“Butuh satu kampung untuk membesarkan seorang anak”

 

Setuju ngga dengan pepatah tersebut?

 

Kalau saya sih setuju. Banget malah. Membesarkan seorang anak bukan hanya pekerjaan seorang ibu saja. Perlu adanya dukungan terutama dari keluarga, dan ternyata kita juga memerlukan lingkungan sekampung untuk mendidik dan membesarkan seorang anak.

 

Kenapa dibutuhkan orang sekampung untuk membesarkan anak?

Karena pendidikan adalah atmosfer. Setiap orang tua pasti ingin anaknya menjadi orang yang baik. Kita tentu mengajarkan anak kita dengan hal-hal baik. Segala sesuatu untuk menjadi bekal baginya menjadi manusia yang memahami dan mematuhi nilai agama, moral, budaya, dan hukum yang berlaku di tempat yang kita pijak. Misalnya saja perihal bahasa. Tak ada orang tua yang mengajarkan anaknya mengumpat atau berkata buruk. Namun bagaimana jika lingkungan di sekitar kita ternyata sebaliknya? Jika anak kita kerap berinteraksi dengan orang di lingkungan tersebut, maka lama kelamaan anak akan terpapar bahasa yang buruk dan umpatan. Jika sudah begitu, treatment yang dibutuhkan untuk menetralkan kembali anak kita pasti luar biasa.

 

Ini hanya sebagian kecil contoh saja ya, saya yakin masih banyak contoh yang lain, misalnya saja tentang cara berkomunikasi, toleransi, dan lain sebagainya.

Art by Kukidraw

Itulah kenapa perlunya kita, memerlukan orang terdekat, keluarga, bahkan orang sekampung dan membentuk atmosfer yang sama, sehingga, setidaknya orang tua dapat saling mendukung untuk pertumbuhan anak sebagai insan yang baik.

 
Bagaimana cara orang tua mengedukasi diri dan lingkungan?

Saat kita menjadi orang tua, minimal kita harus memahami pertumbuhan fisiologi dan psikologi anak. Agar kita paham, oh, anakku tinggi dan berat badannya sudah ada di batas wajar, perkembangan motorik halus, motorik kasar, bahasa, sosial emosionalnya sudah sesuai dengan usianya.

 

Yang paling sering muncul dan bikin panik adalah saat anak tantrum, Ketika orang tua memahami ilmu regulasi emosi, maka ia tak akan panik atau justru mara-marah. Ketika anak tantrum, ia akan bisa membantu anak melakukan validasi emosinya dan membantu mengalirkan ledakan emosi dengan cara yang aman dan nyaman. 

Art by Kukidraw

Jika orang tua sudah memahami, maka mengedukasi keluarga dan orang lain akan lebih mungkin dilakukan. Agar ilmu baik itu bisa menular, merambat menjadi atmosfer baik di lingkungan.

 

Kunci utama untuk bisa mengedukasi diri dan lingkungan tentu dengan niat yang tulus dan keinginan untuk belajar. Jika sudah ada niat belajar, maka kita harus mencari tempat yang tepat untuk belajar.

 

Situs untuk belajar parenting terbaik POPMAMA

Kita patut bersyukur karena kita sudah hidup di jaman digital. Walau hanya di rumah saja, namun kita bisa mendapatkan akses pendidikan yang baik, yang mampu untuk meningkatkan kualitas kita sebagai orang tua.

 

Nah, untuk mendapatkan ilmu yang tepat tentang parenting alias pengasuhan, kita bisa belajar di popmama.com.

 

Apa yang dimaksud POPMAMA?

Popmama.com adalah media online yang menyajikan konten worth-sharing yang trending dan relevan untuk millennial mama di Indonesia.


Popmama.com lahir sebagai teman bagi millennial mama untuk berbagi informasi, tips, dan trik agar menjadi mama terbaik. Popmama.com menyajikan berita-berita terhits tentang mama dari seluruh dunia, informasi mengenai dunia parenting, dan saran-saran dari para pakar yang kompeten di bidangnya.

Popmama.com adalah portal berita parenting yang merupakan bagian dari IDN Media, perusahaan media multiplatform untuk millennial dan generasi-Z.

