“Mba, aku pengen bikin kitchen set nih.”

“Mba, aku mau renovasi rumahku biar kelihatan lebih luas.”

“Mba, alhamdulillah ada rejeki, aku mau bangun rumah, bisa kasih rekomendasi arsitek?”


Sering kali teman-teman minta saran saat akan membangun atau merenovasi rumah. Mungkin karena saya lulusan teknik, jadi teman-teman menganggap saya punya pengetahuan lebih di bidang desain rumah dan semacamnya. Karena saya teman yang baik (hehehe...), tentu dengan senang hati membantu dong ya... Namun berhubung saya hanya bisa menulis ulasan dan tukang gali informasi, biasanya saya akan memberikan rekomendasi konsultan untuk teman-teman saya yang membutuhkan jasa konsultan arsitektur.

 

Khusus untuk proyek desain dan pembangunan rumah, renovasi rumah, atau proyek desain dan pembangunan tempat usaha, biasanya saya akan merekomendasikan jasa konsultan arsitektur milik teman saya, Rumah Desain.

 

Rumah Desain adalah konsultan arsitektur milik rekan kuliah saya, yaitu kak Hakim, sehingga saya sudah tahu banget karakter seperti apa dan cara kerjanya bagaimana. Dengan begitu, saya tidak ragu untuk merekomendasikan jasa konsultan beliau.

 


Sejarah Konsultan Arsitektur Rumah Desain

Konsultan arsitektur Rumah Desain didirikan sembilan tahun lalu dengan modal nekat. Jalan bisnisnya makin terbuka lebar ketika tahun 2011 mendapatkan proyek desain dan pembangunan sebuah rumah tinggal di Klaten. Karena puas dengan hasil kerja kak Hakim, pemilik rumah tersebut merekomendasikan jasa konsultan arsitektur Rumah Desain kepada teman-temannya.



Jika dijabarkan secara  rinci perkembangan proyek jasa konsultan arsitektur Rumah Desain memang luar biasa.

Pada tahun 2012, jumlah order yang diterima 1-5 proyek/tahun. Di tahun yang sama Rumah Desain mulai merambah ke pasar online, yaitu melalui akun instagram @hakim_rumahdesain. Sejak saat itu terjadi peningkatan order yang cukup signifikan. Tahun 2013-2015 jumlah order Rumah Desain mulai meningkat 20-30 proyek/tahun, tahun 2016-2018 total proyek berkisar 50-60 proyek/tahun. Tahun 2019 tak kalah dengan sebelumnya, yaitu sebanyak 80-100 proyek dalam setahun, dan tahun 2020 menjadi puncaknya, yaitu dengan total 140 proyek yang dikerjakan oleh konsultan arsitektur Rumah Desain.


Beberapa proyek Rumah Desain di berbagai daerah.

Proyek yang dimiliki oleh jasa konsultan arsitektur Rumah Desain didominasi dengan proyek perencanaan rumah tinggal, perumahan, dan cafe. Selain desain bangunan, detail interior pun juga  dapat ditangani oleh Rumah Desain lho...

Tidak hanya di Solo dan sekitarnya, proyek konsultan arsitektur Rumah Desain juga merambah ke daerah lain seperti provinsi Jawa Barat, Bali, Kalimantan, Sumatera Barat, Aceh, bahkan melaju hingga Malaysia.

Banyak klien yang puas dengan hasil kerja Rumah Desain dan melakukan repeat order serta merekomendasikan Rumah Desain pada saudara dan teman-teman klien tersebut. Kekuatan getok tular memang luar biasa ya.

Di tahun 2018 hanya ada seorang arsitek yang membatu kak Hakim di Rumah Desain, tahun 2020 Rumah Desain mulai memberanikan diri menyewa kios sebagai kantor bagi dua orang arsitek. Dan rencananya, bulan Agustus 2021 ini Rumah Desain akan pindah ke kantor baru dan menambah jumlah karyawan setidaknya 3-4 orang.



Proses Produksi Konsultan Arsitektur Rumah Desain

Sebelum melangkah ke proses desain, langkah pertama yang harus dilakukan konsultan arsitektur Rumah Desain adalah melakukan survei lokasi. Jika lokasi ada di area Solo dan sekitarnya maka kak Hakim akan melakukan survei sendiri, namun jika proyek ada di luar kota, maka data survei diperoleh dari klien.

