Flourish Me Time, Flourish Me, Makin Harum dan Percaya Diri dengan Mandi Parfum Vitalis Body Wash



Apakah kebutuhan diriku sudah terpenuhi?

Pernahkan anda menanyakan hal tersebut pada diri anda sendiri?
Mari kita tarik lebih jauh lagi.
Pernahkan anda merasa uring-uringan secara tidak jelas?
Menjadi sangat sensitif? Jika ada yang tidak berkenan di hati, maka secara spontan langsung 'meledak'?

Jika hal itu terjadi, maka kemungkinan besar penyebabnya adalah kebutuhan diri kita belum terpenuhi.

Semenjak kita berkeluarga kita mengemban banyak peran di dalam hidup kita. Seorang wanita yang berperan sebagai anak, kakak, adik, istri, ibu, menantu, saudara ipar, rekan kerja dan lain-lain. Apalagi status sebagai seorang ibu, sesuatu yang baru dalam hidup kita. Sebagai orangtua, yang memiliki tanggung jawab dalam mendidik dan membesarkan anak kita. Hal tersebut menjadi gelombang yang indah dalam hidup ini.

Namun banyak dari kita, terutama ibu, yang mengesampingkan kebutuhan diri dan lebih mengutamakan kebutuhan suami dan anak. Ternyata hal tersebut salah kaprah lho... Yang lebih tepat adalah, untuk dapat memenuhi kebutuhan orang lain (suami dan anak), kita harus memenuhi kebutuhan kita terlebih dahulu.

Nah, kemarin saya mengikuti sesi bicara media sosial (MedSos) Keluarga Kita yang diadakan oleh Rangkul Surakarta. Tema yang diambil adalah Hubungan Reflektif yang berfokus pada pemenuhan kebutuhan diri seorangan ibu.

  • Apa saja yang termasuk kebutuhan diri?

1. Asupan makanan teratur dan gizi yang cukup.
Kita pasti sudah familiar dengan istilah "We are what we eat" atau "Makan di saat lapar dan berhenti makan sebelum kenyang."
Kedua hal tersebut benar adanya. Jaga asupan nutrisi dalam setiap gigitan makanan kita. Makanlah secara teratur. Boleh lho makan lebih dari 3 kali dalam sehari. Tapi.... Perhatikan porsi dan kualitas makanannya ya. Perbanyak sayur dan buah-buahan.

Panduan ISI PIRINGKU dari Kemenkes ini dapat kita jadikan acuan. Idealnya dalam 1 piring nasi 1/2 dari piring adalah buah dan sayur, 1/4 adalah protein, dan 1/4 porsi adalah karbohidrat. Jagan terbalik karbohidratnya 1/2 isi piring ya, nanti timbangan geser ke kanan, belum lagi dengan meningkatnya berat badan kita dapat meningkatkan ancanan penyakit kardiovaskular.

2. Tidur dan istirahat sesuai kebutuhan.
Tidur merupakan hal yang sangat penting dalam menjaga kesehatan fisik dan mental. Kurang tidur dapat menyebabkan gangguan fisik seperti pusing, kesulitan fokus, lelah, dan lain-lain. Secara psikis, kekurangan tidur juga dapat membuat kita mudah tersulut emosi negatif yang dapat memicu masalah kompleks dalam interaksi sesama manusia. Untuk usia 18-40 tahun idealnya kita tidur 7-8 jam sehari untuk mendapatkan kondisi prima.


3. Interaksi dengan orang lain.
Manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan interaksi dengan sesamanya. Apalagi wanita perlu mengeluarkan 20.000 kata per hari. Interaksi menjadi salah satu kunci dalam pemenuhan kebutuhan diri. Walaupun kini interaksi dapat dilakukan secara daring, namun interaksi langsung melalui tatap muka memiliki dampak positif yang lebih besar, misalnya meningkatkan fungsi memori dan melindungi otak dari penyakit yang merusak syaraf, membantu membangun pola hidup lebih sehat, mengurangi stres, dan menjaga kesehatan mental.

