Webtoon dengan kisah yang manis ini cocok untuk mengawali hari di tahun baru 2020. Ilustrasinya cantik dan unik.

Jika sebelumnya kita telah membahas tentang webtoon tentang kehidupan masa remaja dengan banyak pertarungan, maka di artikel ini kita akan berbicara tentang beberapa webtoon memiliki cerita yang manis dan terlalu menarik untuk dilewatkan. Yuk, mari kita simak :)

1. Your Letter
Sumber : www.webtoons.com/id

Webtoon karya Hyeon A Cho ini berkisah tentang seorang gadis SMA, Sori Lee yang pindah sekolah karena mengalami bullying di sekolah sebelumnya.  Di sekolah baru dia dikejutkan oleh banyak hal. Salah satunya adalah surat yang ada di meja yang ia duduki di kelasnya. Sebagai anak pindahan, tentu ada kesulitan bersosialisasi, surat yang ia dapatkan membantunya untuk dapat mengenali teman-teman satu kelasnya. Tak hanya itu, surat yang diketahui ditulis oleh Hoyon Jung ini juga memberikan informasi rinci tantang sekolahnya. Misalnya tentang jalan termudah untuk keluar masuk gedung sekolah, ke kantin, spot delivery order terbaik, tempat panahan, spot terbaik muntuk makan siang sambil membaca buku, dan lain-lain. 

Suratnya tak berhenti sampai di sana, ada petunjuk yang mengarah pada surat ke-dua, ke-tiga dan seterusnya.
Sumber : www.webtoons.com/id

Tempat diletakkannya surat itupun unik dan menarik, bisa dibilang tempat-tempat itu istimewa dan hanya Hoyon yang mengetahui tempat tersebut. misalnya saja di bagian dalam perpustakaan, di rumah kaca sekolahan yang dijaga ibu security yang baik hati, bahkan di dasar kolam lotus yang indah. Dalam perjalanannya mencari surat, Sori bertemun denga Dohun Park, sahabat Hoyon. Bersama-sama mereka mencari seluruh surat yang ditinggalkan Hoyon.


Webtoon singkat ini ternyata bermuara pada hubungan persahabatan indah di masa kecil mereka. Webtoon yang memiliki toptal 10 wpisode ini sudah ada di bagian komik yang lengkap/tamat, jadi kita tidak perlu menunggu-nunggu tiap minggunya. Yuk, kita baca webtoon Your Letter ini bersama-sama
Sumber : www.webtoons.com/id

2. Summer Breze
Sumber : Akun Instagram penulis @hedaa2002

Webtoon ini adalah karya dari komikus Spirit Finger yaitu Kyoungchal Han. Komik singkat ini banyak menyajikan gambar pemandangan yang menentramkan. Ceritanya pun sederhana dan hangat. Untuk gambar jangan ditanya ya... Kyoungchal Han memiliki ciri khas gambar yang unik, artistik dan apik yang embuat kita enggan berpaling dari karyanya. Dalam tiap kisah yang ditampilkan selalu ada unsur drama, romantisme, dan tentunya komedi yang dapat menghibur kita.
Tak ada kata bosan untuk karyanya. Yang ada hanya kerinduan untuk menanti karya-karya berikutnya.
Sumber : Akun Instagram penulis @hedaa2002

Summer Breeze bercerita tentang seorang mahasiswi fakultas hukum universitas terkenal di Korea bernama Yoon Ho. Ia pulang ke kampung halaman orangtuanya saat musim panas. Di kampung ia tinggal bersama paman, bibi, dan neneknya yang sudah pikun. Neneknya memiliki ayam betina kesayangan yang selau duduk dipangkuan nenek. Sayangnya, ayam itu sangat galak, hahaha....

Ada juga binatang selain ayam, yaitu seekor kambing dan seekor kucing bernama Nouvelle Vague (ups, bikin lidah kesrimpet ya?). Nouvelle Vague bahasa gerakan film Prancis yang berarti gelombang baru. Ada-ada saja ide nama kucingnya, hehehe.... Namun karena kucing itulah Yoon Ho bisa bertemu dengan teman masa kecilnya, Kwon Dong He. Ada percikan romansa remaja di sini, hihihi...

Sumber : Akun Instagram penulis @hedaa2002

Saat di rumah neneknya Yoon Ho menemukan kota barang berharganya yang di dalamnya terdapat buku harian yang ia tulis saat masih kanak-kanak. Banyak kenangan yang tertulis dalam buku hariannya itu. Sebagai orang yang hidup dibesarkan dengan nenek, hati saya tentu tersentuh juga saat Yooh Ho mengingat-ingat masa kecinya bersama nenek. Makin Yoon Ho membaca bukunya, makin ia rindu akan sosok neneknya.

Semakin episode bertambah, semakin nampak konflik yang ada dalam keluarga Yoon Ho. Kenapa ayahnya enggan pulang kampung? Ada apa dengan pamannya di kehidupan masa lau? Siapa sesungguhnya Kwon Dong He? Dan apa yang sebetulnya diinginkan Yoon Ho akan terungkap.