Proses komunikasi kak Hakim dan klien biasanya melalui email atau whatsapp.

Untuk proses produksi, jasa konsultan arsitektur Rumah Desain biasanya menggunakan beberapa software yang terbagi menjadi dua:


Software Desain

Dalam suatu proyek pembangunan, akan dibutuhkan gambar kerja yang akan menjadi blueprint dan gambar 2D ataupun animasi 3D untuk bisa membantu klien mengvisualisasikan gedung yang mereka impikan dari sisi eksterior dan juga interiornya.

Gambar kerja utama berupa denah, potongan, dan tampak dalam bentuk 2D dibuat melalui aplikasi AutoCAD. Dan untuk membantu visualisasi 3D, Rumah Desain mengolahnya menggunakan software arsitektur SketchUp serta Lumion untuk menyempurnakannya animasinya.


Software Manajemen/Administrasi

Untuk dapat mengetahui besar dana yang dibutuhkan untuk membangun rumah, renovasi, dan lainnya dibutuhkan Rencana Anggaran dan Biaya (RAB). Rumah Desain menggunakan spreadsheet untuk menyusun RAB secara mendetail. Perencanaan timeline proyek juga dibuat di sini agar terjadwal dengan baik bisa berjalan tepat waktu.

Dari bentuk softcopy, jadwal proyek yang berjalan biasanya dicetak untuk dapat dipantau setiap saat.

Ketika proses desain telah selesai, klien akan memperoleh gambar kerja yang dicetak (hardcopy) dan softcopy. Untuk klien yang berada di luar kota hardcopy dikirim melalui paket, sedangkan softcopy dikirim melalui email.



Tantangan Yang Dihadapi Konsultan Arsitektur Rumah Desain

Pandemi menjadi tantangan bagi semua orang. Banyak hal-hal yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya namun bisa terjadi di masa pandemi ini. Salah satunya perubahan pola kerja. Ketika semua berjalan daring, jasa konsultan arsitektur Rumah Desain juga ikut merasakan dampaknya. Alhamdullilah dampak positif karena order stabil dan justru meningkat. Order berdatangan dan sering kali banyak proyek berjalan di waktu yang sama. Untuk menjaga agar proyek berjalan lancar, maka dibutuhkan penambahan jam kerja atau lembur bagi tenaga desain dan tenaga produksi di lapangan.

Dari segi administrasi, dengan semakin banyaknya proyek yang ditangani tentu konsultan arsitektur Rumah Desain harus semakin teliti dalam memasukkan data dan filing proyek. Banyaknya berkas tercetak tentu meningkatkan konsumsi kertas dan menyita ruang.



Harapan Konsultan Arsitektur Rumah Desain

Setiap pemilik usaha tentunya ingin usahanya berkembang. Begitu juga dengan kak Hakim sebagai pemilik konsultan arsitektur Rumah Desain. Kak Hakim ingin masyarakat di Indonesia bisa memiliki hunian yang baik, dibangun dengan standar desain arsitektur sehingga nyaman untuk dihuni. Cita-cita ini berusaha diwujudkan dengan mematok harga yang terjangkau untuk jasa konsultan desain arsitektur Rumah Desain.

Detailnya pembiayaannya sebagai berikut, untuk perancangan denah dan visualisasi 3D dibanderol seharga Rp20.000/m2 bangunan, untuk perancangan denah, visualisasi 3D, dan gambar kerja dibanderol seharga Rp35.000/m2 bangunan, dan untuk perancangan denah, visualisasi 3D, gambar kerja, dan RAB dibanderol seharga Rp35.000/m2 bangunan.


“Bekerja dan beribadah adalah satu kesatuan” – Hakim, 2021


Kak Hakim berharap Rumah Desain bisa semakin stabil dan makin dipercaya oleh masyarakat. Bagi beliau, dengan begitu maka akan semakin banyak orang yang merasakan manfaat Rumah Desain. Mulai dari klien yang bisa mendapatkan desain impian, dapat menyerap semakin banyak tenaga kerja, dan tentunya membantu pergerakan ekonomi negara. Beliau juga menuturkan bahwa sangat berharap teknologi yang mendukung bidang arsitektur dapat semakin maju dan ramah lingkungan agar tercipta sinergi antara manusia, teknologi, dan alam.



