memulai perjalanannya tahun 1979 sebagai industri rumahan di Semarang. Produk pertama Kobe adalah Tepung Bumbu yang kemudian menjadi tepung bumbu pertama di Indonesia.

Banyak yang mengira Kobe adalah perusahaan asal Jepang karena dilihat dari namanya. Kobe sendiri merupakan singkatan dari Kata Orang Banyak Enak dan memiliki tagline Kobe Ahlinya Tepung Bumbu!

Kalau ada produk tepung bumbu local berkualitas ya tentu pilih produk local dong ya…


Ada Berbagai Variasi Tepung Kobe Untuk Memanjakan Pencinta Gorengan

Ada banyak sekali varian tepung bumbu Kobe, contohnya Kobe Tepung Tempe Kriuk, Kobe Tepung Kentucky SuperCrispy, Kobe Tepung Bumbu Putih, Kobe Tepung Serbaguna, Kobe Tepung Bakwan & Perkedel, serta Kobe Tepung Pisang Goreng. 


Diantara semua bumbu Kobe, si kecil paling suka dengan Kobe Tepung Kentucky SuperCrispy.


Kobe Kentucky SuperCrispy

Tepung bumbu Kobe Kentucky SuperCrispy diracik secara khusus untuk menghasilkan ayam kentucky super renyah ala restoran dengan perpaduan rasa bumbu rempah yang pas sehingga sempurna kelezatannya. 

Kobe Kentucky SuperCrispy menghasilkan tekstur  gorengan yang super crunchy & crispy nya. Kobe Kentucky SuperCrispy diformulasikan khusus untuk membuat ayam goreng crispy ala restoran dengan rasa gurih yang pas dan kerenyahan tahan hingga 8 jam!

Keunggulan Kobe Kentucky SuperCrispy
Diracik menggunakan formula khusus untuk menghasilkan ayam kentucky super cruncy & crispy
  • Renyahnya tahan hingga 8 jam
  • Rasa yang pas & lezat bumbunya  
  • Diproses menggunakan teknologi modern
  • Tanpa bahan pengawet
  • Tanpa pewarna buatan

Nah, sekarang saya akan membagikan resep ayam goreng yang wajib ada untuk dinikmati bersama keluarga saat akhir pekan. 


Resep Ayam Berantakan Kobe


Bahan:

5 buah paha ayam (sayat-sayat ayam dan tulang tidak dibuang)

1 sachet Lada Kobe

1 sachet Saus Tiram Selera

2 bungkus Kobe Tepung Kentucky SuperCrispy (80gr)

Air secukupnya

Minyak goreng secukupnya


Cara membuat:

  1. Bumbui ayam dengan lada dan saus tiram diamkan selama 10 menit.
  2. Siapkan dalam 1 wadah adonan basah dengan perbandingan: 1 sendok makan Kobe Kentucky SuperCrispy ditambah 4 sendok makan air. Aduk rata.
  3. Rendam ayam dalam adonan basah,  kemudian balurkan ayam ke dalam sisa Kobe Kentucky SuperCrispy yang kering sambil dicubit-cubit ringan dengan ujung jari (yang dicubit tepungnya, bukan ayamnya)
  4. Goreng dalam minyak panas dan terendam dengan api sedang hingga matang.
  5. Angkat dan sajikan.


Simple banget kan resepnya, bahkan pemula dalam hal memasak pun pasti akan berhasil memasak Ayam Goreng Berantakan ini. Sajikan dengan nasi hangat dan dinikmati bersama keluarga. Mulai dari si kecil hingga bapaknya semua suka!


Selamat mencoba…



Salam Hangat

Sapamama


30 Komentar

  1. Pas banget kemarin aku beli tepung kobe di supermarket kak. Makasih resepnya

    BalasHapus
  2. Akhir-akhir ini aku juga mulai ngakalin menu sayur dengan tepung Kobe, kayak bayam dan brokoli yang tadinya pada ga suka eh abis di kobe in terus digoreng laris manis

    BalasHapus
  3. Saya sudah coba masak ayam berantakan dari Kobe dan rsanya enak banget anak juga suka

    BalasHapus
  4. aku jarang nih nyobain tepung Kobe. Jadi pengen bikin Ayam berantakannya Kobe ini. Kayaknya kriuk banget ya ma. Anak-anakku suka banget menu ayam goreng kriuk kayak gini

    BalasHapus
  5. Setuju, saya juga masih makan gorengan tapi goreng sendiri, jarang beli di luar, biar tahu kualitas minyaknya . Juga pakai Kobe karena praktis, juga aneka pilihan tepung ada. Seperti Ayam berantakan Kobe ini, wah menggoda sekali, pengin bikin ah nanti

    BalasHapus
  6. AKu juga suka masak ayam krispi pakai tepung bumbu kobe ini mbak. Renyahnya bisa lama banget ya sampai 8 jam wuih mantap. Rasanya memang jadi lebih enak, anak2 makannya lahap deh.

    BalasHapus
  7. Saya nih penggemar gorengan, Mbak .. sudah harus sangat membatasi .. tetap saja masih harus berupaya lebih ketat. Nah, Kobe memang dari dulu jadi andalan.

    BalasHapus
  8. Sabi nih mbak resepnya. Aku suka bikin gorengan sendiri di kos, seperti mendoan, bakwan. Belum nemu tepung racikan yg enak, cobain aah

    BalasHapus
  9. Saya beli banyak tepung kobe yang Kentucky ini, karena pas banget ada promo. Itu Minggu lalu sih. Sekarang sudah hampir habis.

