The best way to predict your future is to create it” – Abraham Lincoln

 

Ada yang sependapat dengan kata mutiara dari Bapak Demokrasi Amerika Serikat tersebut?

Saya adalah salah satu orang yang sependapat dengan beliau. Kenapa? Karena disadari atau tidak, banyak hal yang saya lakukan sepanjang tahun 2018-2020 membimbing sosok seorang Era, menjadi pribadi yang lebih positif dan bermanfaat.


 

Tetap Berdaya Walau Di Rumah Saja

Selalu ada dua sisi mata uang, dan selalu ada sisi positif, bahkan dari sebuah musibah. Pandemi Covid-19 merupakan cobaan tak hanya bagi warga negara Indonesia, namun juga seluruh warga di dunia. Sebagai seorang Co-Founder komunitas ibu dan anak yang biasa bikin acara playdate dan mommydate secara offline, sejak masa pandemic saya harus banting setir melakukan berbagai kegiatan secara offline. Sama halnya dengna suami saya yang biasanya mengajar secara tatap muka kini harus mengajar melalui media Zoom.

 


Untuk pemanasan, saya lebih memilih untuk menggunakan aplikasi Whatssapp sebagai media interaksi dan belajar. Sejak bulan April saya dan rekan sudah menginisiasi 13 acara online dan 4 diantaranya merupakan suatu kelas diskusi online (DISKON) melalui media Whatsapp.

 

Kalau dulu saya bisa memperoleh pendapatan tambahan dari beberapa job offline, saat sudah memasuki masa pandemi, job tersebut berkurang cukup drastis. Karena saya juga merupakan kategori blogger anyaran yang belum memiliki fanbase besar untuk menambah hiruk pikuk traffic blog saya, maka saya mencoba menginisiasi kelas seni online yang saat itu belum banyak disentuh orang di sekitar saya. Konon, kalau kita mengambil jalur usaha dari hal yang kita sukai kan akan lebih memberikan sparks joy. And yes, it is!

 

Selama Mau Berusaha, Rejeki Bisa Datang Dari Mana Saja

Sejak bulan September 2020 hingga Januari 2021, saya menghasilkan enam kelas online – yang kemudian saya namakan Sapamama Art Class, diantaranya adalah kelas Art Theraphy, Doodle Class, Basic Art Theraphy, Basic Fairy Tale Illustration, English Class for Ladies, dan Basic Modern Calligraphy. Untuk merealisasikan kelas seni yang berkualitas, saya mengajak praktisi seni dan profesional untuk bekerjasama. Sebenarnya saya tidak punya target apa-apa sih saat memulai kelas-kelas ini, semua mengalir begitu saja. Kadang ada teman yang meminta dibuatkan kelas, lalu saya realisasikan.

 

Untuk kelas Basic Art Theraphy, saya bekerjasama dengan rekan Psikolog dari PUSPAGA (Pusat Pembelajaran Keluarga), kenapa ada hubungannya dengan psikolog? Karena saya ingin membagikan ilmu dan informasi yang penting sekali untuk meningkatkan awareness wanita di Indonesia tentang kesehatan mental. You know… Happy Mommy, Happy Family. Salah satu jalan untuk menjaga kesehatan mental dan berdaya tentu dengan tetap aktif dan produktif.

 

Di tengah perjalanan, datang beberapa tawaran untuk berkolaborasi.  Ternyata kini saya sudah tidak bisa lagi bersembunyi di kelas online melalui aplikasi chatting. Ada tawaran datang untuk menjadi narasumber bincang online tentang parenting dan kelas seni melalui media streaming. Saya langsung berpikir bahwa saya harus meng-upgrade laptop saya sehingga memiliki kualitas yang mumpuni agar makin profesional.

 

Apalagi, saya juga  diajak bekerjasama untuk menjadi content creator di salah satu radio swasta dari kota Solo. Alhamdulillah, beberapa kesempatan yang datang ini adalah sesuatu yang sangat saya syukuri. Siapa sih yang ngga senang melakukan pekerjaan yang disukai, di rumah sambil momong anak dan ngurus suami, bisa sambil mengerjakan proyek pribadi, plus digaji, hehehe….

