No More Sexless Marriage, Ciptakan Kehidupan Seks Yang Membara Dalam Rumah Tangga


Kali ini kita akan membicarakan sesuatu yang bagi sebagian orang dalam masyarakat kita masih dianggap tabu. Apa itu? Seks.

Mulai dari sini, saya berharap bahwa kita, sebagai orangtua milenial mau dan tidak malu untuk belajar seputar kehidupan seksual, selain untuk meningkatkan citra diri yang positif, hal ini juga dapat menjadi bekal kita jika kelak, anak kita bertanya hal-hal terkait dengan seks.
Jika kita belajar dari sumber yang tepat, kita juga akan mendapatkan ilmu yang tepat sehingga tidak akan memberi jawaban yang menyesatkan dan menyimpang dari ilmu pasti.

Nah, kali ini kita akan membahas seksualitas dan bagaimana memelihara kelekatan seksual dengan pasangan bersama Zoya Amirin. Zoya Amirin adalah seorang Seksologi yang kerap menjadi narasumber dalam berbagai media baik cetak maupun elektronik. Beliau juga aktif di sosial media seperti twitter, instagram, dan memiliki channel youtube Zoya Amirin. Silahkan berkunjung untuk informasi terkini berbagai konten menarik dari Zoya Amirin ^^

Artikel ini adalah hasil wapshare bersama Kalong Kitty. Untuk artikel lain hasil kerjasama dengan @kalong_kitty bisa cek di sini ya…

Sebelum menginjak pada sesi tanya jawab saya akan berbagi materi dari Zoya Amirin. Materi yang saya peroleh sudah melalui proses editing untuk disesuaikan dengan pembaca setia www.sapamama.com.

Selamat menikmati…


Mari Bicara tentang Sex Positivity

Sex positivity adalah menjadi individu dengan sikap seks positif, memiliki pemahaman tentang tubuh dan seksualitasnya. Merasa nyaman dengan seksualitas dirinya, serta memberi makna pada pengalaman seksualitas diri.

Kebanyakan dari kita menikah dengan tujuan untuk:
1. Prokreasi (memiliki keturunan)
Ada tiga kategori dalam prokreasi, yaitu:
- Ada pasangan yang tidak ingin memiliki anak,
- Ada yang lebih fokus memiliki anak sehingga menjadikan pasangan sebagai alat untuk memenuhi mimpi keluarga ideal,
- Ada yang bijak menyikapi anak sebagai buah cinta mereka berdua (melahirkan atau adopsi sekalipun).

2. Rekreasi (menikmati kehidupan seksual)
Sedangkan rekreasi merupakan berkah pernikahan itu sendiri . Seks bukan segalanya dalam pernikahan, tapi gairah seks itu PENTING keberadaannya dalam kebahagiaan keluarga.

Kenapa harus menambah atau mempertahankan gairah & keintiman dalam pernikahan?
Sternberg Triangle Theory akan menjawab pertanyaan tersebut ^^


Ilustrasi : www.medium.com

Passion/Gairah adalah motivasi yang menjadi bahan bakar romantisme percintaan, ketertarikan, dan gairah.
Intimacy/Keintiman adalah rasa ketertarikan, kehangatan, berbagi, dan kedekatan antar individu,
Commitment/Komitmen adalah keputusan sadar seorang individu untuk mencintai, menjaga, dan mempertahankan kelangsungan hubungan.

Hadir atau tidaknya komponen-komponen tersebut merupakan bagian dari berbagai macam cinta yang terbentuk karena perpaduannya. Misalnya :
Semakin besar keintiman maka akan meningkatkan gairah dan komitmen, sama halnya dengan semakin besar komitmen akan menuntun pada keintiman yang lebih dalam dan gairah yang lebih besar.


Kenapa Seks Baik Untuk Kita?


1. Mengurangi stress
2. Meringankan rasa sakit
3. Sumber kebahagiaan
4. Meningkatkan daya ingat
5. Menjauhkan dari kanker payudara
6. Tidur menjadi nyenyak
7. Menjaga tubuh tetap ramping
8. Meningkatkan imunitas
9. Menghentikan hot flashes, yaitu perasaan panas yang datang tiba-tiba pada wanita yang sedang mengalami menopause.
10. Awet muda

Seksualitas bukan hanya tentang proses senggama saja. Seksualitas adalah ekspresi cinta, bonding, dan ekspresi sensual. Seksualitas juga dapat berupa pelukan mesra, sentuhan/usapan sayang, berpegangan tangan, saling merangkul mesra, tatapan mata penuh kasih sayang, berciuman mesra hingga ciuman penuh gairah, dan sebagainya.