 

Apa saja yang bisa kita pelajari di POPMAMA

Ketika kita berkomitmen untuk menjadi orang tua, maka itu artinya kita berkomitmen untuk terus belajar. Dengan adanya website POPMAMA, kita dapat belajar berbagai macam hal di satu laman saja. Apa saja yang bisa kita pelajari?

Ilmu seputar kehamilan

Berawal dari perencanaan kehamilan, kehamilan trimester pertama, kedua, dan ketiga, hingga persiapa, proses, dan pasca melahirkan.

Semua dikupas tuntas di POPMAMA, lengkap sesuai timeline kita.

Ilmu tentang bayi

Merawat bayi atau newborn akan menjadi pengalaman yang menyenangkan sekaligus membingungkan. Ada kalanya gembira, tapi banyak paniknya juga. Dengan adanya menu  informasi seputar bayi dari 0-12 bulan di POPMAMA, sedikit banyak akan mengurangi kekhawatiran kita dan membantu orang tua baru untuk lebih percaya diri.

Ilmu seputar anak balita

Lima tahun pertama bersama buah hati tentu menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Dengan belajar di POPMAMA, kita akan mendapat berbagai informasi tentang perkembangan fisiologis, psikologis, serta bagaimana cara menghadapi tantangan selama masa pengasuhan anak usia 1-5 tahun.

Ilmu tentang anak-anak

Selepas usia 5 tahun anak kita beranjak besar. Makin menantang karena sudah makin memahami apa yang ia mau dan ia tidak mau. POPMAMA akan memberikan berbagai tips dan informasi seputar perkembangan si anak besar dari rentang usia 6-12 tahun.

Hidup tak pernah mudah, namun itulah yang membuat kita merasakan hidup yang sejati.

Ilmu kehidupan

Mendidik dan membesarkan anak bukan berarti kita boleh melupakan diri sendiri dan pasangan. Menu life POPMAMA akan membantu kita untuk bertumbuh, mencintai diri sendiri, pasangan, dan keluarga, hingga bisa menularkannya pada orang di sekitar kita. Di sini kita bisa belajar berbagai hal tentang hubungan, kesehatan, gaya hidup, rumah, mode, kecantikan, dan lain-lain.

 
Apa saja yang fitur menarik POPMAMA

Selain kelima menu yang saya sebutkan di atas, POPMAMA juga memiliki fitur menarik yang wajib kita manfaatkan. Apa saja?

Community


Bekal imu sudah dapat, akan makin seru kalau ada teman untuk berbagi dan diskusi. Nah, untunglah POPMAMA punya komunitas yang bisa menjadi wadah bagi mama milenials sharing segala hal yang menarik, misalnya ngomongin skincare, ngobrolin indikator kesiapan anak masuk SD dll.


Tanya Ahli


Ini adalah salah satu pelengkap yang bikin sharing-nya mama milenials makin sempurna. Apalagi kalau bukan ngobrol sama ahli di bidangnya. Fitur tanya ahli memungkinkan kita berdiskusi tentang masalah tumbuh kembang anak langsung pada pakarnya.


Kalkulator/Tools


Ada empat alat hitung yang bisa digunakan. Diantaranya adala kalkulator untuk menghitung masa ovulasi, kalkulator untuk menghitung hari perkiraan lahir (HPL), kalkulator berat hamil, dan alat pencarian nama bayi.

Untuk bisa menikmati ketiga fitur di atas secara maksimal, pastikan sudah terdaftar sebagai anggota POPMAMA ya...

Agar kita nyaman, dan rekan kita di dunia maya juga nyaman, maka sebaiknya kita selalu memperhatikan pedoman komunitas yang sudah menjadi guideline di POPMAMA, okay...

 

Kompetisi tahunan POPMAMA

Nah, POPMAMA juga punya annual program yang seru banget lhoh, yaitu Popmama Parenting Academy

Popmama Parenting Academy (POPAC) merupakan acara tahunan yang diadakan oleh Popmama.com sebagai one stop solution bagi keluarga milenial yang mencari hiburan, pendidikan, pengalaman menyenangkan, dan pengalaman berbelanja. 

Dalam perhelatan ini, tentu saja ada berbagai promo menarik yang bisa kita nikmati. Mama milenials mana yang ngga suka diskon? Hehehe... Tapi yang paling ditunggu-tunggu adalah kompetisi yang bisa diikuti mama milenial Indonesia. Tahun ini POPMAMA punya agenda yang spesial, apa saja?