 

Dengan datangnya tanggung jawab baru ini, tentu intensitas bekerja saya juga meningkat. Saya dituntut bekerja dengan lebih cepat serta meningkatkan keamanan data. Ada konten-konten penting yang harus saya lindungi. Untuk memenuhi kebutuhan itu, ada satu produk ASUS yang terlintas dalam pikiran saya. Dari segi harga laptop ini terjangkau, spesifikasi dan kecepatannya tak perlu diragukan lagi. Mau tahu?

 

ASUS VivoBook 14 A416 Untuk WFH (Working From Home)

Sebelum kita ulas lebih dalam, saya jabarkan dulu kebutuhan dasar saya ya… Apa saja yang saya lalukan dan perlukan untuk bekerja di rumah.

4 Hal utama yang saya lakukan:

Memproduksi tulisan untuk radio

Memproduksi tulisan untuk blog

Membuat desain menggunakan aplikasi desain untuk kepentingan radio dan blog

Memproduksi materi presentasi untuk kelas seni

 

4 Hal yang saya butuhkan dari sebuah laptop:

Laptop yang kinerjanya cepat

Laptop yang memiliki sistem keamanan yang baik

Laptop yang ringan dan dapat digunakan di mana saja

Laptop dengan layar lebar

 

ASUS VivoBook 14 A416 Memiliki Kinerja Yang Cepat

Pada dasarnya, ada 5 pilihan dari laptop ASUS VivoBook 14 A416. Kelimanya memiliki spesifikasi yang berbeda sehinga memberikan pengaruh pada kinerja dan tentunya harga. Namun, yang menjadi incaran saya adalah ASUS VivoBook 14 A416 dengan spesifikasi terbaik yang dibanderol dengan harga Rp 10.799.000; (Windows 10 Home/Intel® Core ™ i5-1035G1/NVIDIA® GeForce® MX330/8GB/1TB HDD+256GB PCIe/FHD).



Dengan melihat sekilas spesifikasi di atas, tentu tentu sudah nampak betapa laptop ini memenuhi kebutuhan saya. ASUS VivoBook 14 A416 dengan spesifikasi puncak yang dibekali dengan prosesor Intel® Core ™ i5 generasi ke-10.  Laptop ini dilengkapi RAM hingga 8GB, grafis diskrit NVIDIA® MX330, dan yang menarik, ASUS VivoBook 14 A416 memiliki pilihan desain penyimpanan ganda dengan SSD PCIe® hingga 256GB dan HDD hingga 1TB yang pastinya akan memberikan kapasitas penyimpanan besar dan kecepatan baca/tulis data yang cepat.

 

Nulis ini aja, bikin saya membayangkan betapa cepatnya laptop ini akan membantu pekerjaan saya, hohoho… DItambah lagi dengan kapasitas penyimpanannya yang 1Tb, saya tidak perlu lagi bolak-balik memindahkan data ke hard disk eksternal. Yeay!

 Satu lagi nih yang cepat dari ASUS VivoBook 14 A416, yaitu kemampuan mengisi daya dengan cepat sehingga kita tak perlu berlama-lama menunggu baterai full. Kerja cepat, mengisi daya cepat. Mantap...




ASUS VivoBook 14 A416 Memiliki Sitem Keamanan Yang Baik

Sejak bergerak dalam bidang digital, saya makin banyak menyimpan password keamanan. Bahkan, beberapa ada yang terlupakan! Saya sadar betul dengan pentingnya menjaga keamanan data menggunakan password. Thanks to tim pengembang ASUS VivoBook 14 A416 yang sudah membuat sistem keamanan yang secure namun praktis, yaitu menggunakan fingerprint touch untuk menjaga keamaanan perangkat ini. Gak khawatir lagi lupa password, hehehe…




Tidak hanya pengamanan eksternal melalui fingerprint touch, ASUS VivoBook 14 A416 juga dilengkapi dengan fitur peredam getaran HDD E-A-R® untuk melindungi data kita dari setiap benturan. Lalu, ada sasis yang diperkuat untuk meningkatkan pengalaman mengetik dan memungkinkan cover dapat dibuka-tutup dengan satu gerakan yang mulus. Ajib...


