“Mau memilih karir atau keluarga?”

Setiap ibu pasti akan mengalami pergolakan batin ketika mendapatkan pertanyaan itu. Mom Eno yang merupakan rekan saya di komunitas juga mengalami pergolakan tersebut. Dia harus memilih untuk mempertahankan karir yang sedang cemerlang atau memutuskan untuk membersamai putri tercinta. Akhirnya, mom Eno juga mengambil keputusan besar untuk menjadi guru pertama bagi buah hatinya. Insya Allah jalan rejeki bisa dicari. Dan jika saatnya tiba, pasti mo Eno dan ibu manapun akan bisa mengembangkan diri dan menemukan jalan lain untuk kembali beraksi.

Yang pasti, menjadi ibu bekerja maupun ibu rumah tangga sama hebatnya. Semua disesuaikan dengan nilai yang dianut keluarga dan pasti semua memiliki pertimbangan sendiri.


Persiapan Proses Transisi Perubahan Status Ibu 

Perubahan status artinya membuat kita harus bertransisi. Nah, ada beberapa persiapan yang harus kita lakukan agar lebih mudah untuk menjalani transisi dari status working mom menjadi stay at home mom.

1. Tahu apa yang harus dilakukan dengan membuat jadwal.

Bersama anak selama hampir 24 jam akan menjadi tantangan tersendiri. Terkadang ada hal-hal yang diluar prediksi. Untuk mempermudah pekerjaan, maka kita bisa mulai dengan menyusun jadwal harian.  Tidak harus 100% tepat, jadwal akan mempermudah rencana kita dalam menghadapi hari-hari.

2. Mencari teman baru.

Ketika kita sudah menemukan teman yang satu frekuensi, biasanya hari-hari akan terasa lebih menyenangkan. Jika ada masalah, kita juga bisa saling berbagi dan saling mendukung sehingga tidak mudah stres. Makanya, penting banget nih untuk menemukan circle yang sehat.

Mom Eno dan rekan membangun komunitas Playdate Soloraya untuk menemukan circle yang sehat

3. Menjalin hubungan dengan kantor lama.

Kita tidak akan tahu apa yang akan terjadi ke depannya. Ada baiknya jika kita tetap menjalin relasi dengan teman di kantor lama. Siapa tahu suatu saat kita perlu bekerjasama dengan mereka.

4. Sempatkan untuk me time.

Usahakan memiliki waktu untuk diri sendiri. Tidak perlu liburan ke luar kota, sempatkan saja untuk melakukan hal yang disukai tanpa gangguan anak-anak, misalnya saja nonton drakor sambil makan mie rebus telur dengan ekstra cabai, hehehe…


Baca juga : Flourish Me Time, Flourish Me


Dari Stay At Home Mom Menjadi Mompreneur

Ketika anak sudah masuk dunia sekolah, seorang ibu jadi lebih banyak waktu luang. Nah, inilah yang akan menjadi kunci kita. Mau di bawa ke mana sih waktu luangnya? Tentu sebaiknya waktu luang dipakai untuk tetap produktif, syukur-syukur bisa menjadi sumber pendapatan baru.

Dengan dukungan penuh dari suami tercinta, akhirnya mom Eno mulai memasuki dunia usaha di bidang retail minimarket. Walau tidak memiliki background di bidang retail, tapi mom Eno ini orangnya selalu semangat untuk belajar, kreatif, ulet, dan supel. Jadi saya pribadi pun yakin bahwa mom Eno bisa membuat inovasi bagi usaha minimarketnya.

Aktivitas harian mom Eno di minimarket.

Datangnya pandemi bukan hal mudah bagi para pemilik usaha. Data dari asosiasi pengusaha ritel Indonesia, Aprindo menunjukkan dalam sembilan bulan pandemi tahun 2020 tercatat 1.200 toko ritel tutup. Sementara di periode Januari sampai Maret 2021, tercatat 90 toko ritel yang tutup. Artinya, hingga Maret 2021 sekitar 1300 ritel yang tutup.

