Tahun lalu saya membuat kanal YouTube membaca nyaring yaitu SAPAMAMA BERCERITA. Salah satu hal utama yang melatar belakangi adalah kecintaan saya dengan momen membacakan buku untuk anak. 


Nyatanya, membacakan nyaring buku untuk anak memang memiliki banyak manfaat. Seperti yang sempat saya tuliskan pada artikel Keajaiban Membaca Nyaring Bagi Ibu dan Anak, berikut ini adalah beberapa manfaat membaca nyaring yang saya rasakan:

1. Memperkuat bonding/ikatan dengan anak.

2. Mengajarkan anak berpikir kritis.

3. Sebagai pondasi awal pemahaman literasi membaca anak.

4. Mengajarkan anak mencintai buku dan menikmati proses membaca.


Nah, sejak saat itu saya makin intens berdekatan dengan buku anak, saya juga mengikuti kelas Training of  Trainer Membaca Nyaring yang dibimbing oleh ibu Roosie Setiawan, penggagas Reading Bugs Indonesia. Saya senang sekali dengan cita-cita beliau dengan menyebarkan virus membaca. Alhjamdulillah, semakin hari manfaat dari gerakan ini dapat kita rasakan.


Pasar Buku Anak di Indonesia

Dengan makin banyaknya orang tua yang tertarik dengan metode membacakan nyaring, maka makin kuat pula kesadaran orang tua untuk menikmati buku. Entah itu buku yang berbentuk fisik maupun buku digital. Ini sangat saya rasakan dengan perubahan perilaku orang tua di sekitar saya. Kini mereka tak segan untuk memburu buku-buku yang memang menjadi incaran untuk dikoleksi.

Beberapa contoh buku anak Indonesia baik terjemahan atau karya penulis lokal
Sumber : @playdatesoloraya

Dengan derasnya arus permintaan pasar, maka tak heran jika kini makin banyak penerbit yang lahir dan menerbitkan buku anak dengan berbagai jenjang. Mulai dari buku untuk pembaca dini (anak usia PAUD) hingga pembaca semenjana/advance (usia 13-15 tahun) laris manis di pasaran. Selain cerita yang menarik, salah satu yang menjadi daya tarik suatu buku adalah ilustrasi buku.


Memulai Karir Ilustrasi Buku Anak

Untuk memulai karis sebagai ilustrator buku anak tidak sulit, namun kita harus memperkuat tekad dan semangat. Langkah teknis memulai karir sebagai ilustrator buku anak:

1. Mau Belajar

Belajar adalah kunci utama. Pertama, jika belum bisa menggambar, berarti kita harus mengikuti kelas menggambar terutama untuk pemula.

2. Membeli Perangkat Untuk Menggambar

Hal ini bisa disesuaikan dengan budget. Jika belum bisa beli gawai baru, teman-teman bisa belajar menggunakan kertas secara manual. Namun jika ingin belajar menggambar secara digital, maka setidaknya kita harus memiliki smartphone yang bisa diinstal aplikasi gambar seperti Medibang atau Ibis Paint X (gratis). 

3. Semangat

Ada kalanya kita bosan, namun kita harus memandang tujuan utama kita. Saat tujuan sebagai iliustrator buku anak jelas di depan mata, maka semangat kita akan bisa mengalahkan keraguan dan rasa malah.

4. Beranikan Diri Membuka Order Gambar (Commision)

Tak ada yang lebih efektif selain berlatih. Dan akan makin asyik jika kita berlatih sekaligus dibayar. Saat karya ilujstrasimu sudah cukup baik, beranikan diri untuk membuka order. Harga terjangkau atau buat promo menarik, ya...


Ilustrasi Buku Anak

Menyadari berbagai manfaat buku dan kuatnya pasar buku anak di Indonesia, tahun 2021 juga menjadi tolok ukur saya untuk mengembangkan karir di dunia ilustrasi buku anak. Saya pun mengikuti berbagai kelas yang diselenggarakan oleh ilustrator profesional baik yang ada di dalam negeri maupun dari luar negeri.


Thanks to technology! Dengan adanya aplikasi dan website kini kita bisa belajar apa pun sesuai keinginan tanpa ada batasan, salah satunya tentu belajar tentang ilustrasi buku anak ini. Ternyata ada banyak hal menarik di dalamnya. Ternyata, membuat ilustrasi buku anak tak sesederhana itu. Ada banyak aspek detail dan penting untuk membuat buku anak semakin menarik perhatian pembaca.

Contoh ilustrasi buku anak saya untuk kelas ilustrasi pemula


Alhamdulillah dengan keseriusan dan ketekunan saya di industri ilustrasi buku anak saya dapat semakin bertumbuh menjadi ilustrator buku anak profesional. Sesekali saya juga mengisi kelas ilustrasi buku anak untuk pemula. Namun salah satu pencapaian yang menurut saya luar biasa adalah menjadi salah satu ilustrator Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud Indonesia. Sayangnya karena buku tersebut masih dalam proses kurasi, saat ini saya belum dapat membagikan isi ilustrasi buku anak tersebut.


Contoh Ilustrasi Buku Anak

Tenang, teman-teman tak perlu risau, saya akan membagikan beberapa ilustrasi karya saya, beberapa di antaranya diadopsi dari buku anak atau zine yang dibuat untuk komunitas. Untuk software, saya menggunakan aplikasi Procreate di iPad. Keunggulannya tentu portable, bisa menggambar dari mana saja.

Ilustrasi buku anak yang saya buat untuk proyek zine komunitas ilustrator.

Ilustrasi buku anak saya di cetak dalam bentuk bantal dan dipamerkan di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta

Ilustrasi buku anak saya untuk salah satu penerbit mayor Indonesia.

Sebagai sketch specialist dalam proyek buku anak oleh penerbit mayor bersama komunitas.

Salah satu ilustrasi yang dikembangkan menjadi produk puzzle untuk anak.

Cover buku karya saya yang digunakan untuk buku ke-2 komunitas Playdate Soloraya


Dua ilustrasi yang untuk buku bergambar anak usia dini dan dalam proses untuk diterbitkan penerbit mayor.


Mencari Ilustrator Buku Anak

Mencari ilustrator buku anak itu seperti mencari jodoh. Karena akan menjadi rekan kerja, tentu harus memiliki kecocokan dan bisa nyambung. Jika teman-teman lihat di atas, saya memiliki beberapa style ilustrasi buku anak yang berbeda. Kenapa begitu?


Karena saya menyesuaikan klien saya. Sejauh ini saya belum menjadi most wanted illustrator, sehingga tentu saya harus memiliki trik tersendiri untuk menggaet rekan penulis atau hobby-ist yang bisa menggunakan jasa saya. Solusinya, apa yang klien minta, saya berusaha untuk mewujudkannya. Semua bisa dikomunikasikan asalkan semua sama-sama senang dan puas. Syukur-syukur repeat order dan jadi langganan, ye khan...


Jadi, jika saat ini teman-teman sedang ingin mencari ilustrator buku anak atau buku pelajaran, novel, bahkan memoar, maka tak perlu ragu untuk colek-colek saya, tinggal chat aja, "Hai, Era....". Siapa tahu kita bisa berjodoh dalam proyek bersama. 



Salam Hangat

sapamama

39 Komentar

  1. Keren banget mbaa, sukses jadi blogger dan sukses juga jadi illustrator. Sudah tembus ke penerbit mayor juga ya.. Sukses terus mba Eraa barangkali saya tergerak nulis buku anak udah punya rekomendasi nih. Hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.. Masya Allah... Semoga kelak kita berjodoh dalam suatu proyeknya mba...

      Hapus
    2. Iya semuanya diborong beliau ya...
      Pasti senang memiliki banyak keahlian. Kelak masih bisa diajarkan juga ilmunya

      Hapus
  2. waaa ma syaa Allah mbak, tapi memang iya ya, bertemu dengan ilustrator itu memang seperti jodoh jodohan, *edisi kemarin juga berburu ilutrator buku anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, gimana mba.. Sudah ketemu ilustrator yang cocok nih?

