Saat pecinta drakor terKiyong-kiyong atau terbius Doom couple, saya malah tidak merasakan euforia itu. Saya lebih memilih menonton dan menamatkan drama lama, Welcome to Waikiki dan Hotel del Luna. Lumayan lama kan, drama tahun 2018 dan 2019, tapi ternyata tetap worthed untuk teman nyetrika pengisi waktu luang.


Maaf sudah menyebutkan Welcome to Waikiki, tapi saat ini saya tidak akan membahasnya. Kali ini saya ingin membahas tentang IU yang dikenal sebagai salah satu artis Korea Selata yang serba bisa. Nyanyi bisa, nge-dance bisa, akting juga juara, bahkan dalam salah satu reality show ditampilkan satu kemampuan IU yang lain, yaitu... Headstand, haha.. bahkan ngga semua dari kita bisa kan. Saya aja kalau mau headstand harus nyandar ke dinding, dasar IU memang multi talenan, eh, talenta :D


Oleh, lanjut ya… Drama yang dibintangi IU ini walau bukan drakor baru tapi amat sangat saya rekomendasikan. Berikut ini adalah sinopsis beberapa drama yang dibintangi IU dan wajib untuk ditonton.


Moon Lovers : Scarlet Heart Ryeo (2016)


Ini adalah drama IU yang pertama saya tonton. Drama fiksi fantasi bertema sejarah ini ditulis berdasar novel Tiongkok Bu Bu Jing asin karya Tong Huda. Drama ini dirilis pada Agustus-November 2016 dan sukses menemani masa-masa saya bertransisi dari istri menjadi seorang ibu. Awalnya saya merasa IU biasa saja. Maklum, saat itu saya tahunya cuma Song Hye Kyo, jadi jujur saja saat melihat episode 1 Moon Lovers saya  agak merasa amazing ada satu gadis biasa saja kok bisa dikelilingi 7 pangeran. Siapa yang ngga amazing kalau di sekitar gadis biasa (Hae Soo) ada  Kang Ha Neul (Wang Wook), Ji Soo (Wang Jun), Nam Joo Hyuk (Baek-A), Baekhyun (Wang Eun), Hong Jong Hyun (Wang Yo), Yon Sun Woo (Wang Won), dan tentu sang bintang utama Lee Joon Gi (Wang So).


Dalam Scarlet Heart ini dikisahkan seorang gadis bernama Hae Soo sedang sedih, minum alkohol, tercebur ke kolam saat gerhana matahari total, dan terbangun di dunia lain hingga kemudian bertemu dengan tujuh pangeran dari Dinasti Gyoreo. Pertemuannya dengan keenam pangeran terjadi di pemandian, ibaratnya keputtren ya kalau di Jawa, kaget melihat para pangeran Hae Soo melarikan diri melalui jalan rahasia yang tak sengaja ditemukannya di pemandian. Lalu pertemuan dengan Wang So terjadi di desa, saat Hae Soo akan jatuh, Wang So menyelamatkannya. Hae Soo heran kenapa sang pangeran menutup sebelah matanya, ternyata akibat adanya bekas luka di wajah Wang So. Pada masa itu, luka di wajah adalah hal buruk, apalagi ia adalah seorang pangeran.


Singkat cerita, Hae Soo makin dekat dengan para pangeran dan menjalin cinta dengan Wang Wook. Namun seiring waktu, Wang So menunjukkan sisi yang berbeda. Hae Soo yang berprofesi sebagai beauty advisor produk kecantikan membantu Wang So menyamarkan lukanya sehingga ia bisa masuk ke dalam bursa calon raja.


Hubungan Hae Soo dengan Wang Wook makin luntur dan hubungan Hae Soo dengan Wang So makin kuat. Dengan segala kesulitan yang dihadapi Wang So berhasil menjadi Raja Goryeo (Raja Gwangjong). Walau cintanya pada Hae Soo tak terbantahkan, untuk memperkuat posisinya ia harus menikahi saudaranya, Hwangbo Yeon Hwa. Lelah dengan pertikaian di dalam istana, Hae Soo yang sebelumnya berjanji akan selalu mendampingi Wang So memutuskan meninggalkan istana dan hidup di desa ditemani salah satu pangeran, Baek-A.