Summer Breeze juga sudah masuk dalam daftar webtoon yang sudah lengkap. Hanya 12 episode namun kisahnya menyentuh hati kita. Percaya atau tidak, silahkan buktikan sendiri yah ;)

3. Blue
Sumber : Akun instagram penulis @kennsaty

Berbeda dengan dua komik sebelumnya yang berasal dari negeri gingseng, Blue adalah webtoon karya anak bangsa, yaitu Kennsaty. Komik ini menggunakan plot mundur, yang awalnya memiliki setting di tahun 2018 lalu mundur ke belakang di masa SMA tahun 1990an. Tokoh utamanya ada seorang gadis bernama Juni yang memiliki indra ke-enam sehingga dapat melihat makhluk tak kasat mata. Suatu hari Juni bertemu dengan sesosok hantu yang kemudian ia beri nama Jim.

Selain Jim, Juni juga bersahabat dengan dua orang teman yang bernama Bebeng dan Sam. Mereka semua tinggal di lingkungan yang sama dan sekolah di sekolah yang sama.

Juni memiliki trauma di rel kereta api dekat dengan tempatnya tinggal karena orangtuanya meninggal dalam kecelakaan kereta. Walau nampak berbau horror, tapi hanya sedikit unsur horror di salam komik ini. Unsur drama keluarga dan persahabatan sangat mendominasi, ditambah dengan jokes-nya yang asyik.

Bagi generasi 90-an, saat membaca komik ini maka kita akan sering merasakan flash back yang menggiring pada kerinduan masa kecil kita. Salah satu hal yang menarik adalah... Juni, Jim, Bebeng, dan Sam bersahabat. Ya, walau dalam sosok hantu nyatanya Jim tak hanya dekat dengan Juni, tapi juga dekat dengan Bebeng dan Sam. Untuk dapat mengetahui posisi Jim, biasanya ia akan mengenakan topeng kamen raider dan jubah. Dan tahukah apa yang mereka lakukan? Main nintendo! Hahaha...
Sumber : Akun instagram author @soy_o_ung

Belum lagi momen pada suatu malam mereka berempat menyusup di sekolah. Accidently aksi mereka kepergok guru BK dan dengan "cerdas"nya mereka berpura-pura sedang bermain sepak bola di dalam gelapnya malam hingga akhirnya sang guru pingsan karena melihat jubah dan topeng terbang :) Ada banyak scene penuh tawa dan canda dalam komik Blue. Namun scene yang membuat kita berkaca-kaca juga banyak.
Sumber : Akun instagram penulis @kennsaty

Ananing tresni jalaran seko kulino, artinya rasa cinta datang karena terbiasa. Itulah yang terjadi pada Juni. Karena sering bersama dengan Jim, lama-kelamaan Juni yang menutup diri bisa terbuka menerima persahabatan dan takut kehilangan Jim. Namun seperti yang kita tahu, Jim bukan manusia. Dan ternyata dia juga bukan hantu. Lalu, siapakah Jim yang sesungguhnya? Yuk, kita baca sama-sama Blue karya Kennsaty ini. Spoiler ya... It's a bitter sweet ending :)

Sumber : Akun instagram penulis @kennsaty

4. Knitting Room
Sumber : Akun instagram author @soy_o_ung
Jika ke-tiga webtoon sebelumnya sudah tamat, maka webtoon Knitting Room ini masih update mingguan, tepatnya setiap hari Jumat (namun terbit setiap Kamis maam pukul 22.00 WIB). Karya Soy O Ung ini berkisah tentang Hyun, seorang wanita karir biasa yang baru saja kehilangan kakaknya, keluarga satu-satunya. Hyun merupakan gadis muda yang tertutup. Kegiatannya setiap hari hanyalah bekerja tanpa bersosialisasi dengan rekan-rekannya.

Pada suatu malam dalam perjalanan pulangnya ia tersesat dan menemukan sebuah toko yang indah diantara gedung-gedung yang tinggi. Ada sesuatu yang menarik dari toko itu sehingga Hyun tertarik untuk mendekat.
Sumber : www.webtoons.com/id

Pemilik toko itu adalah seorang nenek yang ramah. Dengan duduk dan menikmati teh yang disajikan untuknya, Hyun merasa jauh lebih baik dari sebelumnya.
Sumber : www.webtoons.com/id

Di dalam toko itu terdapat berbagai boneka binatang yang lucu dan menggemaskan. Di sana tersedia berbagai benang dan alat rajut. Nenek memberikan satu benang istimewa untuk Hyun.
Sumber : Akun instagram author @soy_o_ung

Saya sangat menyukai penggambaran dalam Knitting Room ini. Hyun adalah kita yang membutuhkan suatu ruang khusus untuk memperbaiki diri, healing dari hal negatif dari dalam dan luar diri kita. Kita tak bisa selalu sendiri, adakalanya kita butuh teman untuk menuntun setiap langkah kita, untuk memastikan bahwa kita berjalan di arah yang tepat.

Demikian apa yang bisa saya bagikan kali ini. Semoga bermanfaat ya.


Salam Hangat,
sapamama

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Waah suka baca komik di webtoon juga maak. Aku sesekali ajaaa. Kalo udah suka biasanya baca maraton xixixi. Oya aku juga ada komik di line webtoon tapi di challenge namanya mak irits

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mak.... Salam kenal ya.... Wuih, keren sekali mak... Multitalenta!
      Ah, senangnya dikomen sama author Mak Irits, hihihi....
      Sukses selalu ya mak...

      Hapus