Aplikasi Manajemen Proyek Tomps Untuk Konsultan Arsitektur Rumah Desain Yang Makin Handal

Seperti yang disampaikan di atas, sepanjang tahun 2020 Rumah Desain menerima sebanyak 140 proyek rumah tinggal dan kafe, tahun 2021 pun proyek juga datang silih berganti. Agar harapannya kak Hakim dapat terealisasi dan semua kebutuhan klien dapat tereksekusi dengan baik dan lancar, konsultan arsitektur Rumah Desain bisa mencoba untuk menggunakan aplikasi manajemen proyek Tomps untuk membantu mengatur proyek-proyeknya.

 

Apa itu Aplikasi Manajemen Proyek Tomps dan manfaatnya?

Tomps adalah sebuah tools manajemen proyek asli Indonesia yang berbasis aplikasi mobile dan web yang hadir karena kebutuhan akan kualitas, efektivitas, serta kecepatan monitoring progres proyek pembangunan di lapangan. Salah satu yang terpenting nih, melalui aplikasi Tomps kita bisa melakukan pengontrolan biaya, mengelola anggaran proyek, manajemen kualitas dan dokumentasi, serta menggunakannya sebagai sistem administrasi terpadu.

Dengan Tomps, kita bahkan bisa mendapatkan rekomendasi vendor pelaksana proyek lho, selain itu kita juga bisa mendapatkan data evaluasi dan laporan dengan lebih cepat. Dengan begitu, perusahaan akan tumbuh makin efektif, hemat sumber daya dan waktu karena meminimalisir pekerjaan berulang.

Aplikasi manajemen proyek Tomps memiliki sistem terpadu. Artinya, tidak hanya owner saja, namun anggota tim, manajer proyek, stakeholder, dan pengguna lain yang berhubungan dengan proyek juga bisa terhubung dalam aplikasi Tomps.



Dilansir dari Viewpoint, sebanyak 46,1% perusahaan ternyata masih menggunakan spreadsheet untuk mengelola manajemen proyek. Padahal, ternyata spreadsheet tidak efektif untuk mengelola proyek, terutama jika proyek makin kompleks. Kompleksitas ini bisa menjadi celah untuk terjadinya eror kesalahan input data yang bisa menyebabkan proyek menjadi tidak efektif dan efisien. Namun dengan menggunakan Tomps, risiko tersebut bisa diminimalisir karena Tomps mampu meningkatkan efektivitas dan efisiensi manajemen proyek hingga lebih dari 80%.


Fitur Aplikasi Manajemen Proyek Tomps

Apa saja fitur yang akan diperoleh di aplikasi Tomps?


Tomps menyediakan fitur all-in-one dashboard agar kita dapat melihat secara cepat laporan keseluruhan proyek yang sedang dikelola. Laporan ini mencakup seluruh aspek dalam proyek seperti nilai anggaran proyek, jadwal penyelesaian, target dan realisasi Berita Acara Serah-Terima (BAST), peta persebaran lokasi proyek, hingga jumlah user yang aktif. Semua informasi di atas tersusun rapi dalam chart dan kurva grafis yang tersedia.

 


Selanjutnya, kita juga bisa merencanakan detail proyek kerja sesuai dengan waktu yang diinginkan bersama pelaksana proyek. Atur parameter proyek dan undang stakeholder untuk ikut berkolaborasi dalam proyek dalam tools manajemen proyek Tomps. Di dalamnya, kita juga bisa membuat tanggal jatuh tempo proyek sesuai dengan tenggat waktu yang direncanakan. 

Setelah detail proyek selesai di buat, kini anda dapat dengan mudah melakukan project control dan project tracking. Di mana, kita bisa melacak setiap proyek berada pada status initialin-progress, atau closing

 


Software manajemen  proyek Tomps dapat menampilkan status proyek kita dari hulu ke hilir hanya dalam satu langkah saja! 

Kegiatan melacak data, perkembangan risiko, masalah, dan perubahan pada proyek dapat dilakukan dengan mudah lewat tersedianya data yang detail, transparan, dan real-time.