      Hapus
  3. Fresh banget ni ilustrasinya mba Era. Aku baru tau koleksi buku yang digambar mba Era. Bisa beli via Mba Era aja ga haha

    BalasHapus
  4. Kagum,kagum dan kagum.Keren sekali karyanya kakak.Btw untuk ilustrasi seperti ini memakai apa ya kak,Canvakah atau ada yang lain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. FYI canva bukan aplikasi ilustrasi mom, canva hanya untuk editing dan tempel-tempel clipart. Kalau ilustrasi, ilustrator mulai menggambar dari nol dengan menggunakan aplikasi berbasis vector atau bitmap seperti corel, adobe illustrator, atau procreate seperti yg saya pakai. Maish banyak yang belum saya sebutkan.

      Hapus
  5. Keren sekaliii, selamat atas pencapaiannya yah mbaaak
    Emang keren2 sih ilustrasinya, aku terutama suka dengan ilustrasi kucing yang dijadikan bantal itu. Matanya memukau banget, persis kayak mata kucing aku hehehe

    BalasHapus
  6. Masya Allah, keren sekali hasil karyanya mba.. Sukses selalu ya mba Era.

    BalasHapus
  7. Ya ampun pintar banget Mbak menggambarnya halus banget. Semoga selalu banyak job ya, punya keterampilan menggambarkan itu pasti mengasyikkan memang. Saya tidak bisa menggambar. Tapi kalau terus berlatih mungkin bisa juga ya hehehe

    BalasHapus
  8. Kak era, ilustrasi buku anaknya keren banget. Ah jadi kepengen beli Dan baca buku anak lagi. Karena dunia anak memang begitu menyenangkan, ditambah ilustrasi yang ciamix gini ... Sukses terus ya kak

    BalasHapus
  9. Buku anak punya pasar yg bagus ya mbak
    Makanya penting juga ada illustrator buku anak
    Keren mbak Era

    BalasHapus
  10. lucu2 mba gambarnya, menarik bgt nih buat anak2. Mantap mba

    BalasHapus
  11. bagus-bagus gambar ilustrasinya mbak. Semoga makin banyak yang order ya mbak. Kapan-kapan kalau buka kelas lagi, colek saya ya mbak, mau daftarin anak saya buat ikutan

    BalasHapus
  12. Menjadi ilustrator ini bisa jadi tergantung mood gak sih, kak Era?
    Ilustrator bagi buku anak ini selain kudu imajinatif, colorful, bright dan juga kreatif yaa..

    Kebayang belanja idenya dimana, kak Era?

    BalasHapus
  13. Keren banget nih berbagai ilustrasi yang dibuat oleh Mb Era. Semoga sukses selalu ya mba dalam berkarya dan melimpah berkah.

    BalasHapus
  14. Keren banget, Mbak Era. Benar-benar multi talented nih. Ya jago ngeblog, bikin konten dan bikin ilustrasi. Sukses terus, Mbak.

    BalasHapus
  15. Ilustrasi buku anaknya keren banget pasti anak-anak jadi doyan membacanya nih karna ilustrasinya yang menarik dan lucu-lucu. Proud of you mbak semoga selalu diberi kelancaran dan kemudahan ya mbak buat job-jobnya

    BalasHapus
  16. Waah..masyaAlalh keren mba karya2nya, lucu2. Buku anak alhamdulillah mulai booming yaa. Pingin juga deh bisa gambar kaya gitu, harus ada bakat, ya. Thankyou for sharing mba.

    BalasHapus
  17. Mba Eraaa...aku ga nyolek.Cuma mau bilang dirimu tuh multitalenta. Ya ampun ini keren sekali ilustrasinya.
    Semoga makin sukses ke depannya ..jadi most wanted ilustrator buku anak ya

    BalasHapus
  18. Mantap banget, kak Era.
    Selalu menginspirasi dengan karya-karyanya.
    Bahkan baru aku sadari, seorang ilustrator buku anak ini sangat detail dalam bekerja yaa.. Guratan warna, apalagi sampai setting dan mimik wajah.

