Makanan menjadi salah satu kebutuhan primer manusia selayaknya sandang (pakaian) dan papan (rumah). Namun, dengan berkembangnya jaman makanan tak hanya dimakan untuk memenuhi kebutuhan bertahan hidup, tapi sekaligus untuk memanjakan lidah. Nggak heran kalau bisnis kuliner semakin merajalela. Gerai-gerai makanan baik dengan cita rasa lokal maupun manca negara hadir di sekitar kita. Kemudahan teknologi juga membuat segalanya makin mudah karena berjualan makanan kini bisa dilakukan secara online.

 

Nah, dalam kesempatan ini saya akan mengajak teman-teman untuk berkenalan dengan seorang mompreuneur asal kota Solo, yaitu Mom Vecha, biasa saya panggil mom Vey.

 

Mom Vey adalah ibu satu putra yang menyukai dunia masak memasak hingga akhirnya menciptakan suatu merek kuliner lezat, yaitu Mommy’s Pizza. Nah, kita ngobrol dulu yuk, dengan mahmud cantik satu ini...

 

 

Hai mom, sedang sibuk apa sekarang?

Halo mom, saat ini aku masih tetap disibukkan dengan rutinitas utama sebagai mommy-nya Baim (putra pertama mom Vey), seorang istri, seorang anak, dan jualan online Mommy’s Pizza.

 

 
Saya salah satu pecinta Mommy’s Pizza lho mom, bisa diceritakan sejarah tentang Mommy’s Pizza?

Jadi aku ini memang pada dasarnya suka masak dan suka ekperimen resep makanan. Selain itu aku juga tipe orang yang suka mencoba hal baru. Nah, sebelum pandemi Covid-19 melanda aku sering ikut acara foodfest, paling semangat untuk datengin acara kuliner dan nyobain makanannya yang unik-unik. Bahkan, kalau disuruh milih cuci mata di mall dan foodfest, aku lebih milih cuci mata dia foodfest, hihihi...

 

Tiap aku datang ke foodfest aku sering ketemu teman yang jualan di sana. Ternyata mereka hanya jualan saat ada foodfest lho... Walau begitu, jualan mereka laris banget sampai banyak yang antri. Senang rasanya melihat kesibukan mereka.

 

Kebetulan suami dan anakku memang suka ngemil, jadi setiap kulineran aku juga belajar dari apa yang kami makan, belajar apa saja bahan-bahannya, bagaimana cara membuatnya dan praktik sendiri di rumah. Lalu aku unggah hasil masakanku di media sosial, di Instagram Story dan WhatsApp Story. Ternyata animonya bagus. Banyak yang komentar “mau dong”, “bikinin dong”, bahkan ada yang tanya “harganya berapa mom?” Melihat fenomena itu aku jadi punya ide untuk menjual masakanku.

 

Seiring berjalannya waktu aku punya ide untuk membuat merek produkku sendiri agar bisa aku jual dan menghasilkan cuan. Lahirlah merek usahaku, yaitu Mommy’s Pizza.

 

 

Kenapa memilih  Pizza?

Menurutku pizza banyak disukai baik itu oleh anak-anak maupun orang dewasa. Varian topping pizza beragam, tapi dari hasil pengalamanku, kualitas pizza ditentukan oleh dough-nya. Jadi aku buat dough pizza yang benar-benar berkualitas.

 

“Dough Mommy’s Pizza dijamin tetap empuk walaupun sudah dingin. Dough ini dibuat dengan penuh cinta dan tanpa menggunakan mixer lho, hahaha...” ujar mom Vey sumringah.

 

 

Menu apa saja yang ada di Mommy’s Pizza?

Ada banyak menu Mommy’s Pizza, untuk menu pizza sendiri ada:

  • Mommy Now, terdiri dari topping saus rahasia mommy, sosis, jamur, paprika, bawang bombai, mayones, dan mozarella.
  • Mommy Hitz, terdiri dari topping saus rahasia mommy, beef, nanas, kacang polong, bawang bombai, mayones, dan mozarella.
  • Mommy Kece, terdiri dari topping saus rahasia mommy, full keju cheddar dan mozarella.
  • Ada pilihan pinggiran pizza juga yaitu sosis dan mozarella.


  • Splitza, yaitu dua jenis topping favoritmu dalam satu pan pizza.


  • Untuk acara istimewa seperti untuk acara ulang tahun, klien bisa request topping sesuai selera, jadi dibikin seperti prakarya yang unik.


Mommy’s Pizza juga punya produk selain pizza, diantaranya ada:
  • Pasta dan spaghetti bolognese dengan saus homemade istimewa.
  • Ricebowl
  • Salad


  • Aneka camilan, snack, dan minuman.

