Salah satu yang dibutuhkan seorang perempuan pasca melahirkan adalah hiburan. Setuju?

Nah, ada beberapa tayangan hiburan yang mendampingi hari-hari saya kala menjadi ibu baru. Pertama, Friends dan satu lagi adalah Jane The Virgin. Kalau Friends benar-benar mendampingi saya sejak bulan pertama melahirkan, Jane The Virgin datang menghibur beberapa saat setelahnya melalui Sony Channel yang menjadi salah satu channel di Indovision kala itu (sekarang MNC Vision).


Jane the Virgin

Sinopsis Jane the Virgin


Jane the Virgin adalah sebuah drama komedi romantis Amerika dan telenovela satir yang dikembangkan oleh Jennie Snyder Urman. Serial ini ditayangkan perdana 13 Oktober 2014, di The CW dan berakhir pada 31 Juli 2019. Serial ini adalah adaptasi dari telenovela Venezuela Juana la virgen yang dibuat oleh Perla Farías. Jane the Virgin dibintangi Gina Rodriguez sebagai Jane Gloriana Villanueva, seorang perawan Latina berusia 23 tahun yang taat beribadah dan berkomitmen menjaga kesuciannya. Jane ahir dari ibu tunggal dan hidup bersama ibu dan neneknya.

Jane yang bercita-cita menjadi penulis harus menerima fakta mengejutkan bahwa ia hamil setelah terjadi inseminasi buatan yang tidak disengaja oleh dokter kandungannya.

Jane diinseminasi dengan sampel terakhir dari seorang pengusaha hotel lokal tempat Jane bekerja sebagai pelayan, Rafael Solano, seorang penyintas kanker. Istrinya, Petra, ingin mengejutkan Rafael dengan inseminasi. Jane mengetahui dia hamil setelah dia pingsan di bus.

Saat itu Jane berkencan dengan Michael Cordero, seorang detektif kepolisian Miami.  Michael tidak tertarik membesarkan anak dari lelaki lain. Ternyata Rafael memiliki hotel tempat Jane menjadi pramusaji. Setelah bertemu Rafael dan mendengar situasinya, dia setuju untuk melahirkan bayi itu sepenuhnya dan menyerahkan hak asuh kepadanya dan istrinya Petra, tetapi hanya jika dia yakin bayinya akan aman dan dicintai oleh pasangan Rafael-Petra.

Sepanjang nonton Jane the Virgin selalu terpesona dengan kecantikan Petra (Yael Grobglas).
Sumber: TV Guide

Jane memutuskan pertunangan dengan Michael karena dia menyimpan rahasia darinya tentang keluarga Solano. Saat kehamilan tumbuh, Rafael dan Jane mulai memiliki perasaan satu sama lain, tetapi hubungan itu tidak berlangsung lama.


Jane akhirnya memiliki bayi laki-laki bernama Mateo Gloriano Rogelio Solano Villanueva. Dia menikahi Michael Cordero di akhir musim kedua. Dalam episode kesepuluh musim ketiga, dia menjadi janda ketika Michael meninggal karena komplikasi yang terkait dengan luka tembak. Setelah mencoba menemukan surat yang ditulis Michael untuknya saat dia masih hidup, mantan pacar Jane, Adam kembali ke kehidupannya, mengeluarkan sisi menyenangkan yang tersembunyi setelah melahirkan. Sayangnya Adam segera meninggalkan Jane karena tawaran pekerjaan. Dia kemudian menemukan perasaannya muncul kembali untuk Rafael lagi, dan setelah mereka bersatu kembali di season 4, dia menikahinya di akhir season 5.

Di Season 2 Petra melahirkan anak kembar.

Ga hanya di situ, dikisahkan juga kalau ternyata sperma Rafael masih ada dan Petra melakukan inseminasi, akhirnya dia hamil anak kembar dong... Jadi Rafael anaknya 3, hehe...

Dan yang makin bikin jlimet, dokter kandungan di Jane the Virgin ini masih ada hubungan dengan Rafael, yaitu adik perempuannya.

Jane, Xiomara, dan Abuella ngobrol di teras rumahnya.
Sumber: Teen Vogue

Selama menonton serial Jane the Virgin saya paling suka dengan hubungan antara Jane, Xiomara, dan Abuella. Meski hidup bertiga namun mereka kompak dan senantiasa saling membantu. Yah, walau ada berantemnya juga sih, hehehe. 

Yang bikin gemes adalah momen ketika Jane mengetahui bahwa ayahnya adalah seorang aktor, Rogelio. Bapaknya Jane kocak banget. Beliau udah ada uban(ubanan?) tetep ganteng, gak kalah sama yang muda.

Ayah dan ibu Jane akhirnya menikah.
Sumber: popsugar.com


Ending Jane the Virgin

Mungkin karena diangkat dari telenovela, kisah Jane the Virgin ini agak berputar-putar khas telenovela. Makanya nggak heran kalau serial ini bisa berujung hingga 5 season. Yang paling bikin greget adalah sosok Petra yang sudah meninggal digantikan oleh kembarannya. Hmmm...telenovela banget kan... Akhirnya saya hanya mampu menyaksikan hingga season 3 saja, hehehe....

