Rabu, 02 Oktober 2013

Hari Batik ♥♥♥

Dipenghujung hari ini saya ingin mengucapkan Selamat Hari Batik Nasional....

  • Hari Batik mulai dicetuskan pada Tahun 2009. Yaitu ketika oleh UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization), Batik diakui sebagai World Heritage, atau Warisan Budaya Tak Terbendakan / Tak Ternilai harganya. Tentunya sebagai warga negara Indonesia kita harus bangga, karena leluhur kita telah memberikan warisan yang luar biasa. Selain Batik kita juga memiliki KERIS dan WAYANG sebagai World Heritage. Untuk keris dan wayang kita akan bahas dikesempatan yang akan datang ;)

Sebelum tahun 2009 saya yakin masih sangat jarang ditemukan anak muda atau remaja yang memakai batik. Desain baju batik pun masih belum sevariatif sekarang. Saya belajar Ilmu Arsitektur (walau akhirnya bermuara di perbankan), dan sering sekali bersinggungan dengan aspek budaya sehingga alhamdulillah saya berkesempatan untuk mengenal batik jauh sebelum BATIK menjadi sebuah HITS.

Ketertarikan saya makin kuat manakala salah satu dosen saya merupakan aktifis Batik yang mendirikan Paguyuban Batik di Kampoeng Batik Laweyan di Kota Solo. Sedikit banyak saya belajar dari sana. Beberapa tugas kuliah saya ambil dari sana sehingga semakin memperdalam keterikatan saya dengan Batik. Lagi-lagi saya akan bahas detailnya dikesempatan lain ;)

Batik sendiri terdiri dari berbagai macam motif. Dimulai dari motif tradisional sampai yang kontemporer. Berikut ini saya perlihatnya sebagian kecil koleksi batik milik saya....

Batik Solo - Versi Hitam-Putih
Lokasi : Benteng Vredenburg Jogjakarta
Dok. Pribadi

Batik Paharyangan ( tolong fokus ke model yang ada disebelah kiri ya, bukan yng tengah, kanan, apalagi bunga, xixixixi)
Motifnya Umbrella ( bukan payung, lho ya... umbrella kayah lagunya kak Rihanna )
IMHO sih arti filosofinya untuk melingdungi ( payung gitu lho... ;) )
Dan batik Paharyangan ini kaya akan motif yang unik dan lucu-lucu.... jadi pengen koleksi ;)
Lokasi : Soloharjo, eh, Sukoharjo deket Solo... :D
Dok.Pribadi

Batik Cirebon - Mega Mendung
Khasnya Cirebon ya.... 
Lokasi : Kaliurang - Jogjakarta
Dok.Pribadi

Masih buanyak koleksi lain, jadi akan ada periode selanjutnya, so.... don't worry be happy ;)


Merci,
♥♥

Previous Post
First

post written by:

Sapamama merupakan sebuah blog pribadi yang hadir untuk berbagi energi positif bagi wanita Indonesia. Hubungi kami di email: erasoloraya@gmail.com

0 komentar: