Puncak liburan di Jepang biasanya ada di musim semi dan musim gugur. Di musim semi kita akan dimanjakan dengan keindahan bunga Sakura. Sedangkan di  musim gugur kita akan dimanjakan dengan daun Momiji yang indah. Selama ini menyaksikan kelopak bunga Sakura berguguran menjadi primadona wisatawan. Tapi tahukah teman-teman bahwa sebetulnya di Jepang ada banyak festival bunga yang indah? Berikut ini adalah 5 festival bunga yang indahnya nggak kalah cantik dari festival bunga Sakura.


Fuji No Hana

Sumber foto : Akun instagram @explorettt

Biasa disebut juga dengan bunga Wisteria. Teman-teman dapat menikmati keindahan bunga Wisteria di Kawachi Fujien Garden yang ada di perfektur Fukuoka dan Ashikaga Flower Park di perfektur Thochigi. Ada berbagai warna bunga Wisteria, yaitu warna putih, merah muda, dan biru. Bunga ini merupakan tanaman rambat sehingga membutuhkan penopang. Penopang inilah yang meningkatkan keindahan Wisteria. Kita akan diajak berjalan dalam lorong Wisteria yang indah. Serasa berjalan di dunia peri! Waktu terbaik untuk menyaksikan mekarnya Fuji No Hana ada di bulan April hingga pertengahan Mei.


Ajisai

Sumber foto : Akun instagram @shabrinahp

Hydrangea dan Hortensia adalah nama lain bunga Ajisai. Bunga ini adalah salah satu bunga favorit di Jepang karena melambangkan datangnya musim hujan. Bunkyo Hydrangea Festival atau Bunkyo Ajisai Matsuri adalah festival bunga yang rutin digelar di Tokyo sejak 30 tahun terakhir. Festival ini diselenggaraka selama 9 hari, dari awal hingga pertengahan bulan Juni. Lokasi festival ini ada di sekitar kuil Hakusan. Ada sekitar 30 macam bunga ajisai yang dapat kita nikmati. 


Shibazakura

Sumber foto : Akun instagram @shabrinahp

Pink Moss adalah nama lain bunga Shibazakura. Bunga ini merupakan bunga yang populer di musim semi. Ada banyak kebun dan festival Shibazakura di Jepang. Namun yang paling terkenal adalah Fuji Shibazakura Festival yang berlokasi di kaki gunung Fuji. Indahnya dobel! Waktu terbaik untuk menikmati keindahan Shibazakura ada di pertengahan April hingga Mei.


Kochia 

Sumber foto : Akun instagram @shabrinahp


Bunga Kochia bermekaran di musim gugur. Kochia dapat kita nikmati di Taman Nasional Hitachi yang berada di Perfektur Ibaraki. Luas taman ini tidak tanggung-tanggung, yaitu sekitar 200 hektar. Spot terbaik bunga Kochia ada di Bukit Pandang (Mirahashi no Oka). Di sana terdapat 32.000 tanaman Kochia yang langsung menghadap ke Samudra Pasifik. Waktur terbaik untuk menikmati indahnya Kochia ada di akhir bulan September hingga pertengahan Oktober.


Poppy

Sumber foto : Akun instagram @shabrinahp

Ketika bunga Sakura mulai memudar, bunga Poppy yang mekar mengambil alih sebagai pusat perhatian. Sebagian besar bunga Poppy berwarna merah, namun ada juga yang berwarna putih dan merah muda. Bunga Poppy hanya tumbuh di beberapa lokasi saja dan biasanya di daerah pedesaan. Lokasi terbaik untuk menikmati indahnya bunga Poppy adalah di Chicibu, perfektur Saitama. Waktu terbaik untuk berkunjung ada di pertengahan hingga akhir Mei.


Pas banget nih masih di bulan April. Banyak yang bisa kita nikmati. Festival bunga yang mana yang jadi bucket list teman-teman?



