Anyone who stops learning is old, wether at twenty or eighty. Anyone who keeps learning stays young

- Henry Ford –

 

Seorang pendiri perusahaan besar, Henry Ford pernah berkata, bahwa siapapun yang berhenti belajar itu tua, entah di usia dua puluh atau delapan puluh. Sedangkan siapapun yang selalu belajar tetap muda.

 

Saya sangat setuju dengan apa yang beliau sampaikan. Mungkin fisik kita menua, mulai muncul keriput atau tanda penuaan lainnya. Namun, ketika kita selalu belajar hal baru, pikiran kita akan tetap segar, bugar, dan awet muda.


Tahun Baru, Project Baru

Tahun lalu adalah tahun dimana saya getol membuka kelas seni. Kenapa? Salah satu alasannya sih karena saya ingin belajar. Akhirnya aliran aktivitas terbentuk dengan alami, mulai dari mendatangkan mentor untuk kelas, belajar dari kelas online di website luar negeri, membuka kelas sendiri, hingga dipercaya menjadi narasumber sedikit banyak menghiasi hari-hari saya dari pertengahan tahun 2020 hingga awal tahun 2021 ini.

 

Dari niat ingin belajar seni akhirnya jadi belajar banyak banget. Senang sih karena bisa mendapat pengalaman baru, dan tentunya jadi lebih semangat dalam menjalani hari-hari. Bekal biar awet mudah, hihihi…

 



Project baru yang saya lakukan di awal tahun ini adalah membangun channel youtube saya, yaitu SAPAMAMA BERCERITA. Di sini saya memperkenalkan dan membacakan buku-buku anak yang bermutu dan bermanfaat untuk pembentukan karakter anak. Nah, dengan adanya proyek baru ini, maka saya harus kembali menelusuri jalan baru. Yang biasanya saya berkarya melalui media tulisan dan gambar, sekarang saya harus menggunakan media video dan suara.

 

Saya mencoba untuk mencari kelas-kelas yang bisa meningkatkan skill saya. Setelah mengalami pengalaman empiris danlam membuat konten youtube, saya jadi sadar bahwa banyak hal harus dipelajari dan dipersiapkan untuk konsisten membuat konten. Kalau saya cari kelas belajar online di website luar, agak merepotkan karena  harus mencerna kalimat yang disampaikan oleh mentor dalam bahasa Inggris dan tanpa teks terjemahan. Harus kerja ekstra keras, hehehe…


Realita Biaya Upskill: Kartu Prakerja Solusinya

Namanya pengalaman dan ilmu pasti ada harganya. Saya sendiri juga memahami itu karena saya pun ingin orang lain menghargai ilmu dan pengalaman yang saya bagikan. Jadi, saya tidak heran jik akelas-kelas untuk upskill ini harganya lumayan bikin kantong bolong. Masih untung saya sempat dapat gaji selama freelance di salah satu perusahaan swasta. Namun karena saya sedang hiatus, maka saya harus putar otak untuk mendapatkan sokongan biaya program belajar.

 

Lalu, ada seorang teman yang membicarakan tentang kartu Prakerja yang telah menjadi program pemerintah. This is it!

 

Jadi program kartu Prakerja ini adalah program dari pemerintah Republik Indonesia untuk meningkatkan kompetensi Warga Negara Indonesia (WNI berusia minimal 18 tahun dan tidak sedang menempuh pendidikan formal), yang berada dalam usia produktif agar mampu mengembangkan diri, meningkatkan produktivitas, dan daya saing.

 

Alur pendaftaran kartu Prakerja bisa diakses di laman www.prakerja.go id

Target utama program kartu Prakerja ini adalah para pencari kerja, pekerja yang terkena PHK, atau pekerja yang memerlukan peningkatan kompetensi. Jika kita bisa lolos seleksi, maka kita bisa menerima banyak manfaat dari kartu Prakerja, contohnya: memperoleh insentif bulanan sebesar Rp 3.550.000.

Dari total insentif tersebut, Rp2.550.0000 akan diberikan dalam bentuk uang dan dikirim secara parsial selama 4 bulan berturut-turut masing-masing sebesar Rp 600.000.

Kemudian, ada insentif pengisian survei sebesar Rp 150.000 yang dibagi menjadi 3 survei, masing-masing Rp 50.000.