Jadi, ketika mom Eno dapat mempertahankan usahanya, bahkan tidak ada pemutusan hubungan kerja pada satu pun karyawannya, hal tersebut adalah suatu pencapaian yang luar biasa. Bahkan, bisa dibilang usaha mom Eno ini justru semakin berkembang di masa pandemi lho. Menurut beliau, kuncinya adalah INOVASI.

 

Inovasi di Tengah Pandemi Untuk Memperkuat Bisnis Retail

Merawat 3 cabang usaha perlu komitmen besar. Salah satu yang membuat bisnis dapat bergulir adalah disiplin diri dan waktu. Jadwal harus disusun sedemikian rupa untuk memudahkan mom Eno memantau tiap detail minimarketnya. Kenapa harus terjun langsung? Kan bisa tuh diserahkan pada karyawan. Hal itu dilakukan tentu agar kualitas terjaga dan sesuai dengan harapan mom Eno dan pelanggan tercinta. 

Salah satu tantangan terbesar di awal pandemi adalah adanya peraturan pembatasan bagi jam buka dan tutup toko retail. Jam operasional yang lebih pendek menyebabkan berkurangnya pelanggan yang berbelanja ke minimarket. Hal ini sangat berdampak pada omset minimarketnya. 

Mom Eno mulai menggali ide mulai dari melihat kebutuhannya dulu. Ternyata dari situ justru ia bisa mendapatkan inspirasi untuk mengembangkan produk yang memang dibutuhkan oleh masyarakat.

1. Inovasi membuat mainan anak

Awalnya ide ini datang karena mom Eno ingin memiliki produk dengan desain sesuai seleranya dan bisa mengasah kemampuan motorik si kecil. Ternyata pilot project tersebut diminati oleh teman-teman dan mendatangkan banyak order hingga akhirnya mom Eno memutuskan mengaktifkan toko online minimarketnya untuk berjualan mainan.

Tak hanya memproduksi mainan sendiri, mom Eno juga mengimpor mainan dari luar negeri.


2. Inovasi produk snack bucket

Ide snack bucket ini berasal dari keinginan mom Eno memberikan hadiah yang spesial untuk rekan. Lagi-lagi produk ini disukai pasar dan berkembang menjadi produk snack tower dan snack taart.


 3. Parcel

Produk ini dilahirkan di bulan puasa tahun 2019. Saat itu order masih sebatas teman dekat. Lalu di tahun 2021 mom Eno mulai serius untuk memasarkannya, ia mencoba memasuki kantor lama tempatnya bekerja dan mendapatkan tanggapan positif. Bahkan beberapa teman lama menjadi reseller dari produk parcelnya. Selain itu mom Eno juga mengkombinasikan produk minimarketnya dengan produk digital printing untuk souvenir ulang tahun atau acara kantor.



Dengan inovasi tersebut, kini jam operasional toko tak jadi masalah besar karena selain minimarket fisik, minimarket mom Eno juga mendapatkan banyak order melalui layanan online. Pasar baru terbuka lebar bahkan merambah ke luar kota dan provinsi, omset pun kembali meningkat pesat.


Untuk memperkuat marketnya mom Eno juga ikut dalam serangkaian pelatihan pengusaha dan bergabung dalam program yang dihadirkan oleh marketplace ternama. Dengan banyaknya inovasi dan sentuhaan personal membuat produk-produk di minimarket mom Eno makin dicintai pelanggannya.


Agar mom Eno dapat terus melakukan inovasi dalam  bisnisnya, diperlukan perangkat mumpuni yang bisa menyeimbangi produktivitasnya. Hmm… Kira-kira perangkat apa ya?



 
ASUS EXPERTBOOK B5 FLIP

ASUS ExpertBook B5 merupakan seri laptop bisnis terbaru dari ASUS yang mengusung desain ultraportable dan dirancang sebagai perangkat andalan para profesional bisnis. Selain ringan, ASUS ExpertBook B5 juga dilengkapi layar berteknologi ASUS OLED. Ada dua pilihan untuk series ini, yaitu clamshell dan convertible. Kalau untuk mom Eno saya lebih menyarankan convertible karena lebih dinamis, sesuai dengan kepribadiannya.


