Siapa yang suka wisata kuliner?

 

Sejak adanya acara Wisata Kuliner yang dipandu oleh pak Bondan Winarno, di Indonesia mulai bermunculan acara serupa yang juga laris manis. Ya, walau bagi saya pribadi tidak ada yang bisa mengalahkan acara Wisata Kulinernya pak Bondan sih. Hmm... Bagaimana ya, acara wisata kuliner pak Bondan itu tidak sekedar review dan mengatakan “enak banget, kamu wajib coba,” atau “guys...makanannya enak banget sampe mo meninggal...” dan berbagai kalimat ajaib lainnya. Review yang diberikan pak Bondan itu terasa mendalam dan personal disertai penjelasan bumbu dalam masakan yang mendetail. Begitu juga dengan ekspresi yang beliau berikan. Tidak berlebihan tapi bisa tersampaikan jika suatu makanan itu enak dan layak untuk di coba.

 

Kini ada banyak yang menggemari wisata kuliner baik level internasional atau cukup kelas lokal (seperti saya, hehe...). Ya, minimal bisa menjadi acuan saat ada teman yang bertanya, kalau di kota Solo, resto apa yang wajib di coba?

 

Bicara tentang makanan, maka ada juga yang menggemari makan tertentu atau memiliki prinsip dalam memilih makanan berlandaskan pola hidup sehat. Sadar akan pola hidup sehat tak pandang usia. Justru saat ini anak muda di banyak negara, termasuk Indonesia sudah menyadari akan pentingnya memiliki pola hidup sehat. Pola sehat yang banyak dianut generasi masa kini adalah vegetarian dan vegan.

 

Dalam vegetarian society, disebutkan bahwa vegetarian dan vegan orang yang tidak memakan produk dan olahan yang berasal dari hewan. Secara umum, disebutkan bahwa penganut vegetarian tidak memakan daging hewan memamah biak, daging unggas, ikan, kerang, serangga, atau kaldu yang dihasilkan dari proses menyembelih/membunuh hewan. Namun, seorang vegetarian biasanya dapat menikmati makanan yang dihasilkan dari hewan tanpa melukainya, seperti telur, susu, yoghurt, atau madu.

 

Berbeda dengan vegetarian, seorang penganut pola hidup vegan tak hanya memakan produk tersebut di atas, namun mereka juga menolak segala sesuatu yang menyakiti hewan, misalnya tidak menggunakan pakaian dari kulit hewan atau tidak menggunakan produk kecantikan yang menggunakan hewan percobaan dalam proses produksinya.

 

Entah itu makan makanan vegetarian atau makanan biasa, tentu akan lebih sehat jika dimasak sendiri. Tapi saat sedang mager, kita juga dapat memesan makanan vegetarian di resto. Di kota Solo ada lho resto yang menghadirkan menu makanan sehat dan vegetarian.

 

Berikut ini adalah tiga resto vegetarian yang enak dan memiliki harga yang terjangkau.

 

1. Taman Bali Vegetarian Restoran – Banjarsari

Restoran ini beralamat di Jl. Moh. Saleh Wedisastro No.4 Setabelan. Taman Bali buka setiap hari Senin-Sabtu pukul 06.30-15.00 WIB. Di Taman Bali kita bisa menikmati makanan langsung di restoran, dibungkus dan dibawa pulang, maupun melalui pesan antar. Taman Bali selalu ramai pengunjung terutama saat jam makan siang.

 


2. Vegan Peace – Jebres

Lokasi restoran ini di Jl. Jend. Urip Sumoharjo No.94 Purwodiningratan. Kita bisa berkunjung setiap hari mulai pukul 07.00-20.00 WIB. Makanannya bervariasi, mau makanan berat ada, camilan vegetarian juga ada. Teman-teman bisa makan di tempat, takeaway, atau pemesanan via ojol. Untuk melihat menunya, kita bisa berkunjung ke akun instagram @vegan_peace_resto.

 


3. Vegeha – Solo Baru

Restoran ini ada di wilayah Solo Baru, tepatnya beralamat di Jl. Gedang Mas Raya No.9, Dusun 2, Gedangan, Kec. Grogol. Di restoran ini kita bisa memperoleh aneka menu nasi dan sayur serta berbagai macam kue vegetarian yang menggugah selera. Vegeha buka setiap hari mulai pukul 09.00-22.00 WIB. Jakadara bisa makan di tempat ataupus memsan melalui ojol. Teman-teman juga bisa mampir ke akun instagram @vegehasolo untuk detail lebih lanjut.



Harga yang ditawarkan di ketiga restoran tersebut bervariasi namun cukup terjangkau. Dengan budget 50 ribu rupiah kita sudah bisa makan dan minum sampai kenyang. Sebelum memesan menu, ada baiknya kita bertanya dulu pada waiter, menu yang mana saja yang gluten free karena di restoran tersebut di atas masih ada menu yang mengandung gluten.

