Hikmah apa yang bisa kamu ambil selama pandemi?


Kalau saya, salah satu yang membuatku bersyukur adalah jeda waktu untuk memahami diri sendiri.

First of all, saya menuliskan ini bukan bermaksud sombong atau riya'. Saya sadar sepenuhnya bahwa masih banyak yang jauh lebih baik dari saya di segala bidang yang saat ini sedang saya tekuni. Tulisan ini saya lakukan sebagai catatan bagi saya, bahwa ketika saya tidak berhenti belajar dan mencoba, maka berbagai kesempatan akan datang. Ketika ada pintu yang tertutup, maka akan ada pintu lain yang terbuka.

Mari sama-sama belajar dan bertumbuh menjadi pribadi yang lebih baik ya temans...


Tahun 2021 adalah tahun yang luar biasa. Di tahun ini aku beranikan diri dengan mencoba berbagai hal. Mau tahu apa saja yang sudah aku jelajahi selama tahun 2021.


Mengikuti lomba blog

Sebetulnya bukan hal baru aku mengikuti lomba blog, tahun 2020 aku sempat beberapa kali mengikuti lomba blog, namun, karena ilmunya belum seberapa, jadi hasilnya ya gitu-gitu aja, ngga apa-apa. buat pengalaman sekaligus mengisi waktu luang.

Ada dua motivasi utama aku ingin memenangkan lomba blog. Pertama, karena mengincar hadiahnya. Kedua, karena ingin mendapatkan pengakuan di dunia blogging.

Sebagai anak baru di dunia blogging, tak mengherankan jika kita hanya dipandang sebelah mata. Lelah dengan itu, maka aku berusaha meraih prestasi di dunia blog. Alhamdulillah dengan alasan itu aku jadi terpacu untuk belajar, mengikuti berbagai kelas yang diadakan komunitas. Puncaknya, aku berhasil memenangi beberapa lomba blog, meskipun belum menjadi jawara pertama, tapi bagiku sudah luar biasa.


Berikut ini adalah beberapa artikel yang berhasil memenangi lomba blog:

ASUS ExpertBook B9400, Laptop Baru Untuk Sahabatku 

Rekomendasi Laptop Untuk Story Teller ASUS VivoBook 15 A516

Agar suasana Pembelajaran Jarak Jauh Anak Usia Dini Asyik dan Menyenangkan

Keajaiban Membacakan Nyaring Bagi Ibu dan Anak


Setelahnya saya fokus ke bisang lain, namun sempat beberapa kali mengikuti lomba blog. Sayangnya keberuntungan belum berpihak pada saya. Tapi kalau ada lomba yang memikat hati sehingga saya ingin berkontribusi maksimal, insya Allah saya akan kembali mengikuti lomba blog lagi. Semoga saya bisa kembali beruntung ^^


Menulis buku antologi

Saat saya memasuki sebuah komunitas menulis pada tahun 2019, ada sebuah kebijakan dalam komunitas tersebut di mana jika anggotanya berhasil menghasilkan karya tulis yang dicetak maka ia akan mendapatkan poin. Banyak senior yang berhasil menulis novel, melahirkan tulisan di media massa, dan menulis buku antologi. Satu orang, bahkan bisa melahirkan sekian buku dalam waktu satu tahun.

Saya yang anak baru bingung, bagaimana ya, mereka bisa menghasilkan buku sebanyak itu?

Jawabannya saya peroleh dipenghujung tahun 2020. Ternyata ada komunitas untuk penulis, dimana mereka memiliki proyek penulisan buku antologi yang bisa kita ikuti jika kita menyukai tema itu. Llau saya mengikuti 3 buah proyek, yaitu:

1. Antologi kisah non fiksi Resolusi 2021

2. Antologi kisah fiksi Aku, Lagu, dan Kenangan

3. Antologi non fiksi Ayah, Ibu, Bacakan Aku Buku

Ketiga buku antologi ini sempat saya perkenalkan ketika saya menjadi narasumber digawangi Sobat Badak

Saya berhenti di buku ketiga karena saya sudah merasa cukup. Saya ingin mencoba hal yang lain, yaitu memasuki dunia anak.


Membuat kanal YouTube & Podcast

Sedikit banyak saya menyukai dunia voice over atau sulih suara. Namun saya belum menemukan kesempatan untuk belajar dan akhirnya melupakan itu. Pada tahun 2018 saya mencoba merekam suara saya saat membaca buku, dan ternyata kok hasilnya lumayan. Namun, saya masih belum bergerak, hingga satu tahun kemudian di Arisan Ilmu Komunitas Emak Blogger (KEB) di Kota Solo, mendatangkan narasumber mba Sara Neyriza yang merupakan dosen ilmu komunikasi, dubber, dan podcaster saya benar-benar belajar.