    Kereeen, kak Era.

    BalasHapus
  19. Baru tahu Mbak Era bikin ilustrator buku anak. Saat main ke perpustakaan, aku suka lihat bagian buku anak. Gambarnya lucu-lucu gitu. Kaya pengen gambar tapi gak pinter di bidang itu. Emang bener, nyari bantuan sama ilustrator aja ya kalau mau bikin buku anak

    BalasHapus
  20. Wuih keren. Aku simpan deh, Soalnya temen-temenku penulis suka pada nyari nih book illustrator.

    BalasHapus
  21. Ya ampun keren banget mb Era. Aku tuh seneng liat orang bisa nulis dan bisa gambar. Anugrah bener. Mana ilustrasinya cakep2 lagi. Sukses terus ya mb

    BalasHapus
  22. Mbak Eraaa... kece kece banget ilustrasi untuk buku bukunya. Aku tuh seneng kalau ada buku anak yang ilustrasinya warna warni gitu, bikin anak makin semangat baca buku. Semoga satu saat aku memberanikan diri nulis buku anak ya, pasti aku colek deeeh

    BalasHapus
  23. Masya Allah semoga makin sukses ya kak menjadi ilustrator dan blogger.

    Semoga banyak menghasilkan karyayang bermanfaat.

    BalasHapus
  24. Menjadi ilustrator buku anak tuh ngga semudah yang dibayangkan ya. Karena gambarnta harus sesuai sama jiwa, tumbuh kembang anak juga

    BalasHapus
  25. wah keren banget mbak, selamat ya buku cerita anaknya sebentar lagi terbit. Memeng benar mbak, mencari ilsutrator itu seperti mencari jodoh yaa. saya juga pernah dalam kondisi begitu mbak. kalau ketemu itu sayang banget hehe apalagi kalau sudah lihat hasil ilustrasinya dicalon buku, sukaa

    BalasHapus
  26. Buku anak emang harus dengan desain yang menarik, unik penuh warna sehingga menjadi daya tarik buat anak buat baca dan akhirnya dibeli

    BalasHapus
  27. Kerem Mbak era nih... Kapan bikin kelas ilustrasi buat anak2? Aku mau ikutin anakku. Dia suka banget gambar..jadi aku pengen supaya hobinya bisa lebih terarah gitu

    BalasHapus
  28. mbak pantesan blogmu gambare cakep-cakep. coba terus gambar begini blognya jadi ciri khas, pasti banyak yang chat "Hai Era " deh!
    Semoga makin banyak karya-karyanya ya mbak

    BalasHapus
  29. Huaaah keren sekali ya kalau bisa punya bakat ilustrasi. Anakku kelihatan mulai suka gambar karena buku bacaannya juga.

    BalasHapus
  30. semangat mba tak doain bentar lagi jadi most wanted ilustrator, toh udah ada portofolionya,, untuk pekerja desain dan beberapa content creator lain mau ga mau emang harus banyakin portofolio biar jadi top of mind klien

    BalasHapus
  31. Wah kreatif sekali ya sampai kepikiran untuk seperti itu. Selama ini membaca nyaring untuk anak aja. Kalau sampai di chanel youtube bisa buat edukasi untuk semua orang ya. Suksea ya buat kegiatannya.

    BalasHapus
  32. Sukaaa sekali mbaak, keren banget. Aku salut banget kalo liat ilustrator. karena aku yakin itu membuat sebuah desain gambar itu tidak lah mudah, buat yang udah jago gambar mungkin gampang, tapi Ide nya itu yang mahal dan susah

    BalasHapus
  33. Keren keren keren!
    Kreatif bangettt Mba Era. MasyaAllah karyamu udah banyaaak. Selamat yaa!
    Ilustrasi di buku anak itu penting banget karena mostly picture book.

    BalasHapus
  34. Memang nggak mudah ya. Semoga makin banyak ilustratir buku anak yang edukatif dan memberikan arahan secara tidka langsung

    BalasHapus