Rp 1.000.000 sisanya tidak bisa diuangkan dan harus digunakan untuk mengikuti kelas pelatihan online di mitra kartu Prakerja.

 

Keuntungan paling legit tentunya ilmu yang diperoleh dari kelas online untuk meningkatkan skill dan kemampuan kita. Betul-betul bisa menjadi bekal untuk meningkatkan kualitas hidup.


Memilih Kelas Online Terbaik Untuk Upskill

Dari pengalaman hunting kelas online di website luar negeri, akhirnya saya menemukan ada beberapa website penyedia kelas pelatihan online. Berikut ini adalah sedikit overview kelas pelatihan online yang melayani pengguna kartu Prakerja.

 


Selain kedua website tersebut di atas, sebetulnya masih ada lagi penyedia kelas pelatihan online untuk pengguna kartu Prakerja. Namun, saya enggan mencari-caari lagi karena jujur saja saya sudah jatuh cinta dengan kelas online terbaik yang saya temui di awal pencarian. Semua kebutuhan saya sudah terpampang nyata di sana.


Review Mom Anin, Guru Les Bahasa Inggris dan Pemilik Online Shop Yang sudah Belajar di Skill Academy Menggunakan Kartu Prakerja

Mom Anin adalah salah satu sahabat dari komunitas Playdate Soloraya. Beliau adalah seorang mompreneur pemilik online shop @anindita_dian yang fokus pada penjualan perhiasan dari mutiara Lombok. Desainnya cakep-cakep lho... Selain itu, mom Anin juga merupakan guru les bahasa Inggris di PKBM Martarubi, yaitu lembaga pendidikan untuk anak yang menempuh jalur pendidikan non formal, mulai dari tingkat SD hingga SMA.

Mom Anin mengikuti proses seleksi kartu Prakerja dan berhasil lolos. Alhamdulillah lancar dan tidak ada kendala berarti. Kesulitan yang dirasakan hanyalah masalah konektivitas jaringan provider ke server, jika sedang jam sibuk, loading menjadi lama dan kerap gagal terkoneksi. Tapi tenang saja, jika jaringan lancar, prosesnya cepat dan lancar. Yang harus dicatat nih, kita harus memperhatikan dengan teliti setiap ada informasi masuk agar tidak melewatkan poin-poin penting bagi peserta kartu Prakerja.

Proses pencairan dana dari kartu Prakerja juga terbilang lancar. Dana parsial mom Anin masuk ke dalam bentuk GoPay. FYI, kita bisa memilih sistem pembayaran yang lainnya kok. Sesuaikan saja dengan yang kita miliki, entah itu rekening bank atau e-wallet seperti Dana, OVO, GoPay, dan LinkAja.



Mom Anin menyampaikan bahwa pilihan kelas pelatihan online-nya langsung tertuju pada Skill Academy. Alasan utamanya adalah karena kelas di Skill Academy lebih komplit dan pelatihnya terpercaya jika dibandingkan dengan website lainnya. Proses pembelajaran bisa menggunakan PC, Laptop, tablet, atau menggunakan aplikasi Skill Academy yang bisa di unduh di smartphone.

Kelas Skill Academy yang dipiih benar-benar sesuai dengan kebutuhan kita, mom Anin memilih kelas yang bisa meningkatkan skill bahasa Inggris dan kelas-kelas untuk mengembangkan bisnis guna mendongkrak usahanya. Mom Anin menuturkan, bahwa yang paling berkesan selama mengikuti kelas Skill Academy adalah materinya jelas dan penjelasan yang diberikan pelatih mudah untuk dipahami.



Jadi, setelah menyelesaikan serangkaian kelas di Skill Academy, mom Anin dapat segera mempraktekkan ilmu barunya dalam keseharian. Dengan pengalamannya ini, mom Anin merekomendasikan Skill Academy sebagai pilihan kelas online terbaik tak hanya bagi teman-teman dan saudara pengguna kartu prakerja, namun siapapun yang ingin meningkatkan skill sangat disarankan memilih kelas di Skill Academy.

Nah, review nyata dari mom Anin itulah salah satu faktor penguat saya untuk makin yakin dengan Skill Academy. 