MOBILITAS MAKIN ASYIK DENGAN ASUS EXPERTBOOK B5 FLIP

Mom Eno adalah pebisnis yang disiplin dengan jadwalnya. Tidak boleh ada waktu yang terbuang sia-sia. Setiap pagi diawali dengan memantau laporan dari karyawan. Hal ini bisa membantu menyusun jadwal prioritas harian. Dalam satu hari biasanya mom Eno akan menyempatkan diri untuk mengunjungi salah satu cabang minimarketnya.

Tak hanya itu, mom Eno juga terjun langsung untuk mencari supplier dan melihat proses produksi yang berkaitan dengan barang-barang custom yang dijual di minimarket. Hal ini bisa memakan waktu, dan tak jarang jika mom Eno harus menghabiskan hari-harinya di dalam perjalanan.



Dengan menggunakan ASUS ExpertBook B5 Flip mom Eno tetap bisa pemeriksaan terhadap stok, pembukuan dan sebagainya. Hal ini dikarenakan ASUS ExpertBook B5 Flip memiliki bodi yang ringan, yaitu hanya sekitar 1.11kg saja. Laptop ini juga cukup tipis, yaitu dengan ketebalan 1.69cm sehingga bisa masuk di masukkan ke dalam tas atau ditenteng. Bahan magnesium-aluminium alloy yang digunakan di ExpertBook B5 juga membuat seri laptop ini sangat kokoh.

ASUS ExpertBook B5 Flip bisa dilipat hingga 360° sehingga semakin praktis untuk di bawa ke mana saja, bahkan ketika mom Eno menemui desainer untuk menjelaskan kebutuhan desain yang diinginkan. ASUS ExpertBook B5 Flip juga dilengkapi dengan stylus yang bisa digunakan untuk menggambar dipermukaan layarnya. Hal ini akan mempermudah diskusi yang dilakukan mom Eno dengan karyawan dan klien.




Daya tahan baterai pada laptop modern ini juga patut diacungi jempol. Baterai mampu bertahan hingga 14 jam. Pengisian dayanya dilakukan melalui port USB Type-C Thunderbolt 4 yang mendukung teknologi USB power delivery menggunakan adapter yang sangat ringkas. Bahkan kita bisa mengisi dayanya menggunakan power bank. Super praktis ya.


Fitur ini juga memiliki pengaruh pada konektivitas ASUS ExpertBook B5 Flip karena menyempurnakan mobilitasnya. Kecepatan transfer data laptop ini mencapai 40 Gbps, dengan output tampilan 4K, dan pengisian cepat. Di laptop ini juga terdapat port USB Type-A dan output HDMI, ditambah konektivitas jaringan kabel dengan alamat MAC yang unik untuk manajemen perangkat yang mudah. Jika suatu saat mom Eno perlu melakukan presentasi dengan klien kelas kakap, maka tak perlu khawatir karena ASUS ExpertBook B5 Flip akan mampu membuat presentasi tersebut makin memukau.

 

Baca juga : Rekomendasi Laptop Untuk Story Teller ASUS VivoBook 15 A516


ASUS EXPERTBOOK B5 FLIP LAPTOP MUNGIL YANG TANGGUH

Laptop convertibel ini tangguh tak sembarang tangguh. ExpertBook B5 Series sudah lolos uji ekstrem berstandar militer Amerika Serikat, yaitu MIL-STD 810H. Itu artinya, ASUS ExpertBook B5 Flip telah melewati berbagai proses uji untuk mengukuhkan ketangguhannya.