Momen paling nyesek adalah saat Hae Soo sakit tak lama setelah melahirkan, Hae Soo meminta tolong untuk dipanggilkan seniman, menikmati lagunya dan meninggal dalam pelukan Baek-A.


Sepanjang cerita kita terombang-ambing mau ngeship Hae Soo dengan siapa, Hae Soo begitu dicintai oleh banyak orang. Namun memang chemistry IU dan Lee Joon Gi begitu kuat sehingga ngga heran kalau mereka terpilih sebagai Best Couple dalam SBS Drama Award 2016.


My Mister (2018)


Di drama inilah saya merasakan yang namanya terKiyong-kiyong, pas lihat Jang Ki Yong saya membatin. Ya Ampun… Ini villain kenapa ganteng dan memukau sih… Untungnya dia menunjukkan sisi baiknya di akhir drama sehingga ngga rugi deh sudah terKiyong-Kiyong, hehehe…

TerKiyong-kiyong sejak 2018, hehehe...

Dalam drama My Mister IU (Ji Ah) bermain bersama Lee Sun Kyun (Kang Dong Won). Ji Ah hidup bersama neneknya yang disabilitas dan harus bekerja keras untuk melunasi hutang. Bukan hal yang udah bagi Ji Ah karena ia memiliki catatan kriminal. Hingga akhirnya ia bekerja di Saman Corp dan menemukan fakta perselingkuhan salah satu eksekutif kantor, CEO Do Jung Yeon (Kim Young Min) bersama Kang Yoon Hee (Lee Ji Ah), istri Kang Dong Won. Ji An menemui Jung Yeon dan menawarkan kerjasama untuk mengusir Dong Won dari kantor dan meminta bayaran sejumlah uang sebagai gantinya.


Kang Dong Won sendiri adalah salah satu kepala tim perancangan di Saman Corp. Ia adalah pribadi yang baik dan memiliki kakak dan adik laki-laki yang saat ini tinggal dengan ibu mereka dan menjalankan bisnis jasa kebersihan. Dong Won memiliki hubungan yang hambar dengan istrinya sejak kepergian putra mereka. Kang bersaudara memiliki hubungan erat dengan orang-orang di lingkungan mereka tinggal dan memiliki jadwal untuk bermain sepak bola bersama-sama.


Singkat cerita, Ji An yang seharusnya menjatuhkan Kang Dong Won justru makin dekat dan saling dukung satu dengan lainnya. Ji An makin memiliki empati pada hidup Kang Dong Won karena di menyadap handphone Kang Dong Won dan mengetahui apapun yang terjadi di hari-hari Dong Won. Ji An pun masuk dalam keluarga besar Kang Dong Won, bahkan membantu nenek Ji An untuk mendapatkan perawatan yang layak di rumah sakit. Momen paling haru dan bikin nangka adalah saat nenek Ji An memberi wejangan padanya untuk hidup bahagia. Tak lama setelah itu, sang nenek pergi. Ji An dan neneknya tak punya sanak saudara, beruntung ada Kang bersaudara dan teman-teman mereka yang menemani Ji An.


Drama ini Happy Endang kok, hanya saja untuk mencapainya memang perasaan kita terombang-ambing, menarik sekali melihat hubungan Ji An dan Kang Dong Won yang mungkin ngga akan kita dapatkan di drama manapun.


Di sini kita akan bertemu beberapa aktor yang membintangi drama The World of The Marriage danThe Penthouse lho, hehe…


Hotel Del Luna (2019)


Drama ini baru saya tamatkan awal Juli 2021, ketika saya kurang tertarik dengan drama-drama baru yang populer saat ini. Ternyata memang pilihan saya ngga salah. Walau ngga membuat saya berderai air mata, namun saya sempat merinding di beberapa scene saking terharunya.