Salam Hangat,

sapamama




19 Komentar

  1. Maaauuu Shibazakura mupeeng banget kapan yaa Jepang bukaa untuk turis, sudah kangeen pengen trip ke Jepang

    BalasHapus
  2. Mupeng bangeet pengen bisa menikmati suasana festival bunga di Jepang. Dan baru tahu ternyata ada banyak banget ya jenis festivalnya. Keren deh Jepang, sampe segitunya bikin festival bunga. Selama ini tahunya cuma bunga sakura aja yang sering ramai d TV atau komik hihihi

    BalasHapus
  3. aku? yah suka semua sebab aku suka bunga yang berbunga, hehehe. cuma kalo bunga yang berdaun indah bagus juga sih buat menghijaukan perkarangan yah. Kapan kita ke festival bunga nih Mba, janjian jumpa dimana

    BalasHapus
  4. Cantik2 semua ya bunganya. Kalau boleh pilih aku paling suka melihat bunga Poppy hihihi. Festival bunga di Jepang memang keren2 ya. Bunga ajisai juga manis banget, biru menggoda. Festival bunga ajisai hanya diadakan selama 9 hari ya kayaknya masih kr=urang lama menikmatinya hehehe.

    BalasHapus
  5. Indah semuaaa. Jadi ingat ketika di Batu Malang Jawa Timur bunga hidrangea bermekaran. Bukan tempat wisata hanya pinggir jalan, dan semua orang berkunjung ke sana. Andai di Batu juga dibuat lebih bagus sehingga bisa jadi salah satu festival bunga spt di Jepang

    BalasHapus
  6. Gak ada bunga lily dan bunga matahari, ya? Saya suka banget 2 bunga ini hehehe. Dari foto-foto tadi kayaknya saya pengen lihat yang Kochia, deh. Unik banget bentuk bunganya

    BalasHapus
  7. Bunga Kochia...seluas 200 hektar wah, indahnya. Semoga ada rezeki bisa menikmati dengan mata kepala sendiri suatu saat nanti. keren-keren ya festival bunga di jepang ini

    BalasHapus
  8. Ih keren banget ya bunga-bunganya bagus dan mekarnya bersamaan, kalau berkunjung ke Jepang pas festival bunga ini pasti keren dan ternyata ada banyak jenis bunga yang cantik di Jepang ya.

    BalasHapus
  9. Dennise Sihombing21 Mei 2022 14.41

    Wow...wow,,,keren banget banget deh kak itu bunga-bunganya. Indah...aku suka deh dengan bunga Shibazakura, warna ungunya ellegan. Kapan ya aku bisa kunjungi Jepang...

    BalasHapus
  10. Aaakkk ya ampuuunn makin kangen buat cuss k Jepang.

    Bucket list yg blum juga bs aku contreng nih.

    Mupeenggg

    BalasHapus
  11. Selama ini kalau menyebut Jepang, yang kebayang langsung bunga sakura. Ternyata nggak cuma Sakura aja ya keindahan bunga-bunga yang bisa dinikmati di Jepang, masih banyak bunga lainn yang tak kalah indah

    BalasHapus
  12. Cantik banget ya di musim festival bunga, warna warni gitu. Aku suka lihat Fuji No Hana, warna bunganya ungu gitu cakep banget. Tapi semuanya cakep sih apalagi kalau bisa lihat langsung ke festivalnya. Semoga suatu saat bisa juga lihat la ngsung ke Jepang

    BalasHapus
  13. Masyaallah tabarakallah pengen nangis liatnya mbak...cantik2 banget ya jd pengen datengin semuanya. Dari dulu aku ngebayangjn kalo ada kesempatan trip ke jepang tu ya pas musim semi biqr bisa menikmati bunga2 canyik

    BalasHapus
  14. Bunga kecil mungil itu namanya Bunga Poppy yaa..
    Manis sekali..
    MashaAllah~

    Ini pas banget yaa..melihat Festival bunga ala-ala Yummi Cells.

    BalasHapus
  15. MasyaAllah indah semuanya mbaaa. Aku belom pernah langsung menyaksikan tapi pernah ponakanku yang di Jepang datang ke festival ini sih

    BalasHapus
  16. Apapun namanya sepanjang itu festival bunga pasti indah. Di korea juga banyak nih festival bunga2an kek gini

    BalasHapus
  17. ya ampun bunga yang terakhir itu namanya bunga poppy ya. Baru tahu namanya. itu sejenis bunga kenikir kan ya. hehehe.

    BalasHapus
  18. Masya Allah... indah semua bunga-bunganya.. aku gak bisa milih, hihi.. Apalagi tumbuh di dataran yang luasss gitu ya, jadi makin indah penampakannya. Btw yg Ajisai itu di Indonesia ada juga kan ya? Cuma warnanya yg aku tahu biru keunguan campur putih gitu.. :)

    BalasHapus
  19. aku paling suka banget sama namanya bunga, dan aku paling suka kalo datang k festival bunga sih festival bunga Poppy dan Kochia

    BalasHapus