Pernikahan Rafael-Jane di Season 5
Sumber: wonderoes.com



Woori the Virgin

Sinopsis Woori the Virgin


Jadi... Oh Woo-Ri (Lim Soo-Hyang) bekerja sebagai asisten penulis di serial drama populer. Meskipun dia berkencan dengan Detektif Lee Gang-Jae (Shin Dong-Wook), dia ingin menjaga keperawanannya sampai dia menikah. Pacarnya menerima keinginannya. Suatu hari, Oh Woo-Ri pergi ke OB-GYN untuk pemeriksaan rutin. Karena kesalahan dokternya, Oh Woo-Ri hamil melalui inseminasi buatan. Ayah biologis dari bayi Oh Woo-Ri adalah Raphael (Sung Hoon). Dia adalah CEO sebuah perusahaan kosmetik. Dia memberikan kesan bahwa dia dingin, tetapi, dalam pikirannya, dia adalah seorang romantis dan ingin bertemu dengan orang yang dia cintai.

Biarpun romantis begitu, tapi Rafael sudah punya istri bernama Ma-Ri yang sudah berselingkuh di belakang Rafael. Latar belakang Ma-Ri juga misterius, ibunya semacam mantan mafia. Jadi nggak heran kalau Ma-Ri bukanlah dirinya yang sesungguhnya, tapi seorang wanita yang menyembunyikan identitas aslinya dibalik sosok Ma-Ri.

Momen saat Woo Ri dan Gang Jae membicarakan kesalahan inseminasi
Sumber: @woorithevirgin

Hubungan Woo Ri dan Gang Jae sebetulnya too good to be true ya, pasangan yang manis banget. Apalagi keduanya orang baik yang nggak neko-neko. Namun sejak kasus salah inseminasi, kehidupan mereka bergejolak. Apalagi saat Woo Ri tahu kalau Rafael adalah ciuman pertamanya, jadi kebayang-bayang terus tuh sama si Rafael.

Pertemuan Woo Ri dan Rafael di masa lalu
Sumber: @woorithevirgin

Kalau menurut aku pribadi ya, dalam kasus ini Woo Ri menghianati Gang Jae karena rasa cintanya sama Rafael. Jadi nggak heran kalau Woo Ri minta putus. 

Woo Ri, ibu, dan neneknya
Sumber: @woorithevirgin

Ngomongin keluarga Woo Ri, kurang lebih sama dengan keluarga Jane. Mereka bertiga, Woo Ri, ibu dan neneknya punya hubungan yang dekat. Ayahnya Woori, aktor Choi Sung Il juga kocak dan super narsis, ngitungin followers instagram melulu, hehehe...


Ending Woori the Virgin

Kalau ending Woo Ri the Virgin dibuat sama dengan Jane the Virgin, maka kemungkinan akan berakhir sama, yaitu Woo Ri menikah dengan Rafael. Namun apakah Gang Jae bernasib naas seperti Michael yang sedang bertugas? Entahlah. Misalnya Gang Jae tetap ada, semoga dia mendapatkan kebahagiaan, ya...


Beda Jane the Virgin dan Woori the Virgin

Secara garis besar Woori the Virgin sama dengan Jane the Virgin. Namun, ada penyesuaian di beberapa hal, misalnya:

  • Rafael bukan pengusaha resort, tapi pemilik perusahaan kosmetik (dan rumah sakit kecantikan). Lebih cocok sih dengan budaya Korea Selatan.
  • Dalam Jane the Virgin hubungan Jane dan Michael cukup panas, bahkan sering make out walau nggak pernah berhubungan badan, sedangkan di Woo Ri the Virgin, hubungan Woo Ri dan Gang Jae ini pure, murni, polos, benar-benar penggambaran umat Katolik yang taat.
  • Meskipun Jane dan Woo Ri sama-sama penulis, tapi Jane lebih ke arah penulis novel, sedangkan Woo Ri adalah penulis naskah drama yang jadi benang merah pertemuannya dengan ayahnya.
  • Rafael dalam Jane the Virgin tidak memiliki ayah dan semua keputusan perusahaan diputuskan sendiri, sedangkan di drama Woo Ri the Virgin Rafael memiliki ayah. Layaknya keluarga Asia, banyak keputusan yang diambil berdasar persetujuan ayahnya. Bahkan untuk bercerai dari Ma-Ri saja sulit banget.
  • Seksualitas yang ditampilkan dalam Woori the Virgin lebih sedehana, antara laki-laki dan perempuan. Dalam Jane the Virgin, seksualitas yang ditampilkan sangan kompleks dan menyentuh berbagai aspek, normal, gay, bi, dan panseksual.


Hmmm... Apa lagi ya... Coba deh nanti teman-teman temukan perbedaan lain antara Jane the Virgin dan Woo Ri the Virgin ya. Serial Jane the Virgin bisa kamu saksikan di Netflix, sedangkan Woo Ri the Virgin bisa kamu ikuti di VIU.

Sudah nonton dua-duanya? Tulis pendapat kalian di kolom komentar ya...



Salam Hangat,

sapamama


2 Komentar

  1. Klo woori jadi sama raphael mau stop aja ah nontonnya 😰

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngga tega ya sama Kang Jae, huhu... Beruntung si Woo Ri dikelilingin orang baik

      Hapus