1. Community awards 

2. Donasi bareng Kitabisa

3. Popmama Little Star

4. Lomba blog

Siapapun bisa mengikuti kompetisi ini ya, Untuk mama milenial tentu bisa ikutan lomba blog dan donasi, lalu kalau punya komunitas, bisa banget ikutan Community Awards, sedangkan untuk kakak usia 6th+ bisa coba ikutan Popmama Litte Star. Hadiahnya ngga main-main lho... JUTAAN RUPIAH! Wah, bakal seru banget pasti. Tunggu apa lagi, ayo ikutan sekarang! Mumpung  masih ada waktu pendaftaran ditutup.


Jujurly saya mengikuti lomba blog dan mendaftarkan komunitas saya, Playdate Soloraya, untuk mengikuti Community Award POPAC 2021. Kami masuk ke kategori Educative Community. Kenapa kami memilih kategori tersebut?


Kami merasa bahwa komunitas kami memenuhi kriteria sebagai komunitas yang edukatif. Sejak didirikan, yaitu Januari 2019, Playdate Soloraya sudah berkomitmen untuk menjadi komunitas yang membagikan energi positif bagi orang tua di wilayah Solo Raya pada khususnya, dan alhamdulillah di tahun 2020 kami mulai bergerak untuk menularkan energi positif bagi orang tua di Indonesia, bahkan manca negara.

Mengikuti kompetisi seperti ini niatannya semangat mencoba saja. Nothing to loose. Menang atau kalah yang penting sudah usaha. Kalau tidak di coba, nanti malah lebih menyesal berkali-kali lipat jika hanya diam dan tidak melakukan apa-apa. Betul?


Nah, rencananya mama milenials mau ikutan kompetisi yang mana aja nih?



Salam Hangat

sapamama


25 Komentar

  1. artikel-artikel dari pop mama mengenai parenting, bumil, dan tumbuh kembang menjadi temanku di kala membesarkan anak

    BalasHapus
  2. ortu jaman now kudu ikutan acara ini ya mba
    sangat menarik dan encouraging para mama banget.
    wah, pastinya banyak ilmu juga niihh

    BalasHapus
  3. bersyukur saat ini begitu banyak artikel, buku, website, dan aplikasi yang menjadi acuan seorang ibu dalm mendidik anak. sekarang tergantung bagaimana kita, mau belajar apa tidak.

    BalasHapus
  4. Bener mba sekarang kita dimudahin dengan perkembangan zaman. Kita bisa belajar parenting dari mana saja. Contohnya belajar parenting dari PopMama ya. Ngomong ngomong aku jadi penasarab ama lombanya Pop Mama

    BalasHapus
  5. Setuju,butuh orang sekampung buat gedein anak. Karena orang tua dan lingkungan akan berperan.
    Btw,ini annual program PopMama, POPAC keren banget sih, lengkap ya, ada community award, donasi, liitle star, lomba blog...wah, menarik semua

    BalasHapus
  6. Setuju banget untuk mendidik anak perlu orang sekampung, Biar dapat lingkungan yang baik untuk anak-anak kita. Tapi kalau nggak beragam anak kita juga ga belajar dong bagaimana menghadapi orang yang ga baik.. xixixi... yang ga baik harusnya banyak ikut pelatihan di popmama ini mah ya.

    BalasHapus
  7. waktu hamil aku ga tahu POPMAMA. Duh kudet amat yah padahal bisa manfaatkan kalkulator seputar kehamilan di sana.

    Sekarang ini aku suka lho baca artikel parenting di Popmama. artikelnya ringan, mudah dipahami, dan menjawab kegelisahanku sebagai buibu dengan balita

    BalasHapus
  8. ah iya, beruntung banget sekarang ada Popmama Parenting Academy ini ya mbak
    orang tua biss belajar dan bergandengan tangan bersama menajalani pengasuhan anak

    BalasHapus
  9. Pertama aku kepoh itu ilustrasinya lucu banget mbak gambar sendiri kah? Pakai apps apa hehe
    Aku sering baca2 soal parenting juga di Popmama mbak, artikelnya bagus2 ya
    Ternyata ada Popmama academy ini, jd pengen ikutan juga buat menimba ilmu lbh banyak lg TFS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada gambarku, ada yg bukan. Yang bukan udah aku tulisan credit di gambarnya mba

      Hapus
  10. Di Popmama ini memang banyak informasi seputar parenting. Saya juga sering baca artikelnya di situ. Karena saya beneran merasa kaget jadi ibu baru. Haha, rasanya luar biasa banget jadi orang tua.
    Jadi ya, kadang baca-baca artikel di Popmama, entah itu tentang tumbuh kembang anak atau parenting lainnya.