Makin banyak proyek, makin banyak orang yang terlibat di dalamnya. Aplikasi manajemen proyek Tomps juga dapat meminimalisir peluang terjadinya fraud (kecurangan) hingga cost-overrun (pembengkakan biaya) dalam proyek. Hal ini lantaran tersedianya fitur Project Cost untuk proyek kita. Lakukan aktivitas monitoring dan approval pengajuan biaya unit kerja yang disertai bukti (evidence) dari lapangan secara real-time. Selain itu, adanya fitur Geo-Maps membuat kita dapat mengetahui lokasi akurat dimana evidence diunggah ke sistem, sehingga proyek dapat berjalan lebih transparan, efektif, dan juga efisien.



Pilihan Paket Aplikasi Manajemen Proyek Tomps

Untuk pilihan paket dalam aplikasi Tomps juga beragam. Ada 6 pilihan paket Tomps yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan kita.



Bagi jasa konsultan arsitektur Rumah Desain, saya merekomendasikan paket Tomps Pro yang memiliki fitur memadai bagi Rumah Desain, misalnya saja bisa menampung 300 pengguna dan jumlah proyek tak terbatas. Dengan memilih paket yang sesuai maka akan dapat mengakomodasi segala kebutuhan Rumah Desain untuk bertumbuh dan mencapai harapan di masa depan.





K e s i m p u l a n

Dibutuhkan tekad yang kuat, ulet, kesabaran, dan jejaring yang kuat untuk membangun dan mengembangkan suatu usaha. Mampu memberikan kepuasan pada klien dan mempertahankan mutu juga menjadi kunci keberhasilan jasa konsultan arsitektur Rumah Desain dalam mencapai posisinya saat ini. Suatu usaha yang berkembang dan menjadi besar akan memberikan manfaat kepada lebih banyak orang. Bekerja dan beribadah diniatkan berjalan secara beriringan.


Cara kerja yang efektif dan efisien merupakan kunci kesuksesan di masa modern. Oleh karena itu, penggunaan aplikasi manajemen proyek Tomps dapat membantu Rumah Desain untuk memiliki performa terbaik yang ringkas dan transparan. Dengan menggunakan Tomps maka prinsip sinergi antara manusia, teknologi, dan alam dapat tercipta karena lebih hemat energi tanpa memerlukan cara tradisional yang memerlukan berlembar-lembar kertas dalam membuat perencanaan, eksekusi proyek, dan laporan. Jejak karbon karena harus bepergian antar kota dan antar provinsi pun bisa dikurangi dengan memaksimalkan fitur-fitur dalam aplikasi manajemen proyek Tomps.

Video ini akan membantu teman-teman lebih mudah dalam memahami aplikasi manajemen proyek Tomps.


Kabar baiknya, aplikasi manajemen proyek ini tidak terbatas di dunia arsitektur dan konstruksi, jika teman-teman memiliki usaha di dunia perminyakan, perdagangan, bahkan agrikultur, maka teman-teman dapat memanajemen usaha menjadi lebih efektif dan efisien dengan aplikasi manajemen proyek Tomps.

Silahkan coba aplikasi Tomps di sini.



Salam Hangat,

sapamama


57 Komentar

  1. Kebetulan saya baru saja bekerja di salah satu konsultan arsitektur kak. Luar biasa hectic-nya kalau mendekati deadline, apalagi kalau ada revisi desain. Belum lagi saat masuk lapangan. Saya baru tahu ada aplikasi Tomps. Akan saya rekomendasikan pada atasan saya.
    Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo kak, terima kasih sudah berkenan mampir di sapamama. Saya juga merasakan sendiri saat dulu kerja di proyek memang hectic, apalagi harus bawa kertas A2 gitu bisa berlembar-lembar. Kalau pakai Tomps bisa lebih praktis.
      Selamat mencoba ya

      Hapus
  2. Saya mahasiswi desainer interior kak. Mampir ke blog ini karena sedang browsing. Sejarah konsultan arsitektur Rumah Desain bikin saya semangat. Harus berani melangkah. Nothing to loose. Dari proyek sedikit, sekarang sampai ratusan proyek. Kalau sudah begitu, memang perlu menggunakan bantuan aplikasi manajemen proyek Tomps ya kak.
    Sukses selalu untuk blognya kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, makasih sudah mampir ya... Semoga study-nya lancar ya...