4. Aktualisasi diri, yaitu melakukan aktivitas sesuai keahlian atau kemampuan dan memacu diri untuk mencapai hasil yang terbaik.
Banyak yang berpikir bahwa aktualisasi diri ini merupakan Me Time. Tapi, me time saja apakah cukup? Mari kita gali sedikit lebih dalam.
Pada tahun 2018 saya mengikuti suatu kelas belajar melalui whatsapp. Di sana saya belajar untuk menggali ME. Apa yang saya inginkan dan saya mampu. Apa yang menjadi bakat dan minat saya. Ah, ternyata menulis, jurnalistik, dan seni merupakan bakat dan minat terbesar saya. Dan ternyata saya juga memiliki kemampuan untuk mengajari/menginspirasi orang lain. Sesuatu yang sudah lama saya lupakan dan tak disangka. Setelah menemukan ME yang menjadi passion saya, kini saatnya bergerak ke arah ME TIME
Me time adalah waktu untuk diri sendiri, waktu untuk mengapresiasi diri. Namun jika me time kita tidak tepat, maka bukan proses re-charge energi yang terjadi, namun justru energi kita akan terkuras dengan tetap menyisakan kekosongan dalam hati. Itulah mengapa penting sekali untuk menemukan ME sebelum menentukan me time
Dalam contoh kasus yang saya alami, karena saya menyukai jurnalistik, menulis, seni, dan memiliki kemampuan untuk mengajarkan sesuatu/menginspirasi orang lain, maka saya mencari kelas pengembangan diri yang dapat meningkatkan kemampuan saya. Saya juga bergabung dalam komunitas dan pertemanan yang dapat mendukung minat saya tersebut.
Me time yang tepat akan membuat kita senang, bahagia, dan tenang. Dan untuk menyempurnakan itu me time ini juga harus memiliki fungsi aktualisasi diri yang membuat kita flourish, membuat kita mekar berkembang. Bayangkan kita menjadi sosok yang mekar berkembang, indah memanjakan netra dan juga angan. Flourish Me Time, Flourish Me. Merupakan suatu titik berharga yang dapat membuat kita menjadi diri kita apa adanya, menjadikan kita sosok yang bahagia, dan membuat kita menjadi versi terbaik dari diri kita.
Happy Mommy, Happy Family

  • Apa yang akan terjadi kalau kebutuhan diri kita tidak terpenuhi?

1. Kita akan kesulitan memenuhi kebutuhan orang lain.
2. Dampak fisik, seperti sakit, lemah, dan tidak bersemangat.
3. Dampak psikis, seperti mudah marah, stres, depresi, dan frustasi.
4. Dampak sosial, seperti hubungan keluarga yang menjadi tidak baik serta tidak dapat menjalankan peran dalam rumah tangga dan masyarakat.

  • Bagaimana cara memenuhi kebutuhan diri?

Untuk memenuhi kebutuhan diri, terapkan manajemen energi yang baik, diantaranya:
1. Tidak menunda pekerjaan dan melakukannya satu per satu (singe tasking).
Kita bukan manusia sempurna yang dapat mengerjakan berbagai pekerjaan dalam satu waktu, oleh karena itu selesaikan tugas satu persatu agar fokus dapat terjaga dan pekerjaan jadi lebih tertata dan selesai pada waktunya.

2. Kenali kapan waktu beraktivitas yang optimal untuk diri kita. Ada yang merasa ebih mudah menyelesaikan pekerjaan pada malam hari ada juga yang memilih pada pagi hari.

3. Pulihkan diri dengan istirahat sejenak di antara aktivitas, misal jalan kaki 3-5 menit, ngobrol 10 menit, atau tidur siang 15-20 menit. Waktu istirahat singkat juga dapat memperbaiki suasana hati dengan cepat.

4. Olahraga secara teratur.
Untuk memiliki tubuh yang sehat jiwa dan raga selain makan makanan bergizi kita harus rajin berolahraga. Pilih olahraga yang kita sukai. Misalnya saya, saya suka yoga, oleh karena itu saya mengambil kelas yoga. Namun adakalanya saya melakukan workout dengan bantuan video di rumah, kadang saya juga bersepeda dengan anak saya, atau berjalan-jalan mengelilingi desa sembari melakukan nature walk. 
Beraktivitas dekat dengan alam sangat baik untuk kesehatan mental kita dan meningkatkan rasa syukur kita atas anugerah TuhanYang Maha Esa.