  • Pengujian untuk beroperasi di temperatur tinggi (32°C ~ 49°C) selama 3 hari
  • Pengujian untuk beroperasi di temperatur rendah (-21°C ~ -32°C) selama 3 hari
  • Pengujian perubahan temperatur ekstrim (-51°C ~ 71°C) dengan waktu transisi perubahan suhu hanya 1 menit
  • Pengujian di lingkungan dengan kelembaban tinggi (30°C ~ 60°C di kelembaban 95%) selama 10 hari
  • Pengujian di ketinggian hingga 15.000 kaki (antara 5°C ~ -40°C)
  • Uji digetarkan selama satu jam ke semua arah dengan frekuensi getaran antara 10 sampai 500Hz
  • Pengujian saat dijatuhkan (drop test) dari ketinggian 120cm dalam keadaan menyala
  • Dan beberapa pengujian lainnya


Di tengah perjalanan dan dekat dengan anak-anak meningkatkan resiko laptop terkena tumpahan air, tapi tenang…  ASUS ExpertBook B5 Flip akan tetap aman jika terkena tumpahan cairan dengan volume hingga 60cc. Ketumpahan kopi atau susu pun tak masyalah…

 

PERFORMA HANDAL ASUS EXPERTBOOK B5 FLIP

Jika sebelumnya kita sudah melihat sisi tangguh ASUS ExpertBook B5 Flip dari luar, kini mari kita periksa ketangguhan performanya dari dalam.

Laptop ASUS ExpertBook B5 Flip sudah tervalidasi Intel EVO. Artinya, laptop ini sudah memenuhi berbagai standarisasi khusus dari Intel®, terutama dalam hal performa. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa laptop ini mampu bekerja dengan gesit, punya performa yang tinggi, sekaligus juga efisien dalam penggunaan daya dan baterainya mampu bertahan dalam waktu yang sangat lama dalam keadaan tidak dicas.

Laptop bisnis ASUS ExpertBook B5 sudah diperkuat oleh prosesor Intel® Core™ generasi ke-11 terbaru dan juga Intel® Iris® Xᵉ graphics.

Chip grafis dalam ASUS ExpertBook B5 Flip terbukti memiliki performa grafis yang sangat mumpuni untuk perangkat laptop tipis.



ASUS ExpertBook B5 Flip memiliki RAM 3200Hz DDR4 berkapasitas 16GB. Dan bisa diupgrade hingga kapasitas 48GB. Dengan kapasitas RAM sebesar ini, tentu urusan multitasking bisa berjalan dengan sangat baik. Ditambah lagi, penggunaan jenis penyimpanan M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 x4 SSD dengan kapasitas maksimal hingga 2TB (dua keping SSD dengan kapasitas masing-masing 1TB), membuat performa laptop ini semakin gesit.

Kecepatan yang dihasilkan dari ruang penyimpanan tersebut dapat menembus kecepatan hingga 3500MB/detik.


ASUS ExpertBook B5 series juga sudah mendukung teknologi RAID (Redundant Array of Independent Disks) untuk memaksimalkan potensi storage jika kita memasangkan dua keping SSD sekaligus. Mode RAID yang didukung pada laptop ini adalah:

  • RAID 0 : Menggabungkan kedua kapasitas SSD, dan menyimpan data secara merata diantara keduanya, sehingga kecepatan pengoperasian SSD bisa dua kali lebih cepat
  • RAID 1 : Membuat copy (salinan) secara otomatis pada masing-masing SSD, untuk saling mem-backup jika ternyata salah satu SSD mengalami kegagalan fungsi alias rusak

Dengan adanya fitur RAID pada ASUS ExpertBook B5, kita bisa memilih apakah ingin memaksimalkan kapasitas dan kecepatan penyimpanan, atau memprioritaskan keamanan data.


TINGKAT KEAMANAN TINGGI ASUS EXPERTBOOK B5 FLIP

Keamanan sistem adalah fitur wajib dari semua laptop bisnis. Bersyukur laptop ASUS ExpertBook B5 Flip dilengkapi sistem keamanan level korporasi. 