      Hapus
  3. Mbaaa

    Ngikutin cerita-nya Ernest Prakasa?
    Nah doi tuh lagi renov rumah trus ada masalah gt sama vendornya (aku lupa apakah arsitek atau pemborong project)

    Intinya, pentiiing banget ya buat kita utk memilah dan memilih partner/vendor yg tepat ketika mau bangun/ renov properti.

    kalo rekomendasi dirimu, insyaALLAH bakal sip markosipppp

    BalasHapus
    Balasan
    1. Urusan vendor memang harus hati-hati mam, walau udah tenar kalau ngga bisa memanajemen proyek dengan baik pasti bisa berabe. Coba rekomendasiin aplikasi manajemen proyek Tomps ke vendornya Ernest biar makin handal handle proyek-proyeknya, hehehe...

      Hapus
  4. Lengkap banget Mbak ulasannya, sedikit banyak jadi paham sama jasa arsitek kayak gini. Ribet ya kerjanya kayaknya 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. There's nothing like free money kan mam, hihihi... Walau prosesnya panjang, kalau bisa memilih vendor proyek yang tepat dan bisa memanajemen proyek dengan baik, pasti setelah lihat hasilnya akan bikin bahagia.

      Hapus
  5. Saya tidak mengomentari renov atau membangun rumah. Tapi salut dengan kemajuan yang dacapai oleh Arsitektur rumah Desain. Sarjananya luar biasa. Selamat pagi, ananda Era.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam hangat eyang, terima kasih sudah mampir.

      Hapus
  6. wah sangat bermanfaat, terima kasih atas informasinya ya kak ;D

    BalasHapus
  7. Kebetulan lagi cari aplikasi kayak gini, semoga cocok ya buat kerjaan di kantor

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah aplikasi Tomps bisa membantu memperlancar proyek kita.

      Hapus
  8. Saya memiliki teman yang sedang mencari aplikasi untuk hal ini termasuk desain dan turunannya. Aplikasi Tom bisa jadi rekomendasi ni.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kakak… Tomps bikin proyek makin efektif dan efisien

      Hapus
  9. Saya kemarin pas renov hampir pake konsultan, faktor tukang jg pada akhirnya nanti ngaruh sih. Bisa ngga or terbiasa ngga bikin "rumah bagus". Soalnya banyak yg mereka ga bisa dan salah-salah. Misalnya aja, gerendel kunci pun ga ngerti masangnya. Padahal tdnya malah mau pasang pintu berpassword jadi ragu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Faktor pengalaman memang berpengaruh kak. Terkait SDM memang tricky ya. Kalau mau pasang sesuatu yang penting seperti kunci berpassword harus sama tukang yang punya pemgalaman di bidang tersebut. Kalau ngga, bisa-bisa rusak.

      Nah, di aplikasi Tomps kita juga bisa dapat rekomendasi vendor lho, bakal mempermudah untuk teknis lapangan.

      Hapus
  10. Jasa konsultan arsitektur seperti ini memang diperlukan untuk membantu hal² terkait bangunan/proyek misalnya, dan menurutku prospeknya cerah kedepannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, yang penting konsisten dalam memberi layanan bermutu dan tepat dalam eksekusinya kak.

      Hapus
  11. makasih sharingnya, wah semakin banyak aplikasi yang bikin mudah

    BalasHapus
  12. Jadi enggak sabar pengen kenalan lebih jauh dengan Rumah Desain dan Aplikasi Tomps karena saya lagi pengen renov rumah nih

    BalasHapus
  13. Saya paling seneng kalau lihat gambar desain rumah gitu. Walau tak bisa memilikinya tapi seneng aja. Kita emang harus kudu pinter-pinter memilih jasa konsultan arsitektur rumah ya mba

    BalasHapus
  14. wah ternyata semakin hari semakin banyak aplikasi yang memudahkan manusia ya. tidak terbayang bahwa untuk renovasi rumah bisa dipantau dengan aplikasi tomps ini.

    BalasHapus
  15. wuih keren banget ya, sekarang sudah ada aplikasi jasa konsultan arsitektur rumah buat desain juga. mantap sih ini mah, bisa dimanfaatkan saat ingin renov rumah

    BalasHapus
  16. Keren banget ini ya mbaaa
    Mantap jiwa buat yg mau renov rumah
    jadi punya gambaran deh akoooh

    BalasHapus
  17. Mantap nih harganya transparan. Jadi bisa ngira2 kalau lagi butuh jasa desain arsitektur begini.
    Aku juga suka pakai aplikasi manajemen proyek begini kalau sedang memimpin. Praktis dan lengkap!