 


Mommy Now adalah produk yang menjadi best seller Mommy’s Pizza selama dua tahun ini.


Awal bulan April Mommy’s Pizza meluncurkan produk baru, yaitu Crispy Fire Chicken, yaitu ayam goreng krispi yang disiram saus rempah dan dicocol saus keju.

 




Yang pasti, produk makanan Mommy’s Pizza benar-benar dijaga kualitasnya. Agar semuanya, baik dough dan topping terjaga kesegarannya. Saya juga terjun langsung untuk belanja bahan, alat, dan memproduksi makanan Mommy’s Pizza. Quality control is No.1.


 

Ada rencana membuat produk frozen custom untuk anak-anak mom?

Mommy’s Pizza ada produk dough frozen mom, kalau untuk topping mungkin bisa dibeli di mana saja yang sesuai selera. Sebenarnya kami ada rencana membuat cooking class untuk anak dan remaja, namun sayang harus di tunda karena masih pandemi.

 

 

Gimana sih, cara order Mommy’s Pizza

Untuk sementara ini karena saya masih kerja sendiri, untuk pizza order bisa dilakukan by WhatsApp atau DM Instagram @mommys_pizza. Untuk snack dan Crispy Fire Chicken bisa dipesan melalui GoFood dan GrabFood.

 

 

Saat order ramai pasti sibuk banget ya mom, apalagi semua dikerjakan sendiri. Nah, gimana sih cara menyeimbangkan antara keluarga?

Biasanya aku buat jadwal mom, jadi ada haria libur di mana aku ngga jualan karena memang khusus family time. Jadi setiap hari aku punya kuota pizza mom, kalau kuota habis tapi masih ada yang mau pesan bisa booking dulu dan masuk order hari berikutnya..

Ada juga jam-jam tertentu untuk close order, nah, di situ aku ngurus Baim, pokoknya harus  disempatkan ada bonding sama Baim.

 

Bahkan sampai usia Baim 5 tahun, dia belum pernah sekolah formal sama sekali lho. Jadi ya sekolah di rumah ada sama aku, 24/7 sama aku. Sekolah paling cuma ikutan trial aja, hehe... Tapi alhamdullilah anaknya ngga cranky, bahkan happy bantuin aku di dapur, kadang bantuin ngasih nota kalau ada ojol ambil pesanan. I’m so produk of him.


Mom Vey dan baim, putra tercinta


 

Alhamdullilah juga suami orangnya ngga riweuh harus selalu diladeni, bersyukur sekali atas pengertiannya. Kami berdua bisa bagi tugas dengan baik, yang penting saat suami butuh aku, aku ada buat dia.


 

Apa yang mom Vey lakukan untuk refreshing/me time?

Me time aku simpel, cukup tiktok-an, kadang scrolling atau bikin bikin konten di tiktok. Kadang ya nge-halu bias, Channel EXO mom, hahaha.... Aku juga suka nonton drama Korea. Tapi kalau udah banjir order, tiktok dan drakornya minggir dulu, hehehe...


 

Adakah tips untuk pembaca yang ingin membangun usaha kuliner?

Kalau dari aku lebih tepatnya quote sih mom,

 

Ide itu tidak akan artinya tanpa realisasi

 

Jadi kalau cuma sebatas ide saja tapi masih banyak mikir, masih ragu, takut, dan tidak percaya diri, impian kita tidak akan terwujud. Dicoba ada dulu, karena bisnis itu pasti rugi tapi akan berhasil kalau kita sudah niat dan berusaha.


 

Apa harapan terbesar mom Vey untuk Mommy’s Pizza?

Harapan saya bisnis kuliner saya ini ngga hanya sebatas usaha rumahan, namun bisa lebih berkembang lagi. Semoga besok bisa tambah pegawai, minimal bisa membantu saat hectic. Semoga bisa menemukan tempat yang cocok untuk membuka restoran agar lebih dikenal masyarakat luar Solo, bahkan dikenal hingga manca negara, aamiin...

 

Walau hingga saat ini saya belum ada rencana untuk mendaftarkan hak cipta merek dagang saya, namun semoga saya bisa menjadi investasi, apalagi Baik juga ikut andil dari kecil saat bisnis ini dirintis.

 

 

 

Demikian ngobrol kita bersama mom Vey, Owner Mommy’s Pizza. Semoga dapat menjadi manfaat bagi kita bersama ya temans.


Sapamama juga ingin mengucapkan selamat ulang tahun untuk Baim, putra mom Vey, semoga kelak tumbuh menjadi pria berbakti kebanggaan keluarga, aamiin....