Drama ini berkisah tentang Jang Man Wol (IU), sesosok hantu yang masih terikat di dunia ini dan mengelola sebuah hotel untuk para arwah yang tersesat, Hotel Del Luna. Man Wol tak bisa meninggalkan hotel ini karena terikat dengan sebuah pohon, yaitu pohon bulan. Dalam mengelola hotel ini Man Wol dibantu oleh pak Kim (Shin Jun Keun) sebagai bartender, Ny.Choi (Bae Hae Sun) yang merupakan kepala pelayan, dan Ji Hyun Joong (P.O) si resepsionis. Pak Kim sudah bekerja untuk Man Wol selama 500 tahun, Ny.Choi 200 tahun, dan Ji Hyun Joong 70 tahun. Masing-masing memiliki alasan tersendiri untuk bertahan di dunia fana.


Seorang pemuda, Ku Chan Sung (Yeo Jin Goo), terpilih untuk menjadi sosok yang mengakhiri hukuman Man Wol dan mengantarkannya ke nirwana. Ku Chan Sung merupakan lulusan terbaik Harvard dan akhirnya menjadi manajer umum di Hotel Del Luna. Banyak kejadian lucu dan menggemaskan diantara Man Wol dan Chan Sung. Bagi yang sudah mengikuti karir Yeo Jin Gol pasti sempat merasa, “ya ampun, dedek kecil ini sekarang udah jadi pria dewasa, hahaha”.

Kisah percintaan anak SMA antar dimensi

Drama yang berjumlah 16 episode ini memiliki kisah menarik di tiap episodenya. Ada beberapa kisah yang berkesinambungan sehingga kita harus runut dalam menyaksikan drama Hotel Del Luna ini. Contoh yang paling menyayat hati adalah saat membahas pelanggan di kamar nomor 13. Ada juga momen flashback bagaimana Jang Man Wol bisa memiliki dendam yang amat besar. Adegan saat kelompoknya dibantai dan dijatuhi hukuman membuat kita bisa melihat dalamnya akting IU, ekspresinya benar-benar bermain, sehingga tanpa dialog pun kita bisa menangkap emosinya. Saat sahabat terdekatnya Yeon Woo (Lee Tae Sun) hadir dalam sosok baru, rasa haru ikut hadir di sana.

Momen Sanchez (Cho Hyun Cul) kehilangan kekasihnya dan bertemu di Hotel Del Luna saat bulan purnama juga jadi salah satu adegan yang menyayat hati. 

Ohya, di awal drama ada sesosok hantu gadis SMA bernama Soo Jung yang dibunuh temannya, Yu Na, namun karena kecerobohan orangtuanya, akhirnya tubuh Yu Na diambil alih oleh Soo Jung. Plot twist yang bikin kita diambang tega ga tega. Yu Na “yang baru” akhirnya menjadi anak magang di Hotel Del Luna dan menjalin hubungan asmara dengan Ji Hyun Joong.


Pada akhirnya satu per satu pak Kim, Ny.Choi, dan Ji Hyun Joong diantar menuju nirwana. Bagaimana mereka bisa melepas dendam dan beban selama ratusan tahun membuat kita belajar bagaimana pentingnya komunikasi dan menjadi sosok yang penyayang, dan juga tangguh. Melepaskan sesuatu memang lebih berat daripada mendapatkannya. Namun tak semua hal yang pahit dan membuat kita meneteskan air mata tak bisa membawa bahagia.


Dream High (2011)


Dream High adalah drama musikal yang bercerita tentang 6 remaja yang mengejar mimpi untuk bisa menjadi penyanyi. Ini adalah drama pertama yang dibintangi IU. Bintang utama di drama ini adalah Bae Suzy, Kim So Hyun, Ok Taecyeon, Ham Eunjung, IU, dan Wooyoung 2AM. Walau bukan tokoh sentral, tapi IU yang di sini berperan sebagai Kim Pil Suk juga tampil mempesona.

Awalnya Kim Pil Suk adalah seorang gadis berbakat yang tidak percaya diri karena obesitas. Namun karena semangatnya untuk menjadi sosok yang lebih baik bagi Jason (Wooyoung), ia berusaha untuk menurunkan 30kg berat dalam 200 hari. Semangatnya pun membuat usahanya menjadi nyata. Kim Pil Suk yang jago bermain alat musin gitar dan memiliki kemampuan nada absolut siap menjadi idola bersama Dream Hight.