    BalasHapus
  18. Bagi yg punya proyek meskipun belum banyak tentu aplikasi Tomps sangat membantu dong ya. Krn bisa dengan aplikasi ini kita bisa memantau sejauh mana proyek udah dikerjakan termasuk juga budget proyek dll.

    BalasHapus
  19. Wah...aku baru tahu kalau ada aplikasi yang memungkinkan kita mengecek secara digital jika sedang renovasi rumah, dengan Aplikasi Tomps. Jadi kalau rumah yang sedang direnovasi letaknya agak jauh dari rumah yang sekarang ditinggali, ngak usah pusing harus bolak-balik mengecek bahan bangunan yang diperlukan. Pengalaman dulu pas renovasi rumah, butuh alokasi waktu khusus untuk mengecek progress renovasi, belum lagi jarak ke rumah yang sedang direnovasi lumayan jauh...jadi repot deh! Syukurlah sudah ada Aplikasi Tomps.

    BalasHapus
  20. Cukup keren ya zaman sekarang sdh ada aplikasi Jasa konsultan arsitektur rumah dengan desain makin handal serta manajemen proyek efektif dan efesien. Jadi tinggal menentukan desain yg di inginkan serta memantau pekerjaan sacara aplikasi sampai selesai proyek yg sdh direncanakan

    BalasHapus
  21. Ada aplikasi untuk manajemen proyek ya ... iya sih untuk proyek besar pasti terbantu sekali.
    Btw, semoga usaha temannya semakin maju, Mbak .. keren, sejak 2012 sudah merambah online sebagai konsultan.

    BalasHapus
  22. Pandemi malah bikin pekerjaan jasa konsultan arsitektur rumah desain tambah banyak. Banyak yang membangun rumah atau renovasi homestay/tempat wisata saat ini.

    BalasHapus
  23. Wah wajib download nih aplikasi jasa konsultan arsitektur rumah. Biar nggak kena zonk beberapa Kali pembangunan rumah ya gitu deh kalau main terima beres saja sama tukang

    BalasHapus
  24. Rumah Desain merupakan salah satu perusahaan jasa konsultan arsitektur yang memanfaatkan teknologi digital dalam pengelolaan internal dan layanan eksternalnya ya. Semoga Rumah Desain bisa terus berkembang sehingga semakin banyak pelanggan yang dapat menggunakan jasa mereka.

    BalasHapus
  25. Dulu sempat pengen jadi arsitek. Tapi gag bisa gambar. Hiks... Baru paham kerja arsitek dari tulisan ini mbak. Emang jasa arsitek ini harus pakai aplikasi TOMPS ya biar manajemen proyek tertata...

    BalasHapus
  26. Suami tuh meskipun bukan arsitek tapi karena di bidang yang sama, sering aku lihat kertas kerjaannya tuh banyak banget! Kalau udah ada aplikasi Tomps gini, jadi lebih meminimalisir penggunaan kertas ya.

    BalasHapus
  27. Waa, langsung aku tunjukin ke suami nih, Mbak.. Meski baru studio kecil, tapi manajemen proyek tetap diperlukan kan.. Kalau pakai Tomps insya Allah jadi lebih mudah update ke klien juga, dan bisa meminimalisasi kemungkinan terjadinya kecurangan di lapangan. Pernah terjadi soalnya, dapet mandor yg curang. Huhu...

    BalasHapus
  28. Ternyata aplikasi Tomps ini sangat luas manfaatnya yaa,,kalau sudah premium apalagi..
    Kudu banget menggunakan apps ini nih..bagi yang bergerak di bidang design dan kontraktor.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pemanfaatan aplikasi Tomps yang bisa digunakan secara luas ini bagus banget. Sehingga membuka peluang bagi yang membutuhkan fitur perhitungan, terutama.
      Jadi semakin praktis dan membantu banget.

      Hapus
  29. Aplikasi yang penting juga untuk para vendor. Biar klien semakin puas dengan hasil dan kerja vendor

    BalasHapus
  30. Aku selalu kepikiran, pas nanti bangun rumah di kampung halaman, pengennya cari jasa konsultan arsitektur rumah juga, biar makin kece. Tapi harus nabung dulu hehe.
    Baru tahu juga nih soal aplikasi Tomps ini mba, mau cek-cek ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak Lis..
      Jatuhnya kalau pakai jasa profesional nanti designya bagus dengan budget yang kurang lebih, gak terlalu jauh dari estimasi.
      Daripada gak pakai jasa profesional, terasa banget bedanya.