Bagaimana Cara Menikmati Seks?


Apapun peran anda saat ini, baik sebagai ibu rumah tangga, wanita karir, dan lain-lain, kunci utama untuk memperoleh seks yang luar biasa adalah :

Acceptance (Love Your Body)
Banyak wanita kesulitan menerima dan mencintai tubuhnya pasca melahirkan. Rasa tak nyaman (insecurity) meningkat tajam kala menyangkut urusan ranjang. Bahkan banyak wanita yang memilih mematikan lampu saat bercinta agar pasangannya tak melihat kekurangan di tubuhnya. Memang betul pria adalah makhluk visual, dia melihat lipatan lemak ataupun stretchmark anda, namun pria suka melihat wajah anda saat bergairah, juga ekspresi sensual wajah dan tubuh anda saat bercinta walaupun tubuh anda sudah berubah.
Terima perubahan tubuh anda, Confident is a new SEXY.

Process Your Feeling
Secara psikologis, perubahan baik atau buruk memiliki tekanan tersendiri pada kita. Meski kita bisa memahami atau memprediksi sesuatu dengan logika kita, kita tak pernah bisa memprediksi perasaan kita. Ketika ada perubahan dalam peran hidup sebagai orangtua, terima perubahan dengan merangkul emosi yang naik turun, saat kita senag, sedih, kewalahan, ingat selalu untuk selalu sadar dan menyayangi diri sendiri. Ijinkan tubuh dan mental anda berproses. Tugas kita adalah menikmati proses dan mengelola stress.

Be Assertively Sexy
Sampaikanlah apa yang anda rasakan dan yang anda inginkan. Karena pasangan kita bukan peramal, maka sampaikan pada pasangan anda bagaimana anda menjadi wanita paling seksi di dunia, hahaha…
Bagi saya, komunikasi secara asertif ini  bukan hal baru, di Keluarga Kita, teknik ini menjadi salah satu kunci komunikasi efektif yang bisa di praktikkan kepada anak, pasangan, atau rekan dengan kondisi dan situasi apapun. Dan ternyata komunikasi untuk mencapai kehidupan seksual yang mantab pun memerlukan teknik ini. Salute

Berikut ini adalah rumus komunikasi asertif :
Sumber : www.slideshare.net


WARNING! Jika dalam 6 bulan bahkan lebih dari setahun anda merasa tidak bergairah dengan pasangan anda, cepat lakukan sesuatu pada keintiman & gairah seks atau berkonsultasi pada ahlinya. 



Berikut ini adalah beberapa hal seputar seks yang patut kita perhatikan :

Rencanakan kehamilan selanjutnya. Pastikan kita & pasangan mendiskusikan kontrasepsi dengan dokter ahli kandungan terpercaya. Mood killers terbesar adalah ketakutan berhubungan seks setelah melahirkan dan hamil lagi.
Utamakan kualitas dibandingkan kuantitas hubungan seks, ingatlah bahwa tak ada yang meminta kita untuk bersenggama setiap waktu.
Sesekali mengatakan tidak pada senggama boleh lho… tapi selalu katakana YA pada kemesraan & keintiman.
Bicara secara terbuka dan asertif tentang ketakutan & keinginan anda secara seksual. Ajak pasangan bicara dari hati ke hati mengenai isu yang ada dari sudut pandang anda. Bahas & ambil keputusan bersama-sama.

Pastikan kita dan pasangan selalu memiliki waktu untuk mendiskusikan perasaan sehubungan dengan perasaan dalam rumah tangga. Ijinkan pasangan mengungkapkan kelelahan atau berkeluh kesah tanpa menghakimi atau memberikan solusi yang tidak diperlukan. Terkadang, pasangan hanya ingin menumpahkan perasaan dan membutuhkan pendengar setia. Ciptakan ruang aman (safe space) bagi kita dan pasangan untuk berbagi apapun, rasa syukur, rasa lelah, kaget, penyesuaian, apapun itu, tanpa menghakimi. Sharing is caring.

Semoga materi di atas dapat menjadi gambaran dan bermanfaat ya. Nah, selanjutnya kita akan beranjak menuju sesi tanya-jawab.


