Basic Modern Calligraphy. Dasar Seni Menulis Indah Untuk Meningkatkan Nilai Karya Seni

 

Selama ini saya memaknai seni kaligrafi adalah seni menulis indah pada lafaz ayat suci Al- Qur'an. Tapi ternyata, kaligrafi memiliki jangkauan yang lebih luas.

Teman mama pernah merasa suka dengan suatu tulisan indah dan memiliki keinginan untuk bisa menghasilkan karya seperti itu? Untuk membantu teman mama dalam visualisasi, berikut ini saya sertakan beberapa contohnya ya...

Kaligrafi modern untuk mood booster
Karya: Kak Sannya @thecrafterhours


Kaligrafi modern dapat diaplikasikan dalam jurnal
Karya: @whenshe_doodles

What do you think? 

Bagi saya pribadi, hanya dengan melihat karya itu saya merasakan senang dan bersemangat. Pada kesempatan yang sebelumnya saya pernah menulis tentang art theraphy. Saya sertakan sedikit tentang art theraphy ya... Art theraphy atau terapi seni adalah sebuah sarana bagi seseorang yang mengalami kesulitan dalam mengkomunikasikan dirinya secara verbal.

Selama ini teman mama merasa baik saja dalam berkomunikasi? Ternyata, proses terapi seni bisa membantu kita mengekspresikan diri kita lebih dalam lho... Kadang saat kita berkomunikasi, emosi kita yang berada di permukaanlah yang mendominasi dan ada emosi yang tertimbun di dasarnya. Nah, melalui terapi seni, kita dapat mengekspresikan emosi terdalam kita. Jadi tidak mengherankan jika banyak yang bisa mengenali dirinya lebih dalam setelah melakukan terapi seni.


Manfaat menulis bagi kesehatan mental

Teman mama pernah punya diary? Atau bahkan sampai sekarang masih rutin menulis diary

Saat ini menulis diary bisa melalui beragam media. Beberapa masih menyukai diary klasik yang di tulis tangan karena hanya bisa diakses sendiri dan tidak dibaca khalayak, namun ada juga yang suka menuliskan di media sosial seperti instagram, facebook, atau juga melalui blog.

Beberapa tahun belakangan ini juga banyak sekali yang menulis menggunakan bullet journal. Pegiat jurnal inilah yang kerap menghiasi setiap sudut jurnalnya menggunakan karya seni yang indah. Bisa menggunakan spidol, brush pen, drawing pen, ataupun menempelkan stiker.

Salah satu pegiat bullet journal favorit saya adalah Archie The Red Cat, author alias pencipta Webtoon Eggnoid. Berikut ini adalah beberapa karya beliau.

Jurnal kelihatan makin menarik dengan tambahan doodles
Karya: @archietheredcat

Kombinasi karya watercolor dan kaligrafi modern membuat jurnal makin menarik dan tidak membosankan
Karya: @archietheredcat

Dengan media apapun kita menulis, nyatanya menulis memiliki banyak manfaat bagi kita. Dilansir dari laman Alodokter, berikut ini adalah 5 manfaat menulis bagi kita.

  • Meredakan stress

Menulis dapat membantu kita melepas tekanan dan emosi terpendam, terutama emosi negatif seperti kemarahan, rasa takut, dan kecewa. Jika mampu melepasnya, teman mama akan merasa lebih tenang, dan terhindar dari stress, kecemasan, bahkan depresi.

  • Memecahkan masalah dengan lebih baik

Umumnya manusia menggunakan kemampuan analisa (otak kiri) untuk memecahkan suatu masalah, namun kadang memerlukan kreativitas dan intuisi (otak kanan) untuk menyelesaikan masalah yang menghampiri. Dengan menulis, teman mama dapat menuangkan sisi kreatif dan intuisi sehingga dapat menemukan solusi inovatif dari permasalahan yang dihadapi.

  • Menuangkan perasaan sesuai keinginan

Dengan menulis, teman mama dapat berlatih merangkai kata untuk mengungkapkan emosi, menjadi sesuatu yang bisa diceritakan kepada orang lain.