Salam Hangat,

sapamama

24 Komentar

  1. Ngeliat pizza di atas jadi pengen, terus scroll dan baca kebawah eh ketemu sama Fire Chicken yang bikin jadi pengen nyobain......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fire Chicken Mommy’s pizza gurih dan pedasnya ga ada lawan mom.... 😆

      Hapus
  2. wow enak terlihatnya, makasih infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali Mam Tira, jika mampir ke Solo jangan lupa cobaan Mommy’s Pizza ya...

      Hapus
  3. aku suka banget pizza. Lucu2 ya, nama menunya. Bisa kirim ke semarang?

    BalasHapus
  4. Seruuu, nih
    Owner Pizza homemade, jago masak, dan jadi ibu/istri yg baik.
    Keren bgt dan super inspiring!
    Mau coba ahhh kalo daku nanti cuss ke Solo :D

    BalasHapus
  5. Aduh, saya penggemar berat pizza tentu langsung ngiler liat foto2 pizza di blog Mba. Haha. Inspiring ya Mom Vecha, saya senang baca artikel tentang perempuan2 hebat yang menginspirasi kayak gini..

    BalasHapus
  6. wuah kalau aku tentu pilih pizza split, biar double puasnya, seolah-olah makan 2 lingkar pizza varian beda hoho
    duuuh pengen nyobain deh

    btw keren ya Mom Vecha, inspiring mom

    BalasHapus
  7. Ide itu tidak akan artinya tanpa realisasi...jleb banget ini, salut dan sukses untuk Mom Vey dengan Mommys Pizza, homemade pizza yang enak dan menggoda. Juga ayamnya tuh mantap kelihatan. Semoga makin laris manis dan lancar jaya usahanya

    BalasHapus
  8. Waah, kalo ntr aku mudik ke solo, bisa nih mba aku coba pesen pizzanya :). Juga pasta... Anak ku yg no 1, itu penggila berat pizza :D. Dia kalo diizinin makan pizza trus2an, ga bakal bosen kali..

    BalasHapus
  9. wah produknya komplit ya mbak, nggak hanya pizza tapi ada spageti dan salad juga
    bisa jadi kuliner pilihan saat jalan jalan ke solo nih

    BalasHapus
  10. Quote nya bagus dan mengena sekali, karena tanpa realisasi ga jadi apa2. Tertarik dengan frozen dough nya, dibuat tanpa mixer pula ya

    BalasHapus
  11. Wiwin | pratiwanggini.net15 Mei 2021 04.18

    Bisnis makanan memang enggak ada matinya. Ide yang direalisasikan pasti membuahkan hasil. Sukses selalu untuk Mommy's Pizza.

    BalasHapus
  12. Buatku yang lebih suka pizza homemade, ini bikin ngiler banget sih. Apalagi toppingnya melimpah ya, nggak pelit sama sekali

    BalasHapus
  13. Kayanya menu splitsza menggiurkan ya bisa makan 2 jenis menu dalam satu loyang sekaligus

    BalasHapus
  14. Lebih puas banget memang kalau makan pizza homemade begini.
    Aku salut banget sama ibu mompreneur begini. Sudahlah mengurus rumah tangga, tapi juga bisa produktif menghasilkan.

    BalasHapus
  15. Whuah, pzza emang nggak nolak akutuh. Lezat dan mengenyangkan. Apalagi pizza homemade dari mommy pizza sepertinya lezat dan bergizi, ngiler akutu.

    BalasHapus
  16. Aduh buka ini pas lagi siang hari
    Harusnya sudah makan siang
    Tapi nunggu kiriman rendang
    Jadi pengen pizza lihat ini

    BalasHapus
  17. Yes.. Tulisannya bukan sekadar review produk, tapi ada juga tips usahanya. Keren.

    BalasHapus
  18. Hebat nih Mom Vey, bisa seimbang antara pekerjaan dan mengasuh Baim. Jadi pengen juga nih kalau ada frozennya, bisa dong pesan dari luar kota. Tinggal kasih toping trus panggang yah...

    BalasHapus
  19. Yah sayang jauh ya di Solo coba ada di Jkt langsung ku order deh Pizzanya..dari gambarnya yummy banget nih ..apalasgi toppingnya ..lezat pastinya..sukses dan lancar ya mom usahanya..

    BalasHapus
  20. nama-nama menunya lucu lucu banget, cocok buat cemilan mommy mommy nih. ini belum buka cabang di jabodetabek ya mba?

    BalasHapus
  21. Wah kreatif bgt ya pizzanya. Restonya juga keliatan pewe

    BalasHapus
  22. Masya Allah.. tulisan Mbak bikin saya semangat lagi untuk bisnis. Dari sini saya bisa belajar kalo apapun passion kita, fokus utama adalah untuk keluarga. Yang lain cuma sambilan aja.. Bismillah smg Allah mudahkan bisnis tapi tetap fokus di rumah. Aamiiin

    BalasHapus