Di sini kami belajar dasar teknik komunikasi dan membuat podcast. Eksekusi baru saya lakukan awal tahun 2021 dengan membuat kanal YouTube SAPAMAMA BERCERITA yang merupakan kanal YouTube untuk membacakan buku bermutu bagi anak-anak.

Proses kreatif YouTube dan Podcast sempat saya bagikan ketika saya menjadi narasumber digawangi Sobat Badak


Di tahun yang sama, namun di bulan yang berbeda, akhirnya saya membuat podcast SAPAMAMA BERCERITA, tak hanya tentang nbuku anak, di podcast saya juga membacakan cerpen dari antologi yang di tulis teman-teman saya. Jika berminat, boleh lho jika teman-teman meminta bukunytya saya bacakan di podcast saya, hehehe...


Masuk ke dunia ilustrasi

Pernah nggak punya mimpi kalau gambar kita di muat di majalah Bobo? Dulu saya pernah punya impian itu tapi melupakannya. Saya sibuk bekerja di sektor formal sampai lupa dengan impian masa kecil saya. 

Sejak tahun 2016 saya sudah mencoba belajar ilustrasi digital, hanya saja saya belum menemukan jalannya. Setelah mencari cuan ke sana kemari dari dunia tulis menulis sebagai content creator, akhirnya di awal tahun 2021 saya bisa membeli perangkat untuk terjun di dunia ilustrasi.

Perjalanan saya masuk ke dunia ilustrasi memang cukup panjang. Melihat bakat anak  muda, saya sempat tidak percaya diri. Beruntung saya tergabung dalam Komunitas Ilustrator Tinta Ajaib (KITA Indonesia) hingga lebih berkembang. Salah satunya menjadi narasumber dalam INKtober 2021 dan memperkenalkan art theraphy pada anak-anak, sesuai dengan salah satu impian Resolusi 2021 saya. Kemudian pada akhirnya saya bisa meraih pencapaian luar biasa di tahun 2021, yaitu tergabung dalam tim ilustrator Badan Bahasa Kemendikbud 2021.


Sayangnya kami belum boleh membagikan karya kami karena buku anak tersebut belum melalui tahap akhir dan belum dicetak. Tapi saya bersyukur, dan doakan saja semoga bisa kembali terjun dalam proyek tersebut kembali.


Resolusi 2022

Bagi saya, namanya resolusi adalah melanjutkan hal yang baik dan membuang yang buruk. Selain itu, cari resolusi harus dibuat dengan tujuan yang jelas dan logis sehingga kita akan mudah mencapainya. Termasuk memikirkan langkah taktis untuk bisa menggapai impian di tahun baru.

Di tahun 2022 ini saya berharap untuk bisa terjun lebih dalam ke dunia ilustrasi, mengasah skill saya untuk lebih siap tempur bersaing melawan bakat-bakat muda yang luar biasa. Kuncinya satu: TAK LELAH BELAJAR.

Saya juga memiliki harapan besar untuk mampu menerbitkan buku anak yang saya tulis dan ilustrasikan sendiri. Semoga dimudahkan jalannya ya temans...


Namun saya juga harus lebih peka dengan keluarga, terutama memahami anak. Tahun 2022 ini anak saya akan masuk ke dunia sekolah sehingga saya juga harus menyiapkan kesiapan anak saya bersekolah. Sebetulnya sih sambil mengamati, anak saya cenderung cocok untuk pendidikan formal di sekolah atau masuk ke dunia sekolah rumah alias homeschooling.

Jangan sampai karena ibunya terlalu sibuk aktualisasi kebutuhan anak jadi terbengkalai. 


Yang tak kalah penting nih, kesehatan fisik haruslah dijaga. Caranya? Yang terbaik tentu kembali menjalani pola hidup sehat dengan mengatur pola makan dan rutin berolah raga agak tubuh tetap fit & sehat.


Aku tidak akan menyerah mengejar mimpi di tahun 2022, kalau kamu?



Salam Hangat,

sapamama


15 Komentar

  1. Masya Allah.. prestasinya luar biasa banyak Mbak. Pun, bidangnya nggak cuma satu atau dua aja. Jadi konten kreator iya, jadi podcaster iya, bahkan juga jadi ilustrator. Mantaaap Mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masya Allah, alhamdulillah ya.. Tapi sisi negatifnya, karena terlalu banyak jadi tidak fokus mba. Akhirnya memutuskan tahun 2022 akan lebih fokus ke ilustrasi.