ASUS VivoBook 14 A416 Ringan dan Penuh Gaya

Bagi orang bergerak di menyukai seni, tentu harus memiliki alat penunjang yang bernilai seni pula. ASUS VivoBook 14 A416 memiliki desain dinamis yang penuh gaya dan ringan. Beratnya yang hanya 1,6 kg membuat ASUS VivoBook 14 A416 mudah di bawa ke mana saja. Jika pandemi sudah berakhir, tentu saya juga ingin beraktivbitas secara normal, kembali menginisiasi kegiatan offline dan tentunya ASUS VivoBook 14 A416 yang ringan ini akan sangat membantu mobilitas saya. Warna lapisan Transparent Silver atau Slate Grey membuat ASUS VivoBook 14 A416 makin gaya. Keren maksimal!

 

Tampilan gaya ASUS VivoBook 14 A416 makin sempurna dengan adanya ASUS NumberPad. Cukup ketuk ikon panel sentuh untuk mengubah panel sentuh menjadi panel angka yang diterangi LED. Saat lampu kamar redup, kita tidak akan menemui kesulitan saat mengetik karena nyala terang lampu LED ASUS VivoBook 14 A416.


ASUS VivoBook 14 A416 Memiliki Layar Lebar

Melakukan presentasi atau mengikuti kelas secara online tentu berbeda dengan kelas offline. Jika laptop yang kita gunakan memiliki layar yang lebar, kita akan memiliki jangkauan yang lebih luas sehingga lebih nyaman saat berinteraksi dengan peserta.

Menjaga jarak kita dengan laptop penting banget lho... Dalam kasus saya, wajah saya yang bulat dan chubby akan makin terlihat bagaikan bulan purnama kalau jarak wajah terlalu dekat ke layar dan kamera. Untungnya ASUS VivoBook 14 A416 dilengkapi dengan layar NanoEdge dengan screen to body ratio hingga 82%. sehingga saya bisa menjaga jarak aman untuk dapat tampil maksimal.

ASUS VivoBook 14 A416 memiliki pilihan panel hingga resolusi Full HD dengan sudut pandang lebar, yaitu 178% sehingga akan memberikan pengalaman yang berbeda saat kita beraktivitas di luar rumah atau saat bertemu dan berdiskusi dengan rekan kerja. Layar ASUS VivoBook 14 A416 memiliki lapisan anti-silau untuk mengurangi gangguan pantulan dan silau yang bisa memecah konsentrasi. Dengan begitu, kita benar-benar fokus pada apa yang sedang kita kerjakan.

Tidak hanya untuk bekerja, dengan kualitas layarnya, kita juga bisa menikmati tayangan film atau bermain games dengan nyaman.


Konektivitas ASUS VivoBook 14 A416

Tak pernah disangka sebelumnya bahwa saya bisa merindukan kesibukan mempersiapkan kelas offline. Memasang proyektor dan menghubungkan laptop dengan speaker ternyata menjadi kesenangan tersendiri. ASUS VivoBook 14 A416 dilengkap port USB-C® 3.2, yang didesain dapat diputar balik sehingga mempermudah konektivitas laptop dengan perangkat lain. Ini juga memberikan kecepatan transfer data hingga 10x lebih cepat dari koneksi USB 2.0 yang lebih lama! Pada ASUS VivoBook 14 A416 juga terdapat port USB 3.2 Tipe-A dan USB 2.0, output HDMI, dan microSD reader, sehingga kita bisa dengan mudah menghubungkan semua periferal, layar, dan proyektor dengan laptop dengan cepat.


Sempurnakan dengan MyASUS

Saat saya menyiapkan desain untuk blog dan radio, biasanya saya sering sekali switch antara handphone dan laptop. Dengan ASUS VivoBook 14 A416 kita makin bekerja makin efektif dan efisien karena adanya aplikasi MyASUS.

Apa itu?

MyASUS adalah apliaksi bawaan yang menjadi pusat kontrol laptop. Melalui aplikasi ini kita bisa memantau status laptop serta melakukan troubleshooting ketika menemui kendala. Tak hanya di situ saja, MyASUS juga memperlihatkan status garansi perangkat dan fasilitas untuk menghubungi customer service ASUS. Yang menarik, terdapat fitur Link to MyASUS yang menghubungkan smartphone dengan laptop. Keunggulan ini memiliki beberapa fungsi seperti menampilkan pesan dan notifikasi dari smartphone ke layar laptop, melakukan panggilan dari laptop, membuat smartphone menjadi layar kedua laptop, serta dapat berbagi file secara instan antara laptop dan smartphone. WOW. Nikmat mana lagi yang kau dustakan.