Fitur keamanan unggulan yang ada pada laptop ASUS ExpertBook B5 adalah chip TPM (Trusted Platform Module) yang berguna untuk melindungi berbagai data dan informasi penting lainnya. TPM 2.0 tersebut akan membuat berbagai data yang disimpan dalam laptop, serta berbagai aktivitas data lainnya akan diproses menggunakan sistem enkripsi.

Singkatnya, dengan adanya chip tersebut, seluruh data yang ada pada ASUS ExpertBook B5 Flip, hanya akan bisa digunakan pada satu perangkat itu saja. Dengan kata lain, jika misalnya laptop hilang karena dicuri, lalu kepingan penyimpanan SSD dibongkar dan coba untuk dibaca isinya oleh perangkat komputer lain, maka data yang ada di dalamnya tidak akan bisa terbaca.



Jadi, mom Eno tidak perlu kawatir jika kemungkinan terburuk terjadi. Data-data pribadi, informasi usaha, data karyawan, supplier, ataupun customer akan terjaga secara aman dan dapat terhindar dari peretasan.

Hadirnya fitur TPM pada laptop ini, juga bakal memaksimalkan kinerja keamanan laptop yang sudah terintegrasi dengan Windows Hello.

Jika pada laptop biasa, password untuk login Windows akan tersimpan pada perangkat storage seperti HDD dan SSD. Yang mana hal ini akan membuat password menjadi rawan untuk diintip oleh peretas. Di laptop ASUS ExpertBook B5, password tersebut akan disimpan oleh TPM, dan juga diberi lapisan keamanan ekstra dengan sistem enkripsi guna meminimalisir resiko dibobolnya password.

Proteksi lapis berikutnya adalah fitur fingerprint sensor yang menjadi satu dengan tombol power, kalau ada yang mau kepo ngintip password ga akan bisa, hehe... Sistem keamana yang ngga kalah penting adalah webcam shield untuk menutup webcam secara fisik untuk menjamin privasi pengguna. Kita juga bisa mengunci laptop dengan slot Kensington Lock, agar laptop tidak mudah dicuri.

Jadi, ada berapa lapisan keamanan tingkat tinggi di laptop ASUS ExpertBook B5 Flip? Ratusan... #eh hehehe...


Baca juga : Rekomendasi Laptop ASUS Untuk Arsitek


ASUS OLED MENYEMPURNAKAN EXPERTBOOK B5 FLIP

Setiap pebisnis pastilah ada masanya harus lembur dan berlama-lama di hadapan layar laptop. Dan seperti yang kita ketahui, pancaran radiasi sinar biru pada gawai, termasuk laptop dapat merusak mata. Untungnya layar ASUS OLED telah mengantongi sertifikasi low blue-light dan anti-flicker dari TÜV Rheinland. Artinya, layar ASUS ExpertBook B5 Flip tidak hanya lebih aman untuk kesehatan penggunanya, tetapi juga lebih nyaman saat digunakan.

Paparan sinar biru tak hanya berbahaya bagi kesehatan mata, tapi juga dapat menyebabkan gangguan tidur

ASUS OLED memiliki paparan sinar biru yang jauh lebih rendah dibanding layar biasa

Berkat fitur tersebut, kita bisa menggunakan ASUS ExpertBook B5 Flip lebih lama tanpa membuat mata mudah lelah. Nah, kabar baiknya, tak hanya untuk kita yang sudah dewasa, layar ASUS OLED juga baik untuk menjaga kesehatan mata anak-anak.

Fitur HDR ASUS OLED telah tersertifikasi oleh VESA. ASUS OLED juga mampu mereproduksi warna yang sangat kaya dengan color gamut mencapai 100% pada color space DCI-P3. Artinya, layar ASUS OLED dapat menampilkan ruang warna pada DCI-3 yang memiliki cakupan warna lebih kuat dibanding sRGB yang menjadi standar laptop biasa. Tingkat akurasi warna yang dihasilkan juga sangat tinggi dan sudah berstandar industri melalui sertifikasi PANTONE Validated Display.