Di akhir cerita, bagi sebagian orang mungkin agak mengganjal karena Kim Pil Suk kembali ke tubuhnya yang obesitas dan menjadi guru TK. Namun, bagi Kim Pil Suk, ia yang memiliki kelebihan berat badan justru menjadi sosok yang lebih bahagia karena dengan diri sendiri.


Untungnya Jason juga menyayangi Kim Pil Suk apa adanya.

Secara garis besar, drama Dream High ini walaupun sudah cukup lama tapi tetap worthed untuk dinikmati. Apalagi jika teman-teman adalah pecinta drama The Penthouse. Kalian bisa menemukan Jo Dan Tae dengan karakter yang berbeda pada sosok guru yang perhatian, Kang Oh Hyuk, hehehe...


Nah, itulah tiga drakor yang dibintangi IU dan wajib banget untuk ditonton. Jika ditanya pengen sekuel atau tidak, saya paling pengen ada sekuel Hotel del luna yang versi Hotel Blue Moon, sepertinya menarik melihat Kim So Hyun versi cadas, hehe...

Ohya, kita bisa menikmati drakor IU di aplikasi VIU, Netflix, ataupun IQIYI. Mungkin masih banyak drakor dan film lain yang dibintangi IU menarik untuk ditonton. Kalau kalian paling suka drama IU yang mana nih, sharing dong…



Salam Hangat,

sapamama





27 Komentar

  1. Oh iya, aku baru inget kalau IU bareng main sama Yeon Woo-Jin di Film "Shades Of The Heart". Aku juga seneng sama IU dan tidak terkiyong-kiyong.
    Hhaha...abisan dikit banget sebenernya drama yang sulit dilupakan daripada hanya mengisi waktu kosong untuk nonton drama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyik, ada rekomendasi.... Coba nanti aku cari di aplikasi nonton ya mam, tengkyuu

      Hapus
    2. Di VIU, kak.

      ...melihat IU ini, aku mulai mendekatinya secara gak sadar, donlotin lagu-lagunya, nontonin channelnya, dll. Etos kerjanya yang dikagumi rekan-rekannya, aku salut banget.
      Masih muda, berbakat dan bersungguh-sungguh dalam melakukan sesuatu.

      Pantes banget kalau drama yang dibintangi IU sangat berkesan.

      Hapus
  2. Aku suka semua drama yang kakak tulis. Sejak di Dream High ketahuan banget kalau IU itu aktingnya bagus. Cute banget sih saat jadi Kum Pil Suk. Suka sama hubungannya dengan Jason. Sayang kok Wooyoung ngga aktif di dunia hiburan ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga suka sama pasangan ini. Bener aih, kenapa ya Wooyoung ngga aktif lagi? Sayang banget ya.

      Hapus
  3. Beneran multitalenta ya IU, ya nyanyi, nge-dance, akting juga juara, bahkan headstand. Wow. Aku jadi menikmati lagi list drakor yang dibintangi IU di artikel ini

    BalasHapus
  4. Saya cuma nggak nonton yang terkiyong-kiyong.. hahahaha... adalagi istilah setelah tersongkang dan terxukai... hahaha. My Sister dramanya makjang, jadi ga bakalan saya sentuh. Saya cuma mau yang bahagia2 aja.. hahaha

    BalasHapus
  5. Well ternyata aku belum nonton semua nih hahaha Bolehlah ntar coba intip-intip dulu..yang mana dulu ya?

    BalasHapus
  6. Aku suka deh gambar yang Hotel Del Luna. SI gadis lagi bermain piano. Kayak romantis gitu hihihi. Aku ga ngikutin drama Korea ini semua sih tapi seneng baca ulasannya hehehe.

    BalasHapus
  7. menurutku scarlet heart itu best banget karena banyaaaaaaak banget pemeran cowoknya. seru ngikutinnya.

    oh iya aku baru tahu loh kalau iu pernah main sama kiyong juga ya.
    untuk actingnya benernya aku ga gt suka ya, cuma aku suka banget kalau iu di stage. kereeenn!