Kesimpulan

ASUS VivoBook 14 A416 sangat cocok bagi kita yang aktif bekerja di rumah. Kinerja laptop ini merupakan salah satu yang tercepat di kelasnya, memiliki fasilitas keamanan yang mumpuni, layar monitor yang lebar membuat kita nyaman melakukan presentasi ataupun melakukan proses desain, dan ASUS VivoBook 14 A416 memiliki desain yang ringan dan stylish yang cocok bagi kita yang memiliki jiwa dinamis.


Main Spec.

VivoBook 14 (A416)

CPU

Intel Core i5-1035G1 Processor 1.0 GHz (6M Cache, up to 3.6 GHz)
Intel Core i3-1005G1 Processor 1.2 GHz (4M Cache, up to 3.4 GHz)
Intel Celeron N4020 Processor 1.1GHz (4M Cache, up to 2.8GHz)

Operating System

Windows 10

Memory

4GB DDR4 RAM

Storage

1TB 5400 rpm SATA HDD
256GB PCIe Gen3 x2 SSD
512GB PCIe Gen3 x2 SSD
1TB HDD + 256GB SSD

Display

14.0″ (16:9) LED backlit FHD (1920×1080) IPS Anti-Glare
14.0″ (16:9) LED backlit FHD (1920×1080) Anti-Glare
14.0″ (16:9) LED backlit HD (1366×768) Anti-Glare

Graphics

NVIDIA GeForce MX350 (optional)
Intel UHD Graphics

Input/Output

1x HDMI 1.4, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-C, 2x USB 2.0 Type-A, Micro SD card reader

Camera

VGA Web Camera

Connectivity

Wi-Fi 5 (802.11ac), Bluetooth 4.1

Audio

SonicMaster, Audio by ICEpower®, Built-in speaker, Built-in microphone

Battery

37WHrs, 2S1P, 2-cell Li-ion

Dimension

32.54 x 21.60 x 1.99 ~ 1.99 cm

Weight

1,6 Kg

Colors

Transparent Silver, Slate Grey

Price

Rp4.799.000 (Celeron N4020 / Intel UHD Graphics / 4GB / 1TB HDD)
Rp4.899.000 (Celeron N4020 / Intel UHD Graphics / 256GB PCIe SSD)
Rp6.699.000 (Core i3 / Intel UHD Graphics / 4GB / 1TB HDD)
Rp7.099.000 (Core i3 / Intel UHD Graphics / 4GB / 512GB PCIe SSD)
Rp7.499.000 (Core i3 / GeForce MX330 / 4GB / 256GB PCIe SSD)
Rp10.099.000 (Core i5 / GeForce MX330 / 4GB / 512GB PCIe SSD)
Rp10.799.000 (Core i5 / GeForce MX330 / 4GB / 1TB HDD + 256GB PCIe SSD)

Warranty

2 tahun garansi global






 




28 Komentar

  1. Widiuiwww spesifikasi laptop ASUS bikin mupeng buangeett ya mbaa

    Apalagi harganya juga affordable. Cucok buat budget emak2 yhaa.

    Tetap produktif dan bahagiaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mam.... Mantab lah ASUS, selalu ada produk yg sesuai dengan kebutuhan dan kantong kita

      Hapus
  2. Mupeeeng banget Asus ini dari kemarin, apa daya tabungan belum cukup hehe.. tapi tetep jadi laptop impian yang jadi inceran.

    Bahagia selalu emak-emak, di rumah pun tetap produktif :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mam.... Makin semangat berkarya ya....

      Hapus
  3. Betul mam.... Mantab lah ASUS, selalu ada produk yg sesuai dengan kebutuhan dan kantong kita

    BalasHapus
  4. Kerja pun jadi makin semangat ya Mba dgn sarana prasarana yang menunjang, salah satu'y laptop ASUS ini. Saya juga salah satu pengguna ASUS yang selalu puas dgn kinerjanya saat menemani saya wfh. Hoho..

    BalasHapus
  5. Di rumah saja gak berarti kita jadi pasif ya kan? Tetep produktif dari rumah malahan bisa banget, apalagi emak-emak kayak kita. Keren banget mba Era, mau dong ikut kelasnya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salah satu cara menjaga kesehatan mental ada tetap aktif dan produktif kak...