      Hapus
  2. Bangga dengan pencapaianmu Mbak Era. Banyak bidang, multi talenta!
    Keren berani ikut lomba blog bahkan menyenangkan segitu banyak. Jadiii topik buat 2022 nanti bakal lebih fokus ke mana untuk blogging?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rencana tahun 2022 sementara ini blogging dinomorduakan mba, hehehe, kecuali ada tawaran pekerjaan, ya insya Allah tetap di ambil. Tapi fokus ke ilustrasi dulu mba, mau ningkatin skill.

      Hapus
  3. Pencapaianmu keren pisan, selamat yaa...

    BalasHapus
  4. Alhamdulillaah ya tercapai satu demi satu, jadi buat resolusi itu ternyata harus step by step juga

    Dan kadang emang harus berhenti sejenak,
    mau prioritaskan yang mana dulu, nih? A atau B? Dan ....upgrade skill again and again

    BalasHapus
  5. Catet kuncinya: Tak lelah belajar :D
    Keren banget mbak pencapaiannya selama 2021, semoga 2022 lebih moncer lagi.
    Btw aku kepoh sebelum tahun 2016 itu emang sudah bisa gambar/ bikin ilustrasi atau waktu itu bener2 mulainya dari 0 trus jd jago mbak? :D
    Semoga impian punya buku lengkap dengan ilustrasi sendiri tercapai yaa

    BalasHapus
  6. Luar biasa pencapaian tahun ini ya mbak, alhamdulilah. Menulis ini bikin hati hangat ya mbak, ternyata bisa melakukan banyak hal dengan kondisi pandemi ini.
    Senang membaca dari arisan ilmu KEB, mbak terinspirasi untuk bikin kanal Podcast
    Semoga resolusi mbak di tahun 2022 dikabulkan. Semoga makin semangat berbagi dan banyak kesempatan yang datang untuk bisa mewujudkan mimpi-mimpinya.

    BalasHapus
  7. Aku saluuut banget sama Mbak Era, karena meski masih baru, tapi prestasinya udah bejibun. Selamat atas pencapaian ddi 2021 ini ya, Mbak... Semoga tahun-tahun berikutnya bisa semakin bersinar, ya, Mbak... Aamiin...

    BalasHapus
  8. keren banget mbak prestasinya bisa menang lomba blog dan melahirkan buku juga. penasaran nih gimana bagi waktunya buat nulis di blog sama buku

    BalasHapus
  9. Masya Allah kereen banget mbak, hampir2 mirip kita, ditahun 2021 ikut lomba blog, bikin youtube, membuat buku ontologi. Semoga ditahun 2022 lebih baik ya kereen iiih menang lomba blog tp.memang cakep blognya

    BalasHapus
  10. Tahun 2021 tahun yang manis ya, Mom, banyak berkah meskipun dalam situasi sedang tidak menentu seperti sekarang. Semoga apa yang direncanakan di tahun 2022 nanti juga berbuah manis, dimudahkan dan lancar segalanya. Amiin.

    BalasHapus
  11. Barakallahu fiik~
    Aku kagum sama kak Era...karena mantap melangkahkan kaki ketika akan mencoba dan memasuki dunia baru. Bisa langsung switch gitu loo.. Ternyata muridnya kak Sara Neyriza.

    Semoga semakin banyak konten yang bermanfaat, semakin banyak buku yang dilahirkan dan semakin banyak lomba yang dimenangkan.

    BalasHapus
  12. Bahagiaaa sekali untuk 2021 yang produktif ya, Mbak Era. Apalagi dapat prestasi di berbagai lomba blog itu, waahh.. pengakuan langsung didapat. Apalah aku yang dengar kata "lomba" aja udah malaaass...hahaha.

    Anywy, blog keren ini ternyata powered by Blogger yah, aku banggaaa...hahaha #duhapasih

    BalasHapus
  13. Maaak aku iri banget dengan produktivitasmu tahun 2021 laluuu. InsyaAllah aku berniat untuk mulai aktif YouTube dan ngeblog lagi. 2021 dipenuhi momen burnout kerjaan, sampe bingung kalau mau ngeblog dan bikin konten gitu harus mulai dari mana. Semoga semangat belajar dan jaga kesehatan juga konsisten dipertahankan tahun 2022 ini. Amiiiin

    BalasHapus