  • Memperbaiki suasana hati

Terkadang, kita tidak memahami perasaan kita sendiri. Seharian terasa bad mood. Dengan mencatat suasana hati dan aktivitas kita, contohnya dalam mood tracker, teman mama bisa mengenali pemicu terjadinya bad mood dan memahami hal-hal yang bisa memperbaiki mood. Selain jujur dengan diri sendiri, dengan menulis teman mama bisa menuliskan hal-hal positif dan yang patut di syukuri setiap harinya.

  • Meningkatkan daya ingat

Ketika stress tidak disalurkan dengan baik, maka akan menghabiskan energi yang dibutuhkan otak untuk berpikir dan membentuk daya ingat. Karena telah diketahui bahwa menulis dapat mengurangi stress, maka hal ini akan berdampak baik bagi daya ingat dan kemampuan berpikir kita.

Yang perlu dicatat adalah konsistensi dan usahakan untuk melakukannya setiap hari sehingga bisa mendapatkan manfaat terbaik menulis.

Bagi saya (dan mungkin teman mama) yang menyukai menulis melalui media manual, membuat tulisan yang indah sangat penting untuk membangun semangat menulis dan menjadi mood booster. Bagaimana caranya agar gaya tulisan kita ngga gitu-gitu aja? Minimal, bisa membuat quotes dan judul menggunakan fonts yang cantik saat dipandang.

Cara menguasai teknik dasar kaligrafi (Basic Modern Calligraphy)

Untuk menjadi expert tentunya kita harus belajar dari dasarnya dulu. Nah, kali ini Sapamama Art Class menyediakan media belajar dasar seni kaligrafi modern melalui kelas Basic Modern Calligraphy bersama kak Sannya Nurbanyeva yang merupakan seorang Professional Letterer dan saat ini berdomisili di Belanda. Teman mama bisa melihat karya beliau melalui akun instagram @thecrafterhours.

Siapa sangka, Sapamama yang masih bau kencur ini bisa rutin mengadakan kelas seni sejak September 2020 hingga sekarang. Dan nantinya, kelas ini adalah kelas internasional pertama #tsah, lebay banget ya, hihihi.... Iya, soalnya ada perbedaan waktu di Indonesia dan Belanda. Lumayan, selisihnya 6 jam. Biasanya kelas dimulai pagi, namun, untuk kelas Basic Modern Calligraphy akan dimulai sore hari, yaitu pukul 15.00-16.00 WIB (pukul 09.00 waktu Belanda).



Dalam kelas Basic Modern Calligraphy ini teman mama akan mempelajari dua materi utama, yaitu Faux Calligraphy  dan Brush Calligraphy.

Alat yang perlu dipersiapkan antara lain:
- Pensil
- Penghapus
- Penggaris (optional)
- Brush pen (boleh merk apa saja) atau kuas lukis.

Kelasnya akan dilaksanakan selama 5 hari, mulai tanggal 28 januari - 1 Februari 2021
Mantul kan?

Jika teman mama mengikuti kelas Basic Modern Calligraphy ini, maka akan mendapat fasilitas:
- Kelas yang fleksibel melalui WAG (whatsapp group)
- Materi PDF dan worksheet
- Diskusi dengan expert
- E-Sertifikat

HTM kelas ini 100k

Bisa langsung menghubungi narahubung yang tertera di flyer ya. Yuk, daftar sekarang. Kalau terlambat bisa nyesel lho, hehehe...

Kalau kita sudah menguasai teknik dasar ini, teman mama yang menyukai dunia menulis indah bisa menghasilkan karya yang tidak hanya indah dipandang, namun bisa juga mendatangkan...ehm, cuan.

Ide kreatif dan modern calligraphy bisa menjadi karya artistik yang indah dan bernilai ekonomi tinggi
Karya: @homelearningme  


Walau ada banyak fonts digital yang menarik, namun menghasilkan karya digital dengan fonts karya sendiri membuat kita terasa lebih puas dan bahagia serta menambah nilai keunikan karya.
Karya: @thecrafterhours


Gimana, tertarik untuk mencoba mempelahari modern calligraphy yang ternyata memiliki banyak manfaat ini? Feel free to WAPRI ya...



Salam Hangat,
sapamama





Posting Komentar

0 Komentar