      Yuk lah, besok kelas mulai nih, hehehe....

      Hapus
  6. Aplikasi MyAsusnya keren bgt. Dijamin bener2 bisa berdaya dari rumah kalau ounya device kece yang satu ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, semua jadi makin praktif dan efektif

      Hapus
  7. Wah keren mbak, tetap produktif di tengah pandemi. Meskipun di rumah saja tetap berkreasi dan menghasilkan. Kalau zaman sekarang semua serba digital, tidak perlu bingung lagi ya untuk urusan online. Dengan dukungam Asus Vivibook 14 A416 ini bisa menjadi salah satu solusi untuk lancar dalam menjalankan kegiatan online dari rumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siapa sangka pandemi malah membuat kita menemukan potensi. Apalagi jika dilengkali produk terkini dari ASUS. Kerja makin wass wuss...

      Hapus
  8. Wau ulasan yang lengkap untuk produk elektronik khususnya laptop. Saat ini barang ini menjadi produk yang dibutuhkam oleh masyarakat ya. Agar tetap dapat berkiprah dan berkarya.

    :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mam. Terima kasih sudah berkenan mampir.

      Hapus
  9. Wowww... kereb banget mba kiprahnya. Selalu produktif dan inovatif. Pas banget klo didukung sama Asus Vivobooj 14 A416 ini ya. Review vivonya aja bikin saya mupeng jugaaak😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih sudah berkenan mampir mam... Salam kenal ya...

      Hapus
  10. Wuiiih membaca pengalaman mbak era yang punya banyak aktivitas bejibun, ya ampun apalah aku apalah aku. hehe. Produktif sekali mbak era ini ternyata, jadi penasaran sama kelas artnya kaya apa ya....belum ada visualisasinya yang mewakili, jadi ngawang-ngawang sendiri jadinya dan itu yang bikin penasaran

    Anyway, good luck ya mbak era semoga impiannya tercapai untuk bisa mendapatkan ASUS VIVOBOOK ini

    BalasHapus
  11. saat berkarir dari rumah baik sbg konten kreator ataupun penjual online yang namanya laptop itu sebuah kebutuhan banget ya mbak
    klo laptopnya sekece ini tentu kerja jadi makin produktif

    BalasHapus
  12. Baca speknya bikin melongok yaa, pengen banget nih punya laptop yang canggih macem Vivobook ini keren banget dan bikin semangat berkarya.

    BalasHapus
  13. Asus inintermasuk merk laptop dambaan deh mbak..ragam jenis dan munouni fiturnya. Series yg ini cocoklah untuk PJJ dan di kantong dey

    BalasHapus
  14. Keunggulan ASUS VivoBook 14 A416 banyak sekali yaa..
    Dan dilihat dari segi harga, bisa menyesuaikan budget yang tersedia.

    Paling suka ASUS VivoBook 14 A416 adalah karena ringan dan speknya gak main-main.
    Cakeep juga designya.

    BalasHapus
  15. Speknya canggih dan oke banget untuk harga yang affordable. Auto kirim artikel ini ke suami ah biar tergoda gantiin istrinya laptop baru hihi

    BalasHapus
  16. Asus vivobook ini laptop yang mumpuni banget ya kak jadi meskipun di rumah kita bisa banget tetap berkreasi

    BalasHapus
  17. Keren ya, laprop asusnya, banyak fitur-fitur canggih yang gak bikin cepet lemot. Laptop aku dah lemot parah pengen ganti asus semoga ada rezeqinya. Aamiin

    BalasHapus
  18. Mbak Era produktif bangeeeet. Aku kagum. Dengan produktivitas yang tinggi seperti itu memang cocok pakai ASUS VivoBook 14 A416 ya, spesifikasinya bisa membantu menghasilkan konten yang berkualitas.

    BalasHapus
  19. Happy Mom, Happy Family..
    Mupeng sama ASUS

    BalasHapus
  20. Ada hape, ada internet, plus ada laptop. Udah dehhhh, di rumah aja pun bakalan sangat berdaya. Ini cocok banget buat kita para perempuan. Apalagi kalo laptopnya memiliki spektek seperti ASUS Vivobook ini. Mantapppp segalanya :)

    BalasHapus