FITUR LAIN ASUS EXPERTBOOK B5 FLIP UNTUK MEINGKATKAN PRODUKTIVITAS

Link to MyASUS yang berguna untuk menghubungkan antara laptop dengan smartphone yang kita gunakan. Kita bisa melihat notifikasi pada smartphone, bahkan mengontrol smartphone yang dihubungkan tersebut melalui laptop yang kita. Transfer file antar kedua perangkat ini pun bsia dilakukan dengan mudah.

Kita bisa memanfaatkan smartphone ataupun tablet yang kita punya sebagai layar tambahan untuk laptop ASUS ExpertBook B5 Flip, dengan fitur screen expander. Ada juga fitur remote file access, untuk mengakses file kerja dari jarak jauh menggunakan smartphone saat kita tidak membawa laptop.

 


ASUS ExpertBook B5 Flip dilengkapi fitur two way AI noise-canceling. Sebuah fitur yang akan menyaring suara bising atau suara lain yang tak diinginkan di background, agar suara kita bisa terdengar lebih jelas pada saat melakukan video conference call. Dan oleh karena fitur ini bisa bekerja dua arah, maka suara bising di lingkungan lawan bicara pun juga akan disaring dengan fitur ini.



Fitur pendukung produktivitas lain yang sifatnya esensial seperti lampu LED backlit pada keyboard ASUS ExpertBook B5 Flip. Bahkan ia juga punya fitur NumberPad 2.0, yang akan memunculkan keypad numerik secara virtual pada panel touchpad. Fitur ini cukup pintar untuk bisa membedakan mana input yang dimaksudkan untuk menekan tombol, dan mana input yang dimaksudkan untuk menggeser kursor.



LAYANAN GARANSI ASUS EXPERTBOOK B5 FLIP

Tidak hanya memberikan garansi 2 tahun, tetapi ASUS juga memberikan penawaran bagi perusahaan untuk bisa mengajukan perpanjangan garansi agar sesuai dengan masa yang diharapkan. Tidak hanya itu, ASUS juga memberikan layanan ADP (Accidental Damage Protection) yang berlaku selama satu tahun.


ADP berperan layaknya asuransi bagi pengguna ASUS ExpertBook B5 series. Jika ternyata laptop mengalami kerusakan akibat kecelakaan atau sesuatu yang tidak diduga, laptop dapat diperbaiki tanpa dikenakan biaya tambahan. Layanan ini bisa diklaim sebanyak 1 kali selama masa layanan masih berlaku. 

Ada juga layanan premium dimana kita bis meminta agar unit laptop yang akan diservis dijemput dan diantar kembali oleh teknisi. Nah, kita juga bisa meminta untuk tidak menyertakan storage (SSD/HDD) pada saat servis akan dilakukan. Jadi keamanan data yang terdapat pada storage laptop tetap terjamin. 


Baca juga : Laptop Untuk Freelance Mom ASUS Zenbook 14X OLED 5400


SPESIFIKASI ASUS EXPERTBOOK B5 SERIES 

Berikut ini adalah spesifikasi ASUS ExpertBook B5 Flip (Convertible)

Main Spec.

ASUS ExpertBook B5 Flip (B5302FEA)

CPU

Intel® Core™ i7-1165G7 Processor 2.8 GHz (12M Cache, up to 4.7 GHz)

Operating System

Windows 11 Pro

Memory

Up to 48GB DDR4 3200MHz RAM

Storage

Up to 2TB PCIe SSD with RAID Support

Display

13,3″ (16:10) OLED Full-HD (1920×1080) 400nits DCI-P3:100% NanoEdge display, PANTONE Validated Display, VESA TrueBlack HDR, TÜV Rheinland eye care certified, 92% screen to body ratio, touchscreen with pen support

Graphics

Intel Iris Xᵉ Graphics

Input/Output

1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 supports display / power delivery, 1x HDMI 2.0b, 1x micro HDMI (RJ45 LAN), 1x 3.5mm Combo Audio Jack

Camera

720p HD camera

Connectivity

Wi-Fi 6 (802.11ax) + Bluetooth 5.0 (Dual band) 2*2

Audio

Built-in speaker, Built-in array microphone, Cortana supported

Battery

66WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion

Dimension

30.90 x 21.06 x 1.69 ~ 1.69 cm

Weight

1.11kg

Colors

Black

Price

Start from Rp21.XXX.XXX

Warranty

2 tahun garansi global with optional warranty upgrades


Berikut ini adalah spesifikasi ASUS ExpertBook B5 Calmshell

Main Spec.

ASUS ExpertBook B5 (B5302CEA)

CPU

Intel® Core™ i7-1165G7 Processor 2.8 GHz (12M Cache, up to 4.7 GHz)

Operating System

Windows 11 Pro

Memory

Up to 48GB DDR4 3200MHz RAM

Storage

Up to 2TB PCIe SSD with RAID Support

Display

13,3″ (16:10) OLED Full-HD (1920×1080) 400nits DCI-P3:100% NanoEdge display, PANTONE Validated Display, VESA TrueBlack HDR, TÜV Rheinland eye care certified, 92% screen to body ratio

Graphics

Intel Iris Xᵉ Graphics

Input/Output

1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 supports display / power delivery, 1x HDMI 2.0b, 1x micro HDMI (RJ45 LAN), 1x 3.5mm Combo Audio Jack

Camera

720p HD camera

Connectivity

Wi-Fi 6 (802.11ax) + Bluetooth 5.0 (Dual band) 2*2

Audio

Built-in speaker, Built-in array microphone, Cortana supported

Battery

66WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion

Dimension

30.90 x 21.06 x 1.69 ~ 1.69 cm

Weight

1.11kg

Colors

Black

Price

Start from Rp22.XXX.XXX

Warranty

2 tahun garansi global with optional warranty upgrades



















KESIMPULAN

Sejatinya manusia adalah makhluk yang adaptif. Ketika ia ditempatkan pada situasi yang asing, ia akan mampu mengamani kondisi dan melihat peluang. Begitu juga dengan seorang pengusaha. Ketika dihadapkan dengan kondisi sulit seperti pandemi, awalnya ia kewalahan, tapi kemudian ia akan mampu bertahan, melihat peluang, dan berkembang.

Dari mom Eno kita belajar bahwa dunia bisnis kita harus mampu berinovasi. Selalu bergerak dan mencoba maka kita dapat menemukan formula yang tepat untuk usaha kita. 

Semangat belajar dan inovasi jika ditambah dengan perangkat mutakhir seperti ASUS ExpertBook B5 Flip maka kita akan makin mampu menggapai versi terbaik bisnis kita. Dari hal kecil, ternyata bisa berdampak besar dan bisa membawa manfaat bagi banyak orang.

ASUS ExpertBook B5 Series, langkah awal untuk mencapai puncak prestasi dalam bisnis.


Nah, teman-teman punya usaha apa nih? Ada rencana untuk ganti laptop ke ASUS ExpertBook B5 Flip (convertible) atau ASUS ExpertBook B5 Calmshell? Tulis di kolom komen ya...


Salam Hangat,

sapamama




Sumber tulisan:

ASUS ExpertBook B5

https://techijau.com/fitur-dan-keunggulan-asus-expertbook-b5-series-2022/  

https://kumparan.com/kumparanmom/5-tips-agar-transisi-dari-ibu-bekerja-ke-ibu-rumah-tangga-berjalan-lancar-1xUoF2CKC9d/full

https://www.kompas.tv/article/177809/dampak-pandemi-gerai-ritel-modern-bertumbangan



19 Komentar

  1. Waaah seru banget kak pengalamannya. Baca persiapan proses transisi menjadi ibu bikin aku kepikiran dan engeh untuk nantinya aku berada di posisi itu. Thanks yaa kak sudah sharing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama kak, alhamdulillah kalau tulisanku bermanfaat.