Mandi, bisa menjadi sesi me time yang berharga bagi ibu

Ketika saya sudah menemukan kita sudah mampu nerima tanpa drama dan bergerak maju menuju aktualisasi diri, tentu ada konsekuensi yang harus saya hadapi. Untuk ukuran ibu rumah tangga jadwal saya cukup padat. Hampir setiap hari ada agenda aktivitas dan diharuskan bertemu dengan orang, baik teman ataupun relasi. Oleh karena itu saya harus memperhatikan penampilan saya.

Penampilan secara visual adalah poin penting dalam berinteraksi, selain pakaian yang rapi dan nyaman, biasanya saya menggunakan make up. Secukupnya saja, saya menggunakan bedak yang diperkuat SPF, eyeliner, lipstik, dan sesekali dilengkapi blush on
Selain tampilan visual, yang perlu diperhatikan adalah aroma. Iya, aroma tubuh kita. Relasi kita bisa ilfeel jika aroma tubuh kita tak sedap. Dalam hal ini, penggunaan parfum adalah hal krusial. WAJIB!

Bicara tentang parfum saya punya andalan sejati. Yup, produk-produk dari PT UNZA VITALIS. Sejak SMA saya mengenal PT UNZA VITALIS yang merupakan bagian dari Wipro Consumer Care & Lighting Group, merupakan salah satu produsen dan pemasar produk perawatan tubuh terkemuka di Asia Tenggara dengan merek-merek yang difokuskan untuk jutaan konsumen di Asia. Wipro Consumer Care & Lighting Group memproduksi dan memasarkan lebih dari 24 merek ungguan di 50 negara diantaranya terdapat di Asia Tenggara, China, dan sekitarnya.

Saat ini Vitalis merupakan market leader di pasar Female Fragrance. Vitalis memahami tren parfum dan memahami olfactive (karakter parfum) di pasar global maupun Indonesia, Jadi jangan heran jika Vitalis selalu memiliki hal baru yang bisa ditawarkan kepada wanita di dunia dan Indonesia pada khususnya.

Saat SMA hingga bekerja saya menggunakan Enchanteur Body Lotion Charming. Aromanya sangat harum dan awet. Seharian beraktivitaspun kita tetap wangi. Namun sejak menjadi ibu saya berganti haluan dan menggunakan Vitalis Au De Cologne Femme Chic Milan. Aromanya harum, awet banget. Aroma harumnya nempel di baju, bahkan baju masih tetap wangi walau sudah dipakai seharian. Rasanya sayang banget saat akan mencuci baju kotor. Tidak rela mencuci aroma parfum yang harum, hahaha...

Pada pertengahan tahun 2019 Vitalis mempersembahkan produk baru bagi kaum hawa. Vitalis membawa expertisenya di bidang parfum ke dalam produk body wash. Kenapa body wash? Body wash adalah produk yang dalam pembeliannya sangat ditentukan oleh aroma parfumnya dan Vitalis sangat memahami karakter parfum. Vitalis Body Wash diyakini akan mampu memberikan pengalaman mandi yang lebih baik dan menyenangkan.

Selain parfum, keunggulan Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash ada pada moisturizernya yang berkualitas tinggi. Moisturizer ini akan menjaga kelembaban kulit sehingga kulit tidak akan kering.

Vitalis Body Wash menyediakan 3 varian yang memiliki manfaat berbeda pada setiap variannya. 3 varian yang ditawarkan adalah :

1. Vitalis Body Wash White Glow

White Glow memberikan manfaat Skin Brightening untuk kulit lebih cerah, terasa halus, dan lembut. Aroma fruity dari manisnya Cherry & Raspberry, disusul wangi Marshmallow & Gardenia yang lembut dan elegan, dibungkus dengan kombinasi Woody & Suede yang glamour & tahan lama. Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash White Glow diperkaya dengan ekstrak Licorice & Susu membantu merawat kulit nampak bersih, cerah bersinar.