Sesi Tanya Jawab bersama Zoya Amirin

Tanya R:
Bagaimana menumbuhkan gairah seks pada pasangan yang menganggap seks bukanlah prioritas dalam suatu hubungan? Padahal saya sudah berpakaian seksi dan percaya diri, tapi suami saya tetap tidak bergairah. Hal itu berlangsung semenjak hamil hingga setelah melahirkan dan sampai sekarang kami sudah tidak lagi berhubungan
Jawab:
Halo bu R, coba ambil waktu khusus untuk membahas ini dengan suami, usahakan duduk bersebelahan dan ajak diskusi suami. Asertif selalu diawali dengan ungkapan "I feel .." atau " saya merasa..." misalnya "Sayang aku kangen bercinta dengan kamu, mau gak kita staycation berdua? Pengen deh senang- senang berdua sama kamu..." Gunakan istilah mesra anda sendiri. Selamat mencoba.

Tanya Y:
Mungkin bu Zoya tahu istilah vaginismus. Bisa dibilang dengan adanya vaginismus tersebut seseorang tidak dapat berhubungan suami istri secara seksual dengan baik. Yang saya tanyakan bagaimana sebaiknya yang dilakukan pasangan suami istri jika istrinya penderita vaginismus tersebut? Bagaimana dengan hubungan seksualnya apabila istri sangat tidak dapat melakukannya?
Jawab:
Selamat malam, vaginismus harus di treat ya bu Y. Cepat periksa ke ahli kandungan. Ketika periksa ajak suami anda supaya ia tau seberapa serius masalah ini buat anda. Kalau entah dengan alasan apapun suami anda tidak bisa hadir. Rekam dengan video kunjungan anda ke Dokter untuk anda dan suami bahas dirumah. Semoga lekas sembuh ya…

Tanya S:
Ini pertanyaan yang mengusik hati.  Mami saya jadi korban KDRT(Kekerasan Dalam Rumah Tangga) gara-gara urusan ranjang macet. Apa yang bisa saya sarankan agar mami bisa bergairah lagi sama papi saya?
Jawab:
KDRT melibatkan trauma luar biasa.  Tidak ada cara mudah dan cepat untuk memulihkan kondisi emosi ibu anda. Saya sarankan justru bujuk ayah anda untuk memperbaiki hasil perbuatannya. Terlebih menyesalkah ayah anda? Jika iya, ajak ayah anda untuk membantu ibunda menyembuhkan luka bathin dan jatuh cinta lagi pada ayah anda. Semoga sukses ya.

Tanya Pu:
Wajarkah kalo suami yang menolak untuk berhubungan? Bagaimana membuat suami bergairah kembali?
Jawab:
Halo bu Pu, suami atau istri sesekali menolak itu biasa, tapi jika 3 bulan terakhir berhubungan seks selalu ditolak sebaiknya ajak diskusi suami, ungkapkan kesedihan anda secara asertif dengan formula yang saya berikan. Jangan memojokan suami (atau siapapun) ungkapkan anda merasa sedih di tolak terus, apa yang sebaiknya dilakukan untuk membuat bahagia bersama, ingatkan suami anda bahwa ia bisa berperan besar dalam membuat anda perempuan paling seksi sedunia. Tantang sedikit suami anda. Good luck ya…

Tanya I:
Bagaimana mengembalikan lagi kemesraan dengan pasangan ketika pasutri sudah vakum secara sekssual beberapa saat, disebabkan istri pernah tumbang kesehatannya dikarenakan mengidap autoimun. Perlukah pasutri mengambil second honeymoon?
Jawab:
Halo bu I, good question bu. Hebat survivor ya bu dan semangat memiliki kehidupan seksual yang bahagia. Boleh 2nd honeymoon tapi sebelum berangkat honeymoon,  setidaknya 3 bulan jalan atau tidur sering sering holding hands, berbicara apalagi bercinta sering tatap mata, dan berciuman 5 detik sehari. Lakukan 3 hal ini secara intens sampai jadi habit buat kehidupan pernikahan anda. Semoga jadi cepat mesra lagi ya...

Tanya Ri:
Mba apa saya salah ya kalau selalu duluan menyediakan umpan untuk suami saya, setiap kali saya memancing suami saya bilang lelah dan besok, besok, besok. Bahkan suami saya yang mengatur jadwal mainnya. Di situ terkadang saya merasa insecure dan merasa suami tidak bergairah lagi kepada saya. Padahal saya sudah memakai pakaian tipis dan ia marah bahkan tidak ingin melihat saya berpakaian seperti itu. Bagaimanakah cara membuat suami saya berhasrat kembali? Padahal kaloau ditilik umur pernikahan kami masih seumur jagung.
Jawab:
Jangan berkecil hati Ri, mungkin ya (saya butuh lebih banyak info sebenarnya) saya menduga suami anda very well organized & perfectionist. Mungkin ya... Nampaknya ia tidak suka spontanitas. Jadi ajak suami membuat jadwal kencan berdua. Setiap bulan atau dua minggu sekali harus ada waktu 'kencan'' anda pergi keluar atau hanya cuddling di rumah. Anda ungkapkan hari itu harus ada seks. Anda merawat diri dengan segala busana seksi dan wangi-wangian juga tentunya. Selalu anda jalan untuk mengungkapkan cinta.