 

Di masa PPKM ini ada kemungkinan perubahan jam operasional ya teman, untuk detailnya kita bida menghubungi akun instagram resto tersebut ya...

Tetarik untuk mencoba menu-menu resto vegetarian di Solo? Atau jangan-jangan kalian sudah langganan makan di sana?

Menu apa ini yang jadi favorit teman-teman?  Tulis di kolom komen ya...



Salam Hangat,

sapamama

36 Komentar

  1. Aku masih pemakan segala, justru sayur2an yang masih kurang nihh. Keknya menarik dan suka samamenu yang pertama tuh yang diTaman Bali Vegetarian Resto, ada nasi merahnyaa.
    Nanti kalau aku mudik ke Solo mau tak icip-icipin sowan ke Restonya, semoga saja pandemi cepat berlalu, biar bisa jalan2 dan mudik atulaah.

    BalasHapus
  2. Buat mereka yang vegetarian sekarang udah ga khawatir lagi ya soalnya ada rsto khusus yang menyajikan makanan vegetarian. Banyak juga ya rekomendasi resto vegetarian di Solo. Murah juga ya mulai 50 ribu harganya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harganya bukan mulai 50rb mam, tapi 50rb sudah bisa makan sampai kenyang, bahkan makan berdua sama teman, hehe

      Hapus
  3. wah ada juga resto resto vegan yang tampilan menunya uenak uenak dan "daging" banget looks-nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Visual sebagai daya tarik pertamanya dapet ya mam, hehehe

      Hapus
  4. Yummyyyy!! Looks so delicious iki mbaaa
    aku tuh kuangeenn ke Solo
    Trakhir ke Solo sekitar 3 thn lalu, dan cuma nyoba nasi liwet yg pas di CFD doang

    Padahal, solo gudangnya kuliner endeuss markindesss ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mam, di solo enak, murah pula harga makanannya. Dan yang terpenting, regane ora ngemplang, hehe...

      Hapus
  5. Wah, asiknya nih di Solo ada resto makanan sehat vegetarian yang tampak lezat hhmmm :) Ternyata makanan vegetarian ga kalah enak dengan masakan biasa, apalagi tampilannya juga menggiurkan, yummy. Kepo aku sama semua terutama yang di Taman Bali tuh, ada kentangnya juga. Yang Vegeha komplit juga dan Vegan Peace juga oke.

    BalasHapus
  6. Asyyikk bintangin dulu ah. abis ini mau kepoin vegeha yang di solobaru dulu. Agak deket tuh. Kalau varian menunya yang paling banyak dan rasanya recommended yang mana mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus cobain satu-satu mam... Hehehe...

      Hapus
  7. Mbak Era, aku punya teman yang sebut dirinya vegetarian, dia ga makan daging2 yang mbak sebutkan di atas. Tapi dia masih makan ikan. Katanya beda kalau ikan mah. Berarti dia bukan 100% vegetarian ya? Atau ada sebutan khusus untuk itu?

    Btw thanks info resto vegetariannya. Bisa buat kurekomendasikan ke teman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau yang aku tulis vegetarian secara umum mam, kalau teman mam katerina berarti pescatarian. Kalau vegetarian tapi part time namanya flexitarian.

      Ada juga tipe vegetarian yang lainnya, yaitu:
      Lacto-ovo vegetarian: Menghindari daging tapi masih mengkonsumsi susu dan telur.
      Lacto vegetarian: Menghindari daging dan telur, tapi masing mengkonsumsi produk susu.
      Ovo vegetarian: Menghidari segala jenis produk dari hewan kecuali telur.

      Hapus
  8. di solo banyak banget tempat makan enak enak.
    aku belum pernah pure makan makanan vegetarian, sepertinya perlu dicoba kapan kapan

    BalasHapus
  9. aku pernah loh mencoba selama 7 hari makan ala vegetarian tapi aku pakai catering, karena kalau bikin sendiri takut gak istiqomah. Tapi ya makanan catering vegetarian yang aku pesan emang enak-enak, gak tau ya kalau ku bikin sendiri. Hehehehee

    BalasHapus
  10. Waaah mbaaa, aku kalo udh bisa mudik ke solo harus cobain ini resto vegan nya. Aku bukan vegan sih, tapi suka makanan2 vegan. Apalagi pengganti dagingnya yg biasa terbuat dari jamur. Itu enaaaak. Di JKT aku ada langganan resto vegan soalny. Msh susah sih ya nemuin resto begini, Krn mungkin penganut vegan blm banyak. Tapi pelan2 aku sendiri kepengin berubah jadi vegitarian. Demi kesehatan sih

    BalasHapus
  11. itu yang vegan peace menunya tahu? penyajiannya menarik banget! walau aku pemakan segala (LOL) tapi ku suka makan sayur dan protein nabati. Menarik juga sesekali makan di resto khusus vegetarian.