2. Vitalis Body Wash Fresh Dazzle

Fresh Dazzle memberikan manfaat Skin Refreshing untuk kulit segar, halus, dan lembut. Parfum menawan yang diawali dengan segarnya Bergamot, diikuti wangi Floral Bouquet yang elegan dan feminim disukai wanita, ditutup dengan Musk Amber yang tahan lama. Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash Fresh Dazzle diperkaya ekstrak Yuzu Orange & anti oksidan dari Green Tea, menjaga kulit terasa bersih, wangi, segar, dan terawat.


3. Vitalis Body Wash Soft Beauty

Soft Beauty memberikan manfaat Skin Nourishing untuk kulit terasa halus, lembut, dan terawat. Parfumnya dibuka dengan segarnya Fruity Aldehydic, dilanjutkan wangi Rose & Violet yang feminim, diakhiri manisnya Tonka Bean & Sandalwood yang premium. Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash  Soft Beauty diperkaya ekstrak Avocado & Vitamin E untuk membantu menjaga kulit tetap kenayal, halus, dan lembut.


Diantara ketiga varian tersebut yang manakah favorit anda? Yang menjadi favorit saya adalah Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash White Glow. Sejak dulu saya menyukai karakter parfum yang manis. dan White Glow ini didominasi aroma wangi yang manis dan girly.


Bagi saya mandi merupakan suatu prosesi yang berharga. Untuk sejenak saya bisa terlepas dari kesibukan sehari-hari. Bagi saya mandi adalah me time paling sederhana untuk memanjakan diri. Dengan ditemani Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash White Glow maka proses me time itu makin terasa berharga. Dengan sabunnya yang lembut dan aroma fruity nan elegan menjadikan momen mandi menjadi momen yang saya tungu-tunggu.

Dari semenjak saya membuka tutup botolnya hingga saya mengeringkan tubuh dan berganti pakaian, harum parfumnya mengiringi setiap jejak langkah saya. Setiap aktivitas saya baik indoor maupun outdoor, baik bertemu teman maupun relasi, untuk keperluan pekerjaan ataupun hobi saya jalani dengan semakin percaya diri. Kenapa? Karena dengan mandi parfum Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash menyempurnakan saya, menjadi semakin mekar berkembang secara sempurna.

Flourish Me Time, Flourish Me


Untuk memperoleh informasi lebih lanjut tentang Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash silahkan berkunjung ke laman resmi Vitalis.. Kita juga bisa mengunjungi akun Instagram, Facebook Fans Page, dan juga Twitter Vitalis. Silahkan follow untuk mendapatkan segala info terbarunya ya...

Saya pribadi berharap suatu saat nanti PT UNZA VITALIS dapat merilis produk shampoo dengan keharuman parfum yang tahan lama. Agar setiap wanita dapat merasakan sensasi creambath di rumah kapanpun kita mau.

Akhirnya, sudah tiba saatnya kita berpisah. Jika sudah merasakan sensasi Vitalis Body Wash silahkan tulis pengalaman teman-teman di kolom komemtar ya... Saya tunggu ceritanya ya... Sampai jumpa.


Salam hangat, 
sapamama

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Bagus Mba artikelnya.. terima kasih utk sudah mengingatkan utk punya me time. Saya baru tau kalo me time yang tidak tepat malah bisa menguras energi. Kalo boleh tau kelas pengembangan diri yang Mba ikutin untuk menemukan Me itu dimana ya? Terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya tidak salah ingat ya mba, saat itu kulwhap diadakan oleh Diskusi Emak Kekinian, temanya tentang Ibu Bahagia. Saya sudah agak lupa detailnya karena sudah lama. Tapi yang paling ngena di hati saya tentang Flourish Me Time ini. Dulu juga dibantu dg tes sederhana di www.temubakat.com. Lalu setelah itu saya ikut kelas-kelas offline untuk pengembangan diri guna menfasilitasi passion. Pengen membuktikan, bener ga itu passion saya. Ternyata memang betul. Yang pasti kita temukan apa yang kita inginkan, lalu kembangkan diri untuk mencapai aktualisasi diri. Kalau sudah mulai mendapatkan alirannya dan menikmati, flourish me time kita bisa menjadi magnet rejeki. Bagi saya pribadi perjalanan yang cukup panjang, namun selama kita terus bergerak dan mencari, pasti akan ada hasil positif. Semoga membantu ya.

      Hapus