Setelah persiapan yang ckup panjang, akhirnya kemarin, 11 Desember 2022 acara Ngunduh Mantu Kaesang Erina sukses diselenggarakan. Acara besar tersebut dihadiri tamu undangan dari dalam dan luar negeri. Tak pelak kota Solo yang menjadi tuan rumah menjadi pusat perhatian nasional dan internasional.


Yang menarik dari acara kemarin adalah lokasi pernikahan tersebut yang sangat istimewa, yaitu di Puro Mangkunegaran. Literally, ini pernikahan diadakan di sebuah istana lhoh. Grande dan elegan.


Dilansir dari akun instagram @skyscrapercitysolo, Pendapa Ageng Mangkunegaran yang digunakan sebagai acara resepsi syukuran ngunduh mantu Presiden Joko Widodo untuk ananda Kaesang & Erina. Ini adalah pendapa dengan Joglo terbesar di Indonesia, dengan luas 3.500 meter². Mampu menampung lebih dari 5000 orang dan berada di tengah-tengah dari Komplek Puro Mangkunegaran.


Meski terbesar, ornamennya sederhana. Pilar-pilarnya tidak diukir tapi muncul keanggunan. Dihiasi lampu gantung yang dibeli dari Eropa dan aslinya pakai lilin di masanya. Bangunan pendopo ini didirikan tanpa menggunakan paku melainkan kayu pasak. Keunikan lainnya terletak pada bagian langit- langitnya, terbentang Batik Kumudowati yang terdiri delapan kotak. Di mana bagian tengahnya masing-masing memiliki warna dan arti yang berbeda.


Tepat di belakang Pendapa Ageng Pura Mangkunegaran terdapat Pringgitan. Bangunan berbentuk 'Kuthuk Ngambang' dan digunakan untuk pertunjukan wayang kulit. Di tempat ini juga terdapat foto KGPAA Mangkunegara X.


Untuk menyempurnakan Puro Mangkunegaran di tahun 2022 ini dibangun gedung baru yang disebut dengan Pracima Tuin. Bangunan ini dibangun kembali dengan terinspirasi dari sejarah yang ada, bahwa di sini dahulunya terdapat taman indah bagi keluarga KGPAA Mangkoenegara VII sekitar tahun 1920-an yang dinamai Taman Ujung Puri.


Adipati Mangkoenegara VII bertahta pada tahun 1916-1944, juga yang membangun Taman Balekambang Solo pada tahun 1921.

Pracima Tuin Puro Mangkunegaran berada di pojok barat laut di dalam tembok kadipaten, yang dulunya terdapat lapangan tenis. Sangat indah perpaduan gaya arsitektur Jawa Eropa khas bangunan di dalam Puro Mangkunegaran.


Hingga saat ini Pracima Tuin masih dalam proses penyempurnaan dan belum dibuka untuk umum. Kalau sudah bisa diakses, jangan lupa menyempatkan diri berkunjung ke Pracima Tuin Puro Mangkunegaran di kota Solo ya.


Salam Hangat,

sapamama

7 Komentar

  1. Wah luas banget ya ini tempat ternyata, pantes dipilih ya lah bisa nampung 5000 tamu gitu

    BalasHapus
  2. Ah..indah sekali Puro Mangkunegaran itu yaa..semoga aku pun berkesempatan berkunjung ke sana suatu saat nanti. Trmksh sharing pengalaman nya ya..

    BalasHapus
  3. Solo identik dengan kraton, saya belum ke Puro Mangkunegaran. Padahal sering ke Solo, saya asli Magetan 😊

    BalasHapus
  4. Bangunan tempo dulu, apalagi yang merupakan bagian istana atau istana itu sendiri, bagi saya selalu punya misteri sekaligus keanggunan tersendiri. Jadi penasaran dengan Puro Mangkunegaran.

    BalasHapus
  5. Daku belum pernah ke sana kak.
    Asik melihat perjalanan wisata budaya seperti ini, karena tambah wawasan pastinya

    BalasHapus
  6. Kesan sederhana tapi tetap menghormati tamu dengan tampilan elegan ini khas orang Solo banget yaa.. Aku salut banget sama karakter orang Jawa Tengah yang kalem, pun dengan bangunan Istana Puro Mangkunegara. Tampak elegan dengan menonjolkan budaya dan filosofi kehidupan yang diyakini.

    Semoga contoh yang baik dari pemimpin negeri ini akan membawa kebaikan juga bagi warganya.

    BalasHapus
  7. Pengen banget kesini pas mudik lebaran, secara abis lihat nikahan mas kaesang itu aku makin penasaran sama tempat yang satu ini

    BalasHapus