5 Alasan Memilih Skill Academy Sebagai Kelas Online Terbaik

Tak perlu alasan untuk jatuh cinta, namun kita perlu landasan untuk makin yakin dengan suatu pilihan. Nah, alasan saya memilih Skill Academy sebagai kelas online terbaik dan tempat belajar tentu karena ada banyak keunggulan yang ditawarkan, diantaranya adalah:

 

1. Biaya

Dari segi biaya, harga yang ditawarkan oleh Skill Academy bisa dibilang terjangkau. Belum lagi dengan adanya berbagai promo untuk pengguna kartu Prakerja dan flash sale. Kita jadi bisa memiliki akses ke lebih banyak kelas. Memang betul kita bisa mengakses secara gratis karena menggunakan dana dari kartu Prakerja, tapi jika dengan budget yang sama kita bisa memperoleh lebih banyak kelas berkualitas untuk makin mengembangkan skill, kenapa tidak?


2. Tampilan website & video

Saya merasa nyaman dengan tampilan website Skill Academy. Font tulisan pada website juga mudah dibaca sehingga saya tidak perlu memicingkan mata. Tombol navigasinya juga membuat saya makin mudah untuk mencari dan menemukan apa yang saya butuhkan. Pada setiap kelas kita bisa melihat teaser video kelas pelatihan. Kualitas audio dan videonya nendang! Yakin bakal betah belajar dengan video pembelajaran dari Skill Academy.

 

3. Instruktur Berkualitas

Skill Academy telah dipercaya oleh lebih dari 4 juta pengguna dan duduk di peringkat #1 untuk kategori adult learning berdasar Daily Edtech Report 2020. Instruktur di kelas online Skill Academy dijamin berkualitas dan mumpuni sesuai bidangnya. Bahkan, Raditya Dika juga mengampu salah satu kelasnya lho… Dengan fitur barunya, yaitu Rekomendasi Instruktur, kita bisa merekomendasikan instruktur impian kita. Jadi makin semangat masuk kelasnya!


4. Sertifikat

Ketika kita sudah menyelesaikan kelas pelatihan dan menjalani tes, maka kita bisa memperoleh sertifikat. Nah, sertifikat yang kita peroleh ini sudah diakui di dunia kerja lho, jadi jelas bisa menambah poin tersendiri jika kita ingin bekerja di sektor formal. Untuk tambahan portfolio sebagai personal branding juga boleh banget sih. Makin manteb deh. Yang peru dicatat, kita harus mengikuti kelas secara runtut dan jangan sampai bolong-bolong, kalau sampai melakukannya, kita tidak akan bisa mengikuti webinar meeting. Sayang banget kan…

 

5. Customer service & pelayanan after sales

Beli alat elektronik saja kita akan lebih manteb yang pelayanan customer service (CS) dan after sales-nya bagus, begitu pula dengan pemilihan Skill Academy sebagai tempat upskill. Jika ada kebingungan dan kendala, tak perlu khawatir karena kita bisa menghubungi CS melalui whatsapp. Jam aktifnya mulai pukul 10.00-17.00 WIB.


Saya menulis sambil menghayati banget lhoh. Bersyukur karena bisa kenal Skill Academy ini. Saya tidak perlu lagi struggling dengan bahasa Inggris atau bahasa lain untuk bisa upskill. Alhamdulillah.

 

Teman mama bagaimana nih, sudah siap upskill di Skill Academy?

 

 

Salam Hangat,

sapamama

 

 

24 Komentar

  1. Seruuu bgt upgrading skills dgn ikutan skill academy ini ya mom.

    Beneran bikin hari² jadi ceria d musim pagebluk ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mam.. Bikin hidup lebih semangat

      Hapus
  2. Racun ini artikel. Bikin saya makin mantap mau ikutan belajar juga di skill academy. Doanya semoga berjodoh ya... Aamiin....

    BalasHapus
  3. sudah banyak membrei manfaat banyak orang ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mba Tira. Swlama kita serius pasti akan menuai manfaatnya

      Hapus
  4. Kurang apa lagi usaha pemerintah untuk meningkatkan kualitas hidup anak bangsa. Kadang-kadang sangat disayangkan penerima dana kurang serius mengikuti pelatihannya. Semoga dengan hadirnya skills academy bisa menghasilkan tega kerja (lulusan) yang berkualitas. terima kasih informasinya ananda Era.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.. Aamiin... Insya Allah demikian ya eyang... Bahkan harapannya SDM kita bisa bersaing dengan SDM mancanegara

      Hapus
  5. etapi ya, waktu gelombang 8 kemaren aku juga beli kursusnya di skill academy. alhamdulillah segala pertanyaan dan kendala lain lainnya beneran fast respon banget dari para adminnya. apa lg ada grup WA sama Tele nya juga

    BalasHapus
  6. Adik saya yg sudah belajar di SA inj mba.. Alhamdulillah puas dg kelas yg diambil..

    BalasHapus
  7. Skill academy ini aku emang sarankan sih buat siapa pun yang pengen asah kemampuan. Dari beberapa ulasan juga pada suka mbak memilih nambah kemampuan di Skill Academy.

    BalasHapus
  8. Pas banget nih. Aku juga baru lolos Kartu Prakerja gelombang 13. Ini jadi referensiku untuk ambil kelas di Skill Academy sih. Pgnnya aku belajar digital marketing atau data analys gt sih biar bs bermanfaat utk kerjaanku nanti.

    BalasHapus
  9. Aku belom lolos prakerja nih ka tapi bisa jg nambah ilmu dari skill academy

    BalasHapus
  10. kita kan seneng ya mbak kalau dapat sertifikat sebagai tanda kalau kita pernah belajar. Instrukturnya juga berkualitas. Mantap pokoknya belajar di skill academy

    BalasHapus
  11. Dia ada aplikasinya juga ya mam? Senang ya... bisa dapat ilmu berkualitas dengan mudah dan terjangkau di Skill Academi :) -salam ibukutu

    BalasHapus
  12. Waaah, sukses untuk proyek Youtubenya tahun ini Mbak. Biar semakin menginspirasi dan menyebarkan energi positif. Iya, Skill Academe kelasnya bagus2. Aku pernah ikut kelasnya.

    BalasHapus
  13. Selamaat, kak..
    Musuh terbesar itu ternyata dari diri sendiri yaah.. Kalau ada kemauan, pasti selalu ada jalan.
    Ini keren banget kelas Skill Academynya yang sudah diikuti.

    Manttap~

    BalasHapus
  14. Skill Academy, sudut pandang berbeda yang kudapat dari tulisan Mbak Era nih. Awalnya memang gak terlalu ngeh tentang kartu prakerja ini, ternyata program dari pemerintah tentang kartu prakerja ini imbasnya adalah untuk peningkatan skill. Kurang apa coba ya pemerintah ngasih fasilitas seperti itu. Keren!

    Apalagi kalau fasilitas itu dimanfaatkan untuk mengasih skill di Skill Academy ya, Mbak...

    Anyway semakin bersemangat untuk bikin konten bercerita untuk anakku, agar bisa kolaborasi dengan Mbak Era nih...

    BalasHapus
  15. Aku udah pernah ikut kelasnya dari Skill Academy, dari segi narsum dan materinya, berkualitas banget sih. Sayang aku selalu telat daftar pra kerja, pengen juga bisa belajar lagi di SA dengan harga terjangkau.

    BalasHapus
  16. Kelas bahasa Inggrisnya lebih ke TOEFL atau IELTS ya? Atau bahasa Inggris conversation reguler? Saya belum kebagian kartu pra-kerja, ihiks. Semoga nanti kalau ada lagi, bisa masuk. Jadi bisa nyobain kelas-kelas ini.

    BalasHapus
  17. Wah keren banget upgrading skill pake ruangguru ini ya. Aku udah mampir tadi ke channel-nya sapaMama keren. terus bikin video read aloud iya mbak, semangat

    BalasHapus
  18. Aku juga pengen nih mom nyobain kelas di Skill Academy ini banyak banget pilihannya dan harga kelasnya juga masih terjangkau buat kantongku

    BalasHapus
  19. Aku jg mau cerita nih aku ikutan prakerja skill academy juga yg pemateri nya gitasav tentang yutuber

    BalasHapus
  20. Karena aku masih berstatus mahasiswa berarti belum bisa ya Mbak?

    BalasHapus