Tanya P:
Saya seorang wanita karir dan mempunyai anak usia 1 tahun. Memang dok setiap pulang kerja cape banget rasanya. Di rumah mesti urus anak lagi, kadang tuh jam 8 aja sudh tidur, suami juga sama-sama cape, jadi jarang sekali untuk berhubungan. Gimana ya mbak Zoya mengembalikan gairah kita berdua lagi supaya hubungan seksnya sehat
Jawab:
Halo bu P. I feel you! Dilema kita semua ya jika sama-sama bekerja.. Sebelum seks, maintaining rasa cinta dulu, biarpun sibuk sebelum tidur bisa pelukan kan? Atau pegangan tangan sampai terlelap, tatap mata pasangan ketika berbicara, curi-curi waktu tiap hari berciuman 3-5detik, pergilah berkencan berdua saja sebulan sekali, saat kencan tidak boleh bahas anak, tapi bahas tentang kalian berdua.
Setelah kebiasaan kencan  dan ritual romantis ini lihat bagaimana gairah seks anda berdua akan muncul lagi

Tanya A:
Setelah memiliki anak, saya jadi merasa (maaf) jijik terhadap hal apapun. Begitupun dengan seks. Apalagi untuk foreplay.  Sehingga hubungan seks kami menjadi hambar. Bagaimana cara mengatasi rasa jijik tersebut?
Jawab:
Halo bu A, bu kalau sampai merasa jijik, kemungkinan ada trauma cukup dalam. Biasanya terjadi karena ada banyak perasaan bercampur aduk dan tidak sempat di proses oleh anda. Cobalah memproses perasaan anda. Kalau bisa berkonsultasi dengan psikolog soal ini. Konseling bukan karena anda sakit jiwa ya, konseling karena anda butuh bantuan profesional untuk memproses perasaan anda supaya anda tidak burn out.

Tanya N:
Seberapa penting afterplay dan foreplay dan seberapa lama durasinya? Apakah good sex itu harus orgasme?
Jawab:
Halo bu N, foreplay bagus untuk mempersiapkan mood bercinta,  foreplay buat perempuan sebaiknya dimulai sebelum di ranjang.  Perempuan sebaiknya foreplay lewat pesan seksi dan flirting flirting dulu sehingga saat sesi bercinta anda sudah in the mood. Waktu tidak saklek sesuai mood anda berdua. After play jarang bisa terjadi karena Seringkali banyak pria tertidur. Pelukan mesra setelah bercinta dan sebelum tidur sangat baik membangun attachments dengan pasangan. Dan good sex bukan selalu orgasme. Good sex adalah ketika kedua pihak merasa bahagia, disayang, dan puas dengan atau tanpa orgasme sekalipun

Tanya M:
Bagaimana membangun percaya diri untuk berhubungan seks karena setelah lahiran anak kedua miss v saya kendor sekali. Setiap berhubungan, klimak seksnya cepet banget dan ga lama kaya dulu. Saat sudah foreplay malah udah KO duluan. Tips merapatkan miss V selain senam kegel apa lagi ya?
Jawab:

Halo bu M, senam kegel harus dengan senam panggul ibu M, kalau kegel saja relatif sulit setelah melahirkan.  Kalau ada budget lebih ada beberapa perawatan vagina khusus untuk mengencangkan otot bisa anda coba. Pilih klinik yg memiliki Dokter ahli ya, jangan hanya beautician bersetifikat sekalipun. Ada perawatan  pengencangan vagina bisa anda browsing terutama setelah 6bulan melahirkan

10 pertanyaan sudah terjawab. Semoga pertanyaan-pertanyaan ini dapat mewakili rasa keingintahuan kita. Jika masih merasa kurang, silahkan berkunjung ke sosial media Zoya Amirin untuk update konten seputar kehidupan seksual. Let's learning all about sex from the sexy sexologist ;)


Salam Hangat,
sapamama


Posting Komentar

2 Komentar

  1. wow... mencerahkan sekali ilmunya mbak... banyak hal baru saya temukan. seperti soal rasa percaya diri karena perubahan tubuh, komunikasi soal sex, dan tips seputar mengembalikan gairah seks juga oke punya. mantabs

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah berkenan mampir mba iim. Semoga bermanfaat ^^

      Hapus