Rabu, 19 Juni 2019

Mengenal Fabel Karya Eric Carle, Artistik dan Sarat Makna

Eric Carle adalan seorang desainer, ilustrator, dan penulis buku anak berkebangsaan Amerika Serikat. Karyanya yang paling terkenal adalah The Very Hungry Caterpillar. Buku ilustrasi untuk anak ini telah diterjemahkan ke dalam lebih dari 65 bahasa dan terjual lebih dari 46 juta buku di seluruh dunia. Dicetak untuk pertama kali di tahun 1969, tahun ini merupakan peringatan ke 50 tahun buku The Very Hungry Caterpillar.



Untuk info lebih lengkap tentang karya-karya Eric Carle, kita bisa langsung berkunjung ke situs ini. Selain itu juga terdapat fanpage resmi di Facebook yang dapat kita kunjungi.

Ada banyak buku karya beliau dengan berbagai format, board book untuk usia 0-3 tahun, soft cover dan hard cover untuk usia 4-8 tahun. Namun tidak menutup kemungkinan usia di atas 3 tahun menikmati buku board book, begitu juga sebaliknya. Kualitas kertas untuk soft cover dan hard cover tak perlu diragukan, kertasnya sangat tebal dan tidak mudah sobek ataupun koyak.

Berikut ulasan saya tentang beberapa buku karya beliau yang pernah saya baca.

Versi Board Book

1. The Very Hungry Caterpillar

Buku ini merupakan buku pertama karya Eric Carle yang saya baca. Saya membeli dari akun instagram yang menjual buku-buku preloved/second. Untuk harga, tentu menjadi sangat terjangkau walau sudah tidak lengkap. Anak saya sangat menyukai buku ini, apalagi semenjak melakukan Nature Walk bersama teman-temannya (aktivitas ini kami sisipi pelajaran mengenai konservasi dan metamorfosis kupu-kupu), makin semangat membahas ulat, kepompong, dan kupu-kupu.


Dari buku ini, selain belajar tentang metamorfosis anak juga dapat belajar tentang hari, angka, dan jenis makanan baik buah maupun kudapan manis. Setelah saya berkunjung ke Perpustakaan Ganesa, saya baru tahu jika ternyata ada berbagai versi buku The Very Hungry Caterpillar selain mini board book yang kami miliki. Ada board book besar seukuran A3 dan versi soft cover ukuran A4.


2. From Head to Toe
Buku ini mengajak anak untuk aktif mengeksporasi tubuh dan bergerak. Hal itu membuat motorik kasar anak terasah sembari berimajinasi. Di buku ini anak bisa belajar tentang berbagai jenis binatang.


3. My Very First Book of Food
Dari judul yang tertera, saya kira buku ini seputar pengenalan makanan saja. Ternyata tidak, seperti halnya karya Eric yang lain, di sini anak juga dapat belajar mengenai berbagai jenis binatang. Buku ini juga bisa digunakan untuk bermain. Satu halaman dibagi menjadi 2, lembar atas dan bawah. Bagian atas bergambar binatang, bagian bawahnya bergambar makanan. Lalu, di lembar sisi kiri ada tulisan nama makanan menggunakan huruf kecil. Sambil melihat buku anak bisa mencocokkan makanan mana yang cocok untuk hewan. Karena posisinya random, anak dituntut untuk jeli dengan membolak-balik lembar demi lembar. Karena terdapat nama jenis makanan, maka kita bisa sekaligus memperkenalkan kata dan huruf kecil pada anak.



4. My Very First Book of Motion
Hampir sama seperti buku My Very First Book of Food, hanya saja buku My Very First Book of Motion ini anak di ajak untuk mencari kecocokan aktivitas/perilaku binatang. Contohnya: Ada gambar kuda, maka aktivitas yang sesuai adalah berlari. Anak juga bisa belajar mengenal kata dari tulisan, bahwa kuda adalah h-o-r-s-e (k-u-d-a) dan r-u-n (b-e-r-l-a-r-i).



5. Catch The Ball (A Play and Read Book)
Buku ini bercerita tentang para binatang yang sedang bermain bola. Ada anjing laut, gajah, rusa, beruang, bangau, ular, singa, buaya, jerapah, dan kanguru.Bukunya sangat atraktif, terdapat lubang berbentuk lingkaran pada setiap halamannya (kecuali cover). Ada seutas tali diantara lembaran buku yang melewati lubang-lubang tersebut. Terdapat lingkaran kertas di tali yang berperan sebagai bola, anak bisa menggerakkannya sesuai jalan cerita dari halaman depan hingga belakang. Menyenangkan.



==========================

Selain versi board book, masih ada versi buku soft cover dan hard cover. Akan saya bahas di lain kesempatan. Untuk teman-teman yang di kota Solo, jika enggan untuk membeli buku Eric Carle anda bisa mengaksesnya melalui Perpustakaan Ganesa. Disana bukunya cukup engkap dan persyaratan menjadi member cukup mudah. Saya akan membuat tulisan khusus untuk perpustakaan ini. Pasti.

Selamat membaca


Salam hangat,
sapamama




Previous Post
Next Post

post written by:

Sapamama merupakan sebuah blog pribadi yang hadir untuk berbagi energi positif bagi wanita Indonesia. Hubungi kami di email: erasoloraya@gmail.com

2 komentar:

  1. Saya tau buku The Very Hungry Caterpillar pas masih ngajar dulu.

    Memang buku2 anak terbitan luar tu meski kelihatannya sederhana, tapi isinya mantap jiwa. Bahasanya anak-anak banget. Keren.

    BalasHapus
  2. Sepakat mba. Khusus karya-karya Eric, saya langsung jatuh Cinta saat melihat ilustrasinya. Artistik. Tidak heran setelah melihat background beliau seperti itu.

    Saya jg merasa tertolong dengan adanya Perpustakaan Ganesa yang memanjakan kami dengan berbagai buku impor berkualitas. Jauhnya jarak terbalas 😊

    BalasHapus