    BalasHapus
  10. Bener mba. Kalau mau makan gorengan sehat ya harus bikin sendiri. Jadi lebih terjaga kebersihannya, terus kita tahu komposisinya apa aja, selain itu kita bisa juga menggoreng minyak goreng baru. Kalau yang di jual di luar kan minyak gorengnya berkali kali pakai. Jadi serem juga kalau kebanyakan kita makan hasil minyak yang begitu. Sekarang kalau mau bikin gorengan bisa pakai tepung kobe ya mba. Jadi praktis bikinnya dan cepet lagi

    BalasHapus
  11. Beli gorengan di luar kadang suka khawatir juga ya, apalagi pas liat warna minyak gorengnya kadang ada yg udah item. Memang lebih baik bikin sendiri, pastinya akan jauh lebih sehat dan gak bikin was-was.
    Aku juga sering nih bikin gorengan pakai tepung kobe, yang serbaguna. Pengin cobain Kobe tepung kentucky, pasti kriuk banget hasilnya.

    BalasHapus
  12. Tepung kobe merupakan tepung bumbu yang saya gunakan juga sejak SMA sudah 20 tahun lebih.

    Suka pakai tepung kobe buat goreng tempe jadi yummy.

    BalasHapus
  13. Gorengan kayak udah jadi menu wajib kalo di rumah nih mbak. Bakwan tuh kalo di Bandung namanya bala-bala dan seisi rumah doyan banget deh. Tapi memang harus dibatasi yaaah

    Wah jadi penasaran pengen cobain bikin ayam berantakan pake tepung kobe nih

    BalasHapus
  14. Aku suka gorengan, tapi buat sendiri karena seringnya gak cocok sama minyaknya. Terus pernah coba pakai Kobe dan beneran krispi. Kayanya besok mau coba Kuntucky ini deh

    BalasHapus
  15. Kelezatan yang hqq ini makan ayam goreng dengan crunchy maksimal.
    Seringkali makan bagian kulit dan crunchy nya terakhir. Juara banget menggoreng menggunakan Tepung Kobe Kentucky Crispy.

    BalasHapus
  16. Hihi... mesti ditegaskan ya, yang di cubit-cubit itu tepungnya, bukan ayamnya.

    Saya juga suka pakai tepung bumbu kobe mbak, yang paling sering tuh tepung kentucky super crispy, bakwan sama pisang goreng

    BalasHapus
  17. Menggoreng emang salah satu metode memasak yang umum dipakai di Indonesia ya mbak? Di rumah juga pakai tepung bumbu kyk gini mbak buat goreng ayam dan tempe sih seringnya. Gak tau kenapa anakku lebih lahap kalai makannya pakai lauk yang ditepungin begitu :D

    BalasHapus
  18. namanya lucuk... ayam berantakan. kebayang kriuk dan enaknya.
    aku penggemar gorengan... yang aman yaa bikin gorengan sendiri. pakai tepung kobe dijamin enak enak enak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Namanya bikin penasaran ya..Ayam Berantakan... Tapi kalo olahan pake tepung Kobe sih hasilnya udah jelasss...enak dan krispi...

      Hapus
  19. Andalan aku tuh tepung Kobe. Beneran bikin makanan jadi lebih enak mba. Kriuk kriuk. Aku paling suka untuk buat ayam goreng.

    BalasHapus
  20. Paas banget pas aku lagi goreng ayam pake tepung Kobe! terkesima pas baca tulisan ini seolah dunia kita terhubung hahahah

    BalasHapus
  21. kobe enak racikannya. walau isi tempe bukan ayam juga enak lohhhh. kriuk jadinya juga. dan pastinya lebih sehat dibanding beli di luar ya mak

    BalasHapus
  22. Sebagai penggemar gorengan, saya seneng banget baca tipsnya... Saya juga baru tahu nih kalau kobe itu brand lokal...

    BalasHapus
  23. Zaman sekarang tuh ternyata bisa mengakali naka agar makan sayur ya...dengan di goreng kriuks gini..
    Makannya super happy denger bunyi "kreess"

    BalasHapus
  24. sama mbak aku juga kalau bikin gorengan suka dicampur dengan tepung bumbu kobe, rasa gorengannya tambah mantap kalau ditambah tepung kobe

    BalasHapus
  25. Saya lumayan suka gorengan tapi memang mulai mengurangi. Kalau di rumah saya suka goreng bakwan sayur dengan sayuran beragam dan melimpah. Kemudian terong goreng tepung, brokoli, juga bayam. Tapi emang yg paling penting minyak dan tepungnya harus berkualitas. Biar rasa gorengan enak tapi juga tetap sehat.

    BalasHapus
  26. Tepung Kobe ini emang andalan banget. Aku selalu pakai tepung Kobe kalau bikin gorengan yang pakai tepung. Praktis dan udah berbumbu. Rasa bumbunya pas nggak keasinan. Resepnya enak banget nih Kak. Bikin nagih orang rumah.

    BalasHapus
  27. Andalanku nih kalau pas kehabisan ide mau bikin lauk apa untuk anak lanang. Dia suka banget ayam goreng, udah kayak upin ipin deehh... Sip sip, mau cobain resep ayam berantakannya nih.

    BalasHapus
  28. aku juga stok kobe deh dan seenak itu anak-anak makan ayam goreng atau kangkung krispi dan itu bisa makin enak dicocok saos nih

    BalasHapus