    BalasHapus
  12. Biasanya menu vegetarian itu mahal ya eh ini restorannya punya menu vegetarian dengan harga terjangkau dan nampak enak semua ey

    BalasHapus
  13. Aku pernah nemu resto vegetarian di Bogor. Di jakarta apaa aku belum ngeh ya. Makasih rekomendasinya mba. Ntar mau ah cobain

    BalasHapus
  14. Aku tuh salut deh orang2 yang bisa ga makan lauk daging hewan hehe. Secara aku suka banget hehe
    Tapi meskipun makanan vegan. Tampilan makanannya tetap uenak dan menggugah selera

    BalasHapus
  15. Pak Bondan emang pelopor acara wisata kuliner ya, Mbak. Saya belum pernah nih nyoba makan di resto vegetarian. Tapi kalau liat rekomendasi Mbak Era kayanya menunya enak-enak ya yang ada di kota Solo ini.

    BalasHapus
  16. Wah, meski menu vegetarian tp aku liatnya ngilerrr looh. Pdhl aku pecinta lauk n daging. Hihi. Bs nih sesekali cb menu gini. Keknya enaaak

    BalasHapus
  17. Menu vegetarian ini jarang ditemui di resto kan ya. Ini pasti rekomended banget. Lihat fotonya, bikin ngiler banget. Boleh deh ngunjungin tempat ini kalau lagi berkunjung ke Solo.

    BalasHapus
  18. gaya hidup vegetarian ini makin banyak peminatnya ya mbak
    makanya makin banyak restoran vegan seperti ini
    kapan kapan klo ke solo aku mau mampir di salah satu restoran vegan yang ditulis disini

    BalasHapus
  19. Terlihat lezat dan sehat yaa, kak..
    Kalau di Bandung tuh ada sebuah rumah sakit beragama yang anti makan makanan berbahan hwani. Jadi kalau ke kantinnya, semua vegetarian. Yang unik yaah...menu steiknya. beneran persis daging. Hanya gak berserat.

    Berasa bahagia kalau habis makan yang sehat-sehat tuh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pengen banget bisa masak steak yang dagingable begitu. Kalau temenku biasanya bikin ayam goreng palsu, hehehe

      Hapus
  20. Aku kalo ke Solo kulinerannya yang non vegetarian. Karena enggak tahu resto khusus vegan, ini jadi rekomendasi buatku kalo pengen klineran nanti saat udah bebas jalan. Kalo di SEmarang aku ada resto vegan langganan. Enak juga dan kayak asli daging gitu, anakku suka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau di kalangan vegetarian solo resto ini sudah dikenal mam. Ada beberapa katering juga, tapi tidak saya tulis di sini.

      Hapus
  21. Udah lama nyari resto yang khusus vegetarian, ternyata ada yah banyk di Solo, kapan kapan pengen ke sana

    BalasHapus
  22. Lumayan ya ada tiga resto vegetarian di Solo. Kalau di Jogja aku jadi inget jejamuran jadi serba jamur gitu. Dimasak jadi sate, bahkan jamur tongseng mungkin juga ada. Terus steak tempe. Bisa banget buat dimakan oleh mereka yang vegetarian

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terakhir ke jejamurna sudah lebih dari 10 tahun yang lalu mam. Pas ke sana ketemu biksu yang menikmati santapan jamur. Enak-enak sih menunya. paling suka sama sate jamur

      Hapus
  23. Aku percaya, untuk urusan BAB pasti vegetarian jarang konstipasi. Soalnya, umumnya serat melulu yang dikonsumsi.

    Waktu isoman di rumah kemarin aku membuktikan sendiri, makan serat bikin BAB lancar kayak jalan tol. Hihihi.

    Nah warga Solo dan sekitarnya,
    Monggo dicoba rekomendasi resto vegetarian ini!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha... kalau seratnya berlebihan juga bisa bikin seret lho mam, baiknya secukupnya, hihihi

      Hapus
  24. Wah ternyata di Solo ada Resto Vegetarian ya. pelan pelan saya berlatih untuk vegetarian meskipun sampai sekarang belum bisa dan masih menjadi pemakan segala. Menu sehat dan kaya serat sepertinya. cocok untuk penderita kolesterol dan hipertensi seperti saya. Terimakasih sharingnya, Salam sehat, salam vegetarian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah... demi kesehatan ya pak... Stay healthy, stay happy...

      Hapus