    BalasHapus
  8. Aku suka semua dramanya IU kecuali Hotel de Luna. Entah kenapa di situ aku merasa ga cocok dengan IU yang tampak judes haha. Tapi sebenernya aku kurang suka dengan nuansa dark di drama itu

    BalasHapus
  9. Wah kok samaan nih bahas drama-drama kece sama Lendy 아가씨 A-ga-ssi heheeh (keren ga tuh tulisan Koreanya? Rada nora sih, dan ini terjadi karena ku baru tahu arti Lendy Agassi itu = Nona Lendy!)

    Well ... singkat cerita,
    nanti ya tak pikir pikir lagi mau nonton dan terbius drakor lagi tanpa ampun gak!

    BalasHapus
  10. My Mister kelihatannya menarik. Saya belum menonton semuanya. Kayaknya install dulu nih VIU. Lumayan buat me time saat PPKM :)

    BalasHapus
  11. whoaaa banyak rekomendasi tapi yang membuatku tertarik itu My Mister karena niatnya buntutin orang eh malah berbalik simpatik. Ini seperti dont judge the book by its cover.

    BalasHapus
  12. Semua rekomendasi drakornya menarik ya. Kemarin sempat juga ngebahas soal drakor yang temanya menarik dengan si kakak. Artikel ini mau saya share ke dia ah, biar bisa nonton bareng

    BalasHapus
  13. IU keren ya dramanya bagus, lagu-lagunya juga hits, aku nonton Del Luna dan ceritanya apik ya dan IU disitu keren banget..

    BalasHapus
  14. Wah, aku cuma nonton 2 aja tuh dari yang ditulis di atas. Baru Hotel The Luna sama Moon Lovers : Scarlet Heart Ryeo aja. Suka deh sama IU. Kepengen sebenernya nonton My Mister. Tapi takut nangis-nangis deh. Ada bagian cerita di drama itu yang mirip hidup aku. Huhuhu jadinya takut keinget-inget. Wkwkwkwk

    BalasHapus
  15. Dream High ini legendaris banget buatku. Soalnya aku kurang suka drama Korea yang sekolah-sekolah kan, tapi ini beda. Aku ingat banget yang mereka mari di tempat umum. Terus flash mob populer deh

    BalasHapus
  16. IU ini termasuk eonie favorit aku mbak
    klo aku sing yang paling senang sama drama IU yang hotel del Luna

    BalasHapus
  17. Aku suka ama IU. Apalagi yang dia main di Hotel DE Luna. LAlu suaranya juga bagus-bagus jadi menurutku dia multitalent sekali

    BalasHapus
  18. udah nonton yang drama moon lovers, kisahnya manis yaa. saya suka sama settingnya karena berbeda dengan drama sejarah sebelumnya yang joseon itu. zaman goryeo mungkin terpengaruh sama barat ya, karena interiornya udah ada tempat tidur gitu, bukan ngampar hihihi

    BalasHapus
  19. Yang sudah aku tonton baru Hotel De Luna aja nih darkor yang dibintangi oleh IU. Aku kurang mengenal IU, ternyata dia ini penyanyi & penulis lagu juga ya, keren banget

    BalasHapus
  20. duh aku belum ada nonton satu pun...ini bacanya penasaran..noted dulu deh..

    BalasHapus
  21. Wah, multitalenta ya IU ini. Memang lebih asyik menyimak akting seorang aktor/aktris yang punya banyak kebisaan ya. Jadi ada daya tarik tersendiri, dan jadi enggak bosen nontonnya.
    Btw aku gak bisa milih drakor yang mana, soalnya terakhir nonton drakor tahun 2011-an. Hihihi..

    BalasHapus
  22. Aku gak bisa move on dari Hae So dan Wang So, kekeke. Tapi kalau untuk akting IU, aku paling suka di Hotel De Luna. Udah keliatan matang dan karakter IU di situ makin kuat.

    BalasHapus
  23. Scarlett itu sedih amat ya mba. Aku kayaknua pernah lihat yg Dream High walau ga sampai tamat dan IU emang imuuutt bagus actingnya

    BalasHapus
  24. 1Selama ini baru nonton IU di Dream High aja Mak. Di situ dia ngegemesin banget dan aku juga jadi terinpirasi untuk diet waktu itu karena dia di sana ceritanya kan overweight yah wkwkwk. Tapi diet apel yang katanya ala dia kayanya malah bikin tersiksa jadi mending yang aman2 aja xD

    BalasHapus