      Hapus
  31. Kalau pakai jasa konsultan arsitektur jadi ada masukan & bisa merealisasikan ide & keinginan kita ya. Para konsultan juga banyak yang menggunakan aplikasi manajemen proyek yang banyak membantu pekerjaan

    BalasHapus
  32. wah sangat membantu ya aplikasi TOMPS ini
    yang punya usaha design dan kontraktor wajib pakai aplikasi ini ya mbak

    BalasHapus
  33. Lengkap banget ini yah buat support para pekerja yang butuh mobilitas, aplikasi ini bisa diandalkan. Makin ke sini makin banyak yah aplikasi yang dibuat buat kita smart

    BalasHapus
  34. Aplikasi manajemen proyek Tomps ini bermanfaat banget ya. Semua memang sebaiknya udah go digital, memanfaatkan teknologi karena risiko human eror nya lebih kecil sih menurutku

    BalasHapus
  35. Kalau ngomongin konsultan arsitektur itu aku jadi inget film NKCTHI kan pemeran utamanya kerja jadi arsitek di sebuah jasa desain. Aku pribadi salut proyek tetap banyak bahkan stabil selama pandemi. Dan menurutku SDM serta kepercayaan itu ngaruh banget kalau mau nyari jasa desain bangunan. Alhamdulillah ada Tomps juga yg bisa merangkum seluruh laporan yg dibutuhkan dalam sebuah proyek

    BalasHapus
  36. eits bagus banget itu hasil2nya. no wonder kalau makin banyak yg order yaa.. keren loh dari 1-5 proyek pertahun jd 140 proyek setahun! BTW Tomps ini fiturnya keren dan canggih amat yaakk.

    BalasHapus
  37. Urusan sama vendor memang nggak bisa digampangin, mending agak riwil di depan dengan tanya-tanya atau ribet cari tahu kredibiltasnya, daripada bermasalah di belakang. Pengalaman sih, kalau vendor yang profesional semua ketentuan detil dan clear di depan.

    BalasHapus
  38. Membaca perkembangan usaha Rumah Desain itu yang awalnya hanya menangani beberapa proyek terus berkembang hingga masuk ke tahun 2020 yang notabene masa pandemi, saya membayangkan betapa luar biasanya kerjaan mereka. Maka sangat pantaslah merekomendasikan aplikasi manajemen proyek Tomps ini.
    Semoga dengan kehadiran Tomps makin banyak perusahaan terbantu.

    BalasHapus
  39. Wah, teknologi lagi-lagi teraplikasikan secara tepat ya. Aku baru tahu deh dengan aplikasi yang begini, karena memang di luar circle aku. Pastinya banyak manfaat nih buat yang bergelut di bidang ini. Keren.

    BalasHapus
  40. wah, menarik sekali keponakan baru lulus kuliah ambil arisetektur, semoga nanti bisa dapat info lebih banyak di blog ini

    BalasHapus
  41. tomps ini memberikan banyak kemudahan ya bagi pelaku dunia usaha dalam mengelola dan memenej usaha mereka. sepertinya harus lebih banyak dishare dan disosialisasikan ya nih ke teman2 dan keluarga sy .mana tahu merkeka butuh

    BalasHapus
  42. Wah menarik sekali ya sekarang ada aplikasi manajemen proyek khususnya buat renov rumah nih pasti bermanfaat banget supaya bisa terlihata besaran dana kebutuhan yg harus dipersiapkan

    BalasHapus
  43. enak yaa kalau pakai jasa konsultan arsitektur. rumah jd bagus tatanannya. rumah saya dirancang sendiri sm suami, jd agak aneh gara2 bonek dan bukan ahlinya. wkwkwk

    BalasHapus
  44. bagus kalau pakai jasa konsultan memang desain dan harga langsung ketahuan dan hasilnya jg memuaskan. aku baru tahu kalau ada aplikasi seperti TOMPS yang memudahkan pemantauan... ahh harus diniatkan memang yah.

    BalasHapus