      Hapus
  2. Aku udah bebrapa kali memantau tulisan kakak tentang asus. Trus kemarin aku putuskan untuk beli asus. Aku beli yang produk terbarunya kak, zenbook oled 14 flip. aku dapet diskon sampai sejuta. happy banget...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, seneng banget ada yang beli produk asus karena tulisan-tulisanku. Aku sendiri juga pengguna asus, jadi emang ga sembarangan kalau nulis review. Dapet diskon pula nih kak, menang banyak ya... Kalau yang zenbook 14 oled flip aku belum nulis lho, kayaknya bisa nih nanti kita kolabs buat jadi artikel, hahahaha.... Selamat berkarya ya kak Putri.

      Hapus
  3. Artikelnya bagus nih yg menulis deskripsi produk Asus.. jd bisa nambah referensi & ilmu nih klo suatu saat mau ngambil produk Asus..

    Artikelnya keren & detail.. smoga semakin berkembang yaa.. trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kalau terasa detailnya kak. Terima kasih sudah berkenan mampir

      Hapus
  4. Wuih speknya mantap juga ya. Kebetulan banget si laptop di rumah sudah waktunya minta yg baru nih 😁

    BalasHapus
  5. Produk asus emang paling inovatif. Nggak salah kalau banyak yang jatuh cinta sama produk laptop satu ini ya kak. Apalagi buat para mama yang super sibuk dan nggak cuma ngurus rumah. 😉🥰

    BalasHapus
  6. jujur aja kak aku gaptek dan butaaaa banget kalo soal techno. Padahal aku punya laptop uda sejak jaman skripsi lagi mau ngambil dokter koas. terimakasih kak udah ngasi referensi buat aku dengan segala informasinya walaupunnn aku gaptekk bangettt kamera laptopku buat ngezoom aja kaburnya minta ampun tapi masih ga terpikir buat ngeganti karena ga tau mau ganti yang mana hahahhahahaaaa. tertarik dengan yang B5 krn ada fitur noise cancelling. canggih banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wadidaw... ini fix harus upgrade laptop kak... hayuk lah jajan asus expertbook b5 series. cocok banget nih buat profesional. Dokter kan harus nyimpen data pasien kan ya. keamanan terjamin kalau pakai ini.

      Hapus
  7. Mom Eno modalnya lumayan jd pasti transisi walaupun dilema tp masih banyak pilihan hehe... Byk yg ga punya byk pilihan akhirnya cuma ngandalin nulis. Ada lg yg modal semangat jd giveaway hunter di medsos... G'luck buat lombanya ya, Mbak^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagaimanapun kondisi kita pokonya tetap semangat ya mba. Semua sudah punya kadar rejeki dan ujiannya masing-masing. Semangat terus kita ya...

      Hapus
  8. Aku salut dengan para mama yang terus berdaya walaupun di rumah aja, tetap bisa menambah pundi-pundi penghasilan. Kalo emak-emak udah bekerja, beda emang, segala ide dicoba demi anak! Salut. Salam buat mam eno ya mbak..

    Btw, artikelnya lengkap. Makasih atas informasinya. Semoga cepet ada rejeki lebih buat ganti laptop ke Asus. Hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap mba. Sesama ibu pokoknya kita saling support ya mbaa. Big hug.

      Aaamiin... Semoga dilancarkan rejekinya

      Hapus
  9. Bagus informasi review nya, pokoknya kalau mau beli laptop, seperti nya melirik ke Brand Asus bukanlah hal yang terlalu buruk juga..

    Aku yang sudah memakai Laptop Asus sejak 2021 memang bagus banget sih untuk mengerjakan beragam tugas kuliah sekaligus, dengan modal ram 6/120 udah cukup banget sih ini..

    BalasHapus
  10. Bener yaa zaman skrg bisnis pun harus ikut berkembang, apalagi ada Asus yang mempermudah

    BalasHapus
  11. Pas banget lagi nyari nyari referensi nih mbakk, bener bener harus dipertimbangin yaa terkait banyak spek yg dibutuhin. .

    BalasHapus