    BalasHapus
  11. Belajar sebagai orangtua tak boleh berhenti. Banyak bilang jadi orangtua adalah proses belajar seumur hidup. Makasih rekomendasinya mba

    BalasHapus
  12. Mama muda jaman sekarang asik nih bisa mendapatkan informasi parenting dari berbagai sumber. Bahkan ada komunitasnya juga, bisa saling suport dong ya. Nah Mamah jaman now, ayo dong ikut kompetisinya

    BalasHapus
  13. Setuju banget mbak, butuh sekampung untuk mendidik anak. Dan itu tantangan banget buat orang tua jaman sekarang, pasalnya nggak banyak orang dewasa di sekitar kita yang memahami hal itu. Masih banyak orang dewasa yang malah menganggap anak sebagai objek. Ya objek buat lucu2an, buat pelampiasan kekesalan, dsb. Harusnya mereka semua disuruh akses popmama deh biar lebih ngerti soal parenting juga.

    BalasHapus
  14. Popmama bisa menjadi salah satu rujukan bagi para orang tua dalam menemani proses tumbuh kembang anak, nggak cuma buat mamanya, tapi bagi siapapun yang ingin belajar ilmu pengasuhan

    BalasHapus
  15. Sebenarnya sebelum menikah wajib ini belajar banyak tentang pengasuhan terutama tentang bayi newborn. Aduh kalau minim pengetahuan jadi baby blues terus berkembang jadi PPD. Alhamdulillah sekarang sudah ada wadah untuk belajar parenting ya, sehingga tidak ada kata terlambat untuk belajar pengasuhan.

    BalasHapus
  16. Gemes banget liat art nya kak Era.
    Senang membaca artikel parenting yang membuat para orangtua sadar bahwa mendidik anak itu membutuhkan sebuah usaha, bukan hanya dari diri sendiri, suami namun juga lingkungan yang baik.

    BalasHapus
  17. Emang ya Mak, mendidik anak tuh lingkungan berperan banget. Kita sudah ngasih peraturan, eh bakal ambyar karena lingkungan. Ngerasain bgt sih aku, jadi orang tua itu enggak mudah.
    Soal belajar parenting, aku juga suka baca2 artikel di popmama dan sejauh ini tuh ngebantu banget.

    BalasHapus
  18. Alhamdulillah ya sekarang banyak tempat belajar parenting. Salah satunya Popmama yang kekinian dan lengkap pembahasannya. Ga kaleng2 ternyata bagian dari IDN Media

    BalasHapus
  19. Wah kepo sama informasi tentang lomba blognya. Mau cari informasinya ah. Eh mau ngikutin anakku juga lomba yang little starnya hahaha

    BalasHapus
  20. Memang perlu pertimbangan buat memilih pendidikan dan ekolah untuk anak, kadang emang lingkungan rumah gak mendukung terpaksa kita cari lingkungan sekolah yang baik, atau sebaliknya, program ini sangat inspiratif dan bsia juga jadi sarana edukasi untuk ortu dan anak

    BalasHapus
  21. tantangan zaman now ya mba jadi harus terus belajar parenting bisa lewat pop mama deh yah

    BalasHapus
  22. Sepertinya, bukan sepertinya lagi ya..tapi memang sekarang belajar apapun semuanya dipermudah ya. TErmasuk untuk urusan parenting, semua ada. Salah satunya di popmama. makasih sharingnya mbak

    BalasHapus
  23. Banyak banget informasi yang bisa didapat di popmama. Ngebantu banget buat orangtua. Apalagi orang tua baru yang kadang sering clueless

    BalasHapus
  24. Berharap semoga POPAC 2021 berjalan lancar dan semuanya bisa mendapatkan ilmu penting mengenai parenting

    BalasHapus